Karakteristik Benua Afrika – Kontributor: Rizal Amril Yahya, – 16 Agustus 2021 22:05 WIB | Diperbarui 20 Januari 2022 pukul 15:48 WIB

Kondisi alam benua Afrika terbilang unik dibandingkan benua lain di muka bumi. Benua Afrika diperkirakan berusia 3,8 miliar tahun.

Karakteristik Benua Afrika

Afrika adalah salah satu dari enam benua di Bumi. Benua Afrika merupakan benua terbesar kedua di dunia setelah benua Asia.

Kenali Letak Geografis Benua Afrika Dan Karakteristiknya

Secara geografis benua Afrika terbagi menjadi lima wilayah yaitu Afrika Utara, Afrika Timur, Afrika Barat, Afrika Tengah, dan Afrika Selatan.

Lebih dari 800 juta orang tinggal di benua Afrika. Angka tersebut setara dengan sepertujuh populasi manusia di Bumi.

Menurut ahli paleoantropologi, benua Afrika merupakan tempat lahirnya manusia modern (homo sapien). Masukkan Ian Tattersall

Letak dan Sebaran Benua Afrika Letak astronomis benua Afrika berada antara 35°S – 38°LU dan 17°BT – 57°BT. Sementara itu, benua Afrika secara geografis terletak di sebelah selatan benua Eropa dan Asia.

Potensi Sumber Daya Alam Benua Asia Dan Afrika

Benua Afrika terbagi menjadi lima wilayah berbeda, yaitu Afrika Utara, Afrika Timur, Afrika Barat, Afrika Tengah, dan Afrika Selatan. Berikut daftar 54 negara di kawasan tersebut, dikutip Worldometers.

Nigeria; Ghana; Pantai Gading; Nigeria; Burkina Faso; Mali; Senegal; Guinea; Benin; Pergi; Sierra Leone; Liberia; Mauritania; Gambia; Guinea-Bissau; Topi hijau.

Etiopia; Tanzania; Kenya; Uganda; Mozambik; Madagaskar; Malawi; Zambia; Somalia; Maurice; Rwanda; Zimbabwe; Burundi; Sudan Selatan; Eritrea; Jibuti; Komoro; Seychelles.

Republik Demokratik Kongo; Republik Kongo; Republik Afrika Tengah; Angola; Kamerun; Gabon; anak; Guinea Khatulistiwa (Guinea Khatulistiwa); Sao Tome dan Principe.

Karakteristik Benua Amerika Yang Wajib Kamu Ketahui!

Kondisi Alam Benua Afrika dan Ciri-cirinya Dari segi umur dan kondisi geologi, benua Afrika lebih unik dibandingkan benua lain di muka bumi. Secara geologis, benua Afrika diperkirakan berumur 3,8 miliar tahun.

Bagian utara dan barat benua Afrika dicirikan oleh banyak dataran rendah. Sementara itu, wilayah Afrika bagian selatan dan timur dicirikan oleh banyaknya dataran tinggi.

Dataran tinggi di selatan dan timur benua Afrika seringkali dekat dengan pantai. Artinya wilayah selatan dan timur benua Afrika cenderung memiliki garis pantai yang sempit.

Baca Juga  Mawa Pancen Naon Urang Sunda Teh

Tanah di wilayah barat dan selatan benua Afrika mengandung banyak batuan, termasuk batuan beku gneiss dan batuan basal yang terbentuk dalam jangka waktu dua hingga 3,6 miliar tahun.

Negara Negara Di Afrika Barat, Lengkap Dengan Ibukota Dan Luasnya

Benua Afrika juga mempunyai 2 dataran tinggi (disebut juga dataran tinggi), yaitu Dataran Tinggi Afrika Bawah di utara dan Dataran Tinggi Afrika Atas di selatan. Platon adalah dataran tinggi yang tingginya lebih dari 700 meter di atas permukaan laut.

Dataran tinggi tersebut merupakan akibat dari erosi dan sedimentasi tanah. Wilayah ini umumnya relatif datar dan terletak pada ketinggian lebih dari 700 meter di atas permukaan laut.

Benua Afrika terkenal dengan beberapa sungai yang sangat panjang. Salah satu yang paling terkenal adalah Sungai Nil. Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia dengan panjang 6.650 km atau 4.132 mil.

Sungai Nil membelah sembilan negara di kawasan Afrika, yaitu Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, Sudan Selatan, dan Mesir.

Mengenal Karakteristik Benua Amerika Dan Letak Astronomisnya

Selain Sungai Nil, terdapat pula sungai panjang lainnya seperti Sungai Zambezi, Sungai Niger, dan Sungai Kongo atau Zahire, sebagaimana dikutip dalam buku tersebut.

