Mengumpan Bola Basket Yang Dilakukan Melalui Depan Dada Dinamakan Dengan – INews.id – Teknik passing bola basket menjadi dasar bagi setiap orang yang ingin memainkannya. Tujuan dari passing bola basket adalah untuk memperlancar pergerakan tim, baik ofensif maupun defensif.

Teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain bola basket adalah menggiring bola, mengoper, menembak, memutar, dan lain-lain. Dalam bola basket, teknik passing ditunjukkan dengan passing. Dalam prakteknya, ada beberapa jenis passing.

Mengumpan Bola Basket Yang Dilakukan Melalui Depan Dada Dinamakan Dengan

Jenis transfernya tergantung pada keadaan masing-masing pemain. Dalam artian perpindahan bola basket itu bersyarat.

Macam Macam Teknik Passing Dalam Permainan Bola Basket

Bounce pass adalah salah satu jenis teknik passing dalam bola basket yang dilakukan dengan cara memantulkan bola ke tanah. Tujuan dari umpan pantul adalah untuk menghindari pemain lawan agar bola tidak dicuri.

Chest pass adalah teknik passing dalam bola basket dimana bola dilempar ke arah dada rekan satu tim. Cara melewati dada dilakukan dengan kedua tangan.

Seperti namanya, overhead pass merupakan teknik passing bola di atas kepala (overhead). Caranya adalah dengan mengangkat bola ke atas kepala lalu melemparkannya dengan kedua tangan.

Wrap pass merupakan teknik passing bola basket yang sering digunakan oleh para pemain bola basket ketika menghadapi lawan dalam jarak dekat. Teknik ini dilakukan dengan melemparkan bola dari bawah lengan pemain lawan ke arah pemain yang menghalangi.

Mengenal 8 Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Dribbling adalah teknik passing bola basket dimana seorang pemain menggiring bola ke pemain lain. Cara menggiring bola: Melempar bola dengan satu tangan setelah menggiring bola untuk mengalahkan lawan dan mempercepat serangan.

Teknik passing bola basket yang digunakan untuk mengoper bola jarak jauh adalah teknik passing baseball. Teknik passing ini dilakukan dengan cara melempar bola melewati kepala atau ke belakang kepala.

Fungsi pass ini adalah agar bola memantul dan mengoper ke lawan. Umpan bisbol adalah jenis umpan jarak jauh, dan biasanya penerimanya berada di separuh lapangan atau lebih.

Back pass menyembunyikan teknik passing bola basket yang sulit dilakukan. Teknik ini memerlukan ketrampilan yang tepat dalam pelaksanaan berbagai gerakan, ketepatan lemparan dan keseimbangan tubuh. Cara melakukan teknik behind the back pass adalah dengan melemparkan bola ke belakang.

Baca Juga  Pelampiasan Artinya

Ini Cara Melakukan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli, Disimak!

Pick and roll pass merupakan gabungan antara gerakan pick and roll dengan gerakan passing. Tujuan dari pick and roll adalah untuk membuka ruang bagi pemain untuk melakukan penetrasi jauh ke dalam zona pertahanan lawan. Jika anda penggemar olahraga bola basket pasti sudah tidak asing lagi dengan teknik dasar permainan ini yaitu chest pass. Trik ini sangat penting untuk mengoper bola dari satu pemain ke pemain lainnya dengan cepat dan akurat.

Operan dada adalah salah satu dari sekian banyak jenis operan dalam bola basket. Gaya dada merupakan salah satu teknik dasar yang wajib dikuasai jika ingin bermain bola basket.

Nah, pada artikel kali ini kita akan mengetahui apa itu chest pass dan teknik yang benar. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai transfer payudara dalam bola basket, yuk baca pembahasan di bawah ini sampai selesai!

Chest pass merupakan teknik dasar dalam permainan bola basket dimana seorang pemain melempar bola dengan kedua tangannya dari dada pemain yang satu ke dada pemain yang lain. Teknik ini digunakan untuk mengoper bola dengan cepat dan akurat kepada pemain lain dalam tim, terutama saat menyerang atau bergerak cepat di sekitar lapangan.

Teknik Mengoper Bola Dari Bagian Depan Dada Dengan Kedua Tangan Dalam Bola Basket

Laporan dari buku Samsul Azhar Pendidikan Jasmani, Keterampilan Olah Raga dengan Permainan Chest pass atau chest pass melibatkan mengoper bola sambil menjaga tangan di depan dada dan mendorong ke depan setelah merentangkan tangan sepenuhnya, bola harus dipukul sedikit demi sedikit. seperti bola. Melepaskan jarinya.

