Mengapa Singapura Dikatakan Sebagai Negara Kota – 10 Perguruan Tinggi yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan, Jangan Sampai Ketinggalan! Februari 28, 2023 Prospek Karir Profesi Sains, Apa Saja? 1 Maret 2023

Singapura adalah sebuah negara kota di Asia Tenggara yang terletak di ujung selatan Semenanjung Malaya. Singapura memiliki luas sekitar 728,3 km² dan merupakan negara terpadat kedua di dunia setelah Monaco.

Mengapa Singapura Dikatakan Sebagai Negara Kota

Singapura dijuluki negeri singa karena patung Merlion yang berbentuk seperti ikan berkepala singa.

Mau Liburan Eksklusif Di Singapura? Bisa Ke 3 Destinasi Ini

Singapura adalah negara paling maju di Asia Tenggara dengan perekonomian yang kuat dan stabil. Singapura juga terkenal dengan kebersihan dan ketertibannya yang tinggi. Selain itu banyak tempat wisata yang menarik wisatawan untuk mengunjungi Marina Bay Sands, Gardens by the Bay, Sentosa Island dan lain-lain.

Seperti negara lainnya, Singapura memiliki sejarah panjang mulai dari Kerajaan Melayu, negara jajahan Inggris, hingga menjadi negara merdeka pada tahun 1965.

Singapura merupakan satu-satunya negara maju di Asia Tenggara. Bagi masyarakat Indonesia, Negeri Singa bukanlah sebuah negara asing karena letaknya yang sangat dekat dengan Indonesia. Setiap tahunnya banyak masyarakat Indonesia yang mengunjungi Singapura untuk berbagai tujuan seperti bisnis, pariwisata, atau keperluan medis.

Sebelum menjadi Singapura yang kita kenal sekarang, negara ini memiliki sejarah panjang dan banyak perubahan karena pengaruh budaya dan kekuatan yang berbeda, Pulau Ujong.

Heboh Banyak Wni Pindah Jadi Wn Singapura, Berapa Biayanya?

Singapura telah melalui tahapan berbeda dalam sejarahnya yang membentuk karakter dan identitasnya sebagai negara yang kuat, kreatif, dan multikultural.

Asal usul Singapura dimulai pada abad ke-14, ketika negara ini masih merupakan pelabuhan kecil di bawah pengaruh kerajaan Sriwijaya. Kemudian pada abad ke-15, pulau ini menjadi bagian dari Kesultanan Malaka yang mempunyai pengaruh atas wilayah tersebut.

Pada abad ke-16, negara ini menjadi bagian dari Kesultanan Johor-Riau yang berpusat di wilayah yang sekarang disebut Riau, Indonesia. Kedatangan bangsa Eropa di kawasan Singa dimulai pada abad ke-16. Hal ini terjadi ketika para pedagang Portugis mulai mengunjungi Singapura dalam perjalanannya ke destinasi Asia lainnya.

Baca Juga  Bahan Tambang Yang Digunakan Untuk Bahan Pembuatan Kabel Listrik Adalah

Pada abad ke-17, Inggris dan Belanda mulai bersaing untuk menguasai perdagangan rempah-rempah di Asia, termasuk Singapura saat ini.

Fakta ‘kota Hantu’ Forest City, Mega Proyek Reklamasi Yang Mangkrak

Pada akhir abad ke-19, kawasan ini menjadi pusat komersial yang semakin penting. Setelah itu, pada tahun 1819, Sir Stamford Raffles, seorang perwira Inggris di East India Company, datang ke negara tersebut dan mendirikan pos perdagangan di Inggris. Berdirinya pelabuhan ini mengubah Singapura dari desa nelayan kecil menjadi pusat perdagangan penting di Asia Tenggara.

Namun kedatangan orang Eropa ke Singapura tidak hanya membawa dampak positif, namun juga membawa dampak negatif bagi penduduk pribumi. Banyak masyarakat adat yang terpaksa menjadi pekerja paksa dan menghadapi eksploitasi sumber daya alam dan kolonialisme.

Pada tahun-tahun berikutnya, Inggris secara bertahap menguasai Singapura dan mengembangkan perekonomian pulau tersebut. Akhirnya negara ini menjadi pusat perdagangan penting, terutama perdagangan karet, timah dan kurma.

Singapura resmi menjadi koloni Inggris pada tahun 1824 setelah Inggris mengambil alih negara tersebut dari Kesultanan Johor. Negara ini kemudian menjadi bagian dari koloni Inggris di India dan kemudian menjadi koloni tersendiri pada tahun 1867. Pada masa penjajahan Inggris, negara ini menjadi pusat perdagangan penting dan berkembang secara ekonomi.

