Kata Logika Berasal Dari Kata Logos Yang Artinya Adalah – Logika Logika berasal dari kata (logos) yang berarti hasil akal yang diungkapkan dengan kata-kata dan diungkapkan dengan bahasa. Logikanya satu.

Presentasi berjudul: “Logika Logika berasal dari kata (logos) yang berarti hasil logika yang diungkapkan dengan kata-kata dan diungkapkan dengan bahasa. Logika itu satu.”— Transcript presentasi:

Kata Logika Berasal Dari Kata Logos Yang Artinya Adalah

1 Logika Logika berasal dari kata (logos) yang berarti hasil logika yang diungkapkan dengan kata-kata dan diungkapkan dengan bahasa. Logika adalah salah satu cabang filsafat. Cabang filsafat lainnya adalah epistemologi, etika, dan estetika. Dalam pembahasan ini logika tidak dijelaskan secara detail, hanya digunakan untuk mengajarkan logika sebagai kecakapan hidup, berpikir yang benar, tepat, runtut dan teratur, yang merupakan penerapan logika dalam kehidupan sehari-hari. Manusia menciptakan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Ndaru Simdig Dikonversi

Selalu berpikir dengan hati-hati dengan prinsip yang sistematis. Untuk mempertajam pikiran dan lebih mengembangkannya. Dorong semua orang untuk berkomunikasi dengan hati-hati, objektif dan efektif. Tanamkan cinta akan kebenaran dan hindari kesesatan penalaran

3 Penalaran untuk menarik kesimpulan terbagi menjadi dua jenis, yaitu metode penalaran deduktif dan induktif. 1. Kesimpulan turunan yang bergerak dari pernyataan kebenaran umum ke khusus. Contoh: Umum: Semua siswa SMK harus disiplin dan bertanggung jawab. Spesial: Sandy adalah siswa SMK. Kesimpulan: Password harus disiplin dan bertanggung jawab. 2. Induktif Induktif menarik kesimpulan yang bergerak dari pernyataan kebenaran khusus ke pernyataan umum. Keistimewaan : Devi rajin belajar, mendapat hasil yang memuaskan. Keistimewaan : Yuda rajin belajar, mendapat hasil yang memuaskan. Istimewanya: Tika giat belajar, dia mendapat hasil yang memuaskan. Kesimpulan: Siswa yang rajin belajar akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

4 B. Algoritma Algoritma adalah rangkaian langkah-langkah yang disusun dalam urutan kegiatan yang logis untuk mencapai tujuan pemecahan masalah. Ada beberapa cara untuk mengkomunikasikan algoritma, termasuk penggunaan flowchart, pseudocode, dan bahasa pemrograman. Flowchart adalah tabel yang menunjukkan alur dari suatu algoritma dan menunjukkan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah. Alasan diagram alir meliputi: Dokumentasi proses. Mengkomunikasikan aspek prosedural instruksi untuk memecahkan masalah pemrograman. Simbol Flowchart Flowchart terdiri dari simbol yang berbeda untuk mewakili input, proses atau output yang berbeda. Di bawah ini adalah berbagai simbol dan kegunaannya masing-masing.

Pergi ke sekolah merupakan kegiatan sehari-hari bagi para mahasiswa bisnis, beberapa langkah bisa disiapkan sebelum berangkat ke sekolah. Kegiatan tersebut dapat digambarkan dalam bagan alir sebagai berikut.

Baca Juga  Tidak Berat Sebelah

Soal Latihan Alur Logika Pemrograman Komputer

Secara umum, algoritma yang digunakan adalah sebagai berikut. • Handuk, pakaian ganti, sabun, dll. Buat perlengkapan mandi seperti ini. • Setelah semuanya siap, pergilah ke kamar mandi. • Lepaskan pakaian Anda. • Menuangkan air ke seluruh tubuh. • Gunakan sabun, sampo. • Basuh tubuh dengan air. • Sikat gigimu. • Gunakan handuk untuk mengeringkan seluruh tubuh. • Pakaian ganti. • Keluar dari kamar mandi. Maka diperoleh subproses bath sebagai berikut.

