Mata Pencaharian Utama Penduduk Laos Adalah – Wilayah Asia Tenggara terletak antara 28°LU – 11°LS dan 93°BT – 141°BT. Letaknya di antara dua benua, Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Di akhir pertemuan, menurut dr. Sugihayanto, M.Sc. dalam Geografi dan Sosiologi 3 yang menjadikan kawasan Asia Tenggara merupakan lokasi yang strategis khususnya dalam kehidupan perekonomian global yang didukung oleh sumber daya alam yang melimpah.

Mata Pencaharian Utama Penduduk Laos Adalah

Selain itu, letaknya yang berada pada 23,5°LU – 23,5°LS juga menyebabkan negara-negara Asia Tenggara beriklim tropis.

Ide Pokok Paragraf Di Atas Adalah…. Tolong Jawabin Pliss…. Aku Butuh Jawaban Secepat Mungkin,tolong

Hal ini dikarenakan letaknya yang dekat dengan garis khatulistiwa, dimana jarak antara bumi dan orbit matahari sangat dekat sehingga jumlah sinar matahari di daerah ini sangat tinggi.

Selain itu, karena dikelilingi oleh dua samudera dan dua benua, kawasan Asia Tenggara mempunyai dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Pergantian musim ini terjadi kira-kira setiap enam bulan sekali, dan ditandai dengan masa peralihan. Seperti peralihan musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya.

Mata pencaharian sebagian masyarakat di Asia Tenggara bergantung pada kondisi lingkungan yang ada. Letaknya yang berada di pertemuan daratan dan lautan menjadikan kawasan Asia Tenggara kaya akan sumber daya alam yang strategis.

Materi Ips Kelas Vi Tema 1 Subtema 2 Worksheet

Sumber daya alam yang kaya terdapat di kawasan ini, yang meliputi kekayaan tumbuhan, hewan, pertambangan, dan aset lainnya seperti pertanian.

Oleh karena itu, sebagian besar masyarakat di kawasan Asia Tenggara hidup sebagai petani. Bahkan negara-negara di kawasan ASEAN mempunyai nilai produk pertanian tertinggi di dunia.

Hal ini dibuktikan dengan 6 negara di kawasan Asia Tenggara yang menjadi reservoir beras yaitu Thailand, Vietnam, Myanmar, Laos, Filipina, dan Indonesia.

Di Indonesia sendiri, tingkat produksi berasnya cukup tinggi hingga masuk dalam daftar negara konsumen gabah beras. Data BPS menyebutkan pada tahun 2020 produksi padi mencapai 54,65 juta. ton gabah kering (GKG).

Haus Akan Tenaga Listrik

Dibandingkan tahun 2019, total produksi beras meningkat sebesar 45,17 ribu. ton atau 0,08 persen. Dikonversi menjadi beras, pada tahun 2020 total produksi sebesar 31,33 juta ton.

Baca Juga  Saat Menari Gerakan Tubuh Harus

Jumlah ini bertambah 21,46 ribu. ton atau 0,07 persen dibandingkan 31,31 juta pada tahun 2019. Sayangnya, seluruh produksi beras tersebut tidak mencukupi kebutuhan masyarakat Indonesia sehingga harus diimpor.

Sementara itu, untuk mendukung produk pertanian padi di kawasan Asia Tenggara, terdapat pusat penelitian padi internasional yang berlokasi di Los Banos, Filipina.

Lembaga tersebut adalah International Rice Research Institute (IRRI) yang hasil penelitiannya digunakan oleh banyak negara, tidak hanya di kawasan Asia Tenggara saja. sungai yang terletak di antara jalur perdagangan penting. Masyarakat Kamboja bergantung pada kondisi alam untuk penghidupan mereka.

Mata Pencaharian Vietnam

Menurut laporan Britannica, Kamboja memulai proses pemulihan di bawah pemerintahan Republik Rakyat Kampuchea, didukung oleh Vietnam, dari tahun 1979 hingga 1989, dan hampir mendapatkan kembali kemerdekaan politiknya pada tahun 1990an. Negara ini kemudian memulihkan sistem pemerintahannya.

Perekonomian Kamboja terus tumbuh. Ada pepatah yang bergema di masyarakat Kamboja: “Jangan takut akan masa depan, jangan bersedih atas masa lalu.” Pepatah mengatakan jangan takut akan masa depan dan jangan menyesali masa lalu.

Sebagian besar tanah Kamboja berpasir dan kekurangan unsur hara. Lahan ini cocok untuk ditanami tanaman komersial seperti karet dan kapas.