Teknik ini digunakan untuk mengoper bola dengan cepat dan akurat kepada pemain lain dalam tim, terutama saat menyerang atau bergerak cepat di sekitar lapangan. Sangat penting bagi setiap pemain bola basket, baik pemula maupun pemain berpengalaman, untuk menguasai teknik gaya dada agar dapat mengoper bola kepada rekan satu timnya dengan cepat dan akurat.

Breast pass digunakan untuk mengoper bola dengan cepat dan akurat dari satu pemain ke pemain lainnya. Teknik ini memungkinkan pemain mengirim bola lebih jauh dan cepat dibandingkan teknik dasar lainnya seperti rebound atau overhead pass.

Operan dada juga dapat digunakan untuk memfasilitasi pergerakan pemain di sekitar lapangan. Dengan mengoper bola dengan cepat dan akurat ke pemain lain dalam tim, pemain dapat dengan mudah berpindah ke posisi yang lebih baik dan menciptakan peluang mencetak gol.

Bola Basket Lengkap

Oleh karena itu, pemain bola basket harus menguasai teknik ini. Dengan menguasai teknik chest passing yang benar maka tim dapat mendistribusikan bola dengan cepat dan akurat sehingga akan sangat menguntungkan tim.

Baca Juga  Lompat Jauh Merupakan Salah Satu Senam Ketangkasan Yang Termasuk Senam

Dikutip dari buku “SMA Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan Kelas VIII” karya Mukha Faruk, teknik passing dada yang benar adalah sebagai berikut:

Untuk menghindari kebosanan dalam desain dan passing, sejumlah ubahan bisa dilakukan pada bagian dada-pinggang. Dalam laporan skripsi yang diterbitkan oleh Universitas Islam Riau Indra Lesman Sembiring yang berjudul “Pengaruh Variasi Latihan Terhadap Kemampuan Passing Bola Basket Gaya Dada Siswa Putra Kelas X SMA Negeri 3 Tualang”, variasi berikut merupakan variasi gaya dada.

Setiap kelompok terdiri dari tiga orang pemain yang membawa bola, dan jarak antar pemain adalah 4 meter. Bola dioper dari 2 ke 3 lalu kembali ke 2, lalu dari 2 ke 1 dan kembali lagi dan seterusnya.

Teknik Dasar Permainan Bola Basket Ade Felia Devi

Pemain yang berada di posisi tengah melakukan operan ke 2, 3, kemudian berlari ke belakang penerima operan 3, yang melakukan operan ke 1, kemudian berlari ke belakang 1, dan seterusnya. Pola larinya saling bertautan.

Pemain ditempatkan berpasangan dengan jarak sekitar 5 meter satu sama lain. Pada saat perlombaan, bola dioper bolak-balik ke ring basket lawan.

Delapan orang pemain berdiri dalam suatu segi empat dengan jarak antar pemain 3–4 meter. Pemain tengah menerima bola dan mengopernya searah jarum jam, lalu melakukan hal yang sama.

Pemain terkadang melakukan kesalahan saat memainkan permainan, termasuk passing dada. Dalam laporan tesis Indra Lesmana Sembiring, “Pengaruh Variasi Latihan Terhadap Kemampuan Passing Dada Bola Basket Putra Kelas X SMA Negeri 3 Tualang”, kesalahan passing yang sering terjadi adalah posisi berdiri yang salah.

Contoh Pivot Dalam Bola Basket

Pemain juga seringkali tidak menggunakan kekuatan lengan dan badannya. Operan payudara membutuhkan kekuatan lengan dan tubuh untuk mengirim bola dengan cepat dan akurat.

Selain itu, pemain terkadang tidak dapat melihat teman yang diincarnya. Oleh karena itu, bola akan meleset dan dapat dengan mudah diambil kembali oleh tim lawan.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai chest pass mulai dari pengertian, teknik hingga variasinya. Jika Anda ingin bermain bola basket, pastikan Anda mengetahui cara menguasai teknik ini. Pebasket Indonesia Arky Dikaniya menggiring bola saat uji coba melawan Satria Muda dan Pelita Jaya di GOR Somantri, Jakarta, Selasa (7/8/2018). Indonesia menang 113–75 di SM&PJ. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

, Jakarta Bounce pass merupakan istilah yang tidak asing lagi dalam dunia olahraga khususnya permainan bola basket. Bouncing pass adalah umpan balik bola kepada teman atau rekan satu tim dengan cara memantulkan bola terlebih dahulu.

