Negara Anggota Asean Yang Mendapat Julukan Negeri Seribu Pagoda Adalah – Daftar Negara ASEAN – Negara-negara di dunia terbagi menjadi enam benua yaitu Asia, Afrika, Amerika Selatan, Amerika Utara, Eropa dan Australia. Benua Asia sendiri terbagi menjadi 5 wilayah yaitu Asia Timur, Asia Barat (Timur Tengah), Asia Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.

Setiap wilayah mempunyai organisasi yang mengendalikan negara-negara yang berada di dalamnya, termasuk Asia Tenggara. Kawasan Asia Tenggara mempunyai organisasi bernama ASEAN. Apa itu ASEAN? Berikut penjelasan mengenai ASEAN dan daftar negara-negara ASEAN yang telah bergabung hingga saat ini.

Negara Anggota Asean Yang Mendapat Julukan Negeri Seribu Pagoda Adalah

ASEAN adalah kependekan dari Association of South Asian Nations atau dapat diterjemahkan sebagai Association of Southeast Asian Nations. Didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di kota Bangkok, Thailand, ASEAN merupakan surga bagi negara-negara kawasan Asia Tenggara untuk membangun kemajuan. Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand merupakan anggota pendiri atau pendiri ASEAN. Saat didirikan, kelima negara mengirimkan perwakilannya masing-masing.

Fakta Unik Dan Seru Dari 11 Negara Anggota Asean

Indonesia diwakili Adam Malik, Malaysia diwakili Tun Abdul Razak, Filipina diwakili Narcisco Ramos, S. Rajaratnam diwakili Singapura dan Thailand diwakili Thanat Khoman. Kelimanya menandatangani perjanjian yang disebut Deklarasi ASEAN. Dalam pernyataannya, ia setuju untuk membentuk asosiasi negara-negara Asia Tenggara untuk bekerja sama bahu membahu mencapai kesejahteraan dan kemajuan bersama.

Sejauh ini, terdapat 10 negara yang terdaftar dalam daftar negara ASEAN. Bagaimana profil dan ulasan masing-masing negara? Lihat pembahasannya dibawah ini.

Menjadi negara dengan wilayah terluas di Asia Tenggara menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar dalam daftar negara ASEAN. Indonesia mempunyai luas sekitar 1.919.400 km2 untuk daratan dan sekitar 3.273.810 km2 untuk wilayah laut.

Jumlah penduduk Indonesia berdasarkan data pengelolaan kependudukan terkini bulan Juni 2021 tercatat sebanyak 272.229.372 jiwa, yang terdiri dari laki-laki sebanyak 137.521.557 jiwa dan perempuan sebanyak 134.707.815 jiwa. Selain itu, Indonesia mendapat julukan negara kepulauan karena jumlah pulau yang tersebar di nusantara mencapai sekitar 16.056 buah.

Baca Juga  Apa Keuntungan Laut Yang Luas Bagi Masyarakat Indonesia

Menjejaki “negeri 1001 Larangan”

Pulau-pulau di Indonesia yang disebut pulau besar antara lain Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Pusat aktivitas penduduk terletak di Pulau Jawa dengan ibu kota negara Jakarta.

Kondisi alam di Indonesia terdiri dari lautan, sungai, dan danau. Hal ini mempunyai potensi kekayaan alam yang sangat besar, terutama lautan yang luas dengan keanekaragaman fauna dan flora yang tidak kalah banyak jumlahnya di seluruh wilayah.

Indonesia meraih kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Sebelumnya Indonesia pernah dijajah oleh negara-negara Barat seperti Belanda, Inggris, Spanyol, dan Portugis, serta pernah juga dijajah oleh negara-negara Asia lainnya yaitu Jepang.

Indonesia menganut sistem pemerintahan demokrasi dengan sistem pemerintahan presidensial, artinya Indonesia dipimpin oleh seorang presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Presiden di Indonesia dipilih langsung oleh rakyat dalam sistem pemilihan lima tahun sekali. Saat ini sudah terjadi 7 kali pergantian presiden di Indonesia.

Dyas Anggraini Pw

Dalam menjalankan kegiatan kenegaraannya, Presiden Indonesia dibantu oleh para menteri yang bertugas mengatur berbagai sektor yang menunjang kesejahteraan negara. Transaksi keuangan yang dilakukan masyarakat Indonesia menggunakan rupiah sebagai alat tukarnya.

Indonesia mempunyai lagu kebangsaan yang berjudul Indonesia Raya dan bahasa kesatuan yang digunakan adalah bahasa Indonesia. Memiliki sumber daya alam yang melimpah membuat masyarakat Indonesia mengandalkan sektor pertanian untuk penghidupannya.

