Letak Astronomis Myanmar – Halo apa kabar mu hari ini? Pernahkah Anda mendengar atau membaca informasi tentang ASEAN? Ingin tahu situasi di negara-negara ASEAN? Yuk, pelajari lebih lanjut dengan membaca 8 pelajaran geografi di bawah ini!

Tahukah Anda bahwa ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand? ASEAN adalah perkumpulan negara-negara di Asia Tenggara. ASEAN terdiri dari lima negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand.

Letak Astronomis Myanmar

, bagus sekali, negara kita adalah negara pendiri. Setelah pembentukannya, lima negara bergabung termasuk Laos, Myanmar, Kamboja, Brunei Darussalam dan Vietnam.

Tolong Jawab Ya Kak,yang M3ngerti Maksudnya:) Dikumpulkan Hari Ini

Sebagian besar negara ASEAN mempunyai luas wilayah laut sekitar 5.060.100 km² dan daratan ± 4.817.000 km². Berdasarkan letak astronomisnya, kawasan ASEAN terletak pada 28º LU – 11º LS dan 93º BT – 141º BT, sehingga sebagian besar negara di ASEAN mempunyai iklim yang hangat karena letaknya yang dekat dengan garis khatulistiwa.

Sedangkan menurut letaknya, ASEAN terletak di antara dua samudera, yaitu Hindia dan Pasifik, serta di antara dua benua, Asia dan Australia. Nah tahukah kamu kalau negara-negara ASEAN punya keunikan geografis, yuk kita bahas!

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan dilintasi garis khatulistiwa. Indonesia mempunyai relief yang berbeda-beda bentuknya dan dilalui oleh dua lingkaran yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Selain itu, Indonesia dikelilingi oleh tiga lempeng besar dunia yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik. Hal inilah yang menyebabkan Indonesia rawan terhadap gempa bumi, gempa bumi, dan tsunami.

Malaysia memiliki dua wilayah utama yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Wilayah Malaysia Barat ditutupi oleh formasi pegunungan. Sementara itu, Malaysia Timur seringkali sempit, dengan rawa-rawa dan sungai-sungai yang pendek dan berkelok-kelok. Malaysia berada di lempeng Eurasia, namun tidak berada di batas lempeng sehingga aman dari bencana geologi.

Baca Juga  Kata-kata Dibawah Ini Yang Tidak Termasuk Kata Baku Adalah

Batas Bentang Perairan Sebelah Barat Kawasan Asia Tenggara Lengkap

Tahukah Anda kalau Singapura mempunyai luas yang sama dengan DKI Jakarta yakni kurang lebih 664 km2. Singapura berbatasan dengan Malaysia di utara, Selat Singapura di selatan, serta Laut Timur dan Barat Indonesia. Kondisi langit Singapura umumnya relatif datar. Namun di beberapa tempat Anda bisa melihat pegunungan, hutan, dan sungai di sekitar pantai. Kawasan ini juga aman dari kerusakan geologi karena tidak berada pada batas lempeng.

Filipina adalah negara kepulauan. Luzon dan Mindanao adalah dua negara terbesar di sana. Filipina juga memiliki beberapa gunung berapi. Negara ini terletak di Lingkar Pasifik dan terletak di antara Lempeng Eurasia dan Lempeng Filipina. Hal ini membuat Filipina rentan terhadap gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi.

Thailand mempunyai topografi berupa permukaan tanah yang dilintasi sungai di tengah, dataran tinggi di timur laut, hutan, pegunungan dan perbukitan di utara, serta banyak pegunungan di selatan. Wilayah aktivitas di negara ini sebagian besar adalah dataran rendah, Sungai Chao Phraya. Thailand terletak di Lempeng Eurasia, namun dekat dengan Samudera Hindia sehingga rentan terhadap kerusakan akibat tsunami dan gempa bumi.

Laos berada di Lempeng Eurasia. Di sebelah barat berbatasan dengan Thailand dan Myanmar, di utara dengan Cina dan Vietnam, di timur dengan Vietnam, dan di selatan dengan Kamboja. Laos merupakan satu-satunya negara di Asia yang memiliki akses wilayahnya tanpa melalui laut, sehingga dijuluki “negara yang terkurung daratan”. Sebagian besar wilayah Laos merupakan pegunungan dan wilayah lainnya merupakan dataran tinggi.