Alasan Kenapa Singapura Menjadi Negara Maju Se Asia Tenggara

Pada Perang Dunia II, Singapura diduduki Jepang pada tahun 1942-1945. Kolonialisme Jepang menimbulkan banyak penderitaan dan kerugian baik nyawa maupun harta benda. Menurut sejarah, jumlah korban tewas di negara itu sekitar 5.000 orang dan 50.000 orang adalah tawanan perang. Setelah berakhirnya Perang Dunia Kedua, negara tersebut kembali ke kekuasaan Inggris.

Tanda-tanda kemerdekaan Singapura muncul pada tahun 1959, ketika Inggris memberikan kemerdekaan kepada Singapura untuk menjadi bagian dari Kerajaan Inggris.

Kemudian pada tahun 1963, Singapura bersama Malaya, Sabah dan Sarawak (Malaysia) membentuk Federasi Malaysia. Namun karena perbedaan pandangan politik dan ekonomi, hubungan kedua negara semakin memburuk.

Akhirnya Singapura merdeka pada tanggal 9 Agustus 1965, memisahkan diri dari Federasi Malaysia. Proses kemerdekaan berumur pendek dan dirusak oleh konflik dengan pemerintah Malaysia yang dipimpin oleh Tunku Abdul Rahman.

Singapura Sedang Bahas Sertifikasi Vaksin Dengan Negara Lain

Lee Kuan Yew menjadi perdana menteri pertama Singapura setelah memisahkan diri dari Malaysia. Dia bekerja untuk membangun negara yang mandiri dan maju secara ekonomi di wilayahnya.

Baca Juga  Tuliskan Gerakan-gerakan Dasar Tari Kijang

Dalam beberapa tahun pertama setelah kemerdekaan, Singapura menghadapi masalah ekonomi dan sosial. Namun dengan kebijakan baru seperti penguatan sektor manufaktur, pembangunan infrastruktur modern, dan penerapan kebijakan imigrasi yang selektif.

Terakhir, Singapura telah menikmati pertumbuhan ekonomi yang pesat, dan telah mencapai kesuksesan besar dalam waktu singkat.

Pada masa pemerintahan Lee Kuan Yew, Singapura dikenal sebagai negara yang kuat. Pemerintahannya telah menerapkan berbagai kebijakan untuk mengendalikan korupsi dan memperkuat etika sosial.

Fakta Menarik Singapura Yang Unik Dan Wajib Kamu Ketahui

Beberapa kebijakan kontroversial yang diterapkan pemerintah Singapura antara lain pelarangan merokok di tempat umum, serta pelarangan pertemuan tidak sah yang melibatkan lebih dari lima orang di tempat umum.

Kemudian pada tahun 1990, Lee Kuan Yew digantikan oleh Go Chok Tong yang menjabat hingga Agustus 2004. Pasalnya, Go Chok Tong akhirnya pensiun dari jabatan yang dijabatnya selama 14 tahun terakhir.

Setelah itu, jabatan Perdana Menteri Singapura dijabat oleh putra Lee Kuan Yew, Lee Hsien Loong, sejak tahun 2004 hingga sekarang. Terakhir, Lee Kuan Yew meninggal pada tahun 2015.

Pemerintahan Lee Hsien Loong secara konsisten fokus pada pembangunan ekonomi serta inovasi dan pengembangan teknologi. Negara ini telah menjadi pusat teknologi dan keuangan penting dunia dan telah menarik investasi dari berbagai negara.

Program Kota Hijau Untuk Kehidupan Berkelanjutan Di Singapura

Awalnya nama Singapura yang kita kenal sekarang berasal dari kata Sansekerta “simha” yang berarti singa dan “pura” yang berarti kota. Dalam bahasa Melayu, gabungan kata tersebut disebut “Singapura” yang artinya Kota Singa.

Nama Singapura erat kaitannya dengan legenda raja Sumatera abad ke-14, Sang Nila Utama, yang mengunjungi kawasan tersebut dan melihat apa yang disangkanya adalah seekor singa di kejauhan. Karena dikaitkan dengan simbol keberuntungan, pangeran ini akhirnya mendirikan sebuah desa dan mengembangkan wilayahnya.

Setelah beberapa waktu, kami mengetahui bahwa binatang yang dilihat sang pangeran dalam legenda adalah seekor harimau, karena tidak pernah ada singa di daerah tersebut. Namun hingga saat ini, singa masih identik dengan Singapura dan kerap dijadikan lambang negara bahkan atas nama tim sepak bola nasional.

Dahulu kala, Singapura sering disebut oleh para pelancong Tiongkok dengan nama Pu Luo Chang yang artinya Pulau Ujung. Pasalnya, letaknya di pinggir Semenanjung Malaysia. Di Malaysia sendiri, Pu Luo Chang disebut dengan “Pulang Ujong”.

