Kedua Kaki Saat Melakukan Operan Setinggi Dada Adalah – Halodoc, Jakarta – Bola basket sudah menjadi olahraga populer di Indonesia, khususnya di kalangan anak muda. Di Indonesia, permainan bola basket diatur oleh Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) sebagai organisasi utama bola basket.

Saat kamu masih sekolah, kamu mungkin pernah memainkan game ini kan? Anda harus tahu bahwa bola basket adalah permainan bola besar.

Kedua Kaki Saat Melakukan Operan Setinggi Dada Adalah

Bola basket, bola voli, dan sepak bola termasuk dalam permainan bola utama. Tahukah Anda manakah di antara ketiganya yang memiliki massa paling berat? Ya, bola basket merupakan bola yang memiliki massa terberat antara bola voli dan sepak bola dalam permainan bola besar.

Teknik Dasar Bola Basket Yang Harus Kamu Kuasai, Catat!

Meski memiliki massa yang berat, namun Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat meningkatkan permainan ini dengan skill dan kemampuan yang Anda miliki.

Pertama, perlu diketahui gerakan-gerakan dalam permainan bola basket, antara lain memegang bola, melempar bola, menggiring bola, menangkap, menembak, dan rebound.

Memegang bola merupakan langkah pertama yang harus dikuasai seorang pemain bola basket. Selanjutnya gerakan yang penting bagi pemain bola basket adalah melempar bola.

Dalam permainan bola basket cara melempar bola dibedakan menjadi tiga cara, yaitu melempar bola melewati kepala, melempar bola di depan dada, dan melempar bola ke tanah.

Pjok Kelas 7 Bs

Melempar bola melewati kepala disebut overhead pass. Sedangkan melempar bola dari depan dada disebut chest pass dan bola yang sampai ke tanah disebut dengan bouncing pass.

Lemparan dada yang tinggi dalam bola basket disebut chest pass. Lemparan ini dilakukan dengan cara mengoper bola kepada teman dengan cara melemparkannya langsung ke depan dada.

Dilaporkan dalam buku Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan Kelas VII, kelebihan gaya dada adalah lebih cepat dan kuat dalam menjangkau teman. Lemparan ini sangat berguna untuk umpan jarak pendek.

Berita Video Derrick Michael memberikan komentarnya usai Timnas Basket Indonesia kalah dari Jordan di Grup A Piala FIBA ​​Asia 2022 pada Kamis (14/7/2022).

Macam Macam Teknik Melempar Dan Menangkap Bola Dalam Permainan Kasti

Dari keenam gerakan yang ada, dribbling atau menggiring bola merupakan teknik yang paling terkenal dalam permainan bola basket. Menggiring bola adalah suatu cara menggerakkan bola ke depan dengan cara memukul bola dengan satu tangan ke tanah atau alternatifnya sambil berjalan atau berlari. Simak penjelasannya dibawah ini.

Baca Juga  Gerakan Pada Tari Tempurung Seperti Gambar Tersebut Adalah

Gerakan ini merupakan gerakan memindahkan bola dengan cara menggiring bola dari satu tangan ke tangan lainnya. Teknik ini berguna untuk melindungi bola agar tidak dapat diambil oleh lawan.

Gerakan ini merupakan gerakan yang dilakukan untuk memindahkan bola dari satu tangan ke tangan lainnya. Gerakan ke belakang dilakukan dengan mengubah posisi bola di belakang punggung. Gerakan ini dilakukan untuk melindungi bola dari serangan lawan.

Ragu-ragu merupakan teknik menggiring bola yang dilakukan dengan sangat cepat. Untuk melakukan teknik ini, pemain harus mampu menggiring bola dengan kecepatan tinggi. Teknik ini bertujuan untuk mengurangi konsentrasi lawan dan memudahkan pemain ketika ingin menembak.

Soal Pjok Kelas X Pas 2022

Berputar dalam teknik menggiring bola merupakan salah satu teknik yang paling sulit. Teknik ini dilakukan dengan memutar badan bersamaan dengan pemain menggiring bola. Tujuan gerakan memutar badan pada teknik ini adalah untuk menghindari lawan.

Teknik lewat kaki merupakan suatu gerakan yang digunakan untuk memindahkan bola dari tangan yang satu ke tangan yang lain melalui celah di antara kedua kaki. Teknik ini bisa berguna untuk mengelabui lawan dan menjauhkan bola darinya.

