Limas Segi Lima Beraturan – Bentuk geometris yang disebut limas memiliki 4 jenis yang berbeda berdasarkan bentuk alasnya. Fokus pembahasan kali ini adalah piramida tipe Pentagon dengan Pentagon sebagai dasarnya. Sedangkan 3 jenis lainnya adalah limas segitiga, persegi, dan segi enam.

Tidak hanya untuk pengajaran di sekolah, bentuk piramida dapat memiliki manfaat penting dalam kehidupan manusia. Penjelasan berikut akan dimulai dengan rumus, contoh pertanyaan atas permintaan Pentagon.

Limas Segi Lima Beraturan

Piramida pentagonal adalah jenis piramida geometris dengan alas berbentuk segi lima, baik segi lima beraturan atau sembarang. Jenis limas dengan alas segi lima ini juga terbuat dari sisi selimut yang berbentuk segitiga.

Rumus Segi Delapan, Mencari Luas, Keliling Dan Diagonal

Sedangkan segi lima merupakan jenis bangun datar yang memiliki 5 sisi sebagai batasnya. Bentuk datar dengan banyak sisi ini disebut segi lima.

Dalam kehidupan sehari-hari, beberapa kegunaan limas segi lima antara lain untuk pembuatan tenda, perancangan roda kapal, pembuatan alat pengumpul sampah, pembuatan atap rumah, dan pembuatan topi.

Bagaimana dengan Pentagon? Bentuk datar ini berlaku tidak hanya untuk bentuk limas, tetapi juga untuk jenis bentuk lainnya, misalnya prisma pentagonal. Pada dasarnya, buat ruang yang membutuhkan alas dengan banyak bagian, maka Anda bisa menggunakan bentuk segi lima yang datar.

Terlihat pada gambar ini bahwa alas limas terbuat dari segi lima yang sisi-sisinya adalah AB, BC, CD, DE dan AE. Namun, perlu dicatat bahwa 5 sisi hanyalah sifat dari segi lima datar, bukan jumlah sisi seluruh limas.

Baca Juga  Mengapa Allah Itu Al-basir Sebutkan Bukti-buktinya

Kumpulan Contoh Soal Luas Permukaan Prisma Dan Limas

Piramida segi lima memiliki enam sisi dengan lima sisi lurus dan alas datar. Dari gambar di atas terlihat jelas bahwa ada lima sisi lurus yang membentuk segitiga.

Setiap jenis piramida memiliki ciri khas tersendiri yang unik dan berbeda dengan jenis lainnya. Berikut ciri-ciri dari jenis limas yang alasnya berbentuk segi lima:

Semua bentuk geometris memiliki jaring yang dihasilkan dari pembagian atau transformasi bentuk-bentuk ini. Jika jaringan yang bagian-bagiannya saling terhubung satu sama lain digabungkan, maka akan membentuk suatu struktur ruang yang utuh.

Seperti yang terlihat pada gambar, jaring-jaring di sekitar struktur piramida dipasang. Oleh karena itu, jika struktur piramida dipisahkan, akan terlihat pola murni.

Rumus Volume Limas Dan Contoh Soal Pembahasannya

Terlihat jelas bahwa ada 6 sisi yang menyusun piramida tersebut. Alasnya jelas terlihat seperti segi lima datar dan segitiga di kanan.

Cara menghitung volume bangun geometri tentunya harus berdasarkan rumus khusus. Rumus piramida pentagonal berikut digunakan untuk menentukan volume piramida semacam itu:

Saatnya untuk memperdalam pemahaman Anda tentang piramida berdasarkan materi piramida dengan melihat contoh soal berikut:

1. Ada limas segi lima yang tingginya 20 cm. Luas dasar bangunan adalah 45 cm2. Tebak berapa volumenya!

Menghitung Luas Segi Lima Beraturan

2. Bio membuat bentuk piramida segi lima untuk atap kandang hewan. Tinggi limas 9 cm dan luas alasnya 15 cm. Jadi, berapa volume limas untuk atapnya?

3. Volume limas segi lima adalah 120 liter. Setelah diukur, tinggi piramida adalah 15 DM. Temukan luas alas yang membentuk bentuk geometris!

Pada soal, diketahui bahwa v = 120 liter dan t = 15 dm. Kalkulator masih menggunakan rumus volume limas dengan letak bidang alas sebagai objeknya. Jadi, proses perhitungannya adalah sebagai berikut:

Baca Juga  Media Komunikasi Audio Adalah

4. Terdapat limas segi lima dengan volume 50 cm. Selain itu juga diketahui luas alasnya yaitu 25 cm2. Satu-satunya bagian yang tidak diketahui adalah tingginya. Coba hitung seberapa tinggi Param!

Rumus Bangun Ruang: Luas Dan Volume Limas

Seperti halnya mencari luas alas limas, perhitungan tinggi limas ini juga berdasarkan rumus dasar limas segi lima. Berikut cara menghitungnya:

5. Dua piramida segi lima memiliki ukuran masing-masing. Limas A memiliki tinggi 30 cm dan luas alas 40 cm. Selain itu, limas B memiliki tinggi 25 cm dan luas alas 35 cm. Berapa volume total kedua piramida tersebut?

Piramida pentagonal adalah jenis piramida geometris yang pada dasarnya berbentuk segi lima dengan wajah segitiga. Properti berbentuk pondok ini memiliki total 6 sisi. Dalam penerapannya, jenis limas ini sering digunakan sebagai atap bangunan.

Gambar limas segi enam beraturan, prisma segi lima beraturan, gambar limas segi lima, limas segi, segi lima beraturan, sisi limas segi lima, limas segi enam beraturan, prisma segi enam beraturan, gambar segi lima beraturan, limas segi lima, rumus segi lima beraturan, limas segi empat beraturan