Letak Bujur Myanmar – Pada artikel kali ini kita akan mempelajari tentang letak geografis kawasan ASEAN yang meliputi dua samudera dan dua benua yang mengapit. Selain itu kita juga akan mempelajari letak astronomis kawasan ASEAN dan perbatasannya.

Kawasan ASEAN dikelilingi oleh dua samudera, yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Luas lautan kawasan ASEAN mencapai tiga kali luas daratan.

Letak Bujur Myanmar

Tahukah kamu teman? Luas wilayah ASEAN mencapai 4,5 juta kilometer persegi atau sekitar 3 persen dari total permukaan bumi.

Website Resmi Desa Compreng Kecamatan Widang Kabupaten Tuban

Negara ASEAN manakah yang memiliki wilayah terluas? Ternyata negara kita adalah yang terbesar. Indonesia mempunyai luas wilayah 1,9 juta kilometer persegi.

Negara paling utara dan barat di kawasan ASEAN adalah Myanmar. Sedangkan negara paling selatan dan juga negara paling timur adalah Indonesia.

Baca juga: Temukan Jawaban Soal SD Kelas 6 Topik 1, Apa Perbedaan dan Persamaan Kehidupan Politik Negara ASEAN: Indonesia dan Thailand?

Baca juga: Kelas 6 Topik Materi 7: Contoh Peran Indonesia dalam Kerjasama ASEAN Bidang Sosial Budaya

Tolong Dijawab Ya Soalnya Besok Dikumpul ​

Baca juga: Temukan Jawaban Kelas 6 Topik 8 Subtopik 1: Apa Itu Kerja Sama ASEAN di Bidang Ekonomi dan Politik?

Baca Juga: Temukan Jawaban Kelas 6 Topik 7 Sub Topik 1: Produk apa saja yang diproduksi dan diekspor oleh setiap negara anggota ASEAN?

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel pembelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuan anda. Lebih cerdas dalam belajar ditemani adjar.id, dunia belajar anak Indonesia. Halo apa kabar mu hari ini? Pernahkah Anda mendengar atau membaca tentang ASEAN? Penasaran dengan kondisi di negara-negara ASEAN? Yuk pelajari lebih lanjut dengan membaca artikel Geografi Kelas 8 dibawah ini!

Tahukah Anda bahwa ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand? ASEAN adalah organisasi yang terdiri dari negara-negara Asia Tenggara. ASEAN didirikan oleh lima negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Solution: Asean Country Laos

, bagus sekali, negara kita salah satu pendirinya. Setelah pembentukannya, lima negara lain bergabung, antara lain Laos, Myanmar, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Vietnam.

Baca Juga  Jelaskan Cara Menirukan Gerak Bunga Mekar

Sebagian besar negara ASEAN memiliki luas laut sekitar. 5.060.100 km² dan luas daratan sekitar. ± 4.817.000 km². Berdasarkan letak astronomisnya, kawasan ASEAN terletak pada 28°LU – 11°LS dan 93°BT – 141°BT, sehingga sebagian besar negara ASEAN mempunyai iklim tropis karena letaknya yang dekat dengan garis khatulistiwa.

Sedangkan berdasarkan letak geografisnya, ASEAN terletak di antara dua samudera, yaitu samudera Hindia dan Pasifik, serta terletak di antara dua benua, Asia dan Australia. Nah tahukah kamu kalau negara-negara ASEAN punya bentuk geografis yang unik, yuk kita bahas!

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan dilintasi garis khatulistiwa. Indonesia mempunyai relief yang beraneka ragam bentuknya dan dilintasi oleh dua garis batas yaitu Pasifik dan Mediterania. Selain itu, Indonesia diapit oleh tiga lempeng besar dunia yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik. Hal inilah yang membuat Indonesia berpotensi mengalami letusan gunung berapi, gempa bumi, dan tsunami.

Belajar Pintar Materi Smp, Sma, Smk

Malaysia terdiri dari dua wilayah utama, yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Wilayah Malaysia Barat ditutupi dengan formasi batuan. Sedangkan Malaysia Timur umumnya sempit, berawa, dan memiliki sungai pendek berkelok-kelok. Malaysia terletak di lempeng Eurasia, namun tidak berada di batas lempeng sehingga aman dari bencana geologi.