Sektor pertanian yang dapat dikreditkan meliputi karet, kelapa sawit, kayu, kopi, teh, rempah-rempah, dan lain-lain. Bergabung pada tanggal 8 Agustus 1967 sebagai anggota ASEAN, menjadikan Indonesia salah satu negara Asia yang paling berpengaruh.

Negara kedua dalam daftar negara ASEAN adalah Malaysia. Sebagai negara yang sering disebut sebagai negara tetangga, Malaysia mempunyai banyak kesamaan karena letaknya yang dekat dengan Indonesia. Malaysia memiliki luas wilayah sekitar 329.987 km2.

Dulunya Bernama Burma, Ini Alasan Myanmar Dijuluki Sebagai Tanah Emas #akubacaakutahu

Secara geografis, Malaysia terbagi menjadi dua yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Malaysia Barat terletak di wilayah Semenanjung Malaka yang terdiri dari beberapa negara bagian seperti Selangor, Johor, Kedah, Kelantan, Perak, Pahang, Perlis, Penang, Melaka, Negeri Sembilan dan Terengganu.

Sedangkan Malaysia Timur hanya terdiri dari dua negara bagian, Sabah dan Sarawak. Khusus Malaysia Timur, kawasan ini merupakan bagian dari Pulau Kalimantan di Indonesia. Oleh karena itu, di beberapa tempat perbatasan kedua negara hanya dipisahkan berdasarkan kepentingan sebagai penanda wilayah baik Indonesia maupun Malaysia.

Ibu kota Malaysia adalah Kuala Lumpur. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa Malaysia terdiri dari banyak negara baik, sehingga pemerintahan Malaysia berbentuk monarki atau kerajaan, lebih spesifik lagi monarki federal, bukan monarki absolut.

Baca Juga  Kamu Lagi Apa Bahasa Inggris

Raja adalah kepala negara yang bergelar Yang Dipertuan Agung. Karena sistem pemerintahan Monarki Federal, raja di sini dipilih oleh sembilan negara bagian yang memimpin di wilayahnya masing-masing. Raja di setiap wilayah akan mengadakan pemilihan kerajaan setiap lima tahun.

Fakta Unik Kamboja, Negara Dengan Julukan Neraka Di Bumi

Pemilihan diadakan pada pertemuan yang disebut Majelis Raja. Kepala pemerintahan di Malaysia adalah perdana menteri yang dibantu oleh menteri-menteri yang menjabat. Malaysia adalah negara Persemakmuran Inggris, sehingga Malaysia mengakui Ratu Elizabeth sebagai Presiden Persemakmuran.

Malaysia memperoleh kemerdekaan pada tanggal 31 Agustus 1957. Lagu Kebangsaan Malaysia disebut Negaraku dan bahasa nasional yang digunakan adalah Melayu, Inggris dan Mandarin. Masyarakat Malaysia menggunakan Ringgit sebagai alat tukar dalam perekonomian.

Sektor yang diandalkan Malaysia adalah perkebunan, pertanian, industri, dan pertambangan. Khusus di sektor pertambangan, Malaysia merupakan produsen bijih timah terbesar di dunia hingga saat ini. Seperti halnya Indonesia, Malaysia merupakan salah satu negara ASEAN yang bergabung pada 8 Agustus 1967.

Daftar negara ASEAN ketiga adalah Filipina. Luas wilayah Filipina sekitar 300.000 km2. Filipina dijuluki negara kepulauan seperti Indonesia karena memiliki banyak pulau. Sekitar 7.641 pulau telah tercatat sejauh ini.

Julukan Negara Myanmar The Land Of Golden Pagodas, Apa Artinya? Halaman All

Beberapa pulau besar di Filipina adalah Pulau Tidore, Pulau Mindanao, Pulau Luzon, Pulau Cebu, dan Pulau Palawan. Dikelilingi oleh Samudera Pasifik, Filipina memiliki banyak gunung, beberapa di antaranya masih aktif. Gunung tertinggi di Filipina tercatat di Pulau Mindanao yaitu Gunung Api yang tingginya mencapai 2.954 meter di atas permukaan laut.

Bentuk pemerintahan Filipina adalah Demokrasi Presidensial, artinya kekuasaan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan dipegang oleh seorang presiden. Pemilihan umum di negeri ini dilaksanakan setiap enam tahun sekali sejak tahun 1992, namun tidak dapat dipilih kembali atau tidak lebih dari satu kali masa jabatan. Ibu kota Filipina adalah Manila.

Lagu nasional Filipina berjudul Lupang Hinirang dengan bahasa terpadu yaitu Tagalog (bahasa ibu masyarakat Filipina) dan Inggris. Mata uang sebagai alat perdagangan yang digunakan oleh orang Filipina disebut peso. Filipina mencapai kemerdekaan pada 12 Juni 1898 dan menjadi Persemakmuran Amerika Serikat sejak tahun 1935.