Ppt Letak Geografis Asean

Myanmar terdiri dari dua lipatan gunung di barat dan garis patahan di timur. Keduanya merupakan garis dari utara ke selatan. Bagian barat meliputi Pegunungan Letha, Perbukitan Chin, dan Pegunungan Arakan Yoma yang ditutupi hutan lebat. Myanmar terletak di Lempeng Eurasia dan berbatasan langsung dengan Lempeng Hindia. Negara ini akan terkena dampak gempa dan tsunami di Samudera Hindia.

Laos berada di Lempeng Eurasia. Berbatasan dengan Laos di utara, Vietnam di timur dan selatan, serta Thailand di barat dan utara. Citra wilayah Kamboja ibarat sebuah piring. Di tengahnya terdapat dataran besar Tonle Sap yang tepinya dibentuk oleh rangkaian pegunungan. Negara ini dilintasi oleh Daerah Aliran Sungai Mekong (DAS). Sejauh ini, Sungai Mekong merupakan sungai terpenting di Tanah Air.

Baca Juga  Pertahanan Terakhir Perjuangan Kaum Padri Berada Di Tangan

Brunei mempunyai dua wilayah yang berbeda, yaitu wilayah barat dan wilayah timur. Meskipun wilayah barat merupakan dataran rendah dan berawa, namun wilayah timur berbukit-bukit. Di selatan, barat, dan timur negara ini berbatasan langsung dengan Sarawak di Malaysia Timur, dan di utara dengan Laut Cina Selatan.

Secara geografis, Vietnam memiliki lima wilayah, yaitu wilayah pegunungan utara, Delta Sungai Merah, Pegunungan Annamite yang menghubungkan Vietnam utara dan Vietnam selatan, pantai sempit Pegunungan Annamite dan Laut Cina Selatan, serta Sungai Mekong. Delta Sungai di selatan Vietnam.

Untuk Yang Tau Jawabannya Boleh​

Berkaitan dengan hal tersebut, menarik untuk mengetahui posisi astronomis dan geografi negara-negara di ASEAN. Seperti berjalan kaki, bukan? Heheheh… Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang kawasan di negara-negara ASEAN, kamu bisa belajar di aplikasi Ruangbelazar. Video dan kuisnya bagus dengan banyak variasi lho. Ayo unduh sekarang!

Mukmenon, Endung Mulyani, M. Noorsaban dan Supardi. 2017. Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tahukah Anda Myanmar? Jika Anda belum tahu banyak, mari pelajari lebih lanjut tentang Myanmar. Myanmar memperoleh kemerdekaan pada tanggal 4 Januari 1948. Ibu kota negara ini adalah Yangon (sebelumnya Rangoon).

Negara seperti negara tersebut dulunya bernama Burma, kemudian berganti nama menjadi Myanmar pada tahun 1989. Menurut masyarakat Myanmar, Myanmar berarti ‘Tanah Emas’.

Di bawah ini adalah bagian dalam dan luar Myanmar. Letak astronomis negara Myanmar disebutkan dari buku IPS 3 SMP Terpadu Kelas IX karya Drs. Anwar Kurnia. Di bawah ini adalah penjelasannya.

Video Belajar Kondisi Geografis Myanmar Iii Geografi Untuk Kelas 8

Negara yang bergabung dengan ASEAN pada 23 Juli 1997 ini memiliki luas wilayah 676.552 km2. Myanmar secara astronomis terletak antara 9°LU – 28°LU dan 92°BT – 102°BT.

Dikutip dari buku RPL Plus SD Kelas 3, 4, 5, & 6 karya Dhiaul Haque, benda-benda alam dapat digolongkan sebagai berikut:

Di sebelah utara, gunung tinggi yang masih bagian dari pegunungan Himalaya ini berbatasan dengan Cina dan India. Puncak tertingginya adalah Gunung Hkakabo Raji dengan ketinggian 5.881 meter, puncak tertinggi di Asia Tenggara. Gunung ini terletak di Kachi, Myanmar Utara.

Di sebelah barat juga terdapat pegunungan Arakan Yoma yang memanjang dan menghilang. Pegunungan ini berbatasan dengan India dan Bangladesh.

