Julukan Negara Filipina – Piala AFF pertama kali diadakan di Singapura pada tahun 1996 dengan nama Piala Harimau. Pada edisi keenamnya, turnamen paling bergengsi se-Asia Tenggara ini berlangsung pada tahun 2007 dan berganti nama menjadi Piala AFF setelah Tiger Beer tidak lagi menjadi sponsor utamanya.

Setelah itu pada tahun 2008 hingga sekarang Piala AFF disponsori oleh Suzuki dan namanya menjadi Piala AFF Suzuki. Kini, Piala AFF menjadi tuan rumah edisi ke-13 dan Singapura kembali menjadi tuan rumah. Sebanyak 10 negara ASEAN berpartisipasi dan dibagi menjadi 2 grup.

Julukan Negara Filipina

#aff Suzuki Cup 2020 Grup A – Thailand, Myanmar, Filipina, Singapura & Pemenang QR Grup B – Vietnam, Malaysia, Indonesia, Kamboja & Laos pic.twitter.com/djyLD0IXtP — N12 Score (@N12Score) Undian Resmi 21 September 2021

Soal Pas Tema 1 Online Exercise For

Piala AFF bisa dibilang merupakan turnamen paling bergengsi di Asia Tenggara. Dengan Piala AFF yang diadakan setiap 2 tahun sekali, setiap negara ASEAN bersaing satu sama lain untuk mencari tahu siapa yang terbaik di kawasan.

Seperti negara lain, rival di Piala AFF punya julukan tersendiri. Dibandingkan dengan negara-negara Eropa, julukan timnas negara-negara ASEAN memiliki ciri khas tersendiri, memiliki makna yang jauh lebih dalam.

Thailand dengan julukan Gajah Perang, Filipina dengan julukan Askals, di Indonesia dengan julukan Tim Garuda. Namun, tahukah Anda asal usul julukan tersebut? Di bawah ini, kami memeriksa profil dan asal nama panggilan dari sebelas pesaing awal Piala AFL.

Kita mulai dari pemegang gelar Piala AFL terbanyak yaitu Thailand. Mereka telah memenangkan kompetisi 5 kali. Selain itu, mereka juga finis di posisi kedua sebanyak 3 kali.

Tolong Bantuin Jawabb, Jangan Ngasal :((​

Timnas Thailand dijuluki “Changchuk” atau “Gajah Perang”. Penggunaan gajah sebagai julukan timnas mempunyai makna Thailand yang dalam. Gajah adalah simbol nasional Thailand dan merupakan hewan yang sangat dilindungi.

Namun jauh sebelum itu, gajah digunakan oleh masyarakat Thailand sebagai kendaraan perang dan senjata perang. Dari sinilah julukan Gajah Perang berasal.

Timnas Malaysia juga punya penampilan serupa. Juara Piala AFF 2010 menamakan dirinya Harimau Malaya. Julukan tersebut diambil dari nama hewan nasional Malaysia. Namun ada sumber yang menyatakan bahwa julukan tersebut diberikan oleh Presiden Soekarno.

Baca Juga  Jelaskan Peran Indonesia Sebagai Produsen Distributor Dan Konsumen Di Asean

Pada tahun 1953 atau 10 tahun sebelum Malaysia merdeka, terjadi persaingan persahabatan antara Persija Jakarta dan Malaysia Football Club Singapura. Kebetulan Bung Karno ikut serta dalam turnamen tersebut. Persia memimpin 3-0 di babak pertama. Namun di babak kedua, keunggulan mereka sirna berkat hat-trick Abdullah Mohammed Tan atau Dolla Tan sapaan akrabnya.

Asal Usul Julukan Kontestan Piala Aff

Pemandangan Dola Tan mengagetkan Bung Karno. Gara-garanya, pemain asal Johor itu kemudian dijuluki “Harimau Malaya”. Saat itu julukan ini sangat populer di Semenanjung Malaya. Terlepas dari sumber mana yang benar, nama Harimau Malaya berasal dari nama hewan asli Semenanjung Malaya.

Sedangkan negara tetangganya, Brunei Darussalam, dijuluki “Debuan” yang artinya Dawon. Tidak banyak bukti mengenai asal usul julukan ini. Namun jika dilihat dari warna bendera Brunei dan bentuk jerseynya, Timnas Brunei mengenakan seragam yang warnanya mirip dengan Dawan.

Sayangnya, timnas Brunei Darussalam baru satu kali mengikuti Piala AFL, yaitu pada edisi 1996, setelah itu ditangguhkan oleh FIFA karena terus-menerus absen dan gagal di babak kualifikasi dan baru-baru ini ditarik. Piala AFL 2020.

