Kepala Pemerintahan Vietnam – Nguyễn Xuân Phúc (lahir 20 Juli 1954) adalah seorang politikus yang menjabat sebagai Presiden Vietnam dari tahun 2021 hingga pengunduran dirinya pada tahun 2023 karena skandal korupsi yang melibatkan banyak menteri dan pejabat terkait. Ia juga merupakan pejabat tertinggi kedua di Vietnam, bersama Sekretaris Jenderal Partai Komunis (penjabat pemimpin) Nguyen Phu Trong. Dia adalah anggota Politbiro ke-11 dan ke-12, peringkat ke-14 dan salah satu anggota dengan peringkat terendah.

Sejak Kongres Partai Komunis Vietnam pada Januari 2016, Nguyen Xuan Phuc menduduki peringkat ketiga dalam kepemimpinan Partai Komunis Vietnam, di belakang Sekretaris Jenderal Nguyen Phu Trong dan Presiden Tran Dai Quang.

Kepala Pemerintahan Vietnam

Lahir pada tanggal 20 Juli 1954 di Komune Gui Phu, Kabupaten Gui Son, Provinsi Quang Nam. Dari tahun 1973 hingga 1978, ia belajar manajemen ekonomi di Universitas Ekonomi Nasional Hanoi. Bergabung dengan Partai Komunis Vietnam pada 12 Mei 1982, dan resmi menjadi anggota partai pada 12 November 1983.

Tarian Khas Indonesia Sambut Kepala Negara Asean

Dari tahun 1980 hingga 1993, Nguyen Phuc pertama kali menjabat sebagai karyawan dan kemudian dipromosikan menjadi direktur Kantor Komite Rakyat Kota Danang, Provinsi Quang Nam, dan belajar manajemen administrasi di Sekolah Administrasi Nasional Vietnam.

1993-1996: Menjabat sebagai Menteri Perencanaan dan Investasi Provinsi Quang Nam-Da Nang. Ia belajar manajemen keuangan di National University of Singapore.

Baca Juga  Pada Saat Mendorong Kardus Dorongan Terasa Berat Karena Gaya

1997 hingga 2001: Menjabat sebagai anggota Komite Tetap Komite Distrik (kursi 17 dan 18); saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua dan Wakil Ketua Pertama Komite Rakyat Provinsi Quang Nam dan Direktur Komite Manajemen Kawasan Industri Provinsi Quang Nam . Terpilih sebagai anggota Kongres Rakyat Distrik (Sesi Keenam).

Dari tahun 2001 hingga 2004, ia menjabat sebagai wakil sekretaris Komite Partai Provinsi Quang Nam dan ketua Komite Rakyat Provinsi Quang Nam (menjabat dari tahun 1999 hingga 2004). Hakim Pengadilan Nasional ke-11 Vietnam, ketua hakim Pengadilan Nasional Provinsi Quang Nam, anggota Komite Ekonomi dan Pengupahan Pengadilan Nasional Vietnam (sesi ke-11).

Apa Saja Negara Asean Yang Kepala Negaranya Juga Menjabat Sebagai Kepala Pemerintahan

Pada tanggal 5 April 2021, ia terpilih sebagai Presiden Vietnam ke-10 dalam rapat parlemen, menggantikan Nguyen Phu Trong yang sebelumnya telah mengumumkan pengunduran dirinya.

Nguyen Xuan Phuc adalah satu-satunya kandidat yang mencalonkan diri untuk posisi tersebut dan merupakan perdana menteri pertama yang dipilih sebagai pengacara oleh Majelis Nasional dan perdana menteri pertama yang dipilih sebagai pengacara sejak Ho Chi Minh pada tahun 1945.

Pada 17 Januari 2023, ia mengundurkan diri sebagai presiden Vietnam dan pensiun dari politik, dengan alasan tanggung jawabnya atas beberapa skandal baru-baru ini dalam kampanye antikorupsi pemerintah. Menurut laporan, pemerintah Vietnam mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Presiden Vietnam Tran Dai Quang meninggal karena “penyakit serius” di Hanoi pada Jumat (21 September) pagi.

Ia meninggal pada pukul 10.05 waktu setempat. Presiden Tran Daiguang menerima perawatan di Rumah Sakit Daerah Militer Pusat. Namun pemerintah tidak merinci jenis penyakit yang dideritanya.

Negara Vietnam: Ibu Kota, Letak Geografis, Dan Kondisi Alamnya

Kuang sudah lama dikabarkan sakit parah. Namun, budaya politik Vietnam memperlakukan kesehatan presiden sebagai rahasia negara yang dijaga ketat.

Baca Juga  Ananiah Artinya

Masalah ini semakin parah pada bulan Agustus 2017, ketika Kuang tidak hadir dalam acara kepresidenan selama sebulan dan tidak memberikan informasi apa pun. Dia diyakini telah menerima perawatan medis.

Lahir pada tahun 1956, Tran Dai Quang memulai karirnya pada tahun 1970-an sebagai pegawai tingkat rendah di Kementerian Keamanan Dalam Negeri Vietnam, sebuah badan keamanan yang dibentuk setelah KGB, dinas rahasia Soviet. Dia tinggal di sana sampai tahun 1980-an.

Pada tahun 2011, Tran Dai Quang diangkat menjadi Menteri Keamanan Dalam Negeri, menjadi kepala polisi berpangkat tertinggi di Vietnam. Setelah Kongres Partai Komunis tahun 2016, ia terpilih sebagai presiden dengan dukungan Sekretaris Jenderal Nguyen Phu Trong, perdana menteri de facto Vietnam.

Bertemu Pm Li Qiang, Presiden Jokowi Dorong Realisasi Kerja Sama Konkret Indonesia Rrt

Kuang dikenal sebagai politisi tangguh. Untuk mengamankan kursi kepresidenan, ia membentuk aliansi dengan elemen ultra-konservatif Partai Komunis untuk mengalahkan suara kelompok moderat yang cenderung pro-Barat.

Pada 12 September, ia melaksanakan tugas terakhirnya di negara tersebut dengan menjadi tuan rumah bagi para kepala negara dan pemerintahan dari negara-negara tetangga di Forum Ekonomi Dunia ASEAN di Hanoi. Di sana, ia bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan lainnya.

Pemerintahan negara vietnam, kepala pemerintahan negara vietnam, pemerintahan vietnam, kepala pemerintahan negara singapura, kepala pemerintahan negara malaysia, kepala pemerintahan myanmar, kepala pemerintahan, kepala pemerintahan brunei, bentuk pemerintahan vietnam, kepala pemerintahan australia, sistem pemerintahan vietnam, kepala pemerintahan china