Sarapan merupakan hal penting yang dapat dilakukan siswa sebelum berangkat ke sekolah. Makan sarapan akan memberi makan otak, yang membuat belajar lebih mudah. Oleh karena itu, secara umum siswa yang sarapan pagi berprestasi lebih baik daripada siswa yang tidak sarapan. Pada pembahasan selanjutnya, penjelasan tentang breakfast akan membantu untuk memahami flowchart penggunaan algoritma tersebut. • Lihat makanan di atas meja, apakah tersedia? • Jika tersedia, sarapan dapat dimulai. Jika tidak, buat atau beli sarapan. • Jika ingin membuat sarapan, periksa apakah ada makanan yang bisa dimasak. Berikut adalah hasil flowchart dari algoritma di atas

Setelah mandi dan sarapan, para siswa biasanya langsung berangkat ke sekolah. Berbagai sarana transportasi dapat digunakan, misalnya dengan angkutan umum atau mobil pribadi. Selama ini sepeda akan dijadikan alat transportasi utama dengan asumsi murah dan sehat. Algoritma debit siklus adalah sebagai berikut. • Periksa apakah sepeda dalam kondisi baik? • Jika kondisinya tidak baik (dengan asumsi sepeda bocor dan membutuhkan waktu lama untuk menambalnya), naik angkot. • Pilihan lain yang bisa digunakan adalah naik ojek. • Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat menggunakan pilihan lain selain bersepeda, naik bus atau naik ojek. Misalnya pergi bersama teman, orang tua atau jalan-jalan jika memungkinkan. Sebuah flowchart akan dibuat sebagai berikut:

Membuat kue membutuhkan bahan dan pengalaman agar hasilnya sesuai dengan lidah. Berikut ini adalah algoritma pembuatan krim.  Siapkan peralatan seperti adonan, oven, pengocok telur dll.  Siapkan bahan-bahan seperti tepung terigu, margarin, coklat bubuk, gula halus, telur dan coklat chip.  Tentukan komposisi bahan sesuai resep yaitu: gandum = 175 g; Margarin = 150 gr; Coklat bubuk = 25 gram; Gula halus = 100 gram; Kuning telur = 1 buah; Dan coklat chip secukupnya.  Kocok margarine dan gula halus hingga rata. Tambahkan telur kocok.  Ayak terigu dan coklat bubuk, lalu masukkan ke dalam adonan sambil diaduk hingga rata.  Letakkan di dalam plastik segitiga, semprotkan loyang yang sudah diolesi margarin, semprotkan menjadi bentuk bulat, lalu ratakan dengan sendok plastik.  Taburi dengan choco chips, panggang hingga matang.  Angkat kue dan sajikan. Berikut adalah flowchart yang dapat dibuat dari algoritma di atas.

Baca Juga  Untuk Melakukan Senam Kebugaran Jasmani Sebaiknya Makan Dengan Jarak Minimal

Solution: Materi 1 Pengantar Logika Algoritma

Saat menjalani pengobatan di Puskemas, seseorang harus melalui berbagai prosedur, mulai dari pendaftaran, kontrol tekanan darah hingga penerimaan obat. Hanya sedikit orang yang menyadari bahwa ini adalah contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya membuat flowchart berarti menentukan alur pelayanan puskesmas sebagai berikut. Contoh ini memisahkan proses dan lokasi pemindahan pasien agar lebih mudah dipahami. Pasien datang ke puskesmas. Pasien gawat darurat atau pasien bersalin langsung menuju ke gawat darurat atau ruang bersalin. Setelah melayani pasien, kerabat pasien dapat melakukan pendaftaran di loket pendaftaran. Setelah dilakukan operasi pada pasien, dinilai kondisi pasien, dapat pulang (rawat jalan) atau harus dilakukan pengobatan terlebih dahulu di Puskesmas (klinik). Jika Puskemus tidak dapat melayani pasien karena keterbatasan fasilitas atau tenaga medis, maka pasien dirujuk ke rumah sakit. Pasien non-darurat akan mengantri dan menunggu panggilan dari petugas pendaftaran.

17 4. Pasien dipanggil oleh petugas di meja registrasi dengan nomor urut (pasien lansia mendapat pelayanan khusus). Pasien ditanya apakah terdaftar sebagai pasien atau tidak. Jika tidak, nomor rekam medis dibuat terlebih dahulu. Sedangkan pasien lama atau pasien tertanggung dapat menunjukkan kartu pasiennya. 5. Pasien diminta untuk pergi ke poliklinik tujuan. Petugas akan menggeledah rekam medis pasien untuk menunjukkan pasien ke poliklinik rawat jalan yang membutuhkan perawatan. 6. Pasien dipanggil oleh petugas atau perawat. 7. Pasien diperiksa (didiagnosis), anamnesis dicatat, perawatan medis diberikan bila perlu dan obat diresepkan. Jika pasien membutuhkan perawatan medis yang tidak tersedia di Puskemas, pasien dirujuk ke rumah sakit. 8. Pada saat pasien diberikan tindakan medis pasien keluar dari ruang pemeriksaan dan menuju ke kasir pembayaran. Kemudian pasien pergi ke rumah sakit. 9. Pasien dipanggil kembali untuk minum obat. 10. Pasien pulang. Berikut adalah flowchart yang dapat dibuat dari algoritma di atas.