Timnas Singapura punya cerita berbeda. Julukan juara Piala AFF 4 kali itu adalah The Lions yang artinya Singa. Meski berasal dari nama hewan tersebut, belum ada bukti ilmiah bahwa singa ada di negara tersebut. Namun setelah ditelusuri, julukan tersebut erat kaitannya dengan legenda Singapura.

Uts Kls 8 Ganjil 2019

Menurut legenda, Sang Nila Uttama, seorang pangeran dari kerajaan Sriwijaya, sedang berburu ketika melihat binatang seperti singa yang belum pernah dilihatnya sebelumnya. Menganggapnya sebagai pertanda baik, sang pangeran mendirikan kota tempat dia melihat binatang itu. Legenda Singapura bermula dari sana.

#Cerita Singapura: Tahukah Anda bahwa pulau ini mendapatkan namanya dari kata Sansekerta Singh Pura, yang berarti kota singa? #RajaSrivijayan Sung Nila Uttama menamai kapalnya demikian ketika ia mendarat di pulau itu dan melihat seekor singa yang megah di sana. pic.twitter.com/u8lyQyNvwO – Dr. Vineet Agarwal (@drumbeatsofeden) 26 Maret 2019

Nama Singapura berasal dari kata Sansekerta “simha” yang berarti singa dan “pura” yang berarti kota. Singa kemudian menjadi lambang Singapura dan Asosiasi Sepak Bola Singapura menggunakan singa sebagai logonya.

Singapura bukan satu-satunya negara ASEAN yang menggunakan singa sebagai julukan. Selain Singapura, timnas Myanmar juga menggunakan nama panggilan karnivora ini.

Baca Juga  Apa Tujuan Tradisi Jaring Ered

Soall Ips Yona Ix

Timnas Myanmar dijuluki “Sinde”. Nama ini diambil dari patung singa penjaga yang banyak ditemukan di pintu masuk pagoda dan kuil di Myanmar. Oleh masyarakat Myanmar, “Sinthe” dianggap sebagai simbol suci. Simbol “Sinde” juga digunakan dalam logo Asosiasi Sepak Bola Myanmar.

Seperti banyak pagoda di Laos, Pagoda Shwedagon di Yangon #Myanmar memiliki singa besar di gerbangnya, yang dikenal sebagai Sinthe. Mereka melindungi kuil pic.twitter.com/AGstnr5Mrh — 2backpack (@twobackpack) 8 Februari 2017

Selain julukan tersebut, timnas Myanmar juga mempunyai julukan “Singa Asia”. Julukan tersebut mengacu pada masa keemasan timnas Myanmar pada tahun 1948 hingga 1970. Dalam kurun waktu tersebut, Myanmar lolos ke Olimpiade 1972 dengan finis ketiga di Asian Games 1954, menjuarai Asian Games 1966 dan 1970, serta menjuarai Piala Asia 1968. .

Asal usul julukan tersebut tak kalah uniknya di Kamboja. Timnas mereka dijuluki “Prajurit Angkor”. Tampaknya tidak perlu menjelaskan hal ini secara detail. Julukan tersebut tentu saja diambil dari nama Angkor, ibu kota Kerajaan Khmer di masa lalu.

Lkpd Dugital Tema 1 Worksheet

Angkor adalah bagian yang sangat penting dalam sejarah Kamboja. Di antara reruntuhan kota Angkor terdapat candi paling terkenal di dunia, Angkor Wat. Kini, reruntuhan kota tersebut telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Atas dasar itu, tidak salah jika Angkor diterima sebagai julukan timnas Kamboja.

Vietnam kemudian dijuluki “Prajurit Bintang Emas”. Julukan tersebut tentu saja diambil dari bendera nasional Vietnam yang memiliki lambang bintang lima berwarna emas.

Ini hari libur di Vietnam! 🎉 Naga Emas menjadi juara @affsuzukicup untuk kedua kalinya dalam sejarah setelah menang agregat 3-2 atas Malaysia di final. 🏆🏆 Selamat! pic.twitter.com/0NmE768WT3 — ​​​​FIFA.com (@FIFAcom) 15 Desember 2018

Setelah menjuarai Piala AFF edisi 2008 dan 2018, Vietnam dijuluki sebagai “Naga Emas”. Hal ini bermula ketika Federasi Sepak Bola Vietnam memutuskan untuk merilis logo Naga Emas untuk timnas putra pada tahun 2017. Namun karena reaksi negatif dari media dan penggemar, logo tersebut tidak lagi digunakan.

