Keberagaman Kegiatan Penduduk Di Setiap Daerah Dipengaruhi Oleh – Halodoc, Jakarta – Serial ini menjelaskan alasan keberagaman suku dan budaya Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor. Etnisitas dan budaya tidak hanya terbentuk, melainkan dipengaruhi baik dari dalam maupun luar.

Menjelaskan bahwa faktor penyebab keberagaman suku dan budaya di Indonesia adalah letak geografis seperti kepulauan, kondisi alam, transportasi, komunikasi, dan penerimaan masyarakat.

Keberagaman Kegiatan Penduduk Di Setiap Daerah Dipengaruhi Oleh

Keberagaman suku dan budaya yang ada di Indonesia juga mempunyai dampak positif dan negatif. Apa dampak positif dan negatifnya?

Begini Cara Menyikapi Pluralitas Budaya Bangsa Indonesia

Oleh Siany L., Atiek Catur B, berpengaruh positif terhadap kekayaan budaya dan jati diri bangsa. Sementara dampak negatifnya adalah dominasi kelompok dominan atau diskriminasi sehingga meningkatkan konflik sosial.

Untuk lebih memahaminya, simak penjelasan selengkapnya. Berikut ulasan lebih detail mengenai penyebab keberagaman suku dan budaya di Indonesia, Rabu (21/12/2022).

Ines Rau bersama masyarakat suku Huni Quinn telah melakukan reboisasi dan juga pengeboran sumur untuk lebih dari 100 masyarakat adat. (Foto: Instagram/@supa_ines)

Jelaskan bahwa penyebab keberagaman suku dan budaya Indonesia dipengaruhi oleh letak wilayah yang strategis. Di sisi Indonesia terdapat dua benua yaitu Asia dan Australia. Indonesia juga berbatasan dengan dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Baca Juga  Bagaimana Tanda Tanda Orang Yang Beriman Kepada Malaikat

Aktivitas Penduduk Yang Dominan Terjadi Di Wilayah Dataran Rendah

Letak Indonesia yang berada di kawasan strategis membuat banyak pedagang dari berbagai belahan dunia singgah di nusantara. Selain perdagangan, mereka juga memberikan dampak budaya bagi masyarakat Indonesia.

Jelaskan penyebab keberagaman suku dan budaya di indonesia karena negara kepulauan. Dijelaskan, total ada 16.771 pulau di Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Adanya banyak pulau di Indonesia, artinya setiap pulau mempunyai adat istiadat, budaya, dan agamanya masing-masing. Hal inilah yang menjadi penyebab keberagaman suku dan budaya di Indonesia.

Misalnya bahasa orang Padang berbeda dengan bahasa orang Jawa. Bahasa Padang lebih banyak pengaruh Melayunya. Pada saat yang sama, orang Jawa menyerap pengaruh India.

Soal Pat Ii Pkn Kelas Vii

Jelaskan bahwa penyebab keberagaman suku dan budaya Indonesia dipengaruhi oleh kondisi alam. Sifat setiap pulau di Indonesia pasti berbeda-beda.

Keadaan ini kemudian mempengaruhi adat istiadat, mata pencaharian, makanan pokok, sandang, kesenian, bentuk rumah, tatanan hidup masyarakat bahkan agama di masing-masing daerah.

Hal ini menunjukkan betapa beragamnya etnis dan budaya di Indonesia bagi mereka yang tinggal di dataran tinggi dan bermata pencaharian sebagai petani di bidang pertanian. Mereka lebih terbiasa mengonsumsi sayur dan buah karena mudah didapat.

Pada saat yang sama, masyarakat yang tinggal di sepanjang pantai dan bermata pencaharian sebagai nelayan akan mengurangi konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Tentu saja mereka sudah terbiasa makan seafood.

Mengenal Asia Tenggara: Letak, Keragaman Hingga Organisasi Asean

Jelaskan bahwa penyebab keberagaman suku dan budaya di Indonesia dipengaruhi oleh transportasi dan komunikasi. Terdapat kawasan yang dekat dengan kota, sehingga akses transportasi dan komunikasi menjadi nyaman.

Baca Juga  Tentukan Pembilang Dari Pecahan 3 Per 2

Namun kondisi transportasi dan komunikasi seperti itu belum tentu berlaku bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan atau jauh dari kota. Tak jarang, sebagian orang ketinggalan informasi karena tidak memiliki pendekatan komunikasi yang tepat.