Jalan di mana banyak orang berjalan biasanya dibangun dengan lampu lalu lintas. Lampu ini akan mengatur arus lalu lintas, misalnya dengan mengatur pejalan kaki dan berpindah mobil tanpa mengganggu arus yang ada. Regulasi dilakukan dengan warna-warna cerah yang diakui secara universal, yaitu: • Merah, yang menunjukkan bahaya, dan digunakan sebagai tanda berhenti • Kuning, yang digunakan sebagai tanda peringatan. • Warna hijau, yang digunakan sebagai tanda dapat berjalan. Berdasarkan arah proyeksinya, lampu lalu lintas dapat diatur ke beberapa arah, misalnya 3 (tiga) arah, 4 (empat) arah, dll. Berdasarkan pola dan urutannya, kita menjumpai dua macam di Indonesia, yaitu bolehkah berbelok ke kiri saat berhenti. Lihat foto di bawah ini.

Baca Juga  Cara Mencari Frekuensi Gelombang

21 Contoh ini akan membuat algoritma lampu lalu lintas untuk 3 arah, yang tidak memungkinkan belok kiri saat berhenti. Selanjutnya menentukan kondisi kendaraan saat ini dengan pengaturan berurutan dari Lampu 1 (L1), Lampu 2 (L2), lalu Lampu 3 (L3).

Usut Tuntas Logika Menurut Pendapat Aristoteles

• Inisialisasi variabel dan fungsi lampu lalu lintas. • Atur waktu tampilan untuk setiap lampu, misalnya hijau (H) akan muncul selama 3 detik dengan timer (t), kuning (K) akan muncul selama 2 detik dan merah (M) akan muncul selama 10 detik. • Aktifkan Hijau pada L1, maka Timer Hijau L1 (tHL1) akan menghitung mundur dan mobil dapat bergerak maju. L2 dan L3 disetel menjadi merah untuk menghentikan mobil. • Jika tHL1 = 0, warna kuning akan aktif di L1, timer kuning L1 (tKL1) akan dihitung dan harus berhati-hati sebelum menghentikan kendaraan. L2 dan L3 masih merah. • Jika tKL1 = 0, sistem akan menghentikan L1 dengan mengaktifkan warna merah dan menyalakan timer merah L1 (tML1). Kemudian L2 dapat menyala karena lampu hijau diaktifkan, tHL2 diukur. L3 masih merah. • Timer L1, L2, L3, kembali ke L1, dll. • Sistem akan mengaktifkan warna kuning pada L2, L1 dan L3 dalam keadaan merah. • Sistem mengaktifkan hijau pada L3, L1 dan L3 dan berubah menjadi merah. Untuk lebih mudah memahami algoritma di atas, Anda dapat membuatnya dalam bentuk diagram waktu pada rambu-rambu lampu lalu lintas. Diagram waktu akan menggambarkan keadaan setiap lampu saat menyala secara bergantian.

26 B. Menggali ide Berbicara sebenarnya adalah proses alami untuk mengkomunikasikan ide dan pikiran. Keberhasilan dalam mengungkapkan ide/gagasan tergantung pada “logika” dan “emosi”.

Kolintang adalah alat musik yang berasal dari, miqat makani jamaah haji yang berasal dari indonesia adalah, kata manusia berasal dari bahasa sanskerta yaitu manu yang artinya, jilbab berasal dari kata jalaabiib artinya, shopify adalah perusahaan perdagangan elektronik yang berasal dari negara, yoga berasal dari kata yuj yang artinya, bahan baku anyaman yang berasal dari alam adalah, pupuk guano adalah pupuk organik yang berasal dari kotoran, ayam betutu adalah makanan khas yang berasal dari provinsi, komputer berasal dari kata to compute yang berarti, aqiqah berasal dari kata aqqa yang artinya, energi alternatif adalah energi yang berasal dari