Nama Jembatan Jenis Jembatan Alasan – Jembatan di Indonesia – Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak sekali struktur jembatan yang menghubungkan berbagai wilayah di Indonesia. Tidak hanya sekedar penghubung, banyak jembatan di Indonesia juga memiliki desain struktur yang bagus karena sering menjadi simbol dan

Penasaran dengan jembatan terkenal di Indonesia? Berikut ulasan beberapa jembatan di Indonesia, dari yang paling terkenal, ikonik, hingga yang terpanjang!

Nama Jembatan Jenis Jembatan Alasan

Dengan panjang 5.438 meter, jembatan besar yang membentang di Selat Madura yang menghubungkan Surabaya dan Madura ini saat ini menjadi jembatan terpanjang di Indonesia! Pembangunan Jembatan Suramadu yang diresmikan pada tahun 2009 diharapkan dapat mempercepat pembangunan perekonomian di Pulau Madura.

Membangun Pulau Rempang, Melindungi Masyarakat Lokal

Bagi yang pernah ke Bandung naik mobil pasti sudah tidak asing lagi dengan jembatan ini. Membentang sepanjang lebih dari 2 kilometer, jembatan ikonik di Indonesia ini menghubungkan Jalan Pastur dan Jalan Suropati sehingga kedua jalan ini nantinya akan diberi nama Pashupati.

Menghubungkan kawasan Jalan Lintas Siak dan Pekanbaru, jembatan idaman di Indonesia selanjutnya mempunyai nama resmi Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah namun lebih populer dengan nama Jembatan Siak.

Terletak di Sungai Kapuas, jembatan idaman di Indonesia selanjutnya merupakan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia setelah Jembatan Suramadu. Menghubungkan Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat, jembatan besar Indonesia ini juga merupakan bagian dari jalan raya Trans Kalimantan.

Berbicara tentang jembatan terpanjang di Indonesia, ada jembatan merah putih di kawasan timur Indonesia yang membentang di perairan Teluk Ambon.

Renggut Korban Jiwa, Jembatan Kaca Geong Banyumas Dibangun Tanpa Uji Kelayakan

Jembatan Merah Putih merupakan jembatan laut tertinggi yang berdiri di Kota Ambon, menghubungkan Desa Rumah Tiga (Poka) di Kecamatan Sirimau di sebelah utara dan Desa Hetiv Kecil/Galala di Kecamatan Teluk Ambon di sebelah selatan.

Tak hanya terkenal dengan makanan pempeknya, Palembang juga terkenal dengan Jembatan Ampera yang menjulang tinggi. adalah satu

Populer di palembang, jembatan ini melintasi sungai musi dan menghubungkan kawasan seberong ulu dan seberong ili di kota palembang.

Baca Juga  Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Halaman 6

Temukan pilihan hotel dan akomodasi terbaik dekat Jembatan Ampera, Palembang dengan penawaran harga terbaik.

Legenda Dan Asal Usul Antu Banyu, Hantu Air ‘penghuni’ Sungai Musi Palembang

Jembatan terkenal dan idaman di Indonesia selanjutnya bisa Anda temukan di Kabupaten Barito Kuala. Terletak di Sungai Barito, jembatan ini menghubungkan Kabupaten Anjir Muara dan Kabupaten Alalak di Kalimantan Selatan.

Hal unik lainnya dari jembatan ikonik di Indonesia ini adalah adanya pulau di tengahnya yang bernama Pulau Bakut. Jembatan Barito juga tercatat sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia lho!

Presiden ketiga Republik Indonesia B.J. Habibi, jembatan terkenal berikutnya di Indonesia dikenal juga dengan nama Jembatan Habibi. Jembatan Balerang merupakan kumpulan 6 jembatan yang menghubungkan beberapa pulau di Kepri, seperti Batam, Wach, Nipah, Rempang, Galang dan Galang Baru. Dari jembatan indah Indonesia ini, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan Laut Prem Selatan sambil menyeberang.

Nama Jembatan Samota merupakan singkatan dari Teluk Saleh, Pulau Moyo dan Gunung Tambora. Sejak diresmikan pada awal tahun 2018, Jembatan Samota menjadi salah satunya

Penyebab Kerusakan Pada Jembatan

Dengan panjang 1.428 meter, Jembatan Mahkota II merupakan jembatan terpanjang di Kalimantan Timur. Selain strukturnya yang megah, jembatan terkenal di Indonesia ini juga dihiasi lampu-lampu yang membuatnya semakin indah. Tak heran jika jembatan yang menghubungkan Kecamatan Sambutan dan Desa Simpang Pasir menjadi salah satunya

Jembatan terkenal di Indonesia selanjutnya adalah jembatan struktur terpanjang di Indonesia. Terletak di Tengarong, jembatan ikonik dengan warna kuning khas ini menghubungkan kota Tengarong dengan Tengarong di seberang dan juga menyediakan akses ke Samarinda.

