Kinanthi Tegese – Teman-teman, pada artikel kali ini saya akan menulis tentang Serat Wulangreh pupuh Kinanti karya Ibu Linna Susuhan Pakubuwana IV Surakarta HAdiningrat. Lagu Kinanth karya Wulangreh mempunyai pesan yang besar. Memiliki kepribadian yang bahagia dan penuh kasih sayang. Serat Wulangreh Pupuh Kinanti mempunyai 16 padas (bab).

Dibawah ini adalah Serat Wulangreh karya Kinant, dengan 16 bait (bab) K I N A N T H I .

Kinanthi Tegese

Hendaknya mereka berhati-hati dalam hati, tajam dalam mengambil keputusan, tidak menunda-nunda makan, berani, berhati-hati, makan dan minum.

Bantuin Kak Tembangnya Kek Giniyen Wis Tinitah Wong Agung, Aja Sira Nggunggung Dhiri,aja Leket Lan Wong

Hati nurani perlu diasah, agar gejala (mental)nya tajam, tidak sering makan dan tidur, berwatak heroik, mengurangi makan dan minum.

Itu yang saya lakukan, saya berhenti makan yang tidak digulung, saya tidak berolahraga, saya menggunakan sepotong, saya menyukai perilaku buruk seseorang, dan rasa sakit di dalam berkurang.

Jadikan takaran, kurangi makan, kurangi tidur, jangan suka bersenang-senang, pergunakanlah saat dibutuhkan (karena) sifat orang yang suka bersenang-senang adalah kurang mawas diri.

Jika orang hebat menyuruhmu untuk tidak sombong dan tidak dekat dengan orang jahat, sebut saja kelakuan burukku nora vurun dan kamu akan tersesat.

Baca Juga  Hasil Samping Pada Tanaman Bawang Merah Adalah

Serat Wedhatama Pupuh Kinanthi

Kalau memang ditakdirkan menjadi seorang taipan, jangan sombong, jangan dekat-dekat dengan orang-orang yang kebiasaan buruk dan perangainya buruk, karena suka dan tidak suka (hal itu) akan menular.

Kalau kelakuannya rendah, kelakuannya baik, kalau kaya sejarah, kalau jadi roket patut disebarluaskan, akan menambah kecerdasan.

Sekalipun dia berasal dari kalangan bawah tetapi berakhlak baik atau mempunyai banyak cerita (bermanfaat), hendaknya kamu sependapat dengannya, (ini) akan menambah kebijaksanaanmu.

Ketika seorang pemuda percaya diri, ia mendengarkan orang-orang yang berhadapan dengannya, ketika berhadapan dengan banyak bajingan, ia mengikuti Nora Vurung, ketika berhadapan dengan banyak penjahat, Nora Vurung menjadi seorang pencuri.

Bab Iv Serat Wulangreh Pupuh Kinanthi: Bahasa Jawa

Kalau dia masih muda, dia mengikuti lingkungannya, jika di lingkungan itu banyak penjahat, dia jahat. Jika ada banyak pencuri di sekitarnya, dia akan membawanya keluar saat dia mencuri.

Sekalipun Anda tidak ikut serta, Anda harus mengetahui perilaku pencuri, jadi perilaku buruk yang sesekali terlihat ini adalah petunjuk setan.

Anda tahu cara mencuri, meskipun Anda tidak ikut serta (mencuri). Demikanlah (tanda) segala amal keburukan dahulu baru diketahui, baru dapat, ini bujukan setan.

Gampang kalau sudah beramal, tapi sulit kalau belum beramal.

Pupuh Kinanthi Lan Gancaran

Berbuat baik itu mudah kalau dilakukan, kalau tidak dilakukan susah, kalau tidak ragu melakukannya, tapi kalau dilakukan (hal itu), baiklah bagi jiwa dan raga kita.

Jika generasi muda saat ini rendah hati, sombong, bangga pada diri sendiri, dan bangga pada orang yang lebih tua, maka mereka saling bermusuhan.

Siapa kamu, siapa aku, angalanyat dan edir itu sama, anak muda jauh dari kata baik, tidak mendengarkan cerita, pembicaraan buruk atau baik.

