Media Permainan Tenis Meja Yaitu Berbentuk – Artikel ini perlu dibersihkan agar memenuhi standar Wikipedia. Alasannya tidak diberikan. Perluas artikel ini sebanyak yang Anda bisa. Esai dapat disusun dengan membuat indentasi esai atau membagi esai menjadi beberapa paragraf. Jika sudah beres, hapus template ini. (Pelajari bagaimana dan kapan menghapus contoh pesan ini)

Tenis meja (bahasa Inggris: table tennis) atau pingpong adalah permainan yang dilakukan oleh dua atau empat orang pemain yang memukul bola plastik/bola pingpong di atas meja dengan menggunakan alat pemukul/bats. Permainan ini dimainkan di atas meja dengan jaring yang dibagi menjadi dua bagian. Selain servis awal, aturan mainnya adalah: pemain harus mendorong bola ke meja lawan dan lawan harus mengembalikannya ke meja lawan. Poin diberikan jika pemain lawan gagal mengembalikan bola. Karet balap tenis meja bersifat lunak/licin, terdapat titik pendek/serang dan titik panjang/pertahanan. Permainannya cepat dan memerlukan keterampilan dalam penyampaian bola dan putaran bola yang mengubah arah pantulan bola sehingga menyulitkan lawan untuk mengembalikannya. Tenis meja menggunakan reli poin dengan 11 poin permainan per set, berlangsung dari 3 hingga 7 set.

Media Permainan Tenis Meja Yaitu Berbentuk

Badan olah raga tenis meja internasional adalah International Table Tennis Federation (ITTF) yang didirikan pada tahun 1926. ITTF saat ini memiliki 226 Asosiasi/Konfederasi Tenis Meja di seluruh dunia.

Weekly Report #25

Di berbagai partai dan kelompok. Dari tahun 1988 hingga 2004, terdapat turnamen tunggal putra dan tunggal putri serta turnamen ganda putra dan ganda putri. Sejak 2008, pertandingan beregu dimainkan sebagai pengganti ganda.

Tenis meja berkembang di Inggris pada abad ke-19, dimainkan sebagai permainan dalam ruangan setelah makan malam oleh kelas atas. Tenis meja mempunyai banyak nama, salah satunya adalah “whiff waf” dan permainan ini awalnya dikembangkan oleh pemain Inggris di India atau Afrika Selatan, dari mana mereka membawanya kembali ke Inggris. Deretan buku membentuk kotak di tengah meja, tempat dua buku berperan memukul bola golf. Nama “Ping-Pong” diciptakan pada tahun 1901 oleh perusahaan Inggris J. Merek dagang Jacks & Son Ltd digunakan di hampir semua negara sebelumnya. Nama “ping-pong” kemudian diterapkan pada permainan yang dimainkan dengan peralatan jack, di antara institusi lainnya. Namanya tenis meja. Situasi serupa terjadi di Amerika Serikat, di mana Jacks menjual hak atas nama “Ping-Pong” kepada Parker Brothers. Parker Brothers menjadikannya merek dagang pada tahun 1920-an, menyebabkan perusahaan lain beralih ke “tenis meja” daripada menggunakan nama yang lebih umum namun bermerek dagang.

Baca Juga  Contoh Gejala Alam Biotik

Penggemar tenis meja James W. Gibb, yang menemukan bola selulosa selama tur keliling Amerika pada tahun 1901 dan menganggapnya cocok untuk permainan tersebut, membuat penemuan besar berikutnya. Setelah E.C. Pada tahun yang sama, Goode mengembangkan raket versi modern dengan menempelkan lembaran karet bertitik pada sepotong kayu tajam. Sebuah turnamen pada tahun 1901, buku-buku yang ditulis tentang tenis meja, dan Kejuaraan Dunia tidak resmi pada tahun 1902 membuat tenis meja populer. Pada awal tahun 1900-an, olahraga ini dilarang di Rusia karena pihak berwenang pada saat itu menganggap bermain tenis meja berbahaya. Dampak dari sudut pandang pemain

Pada tahun 1921, Asosiasi Tenis Meja (TTA) dibentuk di Inggris, disusul oleh Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF) pada tahun 1926. London menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia resmi pertama pada tahun 1926. Pada tahun 1933, Asosiasi Tenis Meja Amerika Serikat membentuk apa yang sekarang disebut Tennis American Table.