Hal inilah yang menyebabkan beragamnya suku dan budaya di Indonesia, dimana transportasi dan komunikasi akan mempengaruhi kebiasaan penduduk setempat.

Masyarakat adat mengikuti upacara memperingati Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia, di El Lanito, di Izalco, 70 kilometer sebelah barat San Salvador (9/8/2022). Hari Masyarakat Adat Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 9 Agustus untuk meningkatkan kesadaran dan melindungi hak-hak masyarakat adat dunia. (AFP/Stanley Estrada)

Hubungan Kondisi Geografis Dengan Aktivitas Penduduk

Jelaskan bahwa alasan keberagaman etnis dan budaya di Indonesia dipengaruhi oleh penerimaan masyarakat terhadap perubahan. Hal ini mencakup sikap terhadap hal-hal baru, termasuk budaya baru dari luar.

Oleh Dr. H. Sutirna, S.Pd., M.Pd., penerimaan masyarakat terhadap perubahan menjadi penyebab keberagaman suku dan budaya Indonesia.

Misalnya, ada masyarakat yang mudah menerima orang atau budaya asing, seperti masyarakat perkotaan. Sementara itu, ada masyarakat yang tetap mempertahankan budayanya sendiri dan terus berusaha mempertahankannya.

Jelaskan penyebab keberagaman suku dan budaya di Indonesia dipengaruhi oleh agama atau kepercayaan. Indonesia dikenal sebagai negara dengan jumlah pemeluk agama yang banyak.

Yuk Simak 4 Faktor Yang Mempengaruhi Kegiatan Ekonomi

Jelaskan bahwa penyebab keberagaman suku dan budaya Indonesia adalah karena sejarah. Setiap daerah di Indonesia tentunya mempunyai perjalanan sejarahnya masing-masing. Misalnya, daerah yang mempunyai sejarah sejarah kerajaan-kerajaan Islam akan mempunyai ciri-ciri budaya tertentu yang dikaitkan dengan sejarah tersebut.

Jelaskan bahwa penyebab keberagaman suku dan budaya di Indonesia adalah pengaruh ras dan golongan. Ras yang ada di Indonesia sangatlah banyak yaitu ras Malaya-Mongoloid yang tersebar di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali.

Baca Juga  Tuliskan 3 Masalah Yang Muncul Bila Tidak Ada Listrik Brainly

Sedangkan ras Malanesoid terdapat di Papua, NTT, dan Maluku. Ras Kaukasoid adalah India, Timur Tengah, Australia, Eropa dan Amerika. Mongoloid Asia adalah Cina, Korea, dan Jepang.

Ras-ras yang hadir pada suatu daerah pasti akan berkembang dan membentuk kebudayaan-kebudayaan baru. Akan terjadi perlombaan-perlombaan yang membentuk kelompok-kelompok dan menciptakan keberagaman sosial dan budaya di Indonesia.

Modul Ajar Ipas Bab Vi Kelas Iv

Jelaskan bahwa penyebab keberagaman suku dan budaya di Indonesia adalah adanya perbedaan marga. Masyarakat Indonesia merupakan keturunan dari beberapa nenek moyang.

Diketahui nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari suku Austronesia. Seiring berjalannya waktu, nenek moyang yang tinggal di daerah Indonesia ini mengembangkan dan membentuk kebudayaannya sendiri.

* Fakta atau tipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang tersebar, silakan WhatsApp nomor cek fakta 0811 9787 670 hanya dengan memasukkan kata kunci yang relevan.

Musim di indonesia dipengaruhi oleh adanya, proses penegakan ham di setiap negara dipengaruhi oleh, kesuburan wanita dipengaruhi oleh, keanekaragaman spesies dipengaruhi oleh, gejala psikis yang dipengaruhi oleh morfin, gejala psikis yang dipengaruhi oleh morfin adalah, kerja enzim dipengaruhi oleh, sensus penduduk dilakukan setiap, harga saham dipengaruhi oleh, kegiatan ekonomi masyarakat dipengaruhi oleh, secara geologis kesuburan tanah di pulau jawa banyak dipengaruhi oleh, kesehatan mental dipengaruhi oleh