Sindografis: Mengenal Julukan Negara Negara Para Peserta Piala Aff 2022

Sedangkan tetangganya, Laos, memiliki julukan yang lebih sederhana. Laos yang telah mengikuti 12 edisi Piala AFL sering disebut dengan “Mereka Chad”. Dalam bahasa setempat, “Tim Chat” berarti tim nasional.

Apalagi Timnas Laos punya julukan “Lan Xang”. Usut punya usut, julukan tersebut diambil dari nama Lan Lan Chang yang berarti “sejuta gajah” atau “satu juta gajah”.

Baca Juga  Sebutkan Perbedaan Kondisi Alam Masyarakat Di Indonesia

Timnas Filipina punya cerita berbeda. Awalnya, tim sepak bola mereka diberi julukan “Tri-Stars”, diambil dari tiga bintang di bendera Filipina. Namun julukan tersebut kurang populer dan jarang digunakan hingga akhirnya timnas Filipina kini dikenal dengan sebutan “The Azkals”.

Julukan tersebut dicetuskan oleh suporter Filipina saat timnasnya berlaga di Piala AFF 2010. Diskusi mereka menghasilkan julukan “Azkals”, kata yang mirip dengan “Askal” yang berarti anjing liar dalam bahasa Tagalog.

Julukan Negara Peserta Piala Aff 2022 Beserta Maknanya 0

Hari ini 10 tahun yang lalu, Filipina membuat sejarah di Piala Suzuki AFF 2010 dengan mengalahkan mantan juara Vietnam 2-0. Sejak hari itu, Askal mulai bangkit dari abu. Tim ini membuat saya menyukai permainan yang indah.#AZKALS#PFL#BCFC#AFFsuzukicup#MiracleOfHanoi pic.twitter.com/60W3FSHSQA — iSupportNeilEtheridge – BCFC (@TheUnknown71187) 5 Desember 2020

Pertama, julukan ini menuai banyak pro dan kontra. Namun kini, julukan “Ascals” berarti ketangguhan, keberanian, dan rasa hormat terhadap warisan campuran warga Filipina dan awak kapalnya.

Berikutnya, Timnas Timor Leste punya lebih dari satu julukan. Negara ini baru 3 kali mengikuti Piala AFL dan sering disebut sebagai “Bangsa Samba Kecil”. Julukan ini tidak bisa dimiliki oleh banyak anggota keturunan Brazil.

Timor Leste juga mempunyai nama “Lafak” yang berarti buaya. Jika ditelusuri, julukan ini erat kaitannya dengan legenda terciptanya Pulau Timor. Menurut mitos yang diyakini masyarakat Timor Timur, pulau yang mereka tinggali ini diciptakan oleh seekor buaya tua yang menjadi pulau tersebut untuk membayar hutang kepada seorang anak laki-laki yang pernah membantunya ketika dia sakit. Hmm, sulit dipercaya bukan? Selain itu, timnas Timor Leste terkadang disebut “O Sol Nasente” atau “Matahari Terbit”.

Mengapa Jepang Dijuluki Negeri Matahari Terbit?

Berdasarkan desain jersey dan warna bendera negara, timnas Indonesia mendapat julukan “Merah Putih”. Merah melambangkan keberanian, sedangkan putih melambangkan kesucian. Selain itu, julukan paling umum untuk timnas Indonesia adalah “Karuda”.

Seperti kita ketahui, Garuda Panchasila dengan semboyan Pinneka Tungal Ikka merupakan lambang negara Indonesia. Menurut sejarahnya, burung Garuda merupakan hewan mitos yang menjadi kendaraan Dewa Wisnu. Dalam banyak cerita, Garuda melambangkan kebajikan, pengetahuan, kekuatan, keberanian, kesetiaan dan disiplin. Sedangkan Garuda Panjasila digunakan sebagai lambang negara untuk menggambarkan bangsa Indonesia yang kuat dan hebat.

Setiap bagian dari Garuda Panchaseelam memiliki banyak arti. Paruh, sayap, ekor, dan cakar burung Garuda melambangkan kekuatan dan pertumbuhan. Sedangkan warna emas pada burung Garuda melambangkan keagungan dan kebanggaan. Jumlah bulu melambangkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Terkait sepak bola Indonesia, lambang negara tampak menonjol pada seragamnya

Rangkuman Benua Asia

Julukan negara china, julukan negara laos, julukan negara rusia, julukan untuk negara indonesia, julukan negara hongkong, kebudayaan negara filipina, julukan filipina, julukan negara brunei darussalam, julukan negara australia, gambar bendera negara filipina, julukan negara di asia, julukan negara amerika serikat