Karya Sastra Berikut Yang Dikategorikan Historiografi Modern Adalah – Siapa yang tak tahu kisah cinta Rama dan Shinta yang terkenal? Anda bisa menyebutnya dongeng atau cerita dari masa lalu. Tapi tahukah Anda hal itu? Dalam sejarah, cerita seperti itu disebut historiografi. Yuk, pahami lebih dalam mengenai penulisan cerita dan jenis-jenisnya pada artikel berikut ini!

Historiografi berasal dari bahasa Yunani historia yang berarti sejarah dan graphia yang berarti tulisan. Singkatnya, Historiografi adalah penulisan sejarah. Nah, tapi tidak sesederhana itu, mari kita bahas lebih detail dulu ya.

Karya Sastra Berikut Yang Dikategorikan Historiografi Modern Adalah

Cerita wayang atau cerita Rama-Shinta dan Hanoman merupakan contoh historiografi. Historiografi sendiri adalah penulisan sejarah. Historiografi menurut Louis Gottschalk adalah suatu bentuk publikasi, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan, tentang peristiwa atau gabungan peristiwa pada masa lalu.

Sejarah Peminatan Kelas 10

Historiografi sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan adalah ilmu yang mempelajari perkembangan historiografi dari masa ke masa, atau disebut juga dengan sejarah historiografi.

Pembagian jenis penulisan sejarah di Indonesia dibedakan berdasarkan ciri dan fungsinya. Berurutan dari historiografi tradisional, sejarah kolonial, historiografi nasional, dan historiografi modern. Berikut penjelasan mengenai 4 jenis penulisan sejarah:

Sedangkan dari segi ciri-cirinya, historiografi tradisional bersifat kultural dan politik serta belum menggunakan metode ilmiah dalam penyusunannya sehingga terdapat unsur subjektivitas yang tinggi.

Baca Juga  Pengertian Range Adalah

Historiografi tradisional berkembang sejak zaman kerajaan Hindu dan Budha sekitar abad ke-14 Masehi. kepada Kerajaan Islam pada awal abad ke-20 Masehi

Membaca Nusantara Melalui Bahasa Dan Sastra Indonesia

Contoh historiografi masa Hindu dan Budha adalah Mahabarata dan Ramayana, Kitab Pararaton, Kitab Negarakertagama, Babad Arya Tabanan, Babad Tanah Jawi dan lain sebagainya.

Contoh historiografi dari masa Islam adalah Hikayat Raja-Raja Pasai, Hikayat Aceh, Babad Demak, Babad Tanah Jawi dan Babad Giyanti.

Historiografi kolonial merupakan penulisan sejarah yang berkembang pada masa penjajahan Belanda mulai abad ke-17 Masehi. kepada pemerintah Hindia Belanda pada abad ke-20 Masehi

Fokus utama sejarah kolonial adalah kehidupan warga Belanda (Eropa) di Hindia Belanda karena ditulis oleh orang Belanda atau Eropa. Tujuan penulisannya adalah untuk memperkuat posisi mereka di Indonesia. Ciri-ciri sejarah kolonial adalah:

Lembar Kerja Sejarah Dunia Modern Untuk Kelas 10 Di Quizizz

Ciri-ciri sejarah kolonial terfokus pada kajian penguasaan Belanda atau Eropa di Hindia Belanda, sedangkan kondisi masyarakat Hindia Belanda (Indonesia) yang terjajah tidak mendapat perhatian.

Ingin memahami lebih jauh tentang penulisan sejarah dan materi sejarah lainnya? Anda dapat mencoba membaca materi diskusi ini melalui fungsi ADAPTO di ruang belajar. Diskusi ini dapat Anda dengarkan dengan video interaktif sesuai pemahaman pembelajaran Anda!

Kedua, historiografi nasional. Jurusan Sejarah Bangsa Indonesia. Model historiografi ini mulai populer setelah bangsa ini merdeka pada Agustus 1945

Penulisan berbahasa Indonesia bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme pada seluruh masyarakat Indonesia. Sedangkan ciri-ciri historiografi nasional antara lain menggunakan perspektif nasionalisme Indonesia.

Latihan Soal Uts Ganjil 28 Nov 22

Dilihat dari ciri-cirinya, penulisan sejarah mempunyai tujuan untuk kemaslahatan bangsa Indonesia. Penulisan sejarah secara sadar ditulis dari sudut pandang bangsa Indonesia.

Baca Juga  Letak Geografis Vietnam

Historiografi modern muncul sebagai akibat dari tuntutan ketelitian teknis untuk memperoleh fakta sejarah. Fakta sejarah diperoleh dengan menentukan metode penelitian, menggunakan ilmu bantu, teknik kearsipan dan rekonstruksi melalui sejarah lisan.

Historiografi modern tentunya berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Historiografi masa kini menjadi semakin objektif dan kritis terhadap peristiwa sejarah.

Wow, hari ini kita belajar sesuatu yang baru lagi! Apakah Anda masih bersemangat untuk belajar tentang sejarah atau mata pelajaran lainnya? Yuk tonton video Lightning Concept dan Adapto di Ruangbelajar!

Historiografi Indonesia Masa Tradisional

Video pembelajarannya menyenangkan dan juga dapat membantu Anda memahami pembelajaran dengan pengalaman yang mengasyikkan. Yuk langsung saja download aplikasinya!

Hendrayana. 2009. Sejarah 1: SMA dan Madrasah Aliyah Jilid 1. Jakarta: Pusat Buku, Departemen Pendidikan Nasional

Louis R Gottschalk: Arsip Fotografi Universitas Chicago, Pusat Penelitian Koleksi Khusus Hanna Holborn Gray, Perpustakaan Universitas Chicago. Tautan [Online]: http://photoarchive.lib.uchicago.edu/db.xqy?one=apf1-06470.xml (diakses 28 Oktober 2021)

Karya sastra adalah, buku karya sastra, karya sastra, karya sastra modern, perbedaan karya sastra lama dan modern, karya sastra novel, pengertian karya sastra modern, cerpen adalah salah satu karya sastra yang berbentuk, contoh karya sastra novel, contoh buku karya sastra, makanan yang dikategorikan sebagai makanan sehat adalah, karya sastra pujangga baru