Kamboja merupakan salah satu negara yang mengalirkan Sungai Mekong, sungai terbesar di Asia Tenggara. Banjir tahunan Sungai Mekong selama musim hujan menyebabkan sedimen aluvial. Tanah ini berkontribusi terhadap kesuburan tanah di dataran tengah dan menyediakan irigasi alami untuk penanaman padi.

Profil Negara Laos Dan Thailand

Meskipun sebagian besar wilayah Kamboja berhutan lebat, wilayah dataran rendah ditutupi dengan sawah, ladang tanaman kering seperti jagung dan tembakau, rumput tinggi dan alang-alang, serta hutan yang jarang.

Sekitar 4/5 penduduk Kamboja masih tinggal di pedesaan, sedangkan sisanya tinggal di perkotaan. Mata pencaharian utama masyarakat Kamboja adalah bertani. Mereka mencari nafkah dari pertanian, perikanan dan usaha kecil.

Hanya sebagian kecil penduduk yang pernah tinggal di kota berpenduduk lebih dari 10.000 orang. Sejak tahun 1920-an, sebagian besar penduduk kota terkonsentrasi di Phnom Penh, yang terletak di pertemuan sungai Mekong, Basak, dan Sab.

Saat menanam padi, seluruh anggota keluarga bekerja sama di sawah. Penanaman, pemindahan dan pemanenan harus dilakukan dengan cepat. Petani tidak bisa menggunakan mesin pertanian.

Makalah Negara Laos

Menurut laporan Bank Dunia, Kamboja telah mengalami perubahan besar selama dua dekade terakhir, sejak tahun 2015 mencapai tingkat pendapatan rata-rata yang rendah. Negara ini juga bertujuan untuk mencapai status pendapatan tinggi pada tahun 2030.

Didorong oleh ekspor dan pariwisata, perekonomian Kamboja berhasil mempertahankan tingkat pertumbuhan riil sebesar 7,7 persen antara tahun 1998 dan 2019. Jumlah ini menjadikan Kamboja salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Laos (Laos: ຺຺຺຺຺), secara resmi Republik Demokratik Rakyat Laos (Laos: ตับตายยสับติติม ຺຺), adalah sebuah negara Asia Selatan yang berbatasan dengan Myanmar dan negara yang terkurung daratan. Republik Tiongkok di barat laut, Vietnam di timur, Kamboja di selatan, dan Thailand di barat. Dari abad ke-14 hingga abad ke-18, negara ini disebut Lan Xang, atau “Negeri Seribu Gajah”.

Baca Juga  Apa Yang Dimaksud Dengan Drama

Laos adalah negara republik yang terkurung daratan yang terletak di bagian utara semenanjung Indochina. Laos berasal dari nama Lan Xang yang berarti kerajaan gajah. Negara ini merupakan satu-satunya negara yang terkurung daratan di Asia Tenggara. Laos pernah dianeksasi oleh Perancis pada tahun 1953 22 Oktober memperoleh kemerdekaan dalam bentuk kerajaan. pada tahun 1975 2 Desember Kerajaan Laos menjadi Republik Laos. Laos adalah negara komunis dengan kepala pemerintahan berbakat, Thongloun Sisoulith, dibantu oleh Perdana Menteri Phankam Viphavanh. Secara geopolitik, wilayah Laos yang terkurung daratan dikenal sebagai terkurung daratan. Situasi seperti ini dinilai tidak diinginkan dari sudut pandang pertahanan dan keamanan, terutama jika terjadi serangan atau penyerangan oleh negara lain. Laos memiliki lembah sungai subur yang banyak ditanami tanaman pertanian, terutama padi, kopi, dan tembakau. Ini mengandung sumber daya mineral seperti timah, tembaga, emas dan perak. Daerahnya yang penuh perbukitan dan pegunungan ditutupi hutan lebat, sehingga kayu menjadi salah satu komoditasnya. Kekuatan sosial budaya mencakup berbagai suku dengan beragam budaya yang sebagian besar masih mengikuti tradisi, dan memiliki bahasa nasional Laos. Namun dalam kehidupan sehari-hari, selain bahasa nasional, masyarakat menggunakan bahasa Thailand, Inggris, dan Prancis, serta memiliki banyak bangunan bersejarah, terutama candi.

