Nama Kantor Berita Nasional Indonesia – Follow Maspur Orang bebas yang suka berbagi informasi, tidak hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Wow!

Kantor berita nasional Indonesia bernama ANTARA. Kantor Berita Nasional Antara atau biasa disingkat Peram LKBN Antara adalah salah satu kantor berita di Indonesia yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia.

Nama Kantor Berita Nasional Indonesia

Antara Kantor Berita Nasional (ANTARA) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki misi meliput dan menyebarluaskan informasi secara cepat, akurat dan relevan di seluruh wilayah Indonesia dan internasional.

Kisah Abk Indonesia: Dieksploitasi Untuk Mengeruk Ikan Dari Samudera Pasifik Untuk Kapal China

Status Kantor Berita Nasional Antara sekarang menjadi BUMN (Badan Usaha Milik Negara), dimana seluruh modal kantor Antara dimiliki oleh negara, sebagai kekayaan negara yang dipisahkan dan tidak terbagi atas saham, dan itu. Diatur dengan Peraturan Pemerintah No. 40 Tahun 2007.

Kepengurusan Kantor Berita Intra Nasional kini berbentuk Dewan Direksi sekaligus Dewan Pengawas. Saat ini direktur utama Antara adalah Madhyatama Suryodiningarat, dan tiga direktur lainnya adalah Himpi Parjodi, Mohammad Munir dan Neena. Sedangkan dewan pengawas yang ditunjuk pemerintah adalah Sotrisno (Ketua) yang beranggotakan Didi Harmawan dan Santoso.

Kantor Berita Antara pertama kali pada tanggal 13 Desember 1937 pukul A.M. Spaheter, Adam Malik, Bapak Somanang dan Pandor Kartawegina, saat semangat kemerdekaan Indonesia dimotori oleh para pemuda pejuang.

Direktur pertama Antara adalah Mr. Pemanggilan, sedangkan Adam Malik sebagai redaktur dan wakil presiden. Redaksinya adalah Pando Cartagena dibantu oleh seorang jurnalis bernama AM. prajurit

Pemberian Penghargaan Jdih Terintegrasi Tahun 2021

Pada tahun 1941, Tuan Somanang kemudian diserahkan kepada Sugundo Jajupospitu, sedangkan jabatan manajer masih dipegang oleh Aden Malik yang juga menjabat sebagai wakil presiden. Pada tahun 1942, Kantor Berita Nasional Antara pindah ke Nord Post Vig 53 Pasar Baru (sekarang Jl. Pos Utara No. 53 Pasar Baru).

Pada tahun 1962, Kantor Berita Nasional Antara resmi menjadi lembaga pemerintahan langsung Republik Indonesia. Hingga saat ini, Kantor Berita Nasional Antara merupakan kantor berita terbesar di Indonesia yang bersifat semi pemerintah, meskipun sebelumnya merupakan kantor swasta yang didirikan oleh para jurnalis nasionalis.

Baca Juga  Bagaimana Strategi Kelompokmu Untuk Dapat Memenangkan Permainan Itu

Pada tahun 2007, pemerintah yang dipimpin oleh Presiden H. Susilo Bambang Yudhoyono mengubah status LKBN Antara menjadi Perusahaan Umum (Perom) dan resmi berdiri pada tanggal 18 Juli 2007 PP 40/2007.

Nah ini dia jawaban tentang nama kantor berita nasional Indonesia yang sering dicari. Demikian artikel terkait dengan soal di Teka Teki Silang (TTS), semoga bermanfaat Teka Teki Silang merupakan permainan yang unik dan menyenangkan. Selain itu, game ini juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda dalam berbagai hal. Hal tersebut tidak lepas dari jenis-jenis soal dalam permainan teka-teki silang. Contoh soal dalam permainan ini adalah nama kantor berita nasional Indonesia.

Kementerian Komunikasi Dan Informatika

Bagi Anda yang belum mengetahui kunci jawaban nama kantor berita nasional Indonesia, Anda bisa menyimak ulasannya di bawah ini. Jawaban atas pertanyaan ini adalah ANTARA. Antara merupakan kantor berita pemerintah yang kini memiliki versi online yang dapat diakses melalui smartphone untuk mendapatkan berita terbaru dari berbagai sektor.

Dikutip dari laman resmi ANTARA (https://korporat.antaranews.com/), terungkap sejarah Antara dimulai pada 13 Desember 1937. Kantor Berita Antara Adam Malik, Somanang, A.M. Ditemukan oleh Spaheter dan Pando Cartagena ketika semangat perjuangan kemerdekaan bangsa dibangkitkan dan digerakan oleh para pejuang muda. Inilah para pendiri ANTARA (founding fathers).

