Melakukan Gerakan Memantul Mantulkan Bola Ke Bawah Memiliki Tujuan Untuk – Dalam olahraga apapun selalu ada teknik dasar yang harus dikuasai atau dipelajari, seperti teknik dasar bermain sepak bola dan teknik dasar bermain bulutangkis. Bola basket juga merupakan bentuk olahraga yang populer selain sepak bola dan ada beberapa teknik dasar bola basket yang perlu Anda ketahui dan kuasai jika ingin menjadi pemain profesional.

Bola basket adalah jenis permainan olahraga tim yang sering diperebutkan. Jika Anda ingin bergabung dengan tim bola basket, tentunya Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang teknik dasar. Berikut ini akan diuraikan satu persatu teknik dasar mendengarkan.

Melakukan Gerakan Memantul Mantulkan Bola Ke Bawah Memiliki Tujuan Untuk

Pada dasarnya teknik dribbling dalam bola basket memiliki tujuan yang sama dengan teknik dribbling dalam sepak bola. Tujuan utama dribbling adalah menjaga bola tetap dalam penguasaan kita dan mampu menghindari serta mengoper dan menyerang lawan. Memantulkan bola hanyalah teknik dribbling atau dribbling yang berbeda dalam bola basket.

Mengenal 8 Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Dengan menggunakan satu telapak tangan terbuka, pemain biasanya akan memantulkan bola basket. Aturannya adalah pemain bola basket tidak diperbolehkan menggunakan dua tangan untuk menggiring bola bola basket. Dia bahkan tidak diperbolehkan untuk memotong tinju mereka dan menggembalakan mereka.

Ada teknik dribbling bola basket yang disebut high dribble, dimana pemain harus melakukan teknik ini dengan kecepatan tinggi. Biasanya teknik dribbling dengan dribble tinggi ini digunakan saat anda sedang memasuki pertahanan lawan dengan cara berlari atau setidaknya berjalan cepat.

Pemain harus berlari atau setidaknya berjalan cepat untuk menangkap usaha lawan menangkap bola dan bisa masuk ke area pertahanan lawan untuk mencetak poin. Teknik ini digunakan saat pemain lawan tidak terlalu dekat dengan pemegang bola.

Teknik dribbling lainnya adalah low dribbling atau dribbling rendah dimana teknik ini juga penting untuk dikuasai, terutama ketika seorang pemain ingin melindungi bola dari tim lain yang berusaha menangkapnya. Menguasai teknik ini akan membantu pemain bertahan dari pembunuhan lawan.

Apa Itu Dribbling Bola Basket, Teknik Dasar, Dan Cara Melakukannya

Teknik ini bisa digunakan saat berhadapan langsung dengan pemain dari tim lawan. Jika ingin membuat terobosan juga bisa dan tentunya dengan memanfaatkan celah yang diciptakan lawan saat lengah. Akan sangat bermanfaat bagi tim Anda sendiri jika Anda berlatih dribbling rendah.

Baca Juga  Cara Memainkan Tari Seudati Terdapat Pada Nomor

Untuk teknik menggiring bola basket dengan gerakan spin dribbling, pemain harus memiliki keahlian khusus dan harus berlatih secara rutin. Tujuan dari latihan rutin adalah agar gerakan dribbling menjadi stabil dan tampil sempurna. Jika dribbling stabil, otomatis bola tidak akan bergerak liar atau bisa lari kemana-mana dan lebih mudah dikendalikan. Untuk pemula biasanya teknik ini akan cukup sulit karena bola pada awalnya tidak akan mudah untuk dikendalikan.

Satu lagi teknik dribbling bola basket yang juga penting untuk diketahui dan dipelajari oleh pemain basket profesional. Teknik ini mengutamakan proses menggiring bola dimana bola harus diletakkan di depan kaki. Teknik dribbling jenis ini juga cukup sulit, terutama untuk pemula, sehingga diperlukan latihan yang teratur, sama seperti teknik dribbling berputar yang telah dijelaskan sebelumnya.

Dengan berlatih secara rutin di bawah pengawasan seorang pelatih bola basket, akan membuat Anda bisa menguasainya dengan cepat. Jika ada kesalahan, pelatih akan bisa menjelaskan agar pemain bisa memperbaikinya.