Perubahan kecepatan merupakan teknik dasar dribbling yang paling banyak digunakan dalam bola basket. Teknik ini dilakukan dengan memainkan tempo atau lamanya dribble yang berguna untuk outplay dan lawan untuk memikirkan tempo yang akan digunakan pemain nantinya.

Pebasket Rans PIK B. Ardiansyah mencoba melewati pemain West Bandits Combiphar Solo pada laga pekan pertama IBL Tokopedia 2022 di Hall Bola Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Sabtu (15/1/2022). (Bola.com/Bagaskara Biru)

Macam Macam Teknik Menghentikan Bola Dalam Permainan Sepak Bola

Setelah memahami gerak-gerik khusus dan teknik menggiring bola dalam permainan bola basket, perlu anda ketahui bahwa setiap gerak mempunyai jenis-jenisnya, antara lain gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif.

Gerak lokomotor dalam bola basket merupakan gerak seluruh tubuh melalui ruang atau jarak tertentu. Dilansir dalam buku pelajaran Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan Kelas IV, berikut gerak lokomotor dalam permainan bola basket:

Gerak non lokomotor merupakan gerak dasar yang dilakukan tanpa menimbulkan perubahan letak. Gerakan non lokomotor dilakukan dengan menggerakkan tubuh serta melibatkan sendi dan otot.

Gerak manipulatif merupakan gerak yang melibatkan suatu benda dalam pengendaliannya. Dilaporkan dalam buku Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan Kelas IV, berikut gerak manipulatif dalam permainan bola basket adalah:

Macam Macam Gerak Dasar Permainan Bola Voli Dan Bola Basket

* Fakta atau tipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp nomor 0811 9787 670 cukup dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan Pebasket Indonesia Arki Dikania menggiring bola saat uji coba melawan Satria Muda dan Pelita Jaya di GOR Suemantri, Jakarta, Selasa (7/8/ 2018). Indonesia menang 113-75 atas SM dan PJ. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Baca Juga  Bagaimana Bentuk Gerakan Tangkisan Dalam Dengan Satu Tangan

, Jakarta Bounce pass merupakan istilah yang dikenal dalam dunia olahraga khususnya permainan bola basket. Weather pass merupakan pemberian umpan balik berupa bola kepada teman atau tim dengan cara memantulkan bola terlebih dahulu.

Weather pass merupakan salah satu teknik passing dasar dalam permainan bola basket. Teknik ini dapat digunakan ketika seorang pemain bola basket bertanding dengan lawan yang lebih tinggi darinya.

Oleh karena itu, untuk menghadapi lawan yang lebih tinggi dari Anda, sebaiknya mendahului tim atau teman Anda dengan teknik bouncing step.

Variasi Teknik Dasar Bola Basket

Untuk lebih memahaminya, berikut ulasan mengenai pengertian bouncing pass dan cara melakukannya, dihimpun dari berbagai sumber, Senin (10/7/2023).

Di cabang bola basket putra, Indonesia berhasil menutup Grup B sebagai juara grup setelah mengalahkan Thailand di laga final.

Pemain tim basket Yordania Ashraf Alhedi mencoba mengoper bola pada laga FIBA ​​Asia Cup 2022 antara timnas Yordania melawan timnas basket Selandia Baru di Isora Senayan, Jakarta, Minggu (24/7/2022). Selandia Baru mengalahkan Yordania 83-75. (Bola.com/Bagaskara Biru)

Defying merupakan teknik passing yang dilakukan dengan cara mengoper bola kemudian diterima oleh rekan setimnya, teknik ini sebenarnya untuk menghindari rintangan lawan. Alasan penggunaan teknik bola basket ini sebenarnya sama dengan chest pass, namun cara melakukannya berbeda.

Bola Basket X

Kata bouncing pass sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti memantul. Umpan pantulan seperti itu memberikan bola kepada temannya dengan cara memantulkannya ke tanah. Teorinya kita melakukan refleksi ke tanah dengan titik refleksi 2/3 jarak kita dengan teman yang dituju.

Definisi lain menjelaskan bahwa bouncing pass adalah teknik melakukan operan dengan cara mengoper bola dengan kedua tangan di atas tanah. Teknik ini dapat digunakan ketika seorang pemain bola basket bertanding dengan lawan yang lebih tinggi darinya.

Teknik ini memungkinkan pemain untuk mengalahkan pemain lain dalam tim dengan menangkap bola terlebih dahulu. Posisi kedua tangan dan tekanan telapak tangan menentukan arah dan kecepatan bola saat melintas. Teknik ini tidak memerlukan keahlian khusus, namun memerlukan latihan yang teratur dan ketelitian yang tinggi agar bola tidak jatuh ke tangan lawan.

