Menjelaskan Pengertian Konsep Ruang – Teks sejarah kelas 10 ini menjelaskan tentang konsep keberadaan manusia dalam ruang dan waktu serta beberapa hubungan diantara keduanya.

Tahukah Anda bahwa unsur manusia tidak dapat dipisahkan dari ruang dan waktu? Jadi di masa lalu, orang menemui hal-hal berbeda dalam hidupnya, semua itu terjadi dalam ruang dan waktu. Tahukah Anda bagaimana kehidupan manusia dikaitkan dengan konsep ruang dan waktu? Jika belum, baca artikel bagus ini ya!

Menjelaskan Pengertian Konsep Ruang

Kelanjutan proyek harus melalui jalur tapak. Tapi di manakah lokasinya? Ruang diartikan sebagai ruang, artinya tempat berlangsung atau terjadinya peristiwa masa lalu.

Apa Itu Hotel Syariah ? Yuk Kita Simak Penjelasan Lengkapnya!

Karena adanya konsep ruang inilah, para sejarawan mengelompokkan peristiwa sejarah berdasarkan lokasinya. Misalnya sejarah lokal, sejarah daerah, sejarah dunia, sejarah nasional, dan lain-lain berkaitan dengan sejarah suatu tempat atau wilayah.

Selain ruang, salah satu konsep terpenting dalam sejarah adalah waktu. Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari waktu. Istilahnya disebut jangka pendek. Subyek waktu menunjukkan kapan suatu peristiwa terjadi pada masa lampau. Anda mungkin pernah mendengar bahwa masa lalu dan masa depan harus terus berjalan. Tapi apa itu?

Jadi konsep kesinambungan artinya apa yang terjadi di masa lalu sangat menentukan apa yang terjadi di masa kini. Maka hari ini akan menentukan apa yang akan terjadi di masa depan. Oleh karena itu dapat kita simpulkan bahwa dalam kehidupan manusia akan terus berkembang dan bergerak sesuai dengan kondisi ruang dan waktu.

Baca Juga  Contoh Gerak Esionom

Kehidupan manusia dan masyarakat selalu bergerak maju dan berkembang. Herakleitos mengatakan “Panta rhei kai uden menei” yang artinya tidak ada yang berubah, semuanya mengalir. Lebih lanjut Wertheim juga menulis, “Sejarah adalah kesinambungan dan perubahan,” artinya sejarah adalah subjek yang berkelanjutan dan berubah.

Materi Modul 2.3

Masyarakat bergerak dan berubah seiring berjalannya waktu. Perubahan di sini berarti suatu peristiwa atau keadaan yang berubah. Ya, perubahan bisa menjadi lebih baik atau lebih buruk. Manusia misalnya, tumbuh dan berkembang sejak lahir hingga dewasa karena perilaku fisiknya berubah seiring berjalannya waktu.

Selain konsep siklus hidup, ada juga konsep keberlanjutan. Apa yang dimaksud dengan keberlanjutan? Keberlanjutan mencerminkan proses perkembangan aspek kehidupan masyarakat yang terus berlanjut meskipun keadaan dan kondisi berubah. Jadi itu adalah rangkaian cerita tentang suatu peristiwa. Dengan demikian, peristiwa masa lalu dan masa kini merupakan rangkaian peristiwa karena saling berkaitan.

Kehidupan masyarakat saat ini tidak berbeda dengan kehidupan masyarakat dahulu dan masa depan. Oleh karena itu, dapat dianggap sebagai mata rantai dalam rantai keberadaan manusia. Suatu peristiwa terhubung dengan peristiwa lain tanpa memutusnya.

Misalnya saja perubahan pemerintahan di Indonesia. Dimulai dari masa Orde Lama, lalu pada era baru Soeharto, hingga perubahan yang diakibatkan oleh ledakan kegiatan sosial yang dilakukan oleh para mahasiswa muda yang menggulingkan Soeharto. Semua berperan seiring berjalannya waktu, masyarakat mengalami perubahan status sosial dan budayanya.

Rpp 1 Lembar Ips Kelas 7 (websiteedukasi

Ingat pesan Soyano? “JASMERAH” (Jangan tinggalkan sejarah). Apakah Soy Kano benar-benar menyemangati kita semua untuk tidak melupakan sejarah? Mengapa sejarah tidak bisa dilupakan?

Nah, sejarah sepertinya adalah peristiwa yang terjadi di masa lalu. Jadi, berdasarkan konsep ruang dan waktu, maka konsep perubahan dan kesinambungan masa lalu mempunyai pengaruh yang kuat terhadap keadaan saat ini. Orang-orang yang telah melupakan masa lalunya dan kehilangan jati dirinya memiliki pesan mendalam untuknya. Akibatnya, masyarakat di sekitar mereka mungkin menderita.

Baca Juga  Sifat Materi

Sekarang tahukah anda kalau sejarah kehidupan manusia adalah ruang dan waktu? Hal ini juga yang menyebabkan perubahan. Dan dari perubahan-perubahan tersebut, timbullah kondisi-kondisi yang menopang kehidupan. Anda harus selalu ingat bahwa masa lalu mempengaruhi masa kini dan masa depan.

Kami harap artikel ini membantu Anda memahami konsep tempat dan waktu dalam sejarah. Anda juga dapat menambah pengetahuan dan pemahaman Anda tentang topik lain di kelas. Lebih mudah menemukan program dengan guru yang keren!

Tauhid Adalah Dasar Agama Islam, Pahami Konsep Dan Jenisnya

Gunawan, Restu, Amurwani Dwi Lestariningsih dan Sardiman. (2017) Kelas Sejarah Indonesia SMA/MA/SMK/MAK. Editor Kurikulum 13. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Konsep ruang makan, konsep ruang tamu lesehan, konsep ruang keluarga, konsep tata ruang kantor, pengertian konsep ruang, konsep ruang tamu, konsep ruang, menjelaskan konsep, menjelaskan konsep pemasaran, konsep ruang tamu minimalis, menjelaskan konsep jaringan komputer, konsep ruang tamu terbuka