Baca Juga  Kiamat Terjadi Dengan Sebuah Bunyi Yang Berasal Dari

Tidak mengenal temannya, kasar dan sombong, ini juga merupakan kebiasaan, anak muda jauh dari kata baik, tidak mau mendengarkan baik buruknya.

C. Watak1. Aja Sira Nggunggung Diri.tembung

Kisah masa laluku, perbuatan baik dan buruk, benar dan salahnya perbuatan, termasuk dalam cerita, makanya disebut sejarah, semua orang tahu.

Adapun peristiwa-peristiwa yang terjadi, perbuatan baik dan buruk serta benar dan salahnya termasuk dalam genre prosa, oleh karena itu disebut prosa, dan hendaknya diketahui sebagaimana mestinya.

Itulah sebabnya orang muda, orang baik, orang baik, orang tua, dan orang kaya itu berbeda.

Oleh karena itu, kalian para generasi muda hendaknya rajin berkomunikasi dan berbincang dengan orang tua kalian yang banyak bicara. Ingat, ada banyak cara untuk berbicara, ada yang baik dan ada yang buruk.

Pitutur Apa Kang Diandharake Ing Pada (bait)ing Dhuwur

Hal yang baik, Anda harus melakukannya, hal yang buruk, jangan lakukan itu, waspadalah terhadap orang jahat, bahkan pada saat ini.

Ikuti pembicaraan yang baik, hindari yang buruk, jangan lakukan, itupun hadir dan waspada terhadap setiap orang yang berbicara.

Ada banyak orang kaya, tetapi ketika mereka kaya, mereka hanya bertubuh laki-laki, dan khususnya, mereka memakai beberapa pakaian.

Ada banyak orang yang fasih berbicara, namun perkataan mereka diwarnai dengan motif egois yang hanya menguntungkan mereka dan menimbulkan kebencian yang tak ada habisnya.

Gladhen Kelas V: Tembang Kinanthi (add Youtube Videos) Worksheet

Jangan beri tahu siapa pun bahwa saya pribadi, jangan tandai siapa pun, saya merasa pribadi, sial, itu tidak sepadan.

Tidak ada seorang pun yang dapat berbicara selain dirinya sendiri dan tidak seorang pun boleh mengikutinya atau merasa bahwa dialah yang terbaik, ini adalah karakter iblis dan Anda tidak boleh berada di dekatnya.

Baca Juga  Perak Kerap Kali Dijadikan Campuran Kerajinan Berbasis Media Campuran Karena

Ibarat anjing, kalau orang itu tidak berharga, duduk di sebelahnya menular, lebih baik menjauh.

Kalau ketemu orang seperti itu, kejar dia seperti anjing, jangan dekati, jangan duduk, pasti tertular, lebih baik hindari.

Bantu Semua_____________➡jangan Ngasal:(➡jangan Copas:)➡pakai Penjelasan✓​

Poma-poma wekasingsun, orang yang membaca surat ini lahir dan lahir dari dalam, surat ini suci dan dipersembahkan kepada orang tuanya dalam bentuk hikmah batin.

Yang membaca surat ini, dengarkan nasehatku, dengarkan baik-baik, lakukan apa yang tertulis dalam surat ini dan jujurlah kepada orang tuamu baik lahiriah maupun batin.

Assalamualaikum… Saya Mu’linnatus Sa’da, S.Pd. Saya akan menjadi guru kelas 8 Kabupaten Pati di SMP Negeri 1 C…

Abang adat Aksara Jawa Artikel blog cerita ceritaku cerita pendek latihan puisi Guru kuis pengetahuan lainnya Kompetisi gaya hidup media pembelajaran paramaastra Perangkat orang tua Resep ICT Perjalanan dengan baik Bahasa Wayan

Tolong Dibantu Terimakasih​

Galaksi kinanthi, batik kinanthi, wasis tegese, mituhu tegese, tegese tembung, gawok tegese, tegese tembang, tegese, gegayuhan tegese, tegese pawarta, tegese babagan, daster kinanthi