Tahukah Anda kalau Singapura mempunyai luas wilayah yang hampir sama dengan Provinsi DKI Jakarta, yaitu sekitar 664 km2? Singapura berbatasan dengan Malaysia di utara, Selat Singapura di selatan, serta Laut Indonesia Timur dan Barat. Kondisi alam Singapura umumnya relatif datar. Namun perbukitan, hutan hujan, dan rawa dapat ditemukan di sekitar pantai di beberapa tempat. Wilayah ini juga biasanya aman dari bencana geologi karena tidak terletak pada batas lempeng.

Filipina adalah negara kepulauan. Pulau Luzon dan Mindanao adalah dua pulau terbesar. Filipina juga memiliki banyak gunung berapi aktif. Negara ini dilintasi Cordillera do Circo Pacifico, dan terletak di antara Lempeng Eurasia dan Lempeng Filipina. Hal ini membuat Filipina berpotensi terkena dampak gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi.

Thailand mempunyai topografi berupa permukaan tanah yang dilintasi sungai di tengah, dataran tinggi di timur laut, hutan, pegunungan dan perbukitan di utara, serta banyak perbukitan di selatan. Daerah yang menjadi pusat aktivitas di negara ini biasanya berada di dataran rendah yaitu Sungai Chao Phraya. Thailand terletak di lempeng Eurasia, namun dekat dengan Samudera Hindia sehingga berpotensi terkena dampak tsunami dan gempa bumi.

Letak Geografis Man 1 Surakarta

Laos terletak di lempeng Eurasia. Di sebelah barat berbatasan dengan Thailand dan Myanmar, di sebelah utara berbatasan dengan Tiongkok dan Vietnam, di sebelah timur berbatasan dengan Vietnam dan di sebelah selatan berbatasan dengan Kamboja. Laos merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang memiliki akses wilayahnya tanpa melalui laut, sehingga dijuluki “negara tanpa daratan”. Sebagian besar wilayah Laos merupakan pegunungan dan wilayah lainnya merupakan dataran tinggi.

Baca Juga  Daun Berguguran Cepat Atau Lambat

Myanmar dibentuk oleh dua lipatan gunung di barat dan satu blok patahan di timur. Keduanya sejajar dari utara ke selatan. Pegunungan bagian barat meliputi Pegunungan Letha, Perbukitan Chin, dan Arakan Yoma yang ditutupi hutan lebat. Myanmar terletak di lempeng Eurasia dan berbatasan langsung dengan lempeng India. Hal ini membuat negara ini berpotensi terkena dampak gempa dan tsunami di Samudera Hindia.

Laos terletak di lempeng Eurasia. Di sebelah utara berbatasan dengan Laos, di sebelah timur dan selatan berbatasan dengan Vietnam, sedangkan di sebelah barat dan utara berbatasan dengan Thailand. Bentuk wilayah Kamboja seperti piring. Di tengahnya terdapat dataran besar Tonle Sap, sedangkan tepinya dibentuk oleh rangkaian pegunungan. Negara ini dilintasi Daerah Aliran Sungai Mekong (MSB). Sejauh ini, Sungai Mekong merupakan sungai terpenting di Tanah Air.

Brunei terdiri dari dua wilayah terpisah yaitu wilayah Barat dan Timur. Wilayah barat merupakan daerah dataran rendah dan rawa, sedangkan wilayah timur merupakan daerah pegunungan. Di selatan, barat, dan timur negara ini berbatasan langsung dengan Malaysia Timur yaitu Sarawak, sedangkan di utara berbatasan dengan Laut Cina Selatan.

Sembungan Kejajar Wonosobo

Secara geografis, Vietnam terdiri dari lima wilayah, yaitu Dataran Tinggi Utara, Delta Sungai Merah, Pegunungan Annamite yang menghubungkan Vietnam Utara dan Vietnam Selatan, garis pantai sempit antara Pegunungan Annamite dan Laut Cina Selatan, serta Delta Sungai Mekong. di Vietnam selatan.

Bagaimana kalau lucu jika tidak mengetahui letak astronomi dan kondisi geografis negara-negara ASEAN. Anda ingin pergi, bukan? Heheheh… Nah, jika kamu ingin lebih menguasai ilmu mengenai kondisi geografis negara-negara ASEAN, kamu bisa belajar melalui aplikasi Ruangbelajar. Ada banyak ragam video dan soal di sana yang kualitasnya sangat tinggi lho. Ayo unduh sekarang!

Mukminan, Endang Mulyani, M. Nursa’ban dan Supardi. 2017. IPS untuk SMP/MTS kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tahukah Anda Myanmar? Jika Anda tidak tahu banyak, beri tahu kami lebih banyak tentang Myanmar. Myanmar merdeka pada tanggal 4 Januari 1948. Ibu kota negara ini adalah Yangon (sebelumnya Rangoon).