Soal Pas Pjok Kelas 6 Sd, Pilihan Ganda Dan Essay + Jawaban

Menggiring bola ke belakang gawang juga memerlukan keterampilan khusus dan pemain harus melatih gerakan ini secara teratur agar dapat menguasai bola dengan baik dengan cepat dan dapat menguasai bola dengan baik. Pada teknik ini fokus utama gerakannya adalah meletakkan bola di belakang pemain dan tujuannya biasanya agar tidak mudah ditangkap lawan. Dengan menguasai teknik yang sama ini otomatis lawan tidak akan mudah membobol posisi bola di tim sendiri dan kita bisa terus membawa bola juga. Dengan gerakan yang cepat maka hasilnya akan lebih baik, namun tidak semudah yang dibayangkan dan membutuhkan latihan yang intensif.

Pada teknik dribbling crossover ini, fokus utama gerakannya adalah pemain harus melakukannya dengan posisi crossover. Tujuan dari penggunaan crossover dribbling adalah untuk mengecoh pergerakan lawan. Arahkan bola dengan cara menyilang agar pemain dari tim lawan tidak mudah menebak pergerakan kita saat membawa bola.

Secara umum, jurus dribbling ini cukup efektif untuk mengalahkan lawan karena akan terdengar sorot mata lawan yang kurang baik. Hal ini akan memudahkan kita untuk membobol pertahanan tim lawan untuk mencetak poin setelahnya.

Perlu diperhatikan juga bahwa menggiring bola memiliki prinsip gerakan yang harus diperhatikan. Pemain dianjurkan untuk mempraktekkan teknik-teknik berikut saat menggiring bola agar bola tetap stabil dan tidak mudah ke mana-mana saat dibawa.

Baca Juga  Lagu Ondel-ondel Awalnya Bertujuan Untuk

Pjok Kelas 4

Pivot yang berarti tumpuan merupakan teknik dasar yang juga banyak digunakan oleh para pemain bola basket pada saat pertandingan. Teknik pivot ini biasanya digunakan untuk bisa mengecat lawan. Caranya adalah gerakkan tubuh saat salah satu kaki terangkat sementara kedua tangan tetap melindungi bola dari serangan lawan.

Dalam teknik pivot, yang terpenting adalah menggerakkan kaki sambil memutar tubuh dan ini adalah aturannya, terutama kaki yang digunakan untuk menopang tubuh. Pilih kaki terkuat untuk menopang saat memutar tubuh agar prestasi bisa sukses. Kaki lainnya sangat mobile selama Anda tidak menggerakkan kakinya.

Dalam permainan bola basket harus mengetahui dan memiliki latihan passing atau passing yang tepat. Hampir sama dengan permainan sepak bola yang memiliki teknik passing, bola basket juga memilikinya, bedanya tidak ditendang melainkan dilempar. Bermain kooperatif dapat dicapai bila teknik-teknik dasar ini juga dikuasai.

Dalam teknik passing atau passing, pemain harus melakukan gerakan melempar bola yang ditujukan kepada teman satu timnya. Menggunakan dua tangan untuk mengoper adalah yang paling umum, tetapi bisa juga dilakukan dengan satu tangan. Tujuannya tentu untuk melindungi bola dari lawan yang berusaha menangkapnya.

Pts Pjok Kelas X

Dalam teknik mengoper atau mengumpan bola ini dilakukan dengan posisi bola tepat di depan dada. Gunakan lemparan dua tangan agar hasil lemparan atau operan bisa langsung ke rekan setim yang kamu targetkan. Teknik ini tergolong paling sederhana dimana akurasinya juga paling tinggi sehingga tingkat kegagalannya rendah.

Dalam teknik mengoper dada ini terdapat beberapa tips agar pemain dapat menghindari lawannya untuk dapat membaca gerakannya, yaitu dengan menggunakan gerakan tipuan. Jurus tipu yang dimaksud di sini adalah usahakan untuk tidak melihat langsung ke arah rekan setim sehingga lawan kesulitan merebut bola dari kita.

Selain passing dada, ada juga teknik passing yang dilakukan dengan posisi bola berada di sisi atas kepala. Saat melakukan operan ini, biasanya terjadi serangan balik dimana bola dilempar jauh ke area pertahanan lawan. Jika kita juga dijaga ketat oleh lawan, teknik ini juga bisa digunakan untuk membebaskan diri.