Singapura: Mengapa Menjaga Kebersihan Benar Benar Jadi Kebiasaan Warga Negara Kota Ini?

Pada abad ke-13, Singapura disebut “Tamasek”, dari bahasa Jawa Kuno yang berarti kota laut. Dalam bahasa Melayu, kata Tamasek berasal dari Tasek yang berarti “mengajar”. Kata “Tamasek” masih digunakan sampai sekarang sebagai nama organisasi dan bahkan sebagai gelar kehormatan.

Baca Juga  Orang Yang Dapat Membedakan Antara Hak Dan Yang Batil Disebut

Singapura berganti nama menjadi Syonan-to selama Perang Dunia II. Kata ini memiliki arti yang sangat puitis yaitu “cahaya selatan”, karena terletak di bagian selatan Jepang. Namun nama tersebut belum lagi disebutkan sejak Jepang meninggalkan negaranya.

Julukan Singapura erat kaitannya dengan letaknya yang berada di jalur perdagangan. Para sejarawan percaya bahwa kata “Singapura” berasal dari kata Sansekerta “Singa” yang berarti singa dan “Pura” yang berarti kota atau benteng.

Oleh karena itu, namanya bisa berupa “kota singa” atau “benteng singa”. Teori ini mengemukakan bahwa negara ini telah dikenal sebagai rumah bagi banyak singa sejak zaman dahulu. Hal ini menyebabkan banyak pedagang dari negara lain singgah di Singapura sehingga memberi julukan berbeda.

Fakta Fakta Hunian Di Singapura Jadi Yang Termahal Di Asia Pasifik

Singapura adalah salah satu pendiri dan anggota aktif Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Organisasi multilateral ini didirikan pada tahun 1967 oleh lima negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand.

Sebagai anggota ASEAN, Singapura berpartisipasi aktif dalam berbagai inisiatif dan kegiatan regional, termasuk upaya meningkatkan integrasi ekonomi dan kerja sama politik di kawasan Asia Tenggara.

Ibu kota Singapura adalah Singapura, negaranya sendiri. Ibu kota Singapura merupakan kota terpadat keempat di dunia, dengan sekitar 5,7 juta orang. Kota ini juga sangat bersih dan aman, dengan sistem hukum yang kuat dan tingkat kejahatan yang rendah.

Singapura mempunyai sistem pemerintahan berdasarkan republik parlementer dengan kepala pemerintahan adalah presiden dan kepala pemerintahan adalah perdana menteri. Presiden Singapura memiliki kekuasaan simbolis yang terbatas, sedangkan perdana menteri memiliki kekuasaan eksekutif yang nyata.

Daftar Negara Asean Dan Keunikannya Masing Masing

Sistem legislatif Singapura terdiri dari Majelis Nasional yang dikenal sebagai Parlemen, yang terdiri dari 93 anggota yang dipilih langsung oleh rakyat negara tersebut. Parlemen mempunyai kekuasaan untuk membuat dan menyetujui undang-undang serta mengawasi kebijakan pemerintah.

Namun, sistem peradilan Singapura terdiri dari Mahkamah Agung dan pengadilan yang lebih rendah. Mahkamah Agung bertanggung jawab menangani kasus-kasus sulit dan penting. Namun, Pengadilan Rendah mengadili kasus-kasus kecil dan sederhana.

Presiden Singapura saat ini adalah Halimah Yacob, sedangkan Lee Hsien Loong adalah perdana menteri.

Halimah Yaqub dilantik pada September 2017 dan merupakan presiden wanita pertama Singapura hingga saat ini. Presiden Yaqub adalah seorang politisi kawakan yang memegang berbagai posisi di pemerintahan sebelum menjadi presiden. Jabatan yang pernah dijabatnya antara lain Menteri Masyarakat dan Pembangunan di Singapura dan Anggota Parlemen.

Singapura Pertimbangkan 5 Usulan Perketat Pajak

Perdana Menteri Lee Hsien Loong telah menjadi Perdana Menteri Singapura sejak tahun 2004, menggantikan Goh Chok Tong. DIA ADALAH

Mengapa voc dikatakan sebagai negara dalam negara jelaskan, mengapa letak singapura dikatakan strategis, mengapa intranet dapat dikatakan sebagai internet skala kecil, mengapa voc dikatakan sebagai negara dalam negara, mengapa pancasila dikatakan sebagai ideologi terbuka, mengapa manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, mengapa pancasila dikatakan sebagai dasar negara, mengapa singapura dikatakan negara maju, mengapa letak negara singapura dikatakan strategis, mengapa reptil dikatakan sebagai binatang berdarah dingin, mengapa sangiran dikatakan sebagai laboratorium manusia purba, mengapa indonesia dikatakan negara berkembang