Negara berbentuk republik ini dulunya bernama Burma, kemudian berganti nama menjadi Myanmar pada tahun 1989. Menurut masyarakat Myanmar, Myanmar berarti “Tanah Emas”.

Gempa Bumi Dan Tsunami Samudra Hindia 2004

Berikut rincian mengenai Myanmar. Letak astronomis negara Myanmar dikutip dari buku IPS 3 SMP Terpadu Kelas IX karya Drs. Anwar Kurnia. Berikut penjelasannya.

Baca Juga  Dalam Menyusun Suatu Program Langkah Pertama Yang Harus Dilakukan Adalah

Negara yang bergabung dengan ASEAN pada 23 Juli 1997 ini memiliki luas wilayah 676.552 km2. Secara astronomis Myanmar terletak antara 9 derajat LU – 28 derajat LU dan 92 derajat E – 102 derajat E.

Mengutip buku Dhiyaulhaq RPL Plus SD Kelas 3, 4, 5 dan 6, kondisi alam dibedakan menjadi sebagai berikut:

Di sebelah utara, deretan pegunungan tinggi yang masih menjadi bagian pegunungan Himalaya ini berbatasan dengan Tiongkok dan India. Puncak tertingginya adalah Gunung Hkakabo Razi dengan ketinggian 5.881 meter yang juga merupakan puncak tertinggi di Asia Tenggara. Gunung ini terletak di tengah Kachi di Myanmar utara.

Negara Negara Di Asean Secara Umum Beriklim Apa?

Di bagian barat juga terdapat sejumlah pegunungan Arakan Yoma yang memanjang dan padat. Pegunungan ini menjadi perbatasan antara India dan Bangladesh.

Di bagian tengah ini terdapat daerah rendah yang disebut dataran aluvial rendah. Dataran rendah aluvial ini terbentang dari delta dan lembah Sungai Irrawaddy serta Daerah Aliran Sungai Sittang.

Di bagian timur terdapat dataran tinggi yang disebut Dataran Tinggi Shan. Dataran Tinggi Shan memisahkan Myanmar dari Thailand. Luas dengan tinggi sedang

Merujuk pada Buku IPS Kelas VIII Kemendikbud, Myanmar terbagi menjadi dua musim menurut garis lintang. Dua musim tersebut adalah tropis di selatan dan subtropis di utara.

Pengertian Iklim Tropis ,ciri Dan Persebaran

Iklim Myanmar juga digambarkan sebagai iklim muson tropis. Hal ini ditandai dengan pengaruh musim hujan yang cukup deras, sinar matahari yang cukup, tingkat curah hujan yang tinggi, dan kelembapan yang tinggi sehingga menjadikan iklim kurang menyenangkan.

Di wilayah Ekuador suhu udara rata-rata sedang, di bagian tengah suhu rata-rata tinggi, dan di bagian utara suhunya dingin karena terdapat pegunungan tinggi yaitu Himalaya. Perkiraan suhu tahunan rata-rata 22 hingga 27 derajat sepanjang tahun.

Berdasarkan letak astronomisnya, Myanmar memiliki lahan yang subur. Jadi sumber daya alam utama di Myanmar sebagian besar didapat dari pertanian, perkebunan, perikanan, selain itu ada juga pertambangan.

Hampir di seluruh wilayah Myanmar, lahannya digunakan untuk pertanian. Produk utamanya adalah beras, teh yang tersebar di dataran tinggi Shan, tembakau di utara, dan sayuran. Selain itu, jagung, kapas, wijen dan gandum ditanam di lahan kering.

Majalah Duta Rimba 95 Edisi Maret

Perikanan banyak dibudidayakan di pantai barat, bahkan terdapat pusat penelitian perikanan di kota Manhin dan Hanthawaddy. Myanmar juga memproduksi karet, jati dan kayu ulin dari sektor ini

Letak geografis negara myanmar, cara mencari letak lintang dan bujur di google maps, letak astronomis negara myanmar, letak myanmar, letak geografis myanmar, letak geografis dan astronomis myanmar, letak indonesia berdasarkan garis bujur, cara mengetahui letak bujur dan lintang rumah, cara melihat letak lintang dan bujur di google maps, letak astronomis myanmar, letak negara myanmar, cara mengetahui letak lintang dan bujur rumah kita