Sektor yang bergantung padanya adalah pertanian, industri, dan pertambangan. Beberapa kekayaan alam Filipina antara lain emas, nikel, kobalt, tembaga, besi, dan minyak bumi. Filipina merupakan salah satu negara yang masuk dalam daftar negara ASEAN tertua sebelum Indonesia merdeka. Filipina bergabung dengan ASEAN pada tanggal yang sama dengan Malaysia dan Indonesia.

Media Indonesia 4 Mei 2023

Singapura menjadi negara dalam daftar negara ASEAN dengan luas wilayah terkecil. Luas wilayahnya hanya 728,3 km2, yang jika dilihat luasnya hampir seperti provinsi Indonesia yaitu DKI Jakarta.

Baca Juga  Saya Akan Bicara Kepada Manajer Anda Dialog Tersebut Merupakan

Meski merupakan negara kecil, Singapura tidak bisa dianggap enteng, meski secara geografis tidak memiliki kekayaan alam berupa hutan atau persawahan. Namun lokasinya berada di persimpangan jalur pelayaran negara-negara Asia Timur. Seperti Asia Barat, Eropa, Australia, Afrika, dan Eropa, Singapura telah menjadi negara yang cukup maju dalam bidang bisnis dengan operasional pelabuhan yang sibuk.

Saking sibuknya pelabuhan Singapura, yaitu pelabuhan Singapura, menjadi pelabuhan tersibuk di kawasan Asia. Tempat yang terkenal di Singapura adalah patung Merlion.

Ibu kota Singapura disebut Singapura, sama seperti nama negaranya. Presiden adalah kepala negara, tetapi kepala pemerintahan adalah perdana menteri. Sebab, Singapura menganut sistem Demokrasi Parlementer dalam mengatur negaranya.

Soal Ips Kelas 6 Pts 1

Masyarakat Singapura menggunakan mata uang dolar Singapura sebagai alat tukar. Lagu Kebangsaan Singapura berjudul Majulah Singapura. Sejak tahun 1959, Singapura ditetapkan sebagai negara di bawah kekuasaan Kerajaan Inggris, seperti halnya Malaysia.

Kemudian pada tahun 1963, tepatnya bulan September, Singapura dan Malaysia bergabung menjadi satu yang disebut Federasi Malaysia. Namun, pada tanggal 9 Agustus 1965, Singapura memutuskan keluar dari federasi tersebut dan kembali mengukuhkan dirinya sebagai negara sendiri hingga saat ini.

Sektor yang diandalkan Singapura tentunya berasal dari bisnis berkat ramainya aktivitas pelabuhan, lalu ada perbankan dan manufaktur. Singapura masuk dalam daftar negara paling maju di ASEAN meski wilayahnya kecil berkat letak negara yang strategis. Pada tanggal 8 Agustus 1967, Singapura bergabung dengan ASEAN.

Thailand merupakan salah satu negara dalam daftar negara ASEAN yang akan kita bahas. Dahulu Thailand bukanlah nama yang digunakan sebagai negara, melainkan nama yang digunakan adalah Thailand.

Wilayah Negara Negara Asean Yang Berbentuk Kepulauan Adalah Indonesia, Kenali Negara Lainnya

Setelah revolusi berdarah yang terjadi di negeri ini, Thailand berubah menjadi Thailand. Negara seluas 513.120 km2 ini terdiri dari perbukitan, pegunungan, dan dataran. Pegunungan tertinggi di Thailand berada di utara dan barat.

Gunung tertinggi bernama Doi Inthanon dan memiliki ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut. Wilayah subur di Thailand ini dilintasi oleh Sungai Chao Phraya yang merupakan sungai terpanjang dan cukup indah. Thailand disebut sebagai negara gajah putih.

Meski tidak ada gajah putih di seluruh dunia. Julukan ini diberikan karena gajah merupakan hewan nasional di Thailand dan juga merupakan simbol kerajaan Thailand. Dahulu, gajah lunak berwarna coklat kemerahan yang ditemukan di Thailand harus diserahkan kepada raja melalui ritual khusus.

Penyebutan gajah putih hanya sekedar gambaran dan hanya sekedar nama karena tidak ada gajah putih. Selain itu Thailand juga dijuluki negeri seribu pagoda karena

Ini Dia 10 Negara Di Asia Tenggara Lengkap Dengan Data Terkait

Negeri seribu pagoda adalah julukan untuk negara, 10 negara anggota asean, nama julukan negara asean, negara anggota asean terbaru, lima anggota pertama asean adalah, gambar bendera negara anggota asean, negara yang dijuluki seribu pagoda adalah, bendera anggota negara asean, julukan negara asean, negara anggota asean yang wilayahnya paling sempit adalah, negara seribu pagoda adalah julukan negara, peta negara anggota asean