Musik Bertindak Sebagai Media Perawatan Yang Disebut – , Jakarta Musisi senior Iwan Fals terus menunjukkan eksistensinya di dunia musik. Bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-60 pada 3 September 2021, Iwan Fals resmi merilis album barunya. Istimewanya, di album ke-42 sepanjang karirnya, Iwan Fals berkolaborasi dengan banyak anak muda di industri musik Tanah Air.

Bertajuk Pun Aku, Iwan Fals menawarkan 12 lagu baru. Meski melibatkan banyak nama muda seperti putrinya Cikal dan Lafa Pratomo yang berperan sebagai produser, Iwan Fals menegaskan, album tersebut tetap mencerminkan sisi pribadinya sebagai musisi.

Musik Bertindak Sebagai Media Perawatan Yang Disebut

“Dari proses penciptaan hingga final mix, saya serahkan saja, produsernya Cikal dan Lafa. Tidak ada yang bisa saya tolak. Ya, album ini benar-benar milik saya, tidak ada yang ditambahkan, tidak ada yang diambil,” ujarnya nyaris . Ivan Salah. , baru-baru ini.

Editor Says, Golden Memories Acara Musik Yang Sesungguhnya

Selain Cikal dan Lafa Pratomo sebagai produser, banyak pula musisi muda yang ikut serta dalam penciptaannya. Nama-nama seperti Rara Sekar, Danilla Riyadi, Nadin Amizah, NonaRia, dan Sandrayati Fay turut ambil bagian di dalamnya.

Selain itu, ada juga penampilan spesial dari Maizura, Zara Leola, Shakira Jasmine, Regina Poetiray, Difki Khalif, Rheno Poetiray dan Stevan Pasaribu yang menjadi penyanyi latar di lagu Kabar Aroma Tanah.

Baca Juga  Alasan Seseorang Melakukan Sesuatu

“Gue dengerin dia begini, suaranya lebih bagus resonansinya. Kayak Danilla, dia punya sisi gelap di suaranya, kalau nyanyi Penghibur Hati suaranya lebih bagus resonansinya. Yang penting kolaboratornya bisa resonansinya bagus. Atau Rara Sekar .di Bunga Kayu. Yang penting resonansinya bagus,” kata Lafa Pratomo.

Bersamaan dengan perilisan album Pun Aku, Iwan Fals juga merilis single bertajuk Selamat yang menjadi salah satu pahlawan dalam album tersebut. Ternyata, ada makna khusus di balik pemilihan lagu ini sebagai salah satu cara merayakan ulang tahun pada kesempatan kali ini.

Google Analytics 4: Menganalisis Lalu Lintas Dan Kampanye Rujukan Media Sosial Anda

“Aku juga pengen punya lagu seperti ini, karena semua orang punya hari ulang tahun, itu acara sakral kan? Aku juga mau. Malah aku pernah menyanyikan lagu ini khusus untuk keluarga dan orang-orang spesialku,” pungkas Iwan Fals. .

6 Potret Tariq Halilintar dan Aaliyah Massaid Menyaksikan Debat Cawapres di JCC, Tampak Serasi Mengenakan Pakaian Adat Jawa

Sederet artis dengan balutan gaun dan busana simpel dipadukan dengan jilbab khas Ramadhan, mulai dari Lesti Kejora hingga Shireen SungkaKOMPAS.com – Mendengarkan musik yang kita sukai merupakan salah satu cara meningkatkan kualitas hidup dan kebahagiaan. Pada orang lanjut usia, manfaat positif mendengarkan musik bahkan lebih besar.

Jika kebetulan ada orang lanjut usia di daerah kita yang suka mendengarkan musik, sebaiknya dukung mereka untuk terus melakukannya. Di bawah ini sederet manfaat mendengarkan musik bagi lansia.

Switcher Studio: Ubah Perangkat Apple Anda Menjadi Kamera Untuk Acara Siaran Langsung Multi Kamera

Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat dan Jepang, musik tidak hanya membantu kita mendapatkan kembali kenangan yang tersimpan, tetapi juga menciptakan kenangan baru.

Baca Juga  Wujud Nyata Sikap Saling Menghormati Dan Menghargai Sesama Teman Adalah

Para peneliti menemukan bahwa melodi bahkan lirik lagu atau musik dapat tersimpan dalam ingatan kita dalam jangka waktu yang lama, karena otak kita yang menyimpan kenangan musik tetap dalam kondisi baik.

