Kegiatan Yang Mencerminkan Sila Ke-4 Dalam Lingkungan Masyarakat Yaitu – Contoh penerapan Sila Pancha No. 1 sampai 5 dalam kehidupan sehari-hari. termasuk di rumah dan keluarga

Selain sebagai dasar negara, Pancasila juga merupakan pilar ideologis bagi seluruh bangsa Indonesia, oleh karena itu Pancasila harus menjadi pedoman hidup berbangsa dan bernegara.

Kegiatan Yang Mencerminkan Sila Ke-4 Dalam Lingkungan Masyarakat Yaitu

Untuk pedoman hidup dapat ditelusuri asal usul Pancasila.Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta. Terdiri dari kata panca yang berarti lima dan sila yang berarti asas atau asas, sehingga pancasila dapat diartikan sebagai rumusan dan pedoman bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pengamalan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari

Panchasila terdiri dari lima kebajikan: (1) Ketuhanan Yang Maha Esa, (2) Kemanusiaan yang adil dan beradab; (3) Persatuan Indonesia (4) Demokrasi Kebijaksanaan dalam Perundingan/Perwakilan; dan (5) keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Disunting oleh Al Khanif (2017), isi dan makna Pancasila harus disampaikan dalam konteks. sehingga nilainya dapat ditemukan di setiap budaya Indonesia.

Paparan Sri Edi Swasono tentang “Pancasila dan Tanggung Jawab Intelektual Kita” pada Kongres Pancasila Kelima (2013) menyatakan bahwa, sebagai sumber dari segala sumber daya hukum di Indonesia, Gagasan dan konsep untuk mengimplementasikan nilai-nilai pancasila adalah wajib menurut konstitusi.

Bunyi dan Lambang Pancasila Isi atau bunyi kelima aturan dalam Pancasila beserta tanda atau lambangnya masing-masing adalah sebagai berikut.

Contoh Pengamalan Pancasila Sila 1 5 Di Rumah & Lingkungan Keluarga

Nilai-nilai Pancasila diambil dari budaya nasional dan memiliki nilai inti yang diakui secara internasional. Jadi tidak bertahan selamanya. Artinya tidak akan pernah berubah selama negara Indonesia masih ada.

Baca Juga  Apa Pemberitahuan Yang Ingin Disampaikan Melalui Gambar Tersebut Jelaskan

Contoh tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup, kegiatan manusia yang merusak lingkungan, kegiatan yang dapat merusak lingkungan, contoh kegiatan sosial di lingkungan masyarakat, kegiatan manusia yang memengaruhi keseimbangan lingkungan sekitar, kegiatan yang mencerminkan persatuan, berikan contoh kegiatan yang mencerminkan cinta lingkungan, contoh kegiatan menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan rumah yaitu, sikap dan perilaku yang mencerminkan komitmen persatuan di lingkungan masyarakat, kegiatan ekonomi yang menghasilkan barang yaitu, alat komunikasi kuno yang masih ada di lingkungan masyarakat adalah, pelaku kegiatan ekonomi masyarakat terbagi dalam rumah tangga