Keberhasilan Antara menerbitkan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945 merupakan wujud kecintaan dan komitmennya yang besar terhadap perjuangan bangsa Indonesia. Rencana penyebaran Proklamasi Indonesia ke seluruh dunia dipimpin oleh Adam Malik yang memberikan teks Proklamasi dari tempat persembunyiannya saat dikejar tentara Jepang. Adam Malik dibantu oleh Pengolo Lubis, satu-satunya orang dari Antara yang ingin mempersiapkan pengumuman tersebut.

Pada Mei 1962, Antara resmi diangkat menjadi kantor berita nasional Republik Indonesia. Pada tanggal 24 September 1962, nama Antara diubah menjadi Kantor Berita Nasional ANTARA dalam Keputusan Presiden No. 307 tanggal 24 September 1962, yang membentuk dewan yang diketuai oleh Pandu Kartavigona yang anggotanya antara lain Jato, bersama Anda Nahar, Sabanto Taif, Edingoro, Mashhad Sosrojodo, Sahandar, Subkir, R. Muiljon and Zain Effendi.

Lembaga Kantor Berita Nasional Antara

Selama lebih dari tiga perempat abad, ANTARA sebagai organisasi berita selalu berkomitmen untuk menyediakan berita dan gambar yang cepat dan lengkap tentang peristiwa-peristiwa penting dan kontemporer di seluruh dunia, melalui saluran distribusinya dan juga. Bersama dengan mitra di seluruh dunia.

Akhirnya pada tanggal 17 Juli 2007, melalui Peraturan Pemerintah No.: 40 Tahun 2007, ANTARA resmi bergabung dalam keluarga besar Kementerian BUMN dan menjadi Kantor Berita Nasional ANTARA. Jadi pembahasannya adalah tentang jawaban atas pertanyaan nama kantor berita nasional Indonesia. (WWN) Gedung Antara yang pernah menjadi kantor ANETA, Yashima dan Domei Hindia Belanda dan Kantor Berita Antara saat kemerdekaan, kini dalam keadaan rusak.

Baca Juga  Bagian Struktur Dari Teks Ulasan Di Atas Adalah

Gedung Antara yang terletak di Jalan Pos Uttara no. 53 Kecamatan Pasar Baru, DKI Jakarta, Indonesia (sekarang dikenal dengan Jalan Antara), merupakan gedung tempat penyebaran berita proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke seluruh dunia.

Pada masa penjajahan Belanda, gedung tersebut merupakan gedung kantor berita Hindia Belanda bernama Algemeen News en Telegraaf Agentschaap (ANETA). Gedung kantor Berita Antara menjadi bangunan bersejarah setelah dibangun oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 4 April 1959.

Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021

Gedung Antara merupakan bangunan berarsitektur kolonial, memiliki tiga lantai dengan jam dan tiang listrik. Gerbang depan lebarnya dua meter, terbuat dari jeruji besi lengkap dengan kuncinya. Di lantai dasar bangunan terdapat tangga beton dengan pegangan terbuat dari kayu dan besi, sedangkan tangga dilapisi dengan ubin keramik berwarna coklat muda.

Di lantai dua terdapat pintu kaca lebar dan jendela kaca berukuran 50 x 100 cm di bagian depan. Di sebelah kiri tangga terdapat ruangan yang mirip dengan ruangan pertama, yang berisi ruang pimpinan, ruang kantor, ruang belajar, mushola dan kamar mandi. Jendelanya unik dengan jeruji di bagian luar. Lantai tiga memiliki bentuk yang sama dengan kamar pertama dan kedua, namun isi kamar tetap kosong.

Awalnya, gedung Antara dimiliki oleh kantor berita swasta ANETA (Algemeen News en Telegraaf Agentschaap) milik Dominique Willem Beretti berkebangsaan Belanda, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pemberitaan, periklanan dan penerbitan majalah.

Dominic William Beretti adalah seorang jurnalis dan editor surat kabar Hindia Belanda. Ia lahir di Yogyakarta pada tanggal 20 November 1890 dari ibu Jawa bernama Marie Salem dan ayah Italia, Dominic Auguste Leonardes Beretti. Dominic William Baretti mendirikan kantor berita ANETA pada tanggal 1 April 1917 dengan uang pinjaman, dengan hanya dua karyawan, Dominic William sendiri dan seorang juru ketik. Kantor ANETA terletak di sebuah gedung di Pasar Baru yang kini menjadi Gedung Antara. Pada tahun 1919, Dominique William membeli dua perusahaan penerbitan surat kabar pesaing, Nederlandsche Indische Press Agentshop (NIPA) dan Reuters Batavia.