Setelah melihat banyaknya jembatan ikonik yang ada di Indonesia, ternyata masih banyak lagi struktur jembatan di Indonesia yang tak lebih keren dan megah dari jembatan idaman di luar negeri?

Lebih banyak melalui aplikasi! Tak hanya memesan tiket pesawat atau tiket kereta api, kamu juga bisa menemukan banyak pilihan akomodasi mulai dari booking hotel, booking villa, sewa apartemen hingga penawaran harga terbaik di aplikasi! Artikel ini perlu diedit agar sesuai dengan standar Wikipedia. Tidak ada alasan untuk itu. Silakan kembangkan artikel ini sebanyak yang Anda bisa. Untuk membersihkan bahan dapat dilakukan dengan cara mengacak atau memecah bahan menjadi lembaran. Jika sudah jelas silahkan hapus template ini. (Pelajari bagaimana dan kapan harus menghapus pesan template ini)

Simak, 4 Jembatan Di Indonesia Yang Cetak Sejarah

Indonesia mempunyai jembatan yang menghubungkan satu daerah dengan daerah lainnya. Nama-nama beberapa jembatan di Indonesia disajikan di bawah ini:

Jembatan di Pulau Sumatera[sunting | sunting sumber] Jembatan Riau [sunting | edit sumber]

Jembatan Jumrah terletak di Capenhuluan Jumrah, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokon Hili. Jembatan ini membentang di Sungai Rokon dengan panjang sekitar 300 meter. Jembatan Jumrah menghubungkan kawasan Rimba Melintang dengan Batu Hampar. Jembatan tersebut merupakan jalan raya yang menghubungkan Kota Bagansiapi dengan Ujung Tanjung, kawasan Tanah Putih dan Dumai serta Jalan Raya Sumatera Timur dengan Pekanbaru.

Baca Juga  Berikut Ini Merupakan Hukum Nun Sukun Atau Tanwin Kecuali

Jembatan Pedamaran I memiliki panjang 1.020 meter dan diresmikan pada 20 Juni 2016 bersamaan dengan Jembatan Pedamaran II. Jembatan Pedamaran membentang di Sungai Rokon dari Kecamatan Banko hingga Pulau Pedamaran, Kecamatan Pedamaran. Pembangunan jembatan ini dimulai pada tahun 2006 dan diresmikan pada tanggal 20 Juni 2016.

Apartemen Terbaik Di Bandung Untuk Tempat Tinggal

Jembatan Siak atau Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah merupakan jembatan sepanjang 1.196 meter yang terletak di kota Siak Sri Indrapura. Jembatan ini membentang di sepanjang Sungai Siak dan diresmikan pada tanggal 11 Agustus 2007. Pembangunan jembatan ini dimulai pada tanggal 27 Desember 2002 dan diberi nama Tengku Serifah Mariam binti Fadil yang merupakan permaisuri Sultan Serif Qasim.II. Sultan Kerajaan Siak.

Jembatan ini dikenal juga dengan nama Jembatan Leighton dan terletak di kota Pekanbaru. Jembatan Mata Siak menghubungkan dua sisi Jalan Yos Sudarso dan dua kawasan Kota Pekanbaru yang dipisahkan oleh Sungai Siak, seperti kawasan Senapelan di sisi selatan dan kawasan Rumbai Pesisi di sisi utara. Jembatan ini dibangun pada tahun 1973 dan diresmikan pada 19 April 1977 dan membentang sepanjang 350 meter di atas Sungai Siak.

Jembatan Siak III memiliki nama lain Jembatan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamsiah yang menghubungkan Jalan Panglima Undan, Kecamatan Senapelan dengan Jalan Sembilang, Kecamatan Rumbai Pesisi. Jembatan ini diresmikan pada tanggal 8 Desember 2011 dalam rangka menyambut Pekan Olahraga Nasional XVIII yang diselenggarakan di Provinsi Riau pada tahun 2012. Total panjang jembatan ini adalah 520 meter.

Jembatan Siak IV menghubungkan Jalan Sudirman dan Jalan Sembilang, Kecamatan Rumbai Pesir dan secara resmi diberi nama Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah. Jembatan sepanjang 800 meter ini diresmikan pada 14 Februari 2019.

Menteri Pu Resmikan Tujuh Jembatan Di Sulsel

Jembatan Siak V, jalan lingkar luar di sisi timur, sekaligus penghubung antara Desa Kulim dan Sel di Kecamatan Tenayan Raya hingga Rumbai Pessir.