Hasil penelitian tahun 2013 yang dilakukan di Skandinavia menunjukkan bahwa intervensi terapi musik selama 6 minggu dapat mengurangi agitasi (kecemasan) dan mengurangi kebutuhan pasien demensia untuk mengonsumsi obat penajaman daya ingat.

Dalam penelitian lain yang dilakukan di Jepang terhadap pasien demensia berat, ditemukan bahwa terapi musik dapat mengurangi stres pasien secara signifikan dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Berita Acara Serah Terima Barang

Intervensi musik yang digunakan didasarkan pada musik individu, dipilih untuk membangkitkan kenangan indah dan meningkatkan emosi positif.

Tidak hanya pada kasus penderita demensia lanjut usia, peneliti juga menemukan bahwa melodi dan lirik dapat terukir dalam memori pasien Alzheimer.

Dengan kata lain, nostalgia dan kenangan akan musik favorit Anda tetap terpatri dalam ingatan Anda dan tidak terpengaruh oleh penyakit saraf.

Kenangan musik dapat memberikan kenyamanan, yang mencakup kenangan referensi diri mulai dari lokasi rumah hingga kenangan indah atau acara seperti pernikahan.

Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Mahakam Ulu Menurut Lapangan Usaha 2015 2019

Hal ini pula yang mendorong para lansia penderita demensia atau Alzheimer tidak lagi mengingat keberadaannya atau mengenali orang-orang dalam hidupnya, namun tetap mengingat lirik lagu yang diketahuinya.

“Terapi musik, seperti bernyanyi dalam paduan suara atau memainkan alat musik, adalah aktivitas yang aman dan menarik bagi lansia karena telah terbukti menjaga fungsi kognitif pada lansia yang (umumnya) menghadapi penurunan fungsi kognitif seiring bertambahnya usia,” kata peneliti Jennie L. Dorris, MM dari University of Pittsburgh.

Baca Juga  Apa Yang Dimaksud Dengan Tari Kreasi Berkelompok

Selain itu, terdapat juga manfaat terapeutik lain yang menunjukkan bahwa musik dapat menjadi alat motivasi yang membantu lansia untuk lebih aktif secara fisik.

Musik dapat membantu menciptakan sinkronisasi antara saraf dan otot untuk mendorong gerakan seperti berjalan, menari, dan peregangan jika diiringi musik.

Remake Apa Yang Terikonis Dalam Sejarah Skincare? Sk Ii #mypiterastory!

Ketika seseorang mendengarkan musik, dapat melepaskan ketegangan tubuh dan meningkatkan mood. Pada gilirannya, hal ini dapat mengalihkan atau membantu lansia yang menderita nyeri.

Sebagian besar manfaat tersebut juga memberikan efek positif terhadap pengobatan yang dilakukan dan meningkatkan kualitas hidup, seperti efek relaksasi otot, peningkatan pernapasan, penurunan detak jantung, dan penurunan tekanan darah tinggi.

Dapatkan berita pilihan dan update setiap hari dari Kompas.com. Gabung di grup Telegram “Update Berita Kompas.com”, klik link https://t.me/kompascomupdate lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Berita terkait: Jaga kondisi mental tetap sehat, berikut 3 manfaat nonton konser musik. Hobi mendengarkan musik membuat kita jauh lebih sehat, simak 5 faktanya. Mendengarkan musik heavy metal membantu mengendalikan amarah, bukan? Belajar musik bisa membuat anak lebih pintar, simak faktanya. Menikmati musik dan fashion di Dr. Martens tampil live di Indonesia

Apa Itu Tv? Televisi

1 tahun 1 bulan Pilot Susi Air diculik KKB, Pangdam meminta semua pihak bersabar karena tak ingin jadi korban.

Musik sebagai media komunikasi, musik yang menggunakan suara manusia sebagai media utama disebut, musik sebagai media hiburan, alat musik yang menggunakan selaput tipis sebagai sumber bunyi disebut, mengapa alquran disebut sebagai kitab yang universal, senyawa yang bertindak sebagai inhibitor, media cetak yang berukuran besar sebagai bentuk promosi iklan disebut, komputer yang berlaku sebagai pusat data disebut, musik sebagai media ekspresi, media promosi yang menggunakan tembok sebagai media iklannya disebut, cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai media disebut, fungsi musik sebagai media pendidikan