Berbagai tato milik pebasket Timnas Korea Selatan Choi Jun-yong saat laga hari kedua FIBA​​​​​Asia Cup 2022 Grup B melawan Timnas Taiwan di Isora Senayan, Jakarta, Kamis (14/07/2022) . (Bola.com/Bagaskara Biru)

Bounce Pass Adalah Teknik Memberi Umpan Dalam Basket, Begini Cara Melakukannya

Teknik awal untuk dapat melakukan langkah memantul ini adalah dengan mengambil posisi berdiri, kedua kaki agak dibuka sedikit agar mempunyai tingkat keseimbangan tubuh yang sangat baik yang dapat dibantu dengan tumpuan yang sedikit menekuk lutut dan badan condong ke depan. kecil. .

Lalu kedua tangan berada di depan dada dalam posisi siap dengan siku sedikit ditekuk. Kedua tangan memegang bola dengan baik di depan badan, tepatnya di depan dada. Selain memegang bola dengan kuat, penunjang lainnya adalah dengan membuka jari-jari selebar mungkin untuk menutupi sebagian bola dengan genggaman yang cukup kuat agar tidak mudah lepas dari penguasaan tangan, dengan mata tertuju pada sasaran yang dituju. . . .

Baca Juga  Pencipta Lagu Aku Anak Indonesia Adalah

Pemain Tim Bola Basket Nasional Lebanon Ali Haidar (tengah) berusaha melewati pemain Tim Bola Basket Nasional Australia saat final FIBA​​​​​Asia Cup 2022 antara Timnas Bola Basket Lebanon melawan Tim Bola Basket Nasional Australia di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (24/7/2022). Australia mengalahkan Lebanon 75-73. (Bola.com/Bagaskara Biru)

Biasanya terdapat beberapa kesalahan dalam penggunaan teknik bouncing pass dalam permainan bola basket. Berikut kesalahan umum yang biasa terjadi adalah:

Operan Setinggi Dada Dalam Bola Basket

Pemain Klub Bola Basket Hawks Tangerang Ardian Ariadi (kanan) mengoper bola pada laga IBL Seri 1 2022 melawan Dewa United Surabaya di Hall Bola Basket GBK, Senayan, Kamis (20/1/2022). (Bola.com/Bagaskara Biru)

Banyak orang yang mengira bahwa teknik chest step sama dengan bouncing step, padahal keduanya mempunyai arti dan cara yang berbeda. Chest pass merupakan teknik passing yang dilakukan dengan meletakkan bola di depan dada.Teknik ini biasanya menggunakan lemparan dengan dua tangan dengan tujuan untuk mengoper langsung kepada rekannya. Teknik ini merupakan salah satu teknik permainan bola basket paling sederhana dengan tingkat akurasi tertinggi ketika melakukan umpan lurus kepada rekan satu tim. Tips agar tidak membaca jurus lawan adalah dengan menggunakan jurus yang menipu.

Sedangkan bouncing pass merupakan teknik passing yang dilakukan dengan cara melempar bola lalu diterima oleh rekan satu tim. Teknik ini sebenarnya untuk menghindari rintangan lawan. Alasan penggunaan teknik bola basket ini sebenarnya sama dengan chest pass, namun cara melakukannya berbeda. Kelebihan teknik ini adalah dapat mendahului lawan dengan menggunakan bouncing pass, namun memiliki kelemahan jika dibandingkan dengan chest pass yaitu tidak dapat melakukan umpan jauh karena kecepatan bola tidak secepat chest pass. lulus. dan sangat sulit untuk melakukan lompatan jarak jauh.

* Fakta atau tipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp nomor Cek Fakta 0811 9787 670 cukup dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan., Jakarta Chest Pass adalah teknik yang digunakan untuk mengoper bola basket. pas di dada

Materi Bola Basket

Hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat melakukan wawancara adalah, posisi badan saat akan melakukan guling depan adalah, doa membasuh kedua kaki saat wudhu, supaya otot otot dada dan bahu kita tetap baik kita dapat melakukan latihan, lemparan bola basket setinggi dada disebut, untuk melatih otot dada saya melakukan latihan, posisi ayunan lengan saat melakukan lari jarak jauh adalah, apd yang digunakan saat akan melakukan pelarutan pcb adalah, lemparan setinggi dada dalam permainan bola basket dinamakan