Olahraga Tenis Meja: Ukuran Lapangan Sampai Aturan Bermain

Pada tahun 1930, Edgar Snow berkomentar di Red Star Over China bahwa Komunis memiliki “kegemaran terhadap tenis meja Inggris” selama Perang Saudara Tiongkok, yang menurutnya “aneh”.

Pada tahun 1950-an, penggunaan lembaran karet yang dikombinasikan dengan lapisan spons pada alasnya mengubah permainan secara dramatis, meningkatkan kecepatan dan putaran bola. Itu dijual oleh perusahaan peralatan olahraga Inggris S.W. Penggunaan Hancock Limited Quick Glue dapat meningkatkan kecepatan dan menyebabkan putaran lebih banyak sehingga mengakibatkan “memperlambat permainan”. Tenis meja diperkenalkan sebagai olahraga Olimpiade pada tahun 1988.

Putaran bola dalam tenis meja banyak sekali: putaran atas, putaran bola ke atas, efek pukulan loop. Underspin akan memutar bola ke bawah, menghasilkan pukulan cincang. Jika Anda memutar bola ke samping, bola dapat bergerak ke kanan atau ke kiri. Tidak ada putaran, bola tidak berputar.

Teknik grip dalam tenis meja terbagi menjadi 2 jenis, yaitu penholder grip dan shakehand grip. Penempatan jari pada kedua teknik genggaman ini dapat menimbulkan banyak variasi genggaman tergantung kebiasaan pemainnya. Genggaman terbaik bagi seorang pemain adalah yang senyaman mungkin dan sesuai dengan kebiasaan pemain.

Baca Juga  Kisah Nabi Luth Singkat

Ukuran Lapangan Tenis Meja Standar Internasional Beserta Gambar

Pegangan overhand merupakan pegangan yang digunakan oleh atlet tipe menyerang. Pegangan poros pena ini juga dikenal sebagai pegangan gaya Asia karena pegangan poros pena ini banyak digunakan oleh pemain Asia. Pemain tipe ini mempunyai postur yang pendek dan pergerakannya yang lincah.

Pegangan jabat tangan merupakan pegangan yang paling banyak/umum digunakan. Kelebihan jabat tangan adalah mempunyai banyak variasi pukulan forehand dan backhand. Sedangkan kelemahan grip ini adalah gerakan pergelangan tangan tidak sebebas grip pulpen.

Persiapan sangat penting dalam tenis meja, terutama saat mengembalikan bola lawan. Untuk mengembalikan bola lawan, pemain harus dalam keadaan siap sehingga pemain dapat meraih bola dan mengarahkannya dengan mudah. Dengan posisi yang baik ini, pemain akan dengan mudah melangkah maju menyambut bola.

=== Ciri-ciri Tenis Lapangan Ada tiga ciri untuk mencetak poin dalam tenis meja yaitu kecepatan, putaran dan penempatan. Untuk mengembangkan proses budidaya dan proses latihan yang mengarah pada peran yang diinginkan, para pemain harus memahami ciri-ciri tersebut guna meningkatkan prestasi tenis mejanya.

Pelajaran Pak Wako

Pukulan forehand dan backhand pada tenis meja mempunyai 2 komponen arah, yaitu komponen maju dan komponen atas/bawah. Banyak pukulan dalam tenis meja pada dasarnya dimulai dengan servis.

Pukulan forehand merupakan pukulan pada saat bola berada pada sisi kanan badan. Saat melakukan langkah ini, posisi badan sedikit diturunkan dan tangan kanan dipegang ke arah pinggul, sedangkan tangan kanan digerakkan dan kaki pemain digerakkan ke kiri. Selanjutnya, gerakkan lengan ke depan hingga siku membentuk sudut 90 derajat.

Pukulan backhand dilakukan ketika bola berada di sisi kiri badan. Saat melakukan pukulan ini, turunkan badan sedikit dan gerakkan tangan kanan ke arah pinggul kiri dan kaki ke arah pinggul kanan. Selanjutnya, gerakkan lengan dan tekuk siku ke depan hingga membentuk sudut 90 derajat. Berikut beberapa jenis pukulan forehand dan backhand:

Drive adalah pukulan yang dilakukan dengan ayunan panjang yang menghasilkan pukulan yang datar dan sulit. Drive shot adalah teknik memukul yang dimulai pada posisi balap tertutup dan menggerakkan perlombaan menuruni lereng dan kemudian berakhir di depan barisan depan tuan rumah. Drive shot ini digunakan sebagai pukulan serangan yang dapat dikendalikan sesuka hati. Langkah penggerak terdiri dari dua langkah:

Sarana Dan Prasarana Tenis Meja 2

Dorongan adalah teknik memukul bola dengan cara menekan bola ke posisi terbuka. Pada pukulan dorong ini biasa digunakan untuk membalas pukulan dorong dan pukulan potong. Pukulan dorong ini meliputi dorongan forehand dan push backhand.

