Keadaan Alam Brunei Darussalam – Ibu kota Brunei Darussalam adalah Bandar Seri Begawan. Brunei Darussalam memiliki bentuk pemerintahan yaitu kerajaan atau kesultanan.

Terletak di pesisir barat laut Kalimantan, Brunei Darussalam memiliki luas 5.765 km2, dengan garis pantai sepanjang 161 km yang menghadap ke Laut Cina Selatan dan Teluk Brunei. Di dalam kawasan ini adalah ibu kota Bandar Seri Begawan, di utara muara Sungai Brunei.

Keadaan Alam Brunei Darussalam

Pada tahun 2019, jumlah penduduk Brunei Darussalam tercatat sebanyak 459.500 jiwa, terdiri dari 244.500 laki-laki dan 215.000 perempuan. Dari populasi tersebut, sekitar 80.000 tinggal di ibu kota negara, Bandar Seri Begawan.

Kondisi Geografis Pulau

Mata uang resmi adalah Ringgit Brunei, tetapi umumnya disebut sebagai Dolar Brunei (B$), nilai tukarnya adalah $0,1 = B$0,33 (per 20 Januari 2021).

Nilai dolar Brunei sama dengan nilai tukar dolar Singapura (perjanjian paritas 1 B$ = 1 S$) B$ 1 = Rp. 10.603 (per 20 Januari 2021).

Tender umum Brunei Darussalam sendiri dikelola oleh Otoritas Moneter Brunei Darussalam (AMBD), yang bertindak sebagai bank sentral Brunei Darussalam.

AMBD memiliki hak tunggal untuk mengelola dan mengeluarkan alat pembayaran yang sah dalam bentuk uang kertas dan uang logam.

Keadaan Wilayah (daratan/kepulauan), Letak Geografis Dan Astronomis, Iklim Dan Sumber Daya Alam

Ada dua jenis uang kertas yang beredar di Tanah Air, yaitu seri kertas dan seri polimer. Namun, hanya sejumlah uang kertas yang beredar saat ini, karena bank AMBD memegang uang kertas dan tidak menerbitkannya kembali.

Baca Juga  Politik Etis Menjadi Bumerang Bagi Belanda Karena

Sejak 2004, Brunei Darussalam telah mencetak uang kertas polimer. Secara umum uang kertas jenis ini lebih higienis, tahan lama dan tidak mudah dipalsukan

Suku bangsa atau suku bangsa di negara Brunei Darussalam terdiri dari 302.200 orang ras Melayu, 47.200 orang keturunan Tionghoa dan 110.100 orang suku Kedayan, Tutong, Belait, Bisaya, Dusun dan Murut dan lain-lain (JPKE, 021).

Bahasa resmi adalah bahasa Melayu, tetapi bahasa Inggris masih digunakan secara luas di lingkungan pemerintahan, perusahaan, dan sekolah.

D Lebaran !! Brunei Darussalam Experience By Bi

Dalam hal agama, 67% penduduk Brunei adalah Muslim, 10% Kristen, 13% Buddha, dan 10% Animisme dan kepercayaan agama yang umumnya dianut oleh non-Melayu.

Sebagai negara di garis khatulistiwa, Brunei memiliki suhu yang rata (berkisar antara 28–32 °C), dengan tingkat kelembapan 82% dan curah hujan rata-rata 4.000 mm per tahun, sedangkan wilayah di Temburong dan wilayah lainnya rata-rata 2.400 mm. . – 2990 mm per tahun.

Dalam skenario ini, hutan hujan menutupi sekitar 80% wilayah negara, termasuk ibu kota Bandar Seri Begawan.

Sekitar 70% wilayahnya adalah hutan asli. Kebijakan perlindungan ekosistem Brunei Darussalam antara lain mengalokasikan sekitar 55% dari luas daratan negara sebagai hutan lindung atau hutan cadangan. Sumber daya alam berupa minyak, gas alam, pasir silika, hutan dan sumber daya laut Selama ini Brunei Darussalam hanya mengeksploitasi sumber daya minyak dan gas.

Contoh Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Brunei Darusalam Adalah

Ibukota Brunei Darussalam Port Seri Begawan Mata Uang Brunei Darussalam Iklim Brunei Darussalam Brunei Darussalam Ibukota Brunei

Keadaan iklim brunei darussalam, keadaan sosial negara brunei darussalam, liburan ke brunei darussalam, keadaan ekonomi brunei darussalam, tour brunei darussalam, keadaan penduduk brunei darussalam, paket wisata brunei darussalam, keadaan alam negara brunei darussalam, wisata brunei darussalam, brunei darussalam airlines, hotel brunei darussalam, hotel di brunei darussalam

Baca Juga  Latihan Sit-up Bermanfaat Untuk Melatih Kekuatan Dan Daya Otot