Nama Negara Asean,letak Astronomis,iklim,keadaan

Di tengahnya terdapat daerah dataran rendah yang disebut Ondru Lohattu. Aluvium ini dihubungkan oleh laut pedalaman dan lembah Sungai Irrawaddy serta lembah Sungai Sittong.

Baca Juga  Permukaan Benda Yang Bergelombang Akan Membuat Gerak Benda Semakin

Di sebelah timur terdapat sebuah gunung bernama Dataran Tinggi Shan. Dataran Tinggi Shan memisahkan Myanmar dari Thailand. Daerah dengan ketinggian rata-rata

Menurut buku pelajaran IPS Kelas VIII Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Myanmar terbagi menjadi dua musim menurut garis khatulistiwa. Baik musim panas di selatan maupun subtropis di utara.

Iklim di Myanmar juga digambarkan sebagai iklim tropis. Ini memiliki efek monsun yang sangat kuat, sinar matahari yang tidak mencukupi, hujan lebat dan kelembaban yang tinggi sehingga menyebabkan cuaca buruk.

Ibu Kota Negara Asia Tenggara, Lengkap Dengan Profilnya

Suhu rata-rata sedang di daerah sekitar khatulistiwa, suhu rata-rata tinggi di bagian tengah, dan suhu dingin di bagian utara, karena adanya gunung yang tinggi yaitu pegunungan Himalaya. Suhu tahunan rata-rata adalah 22 derajat hingga 27 derajat.

Berdasarkan letak astronomisnya, Myanmar mempunyai tanah yang subur. Jadi sumber daya alam Myanmar sebagian besar berasal dari pertanian, perkebunan, perikanan, selain pertambangan.

Di hampir seluruh wilayah Myanmar, lahan digunakan untuk pertanian. Produk utamanya adalah beras, teh yang tersebar di Dataran Tinggi Shan, tembakau di utara, dan sayuran. Selain itu, jagung, kapas, wijen dan beras ditanam di lahan kering.

Banyak nelayan yang ditanam di pantai barat, dan terdapat pusat penelitian perikanan di kota Manhin dan Hanthawadi. Myanmar juga memproduksi karet, jati, dan kayu ulin dari perkebunan. Oleh karena itu, penambangan terjadi dalam bentuk minyak bumi, gas alam, timah dan mineral serta tambang lainnya.

Identifikasi Letak Astronomis Dan Iklim Negara Negara Asean​

Nah, itulah posisi astronomis sumber daya alam di Myanmar. Puas? Semoga ini memperluas perspektif Anda!

Dari seluruh anggota organisasi regional ini, terdapat sebuah negara di utara kawasan ASEAN, yaitu Myanmar.

Sedangkan lokasinya berbatasan dengan Tiongkok di utara, Bangladesh di barat, Laos di timur, Thailand di selatan, dan India di timur.

Sebelum disebut Myanmar, negara ini dulunya bernama Burma dan Yangon (Rangoon) adalah ibu kotanya.

Penjelasan Letak Geografis, Letak Astronomis, Dan Batas Batas Wilayah Asean

Namun setelah pindah ke Myanmar, ibu kota negara tersebut diubah menjadi Pinmana. Sekarang ibu kota negaranya adalah Ne Pai Taw.

Informasi 6 Jenis Virus Corona Baru yang Ditemukan Ilmuwan pada Kelelawar di Myanmar Jumat, 17 April 2020 | 12:30 WIB

Kisah yang terdokumentasi dalam film, para relawan terdampar di pulau terpencil akibat wabah virus corona Selasa, 19 Mei 2020 | 17.30 WIB

Informasi 7 Negara yang Pindah Negara, Salah satunya Myanmar Selasa, 15 September 2020 | 17:18 WIB

Letak Astronomis Negara Negara Asean Bujur Paling Barat Dan Paling Timur Adalah

InfoVietnam bangga atas pembukaan pertemuan Pemimpin ASEAN mengenai Krisis Indonesia

Menyebutkan letak astronomis indonesia, tentukan letak astronomis indonesia, dampak letak astronomis indonesia, dampak dari letak astronomis, letak astronomis negara myanmar, letak astronomis amerika serikat, letak astronomis geografis indonesia, letak astronomis, letak astronomis aceh, letak geografis dan astronomis myanmar, letak astronomis negara singapura, letak astronomis benua afrika