Baca Juga  Hasil Gambar Yang Telah Selesai Dikerjakan Disebut Gambar

Dalam pertandingan tenis meja, pukulan backhand yang dilanjutkan dengan pukulan forehand merupakan pukulan yang paling sering digunakan oleh seorang pemain. Pukulan ini biasa digunakan untuk mengembalikan bola, dimulai dengan pukulan dorong, mengambil langkah ke kiri dan mengembalikan bola dengan pukulan forehand. Ayunan ke belakang setelah pukulan forehand adalah ayunan ke belakang yang dipadukan dengan pukulan forehand.

Servis adalah pukulan pertama dalam tenis meja dengan cara melempar bola ke atas. Kemudian ketika bola mulai jatuh, pemain memantulkan bola tersebut ke meja servis dan mendarat di meja lawan.

Teknik pukulan blok merupakan cara yang mudah untuk membalas pukulan lawan. Teknik memukul ini biasanya digunakan untuk mengembalikan putaran atas atau mengarahkan bola pada posisi balapan tertutup. Teknik pemblokiran digunakan setelah bola memantul dari meja setinggi net sehingga lawan tidak dapat melakukan serangan balik dengan cepat. Teknik pukulan ini juga sering disebut dengan short block karena teknik ini sering digunakan saat melawan meja. Teknik pemblokiran terbagi menjadi 2 yaitu :

Teknik Dasar Tenis Meja Yang Wajib Dikuasai Agar Lincah Beradu Pukulan

02. Daun sirih terdiri dari sekurang-kurangnya 85% kayu, diukur berdasarkan ketebalannya; Lapisan resin pada kayu dapat diperkuat dengan bahan berserat seperti serat karbon atau serat kaca atau bahan kertas tekan, namun bahan tersebut tidak boleh melebihi 7,5% dari total ketebalan atau 0,35 mm dan digunakan tipis-tipis. Catatan.

03. Bagian samping buah pinang yang digunakan untuk memukul bola sebaiknya ditutup dengan karet atau titik-titik yang licin/licin, jika menggunakan karet maka ketebalan karet termasuk lapisan lem resin bagian luarnya (tanpa spon) tidak boleh . . Lebih dari 2,0 mm, atau jika menggunakan lapisan karet (karet + spons), jika ujung dalamnya menghadap ke luar atau ke dalam, ketebalan termasuk lem perekat tidak boleh lebih dari 4,0 mm.

04. Setiap kali seorang pemain menukarkan taruhannya pada awal permainan dan selama pertandingan, pemain harus menunjukkan taruhannya kepada lawannya dan wasit serta memperbolehkan wasit dan lawannya untuk memeriksa/mencoba.

Biasanya berwarna putih atau oranye dan terbuat dari selulosa ringan. Bola yang baik akan menghasilkan tinggi pantulan 23-26 cm bila dijatuhkan dari ketinggian 30,5 cm. Bola tenis meja biasanya memiliki bintang antara 1 dan 3 dan tanda bintang 3 ini menunjukkan kualitas bola yang tinggi dan biasanya digunakan dalam turnamen resmi.

Mengulas 6 Olahraga Dan Permainan Unik Dan Kurang Familier Di Sea Games 2023: Indonesia Dapat Emas Loh!

Lapangan tenis meja mempunyai luas permukaan tertentu dan dapat memantulkan bola pingpong secara akurat.

Alat permainan tenis meja, berat bola tenis meja yaitu, iklan di media online berbentuk, lebar lapangan tenis meja yaitu, panjang meja tenis meja yaitu, permainan tenis meja, panjang lapangan tenis meja yaitu, lebar meja pingpong atau tenis meja yaitu, lebar tenis meja yaitu, lebar bet tenis meja yaitu, meja dalam permainan tenis meja berbentuk, permainan tenis meja dilakukan di lapangan berbentuk