Jembatan Barelang adalah nama sebuah jembatan besar yang menghubungkan tiga pulau yakni Batam-Rempang-Galang. Masyarakat setempat menyebutnya “Jembatan Badlang”. Namun ada pula yang menyebutnya “Jembatan Habibi”, karena ia mengawali pembangunan jembatan tersebut untuk memperlancar ketiga pulau tersebut. Jembatan ini dikenal juga dengan nama Jembatan Tengku Fisabilillah. Jembatan ini selesai dibangun pada tahun 1997 dengan panjang 385 meter.Jembatan ini mempunyai banyak jembatan penghubung lainnya yaitu :

Jembatan Sitti Nurbaya sepanjang 156m terletak di Sungai Batang Arau, Kota Padang, Sumatera Barat. Jembatan ini menghubungkan pusat kota dengan Seberang Padang, dibangun pada tahun 1995 dan diresmikan pada tahun 2002.

Baca Juga  Yang Bukan Termasuk Hukuman Pokok Ialah....

Jembatan Limpapeh merupakan jembatan gantung di Jalan Ahmed Yani, Bukittinggi yang menghubungkan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan dengan Fort de Kock Fort. Jembatan ini memiliki panjang 90 meter dan dibangun pada tahun 1995.

Pembangunan Jalan Dan Jembatan Tumbuhkan Sentra Ekonomi Baru Di Pulau Terluar

Jembatan Ampera (Perintah Hukuman Manusia) merupakan sebuah jembatan yang berada di Kota Palembang. Jembatan Ampera menghubungkan kawasan Seberang Ulu dan Seberang Ili yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Jembatan sepanjang 1.177 meter ini dibangun pada bulan April 1962 dan dibuka untuk umum pada tanggal 30 September 1965.

Jembatan Musi II membelah Sungai Musi di Palembang, tepatnya di kawasan Gandus di sisi bawah dan kawasan Kertapati di sisi atas. Jembatan ini dibangun pada tahun 1994 dengan panjang 520 meter.

Jembatan Gentla Arasi melintasi Sungai Batanhari dari Kecamatan Pasar Jambi hingga Kecamatan Pelayangan Kota Jambi. Hanya pejalan kaki yang bisa melintasi jembatan sepanjang 503 ini. Jembatan ini diresmikan pada tahun 2015.

Jembatan Mata Batanhari (juga dikenal dengan Jembatan Mata Atau Duri) merupakan sebuah jembatan yang berada di kota Jambi, Jembatan ini membentang di atas Sungai Batanhari yang menghubungkan Kel. Teluk Kenali, Dist. Bekas Telanaipura Pasir Panjang, Kecamatan. Danau Teluk

Box Girder: Komponen, Jenis, Manfaat & Penerapannya

Jembatan Batanhari II dibangun untuk mempersingkat waktu tempuh dari Kota Jambi ke sekitarnya, seperti Jambi hingga Pelabuhan Muara Sabak. Jembatan Batanghari II sepanjang 1.400 meter dibangun dalam delapan tahun terhitung sejak tahun 2002 dan selesai pada tahun 2010. Lokasi jembatan ini adalah TJ. Johor, Palayangan, Kota Jambi.

Jembatan Beatrix Sarolangun dibangun pada tahun 1937 dan melintasi Sungai Batang Tembesi. Jembatan Beatrix sendiri memiliki panjang 197,4 meter dan diresmikan pada tahun 1939.

Jembatan di Pulau Kalimantan[sunting | sunting sumber] Jembatan Kalimantan Barat [sunting | sunting sumber] Jembatan Kapuas [sunting | edit sumber]

Jembatan Kapuas I terletak di Kota Pontianak dengan panjang 420 meter dan menjadi penghubung antara Pusat Kota Pontianak dengan banyak wilayah lain di Kalimantan Barat. Jembatan ini dibangun pada tahun 1980 dan dibuka pada tanggal 27 Januari 1982.

Ikan Belida, Ikon Palembang Yang Kini Diambang Kepunahan

Jembatan Kapuas II terletak di kawasan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Jembatan sepanjang 560 meter ini menghubungkan dua wilayah wilayah Sungai Raya yang dipisahkan oleh Sungai Kapuas. 15 Desember 2003 jembatan ini dibangun

Nama jembatan di palembang, jenis jembatan timbang, jenis drainase jembatan, jenis jembatan rangka baja, jenis jenis jembatan dan contohnya, jenis jembatan beton, jenis expansion joint jembatan, jenis cat untuk jembatan, nama jembatan, jenis konstruksi jembatan, jenis jembatan, jenis gigi tiruan jembatan