Saat melakukan teknik ini, solusi terbaik adalah saat lawan ada di sekitar Anda untuk mengambil bola dari kami. Menerapkan teknik ini akan mencegah lawan menangkap bola karena Anda tidak bisa memaksakan diri untuk membawa bola terus menerus di tangan Anda dalam kondisi sulit untuk melewati penjagaan ketat lawan.

Pelanggaran Dribble Dalam Bola Basket Halaman All

Dalam teknik passing yang sama ini, pemain harus melakukannya dari bawah atau bisa dianggap mid-ground dengan bola dan diarahkan langsung ke rekan setim yang dituju. Pastikan juga dalam teknik passing ini tidak mudah bagi lawan untuk membaca kemana arah bola.

Baca Juga  Buahnya Dapat Dibuat Manisan Atau Sirup Adalah Biji

Teknik ini dapat diterapkan saat mencoba mengoper atau menempuh jarak pendek dan karenanya akan lebih efektif. Pemain bola basket menganggap teknik ini sangat aman, namun tetap ada resiko pemain dari tim lawan bisa menerobos masuk secara tiba-tiba untuk menangkap bola.

Teknik passing lainnya adalah hook pass dimana pemain biasanya melakukannya dengan satu tangan dan membentuknya seperti tali pancing atau kail itu sendiri. Untuk melakukan ini, Anda perlu menekuk lengan ke atas dan memastikannya melewati bahu kita. Lakukan operan yang adil dengan melepaskan bola tepat di depan wajah Anda.

Untuk mengoper lebih tinggi juga dengan lebih panjang ke arah bahu kita. Teknik ini sangat berguna saat lawan ingin memberikan pertahanan bertahan seperti kondisi dimana kita diblok oleh 2 pemain bertahan. Teknik ini juga berguna saat lawan memotong sudut yang bisa kita lewati.

Soal Pjok Gazal Xi Smk Pgri 2 Tahun 2021

Pemain biasanya melakukan teknik passing bola yang satu ini dengan bola memantul ke bawah lalu rekannya menerimanya. Tujuan utama dari teknik passing ini adalah untuk menghindari rintangan lawan. Tujuan penggunaan teknik ini mirip dengan bass dada, tetapi latihan gerakannya berbeda.

Kita juga bisa mengelabui lawan kita dengan teknik ini, apalagi saat kita dicegat untuk menghambat kecepatan kita. Betul sekali, teknik passing bouncing juga memiliki kelemahan yaitu tidak bisa melakukan passing jauh karena cukup sulit bahkan tidak mungkin jika ingin melakukan rebound jarak jauh. Ini juga karena kecepatan bola tidak bisa dibandingkan dengan umpan di dada.

Karena gerakannya mirip dengan melempar bola baseball, maka teknik ini disebut baseball pass. Gunakan banyak tenaga, tetapi dalam praktiknya hanya satu tangan yang diperbolehkan. Teknik ini sering digunakan dengan tujuan untuk mengelabui lawan.

Cara passing ini sangat baik untuk mengecoh lawan karena lemparan yang dilakukan akan sedikit mengagetkan sehingga lawan tidak mudah menebak. Banyak pemain yang memanfaatkan teknik ini dengan melakukan gerakan tipuan, yaitu melompat ketika ingin mengirim bola ke arah lingkaran tetapi pada kenyataannya hanya mengumpan bola kepada teman yang posisinya baik, kanan atau kanan. .

Apabila Saat Menendang Bola, Bagian Kaki Mengenai Bagian Bawah Bola Maka Akan Menghasilkan

Dalam permainan bola basket ada teknik dasar lain yang juga harus dikuasai yaitu teknik menembak. Ia pun berlatih pukulan lurus di atas ring agar gerakannya mulus dan bisa mencetak hasilnya

Cara melakukan passing bawah dalam permainan bola voli, cara melakukan passing bawah permainan bola voli, gerakan untuk sakit pinggang bawah, cara melakukan passing bawah dalam bola voli, memantul mantulkan bola dalam permainan bola basket disebut, cara melakukan servis bawah permainan bola voli, cara melakukan passing bawah bola voli, gerakan untuk mengecilkan perut bawah, jelaskan cara melakukan passing bawah permainan bola voli, gerakan untuk mengecilkan perut bagian bawah, untuk melatih kekuatan otot perut kamu dapat melakukan gerakan, retrovirus memiliki kemampuan untuk melakukan