Manfaat Tolakan Pada Senam Lantai Adalah – , Jakarta Pengertian senam lantai adalah senam kelompok yang dilakukan di atas lantai. Ada empat gerakan dari konsep senam lantai yaitu roll, bounce, balance dan jump. Senam lantai dikenal sebagai olahraga yang aman.

Dalam artian berlangsung dalam ruangan khusus yang meliputi pelaksanaan gerak, kekuatan, kecepatan dan keserasian gerak fisik. Demikian pula, konsep senam lantai membutuhkan kombinasi ini agar manfaat mental dan fisik dapat dirasakan.

Manfaat Tolakan Pada Senam Lantai Adalah

Sejarah melaporkan bahwa penemu latihan darat adalah seorang petugas medis Angkatan Laut Kerajaan Belanda bernama Dr. HF. Minkema. Dari catatan tersebut juga diketahui bahwa operasi darat di Indonesia berkembang cukup pesat dan memberikan dampak yang begitu besar.

Senam Lantai 11

Berikut akan diulas lebih lanjut konsep senam lantai, sejarah, macam-macam gerakan dan manfaatnya dari berbagai sumber, Senin (26/04/2021).

Menurut Muhajir (2013), konsep senam lantai merupakan salah satu kelompok senam. Menurut istilah lantai, gerak/bentuk belajar berlangsung di lantai.

Secara lebih spesifik konsep senam lantai merupakan salah satu cabang olahraga yang unsur geraknya adalah menggelinding, memantul, lompat keseimbangan dan lompat.

Selanjutnya Sayuti Sahara (2010) menegaskan bahwa senam atau senam adalah sistem latihan yang dilakukan untuk meningkatkan perkembangan fisik melalui latihan tubuh.

Gerakan Olahraga Peninggi Badan Sebelum Tidur: Nomor 1 Paling Mudah Dilakukan!

Menurut Budi Sutrisno (2010), konsep senam lantai mengacu pada gerakan-gerakan dengan kombinasi terpadu dan perwujudan dari setiap anggota tubuh dengan kapasitas unsur-unsur motorik atau gerakan, seperti kekuatan, kecepatan, keseimbangan, kelentukan, kelincahan dan ketepatan.

Asal muasal operasi darat belum diketahui secara pasti. Namun berdasarkan konsep olah raga berbasis darat diyakini sudah ada sejak zaman Yunani kuno.

Pada abad ke-20, senam mendapatkan popularitas dan menyebar ke seluruh dunia. Perkembangan olahraga ini sangat pesat sehingga memiliki banyak disiplin ilmu salah satunya adalah senam lantai.

Sedangkan senam pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1912, pada masa penjajahan Belanda. Pengenalan senam bertepatan dengan ditetapkannya pendidikan jasmani sebagai salah satu mata pelajaran wajib di sekolah.

Baca Juga  What Is Happening Between Siti And Jane Jawaban

Senam Lantai Adalah Gerak Di Lantai, Ketahui Gerakan, Sejarah, Dan Manfaatnya

Saat itu, senam yang diperkenalkan pertama kali adalah versi Jerman. Senam dari Jerman biasanya menekankan pada berbagai gerakan yang kaya akan alat latihan.

Pada tahun 1916, latihan versi Jerman dimodifikasi untuk menggunakan sistem Swedia. Sistem Swedia menekankan manfaat gerakan senam.

Penemu konsep latihan darat atau land exercise adalah seorang petugas medis Royal Dutch Navy bernama Dr. HF. Minkema. Melalui Minkema cerita perkembangan senam lantai di Indonesia mulai menyebar ke berbagai daerah.

Tak hanya itu, pada tahun 1918 Minkema juga membuka kursus senam Swedia. Semakin populernya olahraga dari konsep senam lantai, sebuah organisasi didirikan dengan tujuan membina pesenam berbakat.

Macam Macam Senam Lantai, Manakah Olahraga Pilihanmu?

Organisasi ini didirikan pada tanggal 14 Juli 1963 dengan nama PERSANI (Persatuan Senam Indonesia). Pada tahun 1964, untuk pertama kalinya Indonesia mengikuti kompetisi dengan konsep senam lantai internasional di GANEFO I (Games of New Emerging Forces).

Jenis senam lantai yang pertama adalah roll depan. Gulungan depan menggelinding ke depan menggunakan badan bagian belakang (leher, punggung, pinggang dan belakang panggul).

Latihan forward roll dapat dilakukan dengan dua cara yaitu forward roll dari start berdiri dan dari start jongkok. Langkah selanjutnya adalah berguling ke depan dengan awalan berdiri dan jongkok.