Bagaimana Cara Passing Yang Benar Dalam Bola Basket? Halaman All

Rebound pass merupakan salah satu teknik passing yang utama dalam permainan bola basket. Teknik ini dapat digunakan ketika seorang pemain bola basket bertanding melawan lawan yang lebih tinggi.

Baca Juga  Pernyataan Di Atas Merupakan Hasil Perundingan

Oleh karena itu, untuk bisa menghadapi lawan yang lebih tinggi dari Anda, sebaiknya berikan umpan kepada tim atau teman Anda dengan menggunakan teknik pantulan.

Untuk lebih memahaminya, berikut ulasan mengenai pengertian bouncing pass dan cara melakukannya, yang dihimpun dari berbagai sumber pada Senin (10/7/2023).

Pada turnamen bola basket putra, Indonesia berhasil menutup Grup B sebagai juara grup dengan mengalahkan Thailand di laga final.

Mengenal 8 Teknik Dasar Bola Basket, Siswa Sudah Tahu Belum?

Pemain timnas Yordania Ashraf Alhedi mencoba mengoper bola saat perebutan tempat ketiga FIBA ​​​​Asia Cup 2022 antara timnas Yordania melawan timnas basket Selandia Baru di Istor Senayan, Jakarta, Minggu (24/24). ) adalah. 07/2022). Selandia Baru mengalahkan Yordania 83-75. (Bola.com/Bagskara Biru)

Bounce pass merupakan teknik passing yang dilakukan dengan cara memantulkan bola ke bawah kemudian diterima oleh rekan satu tim. Sebenarnya teknik ini dirancang untuk menghindari rintangan lawan. Alasan penggunaan teknik bola basket ini sama dengan chest pass, namun cara pelaksanaannya berbeda.

Kata bouncing pass berasal dari bahasa Inggris yang artinya memantul. Jadi bouncing pass berarti memantulkan bola ke tanah dan mengopernya kepada teman Anda. Prinsipnya adalah melakukan refleksi di lapangan dengan titik refleksi 2/3 jarak kita dari teman yang dituju.

Definisi lain menyebutkan bahwa bouncing pass adalah teknik mengoper bola dengan cara memantulkannya ke lantai menggunakan kedua tangan. Teknik ini dapat digunakan ketika seorang pemain bola basket bertanding melawan lawan yang lebih tinggi.

Teknik Dasar Dalam Permainan Basket Beserta Penjelasan Lengkapnya

Teknik ini memungkinkan pemain untuk mengalahkan pemain lain dalam tim dengan cara memukul bola terlebih dahulu. Posisi kedua tangan dan tekanan telapak tangan saat mengoper menentukan arah dan kecepatan bola. Teknik ini tidak memerlukan keahlian khusus, melainkan latihan yang teratur dan ketelitian yang tinggi agar bola tidak jatuh ke tangan lawan.

Berbagai tato milik pebasket Korea Selatan Choi Joon-yong saat melakoni laga babak kedua Grup B Piala Asia FIBA ​​2022 melawan timnas Taiwan di Istor Senayan, Jakarta, Kamis (14/7/2022). (Bola.com/Bagskara Biru)

Teknik awal dalam melakukan bouncing pass ini adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki agak terbuka untuk tingkat keseimbangan tubuh yang sangat baik, yang dapat dibantu dengan sedikit menekuk lutut dan sedikit memiringkan badan ke depan.

Kemudian kedua lengan harus dalam posisi siap di depan dada dan siku sedikit ditekuk. Pegang bola dengan kuat dengan kedua tangan di depan badan, tepat di depan dada. Selain memegang bola dengan kuat, dukungan lainnya adalah dengan merentangkan jari sebanyak-banyaknya hingga menutupi sebagian bola dengan cengkeraman yang cukup.

Pen Ja Skes Sssssssss Ss

Asam lambung naik ke dada apa yang harus dilakukan, apa yang harus dilakukan saat asam lambung naik ke dada, jika dada sakit apa yang harus dilakukan, wasit 2 dalam permainan bola basket dinamakan, saat dada sakit apa yang harus dilakukan, teknik mengumpan bola basket, apa yang harus dilakukan ketika dada sakit, lemparan setinggi dada dalam permainan bola basket dinamakan, pukulan yang dilakukan dengan menerbangkan shuttlecock secara mendatar dinamakan, apa yang harus dilakukan jika dada terasa nyeri, apa yang dilakukan jika asam lambung naik ke dada, apa yang harus dilakukan jika dada terasa sakit