Sejumlah Mahasiswa Diamankan Setelah Sobek Baliho Papan Nama Kantor Gubernur Provinsi Papua Pegunungan

Sehingga tetap memonopoli bisnis media saat itu dan membuka kantor perwakilan di beberapa kota besar di Hindia Belanda. Dominique William Beretti menjadi direktur ANETA dan menjadi orang terkaya di Hindia Belanda saat itu.

Baca Juga  Lagu Gugur Bunga Dinyanyikan Dengan

Karier terkenal Dominique William Beretti berakhir pada tahun 1931, ketika penyelidik yang dibentuk oleh Gubernur Jenderal Boniface Cornelius de Jong menemukan tanda-tanda korupsi di ANETA, surat kabar Hindia Belanda, dan penyalahgunaan kekuasaan, serta monopoli pengadaan berita. Belakangan, Dominique William Beretti mengasingkan diri ke Bandung, sebelum akhirnya meninggal dunia pada 1934 saat pesawatnya jatuh di gurun Suriah dalam penerbangan dari Amsterdam ke Jakarta untuk menjual ANETA.

Ketika Jepang berkuasa pada tahun 1942, Kantor Berita Antara (didirikan pada tanggal 13 Desember 1937) yang berkedudukan di Buetin Tejfgerstraat (sekarang Jalan Pengsia No. 70, Jakarta, Kota) pada bulan Mei berganti nama menjadi Yashima.( yaitu alam semesta) berubah. 29, 1944 dan menduduki kantor lama ANETA di Nord Postwig 53 Pacer Barrow. Pada saat yang sama, terjadi kebakaran di lantai atas gedung Antara kantor berita Jepang Domi.

Saat gedung Antara diberi nama Domi dan Proklamasi Kemerdekaan dibacakan oleh Bang Karno pada 17 Agustus 1945, Adam Malik yang merupakan redaktur tetap merangkap Wakil Direktur Kantor Berita Antara menelepon kantor Domi. Bafgeah yang diterima Asa diminta menyampaikan pesan ‘jangan gagal’. ke Pangulu Lubis. Oleh Pingolo Lobis, pengumuman itu dikirim ke departemen radio dengan memasukkan tiruan Morse di antara berita-berita lain yang dicap dengan persetujuan Hodokan (badan sensor Jepang).

Perpustakaan Provinsi Bali

Dua pejabat, Markonis Sugeri dan Markonis Wawa, mengawasi penerbitan proklamasi yang disembunyikan antara lain berita, sehingga berita proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia kemudian menyebar ke berbagai wilayah Indonesia dan dengan cepat menyebar ke negara Indonesia menjadi Amerika Serikat, India dan Australia.

Jenderal Yamamoto, panglima tentara Jepang di Indonesia saat itu, melarang kantor berita Jepang, Domi, yang berkedudukan di gedung Antara, untuk menyiarkan berita tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia. Prosedur yang sama diterapkan pada surat kabar Asia Raya. Namun, seorang reporter dari kantor berita Doumi bernama Suhairuddin memberikan teks pengumuman yang disiarkan oleh stasiun radio Doumi. Kemudian kepala departemen radio bernama Wan Bi memerintahkan seorang Paliwan Markonis bernama F. Woz untuk menyiarkan pengumuman tersebut sebanyak tiga kali, namun ia hanya dua kali ditangkap oleh tentara Jepang. Berkat layanan mereka, berita tentang acara tersebut dapat disiarkan ke luar negeri, bahkan oleh S.K. Trimurti menjelaskan, pada 18 Agustus 1945, sebuah kantor berita di San Fransisco menerbitkan berita peringatan kemerdekaan sebuah negara baru di Asia Tenggara bernama Indonesia. Jepang kemudian menyegel kantor berita kedua pada 20 Agustus 1945.

Selain itu, pada masa serangan militer Belanda I (21

Berita nasional indonesia, nama pahlawan nasional indonesia, berita tentara nasional indonesia, daftar nama pahlawan nasional indonesia, nama kantor berita indonesia, berita tim nasional indonesia terkini, berita bola nasional indonesia terbaru, berita nasional indonesia hari ini, kantor berita nasional, nama taman nasional di indonesia, kantor berita nasional indonesia, berita tim nasional indonesia