Mulai dari jongkok, kaki rapat, dekatkan lutut ke dada dan kedua tangan diletakkan di depan jari kaki dengan jarak sekitar 40cm.

Senam Lantai: Pengertian, Sejarah, Manfaat, Dan Macam Macam Gerakan Dasar Lengkap

Terus lakukan jungkir balik ke depan. Saat pinggul menyentuh matras, pegang tulang kering dengan kedua tangan dalam posisi jongkok.

Jenis latihan lantai kedua adalah roll belakang. Gulungan punggung menggulung tubuh ke belakang dengan posisi tubuh masih membulat, yaitu kaki ditekuk, lutut masih ditekuk dada, dan kepala ditekuk hingga dagu ditekuk ke dada.

Saat punggung menyentuh matras, kedua lengan langsung dilipat di dekat telinga dan telapak tangan menghadap ke atas untuk kesiapan turun.

Kaki segera dibawa kembali ke belakang kepala dengan bantuan kedua lengan melakukan perlawanan yang kuat dan kaki ditekuk sehingga jari kaki dapat mendarat di matras dalam posisi jongkok.

Jelaskan Pengertian Lompat Ikan,dan Mengapa Dia Dikatakan Sebagai Senam Lantai,dan Jelaskan Secara Rinci

Jenis senam lantai ketiga adalah roller karet. Lumpia adalah gerakan tubuh yang memantul ke atas dan ke depan yang disebabkan oleh melempar kedua kaki dan memantul dengan kedua tangan.

Latihan dengan roller elastis ini dibagi menjadi dua menurut alasnya, yang bertumpu pada leher dan kepala. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk gulungan fleksibel dengan penopang leher dan kepala.

Baca Juga  Kejahatan Datang Dari Golongan

Berbaring, kaki lurus, kaki demi kepala, lengan ditekuk, tangan diistirahatkan di kepala, ibu jari di telinga.

Gulungan ke depan disertai dengan dorongan anggota badan ke depan, tangan mendorong tubuh ke belakang dengan melempar dan menekuk, kepala pasif.

Senam Lantai Dan Irama: Gerakan Dasar Hingga Manfaatnya

Membungkuk bertumpu pada kaki dan membentuk segitiga sama sisi, punggung vertikal, kaki direntangkan dan lurus, jari kaki bertumpu pada lantai.

Untuk memudahkan melatih kemampuan elastisitas leher dan kepala, pertolongan dapat diberikan dengan cara yang benar, baik bantuan memegang maupun mendorong.

Jenis senam lantai yang keempat adalah gerakan Kayang. Kayang adalah posisi kaki diletakkan pada empat titik dengan posisi terbalik yang meregangkan dan mengangkat perut dan panggul.

Nilai dari gerakan Kayangan adalah menempatkan kaki lebih tinggi memberikan tekanan pada bahu dan sebagian pada pinggang. Manfaat gerakan kayak adalah meningkatkan kelenturan di bahu, bukan kelenturan di punggung bawah.

Senam Lantai Dan Lompat Kangkang

Jenis senam lantai yang kelima adalah gerakan berdiri dengan tangan atau handstand. Handstand (berdiri dengan tangan) adalah posisi berdiri yang ditopang oleh kedua tangan dengan siku ke atas.

Yang perlu diperhatikan saat melakukan handstand adalah sebaiknya dilakukan pada alas atau alas yang keras, seperti lantai. Ini akan membuatnya lebih mudah untuk fokus pada keseimbangan. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

Jongkok, tangan di atas matras selebar bahu, pandangan agak ke depan, bokong ditekan setinggi mungkin, kaki depan ditekuk dan kaki belakang lurus.

Kedua kaki ditegangkan dan lurus, membentuk satu garis dengan badan dan lengan, pandangan berada di antara kedua lengan, badan dijulurkan ke atas.

Pjok Kelas 5 8 1 2020

Senam lantai enam adalah gerakan berdiri dengan menggunakan kepala atau penyangga. Head stand adalah posisi berdiri yang ditopang pada kepala dan kedua tangan dengan siku ditekuk dan telapak tangan sebagai tumpuan.

Sama halnya dengan hand rest, head rest juga harus dibuat di atas alas atau alas yang kaku, misalnya di lantai untuk memudahkan istirahat yang seimbang. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

Angkat kaki Anda satu per satu secara bersamaan. Untuk menjaga tubuh agar tidak menggelinding ke depan, panggul dimajukan dan punggung ditekuk.