Laos adalah salah satu dari lima negara komunis di dunia. Luas wilayahnya kurang lebih 236.800 km2 dan berpenduduk sekitar 6,6 juta jiwa. Negara ini bergabung dengan ASEAN pada tahun 1997, namun negara tertutup ini baru membuka diri bagi negara lain pada tahun 2004. Langkah pertama yang diambil Laos dalam membuka diri adalah menarik modal asing. Laos telah berulang kali merevisi undang-undang penanaman modal asing, sehingga memungkinkan perusahaan asing mengalihkan keuntungan dari Laos. Investor asing juga diperbolehkan mendirikan kepemilikan perseorangan atau usaha patungan. Pemerintah Laos bahkan tidak mengenakan pajak kepada perusahaan asing selama lima tahun pertama menjalankan bisnis di Laos.

Sebutkan Mata Pencaharian Penduduk Yang Berada Di Daerah Dataran Rendah

Untuk mengembangkan perekonomian, Laos mendirikan beberapa zona ekonomi, meningkatkan perdagangan internasional dan memperkuat kerja sama regional. Sumber penghidupan utama masyarakat Laos adalah industri pertanian. Hasil pertanian utama adalah beras, jagung, tembakau, kapas, kopi dan buah jeruk. Kawasan pertanian biasanya terletak di dataran rendah, terutama di sepanjang tepian Sungai Mekong. Sungai Mekong merupakan sumber daya ekonomi bagi Laos, yang digunakan Laos untuk menghasilkan pembangkit listrik tenaga air. Laos kemudian menjual tenaga air ke negara tetangga seperti Vietnam dan Thailand. tahun 2012 Pemerintah Laos telah mendirikan portal Lao Trade Center yang menyediakan informasi mengenai impor dan ekspor negara tersebut. Seiring dengan keterbukaan ekonomi, perekonomian Laos antara tahun 2001 dan 2010 tumbuh sebesar 7,1 persen, dan pada tahun 2011-2015 7,6 persen diharapkan. Angka tersebut bukanlah angka yang mustahil jika melihat pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) Laos sebesar 8,1 persen pada tahun 2012.

Baca Juga  Nada Panjang Dinyanyikan Dengan Irama

Sejarah awal Laos didominasi oleh kerajaan Nanzhao, yang pada abad ke-14 digantikan oleh kerajaan lokal Lan Xang, yang bertahan hingga abad ke-18 ketika Thailand mengambil alih kerajaan tersebut. Prancis kemudian menguasai wilayah tersebut pada abad ke-19 dan memasukkannya ke dalam Indochina Prancis pada tahun 1893. Setelah dijajah Jepang pada Perang Dunia II, negara ini merdeka pada tahun 1949 dengan nama Kerajaan Laos di bawah pemerintahan Raja Sisavang Vong.

Karena kerusuhan politik di negara tetangga Vietnam, Laos mengalami Perang Indochina Kedua (juga dikenal sebagai Perang Rahasia), yang menjadi faktor destabilisasi yang menyebabkan perang saudara dan berbagai kudeta. pada tahun 1975 Komunis Pathet Lao mendukung Uni Soviet, sedangkan komunis Vietnam menggulingkan pemerintahan Raja Savang Vatthana, didukung oleh Amerika Serikat dan Perancis. Setelah mengambil alih negara, mereka mengganti nama menjadi Republik Demokratik Rakyat Laos, yang masih bertahan hingga saat ini. Pada akhir tahun 1980an, Laos memperkuat hubungan dengan Vietnam dan melonggarkan pembatasan ekonomi, dan pada tahun 1997 Laos sudah termasuk dalam ASEAN.

Nama Laos diciptakan oleh Perancis pada tahun 1893. menyatukan tiga kerajaan Laos menjadi Indochina Prancis. Nama negara ditulis menurut bentuk jamak dari kelompok penguasa dan umum, yaitu masyarakat Laos.

Etika Dan Hukum Bisnis Laos

Di Laos, nama negaranya adalah Muang Lao (dình lạo) atau Pathet Lao (lạo), keduanya berarti “Negara Bangsa Lao”.

Wilayah Laos telah dihuni selama ribuan tahun. Sedikit yang diketahui tentang prasejarah negara ini. Laos diyakini telah dihuni oleh banyak kelompok berbeda pada abad ke-14.

Mata pencaharian penduduk australia, mata pencaharian penduduk kamboja, mata pencaharian penduduk, mata pencaharian penduduk brazil, mata pencaharian utama penduduk dataran tinggi, mata pencaharian penduduk myanmar, mata pencaharian negara laos, mata pencaharian penduduk laos, mata pencaharian laos, mata pencaharian penduduk kota, mata pencaharian penduduk surabaya, mata pencaharian penduduk thailand