Ada juga banyak danau besar di benua Afrika. Danau terbesar di Afrika adalah Danau Victoria (Victoria Nyanza) dengan luas 68.870 kilometer persegi.

Selain itu, sejumlah danau besar lainnya di Afrika adalah Danau Tanganyika (luas 32.900 km²), Danau Malawi (luas 29.600 km²), Danau Albert (luas 2.220 km²), Danau Kivu (luas 2.220 km²), Danau Kivu (luas 2.220 km²). ), Danau 2.220 km²).

Kondisi iklim di benua Afrika Sebagian besar wilayah di benua Afrika beriklim tropis. Hal ini mengakibatkan suhu tinggi di kawasan Afrika, kecuali di wilayah tenggara yang suhunya lebih rendah.

Daftar Negara Di Benua Afrika Beserta Ibu Kota Dan Luas Wilayahnya

Berdasarkan suhu dan curah hujan, kawasan Afrika dapat dibagi menjadi lima tipe iklim berbeda. Di bawah ini adalah penjelasan detailnya.

Iklim ini meluas di sepanjang pantai barat Afrika, dari Ledok hingga Zaire, dataran tinggi Kenya dan Uganda. Iklim khatulistiwa memiliki suhu yang tinggi dan relatif konstan. Curah hujan dan kelembapan juga tinggi di iklim ini.

Iklim ini ditandai dengan curah hujan lebat di musim semi dan kekeringan di musim dingin. Curah hujan akan berkurang dan musim kemarau akan memanjang di wilayah yang jauh dari garis khatulistiwa, baik di utara maupun di selatan. Sebaran iklim sabana tropis berada pada sisi utara dan selatan garis khatulistiwa iklim.

Iklim gurun Afrika hanya mengalami sedikit curah hujan. Oleh karena itu, suhu udara di daerah beriklim pegunungan sangat hangat. Di kawasan ini, hujan turun sepanjang tahun pada puncak musim panas dan biasanya disertai badai petir (

Baca Juga  Dilihat Dari Permukaan Bumi Wilayah Indonesia Termasuk Kedalam Wilayah

Tentang Benua Afrika

Iklim ini meluas ke seluruh Sahara, Gurun Libya dan Gurun Nusia di Afrika Utara. Iklim ini juga ditemukan di Afrika Barat Daya, terutama di Gurun Kalahari dan Gurun Namib.

Daerah ini menerima curah hujan yang relatif banyak di musim panas. Sebab, suhu di kawasan ini umumnya hangat. Iklim ini terdapat di pedalaman Afrika, pada ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut, iklim ini sering disebut dengan iklim padang rumput sedang. Wilayah Afrika yang mempunyai iklim seperti ini adalah wilayah pesisir tenggara Afrika Selatan.

Iklim ini ditandai dengan curah hujan lebat di musim dingin dan kekeringan di musim semi. Curah hujan ini dipengaruhi oleh angin yang bertiup dari arah barat.

Iklim Mediterania meluas ke Laut Mediterania atau pantai Mediterania di Afrika, di utara Pegunungan Atlas, dan di beberapa wilayah barat daya benua.

Kondisi Geografis Benua Asia, Letak Hingga Bentang Alam

Komposisi Penduduk Benua Afrika Luasnya wilayah benua Afrika juga diperkaya oleh keberagaman suku, bangsa, ras dan agama yang berbeda-beda.

Ada tiga ras manusia yang menghuni benua Afrika, yaitu ras Kaukasia, ras Negroid, dan ras khusus yang membentuk komunitas lokal.

Afrika juga memiliki keberagaman agama yang hidup berdampingan. Kristen dan Islam merupakan dua agama yang dianut oleh mayoritas penduduk benua Afrika.

Sekitar 40% penduduk Afrika beragama Kristen, 40% beragama Islam, dan sekitar 20% penduduk Afrika menganut agama asli Afrika. Sebagian kecil dari mereka juga berpindah agama ke Yudaisme, seperti suku Beta Israel dan Lemba.

Karakteristik Benua Australia Yang Wajib Kamu Ketahui!

Flora dan Fauna Benua Afrika Luasnya permukaan benua Afrika menjadikan floranya beragam. Meski memiliki wilayah gurun yang gersang, Afrika juga memiliki ruang hijau (

Beberapa wilayah di Afrika juga menampilkan ciri-ciri flora berupa padang rumput yang luas. Kawasan ini sering kali ditumbuhi rerumputan berumur pendek dan pepohonan yang tumbuh secara sporadis.

Sedangkan ciri-ciri fauna benua Afrika termasuk dalam kelompok fauna Etiopia yang tersebar di benua Afrika, Madagaskar, dan Arab Selatan.