Latihan di lantai tujuh adalah squat jump. Teknik squat jumping pada dasarnya sama dengan straddle jump. Karena tahapan latihannya sama yaitu prefix, bounce, pass through the crate, jump dan landing. Latihan berlangsung sebagai berikut:

Cara Melakukan Loncat Jongkok Pada Senam Ketangkasan

Kedua kaki menahan push-up plank disertai ayunan lengan ke atas, badan melayang, tangan bertumpu pada pangkal sangkar, lengan lurus, pandangan ke depan tangan.

Baca Juga  100cm Berapa Meter

Segera kedua lengan ditarik ke belakang dengan kekuatan penuh, lutut ditekuk ke dada, kaki diluruskan saat melewati tepi sangkar.

Gerakan senam lantai delapan adalah roda gerobak. Rotasi tubuh dari posisi menyamping difokuskan pada gerakan kaki dan tangan.

Latihan roda gerobak dapat dilakukan secara bertahap yaitu melakukan gerakan roda gerobak, jika sudah merasa baikan dapat ditingkatkan menjadi lebih banyak gerakan:

Penjasorkes Sd Mi Kelas 3. Bab 3

Mula-mula berdiri tegak ke samping, kaki agak terbuka, lengan terentang miring ke samping (seperti huruf V) dan lihat ke depan.

Selanjutnya, jatuhkan tubuh ke sisi kiri, letakkan telapak tangan di sisi kiri, lalu angkat kaki kanan lurus ke atas. Berikutnya adalah penempatan telapak tangan di sebelah tangan kiri.

Saat kaki kanan diputar, kaki kiri ditekan ke lantai sehingga kedua kaki direntangkan dan miring ke samping.

Selanjutnya letakkan kaki kanan di samping tangan kanan, angkat tangan kiri, lalu letakkan kaki kiri di samping kaki kanan.

Roll Kiep: Pengertian, Teknik, Dan Manfaat

Tujuan senam lantai selain untuk meningkatkan kemampuan melakukan bentuk-bentuk gerak juga untuk mempelajari pembentukan kemampuan melakukan gerak senam dengan alat. Latihan lantai juga memiliki manfaat fisik dan mental.

Secara fisik manfaat senam lantai adalah pengembangan komponen kebugaran dan kemampuan bergerak melalui berbagai pola gerakan untuk melatih daya tahan otot, kekuatan, kelenturan, koordinasi, kelincahan dan keseimbangan.

Secara mental, manfaat senam lantai adalah dapat melatih pesenam menggunakan kemampuan berpikirnya secara cepat dan analitis untuk menyelesaikan masalah gerak. Berbagai jenis gerakan senam membutuhkan keterampilan mental yang berani dengan akal sehat, seperti flips, backflips dan backflips, lompat dan guling dalam lompatan.

* Fakta atau hoax? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silahkan kirimkan nomor cek fakta 0811 9787 670 di WhatsApp dengan cukup mengetikkan kata kunci yang diinginkan.

Macam Macam Gerakan Senam Lantai Tanpa Alat, Pahami Persiapannya

2 Pernyataan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh Mengetahui dua sekretaris jenderalnya tersangkut kasus korupsi, yang terbaru Johnny G. PlateA. 1. Lumpia adalah senam lantai yang menekuk tubuh ke depan dan ke atas dengan cara menurunkan kedua kaki dan mendorong dengan kedua lengan.

2. 1) Berdiri dengan kedua kaki menyatu, letakkan kedua tangan di atas alas bahu di depan jari kaki hingga sekitar 60cm.

2) Tekuk kedua lengan, letakkan bagian belakang leher (bagian belakang leher) di atas matras, tekuk kaki ke atas membentuk sudut 60 derajat bersamaan dengan tahanan tangan yang kuat.

3) Kemudian kaki mendarat, pinggang ditekuk ke belakang, panggul didorong ke depan, kepala ditekuk ke belakang dan lengan diluruskan, wajah menghadap ke depan.

Gerakan Meroda: Manfaat, Teknik Dasar, Dan Cara Melakukannya

4. Posisi awal badan yang benar saat membuat lumpia adalah berdiri tegak di atas matras dengan kedua kaki rapat dan kedua tangan diangkat di samping telinga.

6. Lumpia adalah gerakan yang dimulai dengan guling ke depan

Senam lantai tanpa alat adalah, pada saat melakukan senam lantai diperlukan, gerakan pada senam lantai, ukuran matras senam lantai adalah, alat senam lantai adalah, manfaat senam hipertensi pada lansia, sebutkan manfaat melakukan senam lantai, meroda pada senam lantai, manfaat senam kegel pada pria, alat yang digunakan pada senam lantai, ukuran matras pada senam lantai, manfaat senam lantai bagi tubuh