Fauna yang ada di benua Afrika secara umum sama dengan yang ada di benua Asia. Contoh satwa liar yang berasal dari benua Afrika antara lain gajah, harimau, singa, jerapah dan lain-lain.

Karakteristik Benua Eropa

Kondisi alam benua Afrika yang banyak memiliki padang rumput sangat mendukung bagi kehidupan dan reproduksi berbagai hewan, termasuk mamalia (mamalia). Letak Geografis Benua Afrika – Afrika merupakan benua terbesar kedua di dunia. Benua Afrika mempunyai luas 30,365 juta kilometer persegi, kurang lebih 8.000 kilometer dari utara ke selatan dan 7.400 kilometer dari timur ke barat.

Benua Afrika terletak pada 37°LU – 34°LS dan 17°BB – 51°BT. Secara geografis, benua Afrika terletak di antara Samudera Atlantik dan Samudera Hindia. Benua Afrika juga terletak di sebelah selatan benua Eropa.

Baca Juga  Bagaimana Cara Kita Menilai Bahwa Teks Itu Utuh

Titik paling utara benua Afrika adalah Al-Ghiran, Tunisia, dan titik paling selatan adalah Tanjung Agulhas, Afrika Selatan. Titik paling timur berada di Xaafuun (Hafun) Point, dekat wilayah Cape Gwardafuy di Somalia. Dan titik paling barat adalah Almadi Point, di Cape Verde, Senegal.

Benua Afrika mempunyai luas tidak kurang dari 30,365 juta kilometer persegi, menjadikannya benua terbesar di dunia setelah Asia. Benua Afrika terbentang sepanjang 8.000 km dari utara ke selatan dan 7.400 km dari timur ke barat.

Benua Amerika Memiliki Sejumlah Wilayah Atau Region Setiap Wilayah Memiliki Karakteristik Budaya Tersendiri

Titik paling utara benua Afrika adalah Al-Ghiran, Tunisia, sedangkan titik paling selatan adalah Tanjung Agulhas, Afrika Selatan. Selain itu, titik paling timur berada di Xaafuun (Hafun) Point, dekat kawasan Cape Gwardafuy (Guardafui), Somalia. Sedangkan titik paling barat adalah Almadi Point, Cape Verde, Senegal.

Dahulu, pada masa imperialisme Eropa, benua Afrika dijuluki Benua Hitam. Julukan ini diberikan bukan hanya karena warna kulit penghuninya saja, namun juga karena benua Afrika yang dinilai masih sangat misterius dan menyimpan sejumlah misteri. Pada saat itu, hanya sedikit orang yang menjelajahi benua Afrika dan hanya sedikit orang yang berhasil memetakannya.

Selain itu, benua Afrika juga menyandang predikat “Benua Ibu”. Kutipan dari National Geographic: Benua Afrika merupakan benua dengan penduduk tertua di planet ini. Manusia dan nenek moyangnya hidup di Afrika lebih dari 5 juta tahun yang lalu.

Sebagaimana dikutip dalam Encyclopedia Britannica, pada zaman dahulu orang-orang Yunani akan menyebut benua ini sebagai benua Libya dan orang-orang Romawi akan menyebutnya sebagai Afrika. Nama-nama tersebut diyakini berasal dari bahasa latin yaitu

Lembar Kerja Asal Usul Agama Yahudi Untuk Kelas 9 Di Quizizz

Berdasarkan letak astronomis benua Afrika, maka benua ini dapat dikelompokkan menjadi 4 wilayah iklim, sebagai berikut:

Wilayah iklim tropis Afrika merupakan wilayah di sekitar garis khatulistiwa yang membagi benua Afrika menjadi dua bagian tengah. Wilayah ini mencakup Guinea-Kongolia dan Madagaskar. Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa, daerah tropis menerima curah hujan sekitar 1.000 hingga 2.000 milimeter per tahun. Oleh karena itu, kawasan ini menjadi rumah bagi banyak tumbuhan dan membentuk hutan hujan tropis serta hutan gugur tropis lembab.

Wilayah Afrika yang beriklim subtropis merupakan wilayah yang jauh dari garis khatulistiwa. Wilayah ini dipenuhi dengan sabana, salah satu yang paling terkenal adalah Serengeti.

Benua Afrika yang luas berarti benua ini memiliki iklim yang beragam. Iklim gurun terdapat di utara, selatan dan barat daya. Dikutip

Letak Geografis Benua Afika Dan Profilnya

Foto peta benua afrika, karakteristik penduduk benua afrika, 10 karakteristik benua asia, sebutkan karakteristik benua asia, sebutkan karakteristik benua eropa, sebutkan karakteristik benua afrika, benua afrika, karakteristik afrika, jelaskan karakteristik penduduk di benua afrika, bendera negara benua afrika, peta benua afrika lengkap, karakteristik benua