Jelaskan Secara Singkat Mengenai Keberagaman Agama Dan Kepercayaan – Ideologi negara Pancasila, sila ke-3, juga mendukung persatuan sebagai cara untuk mencegah kontak sosial dan konflik karena keragaman ini.

Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, bahasa dan budaya. Menurut Badan Pusat Statistik Sensus (2010), Indonesia memiliki lebih dari 300 suku bangsa dan juga 1.340 suku bangsa. Masing-masing identitas kelompok tersebut memiliki budaya khasnya masing-masing yang menggambarkan keberagaman Indonesia

Jelaskan Secara Singkat Mengenai Keberagaman Agama Dan Kepercayaan

Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia merupakan negara terbesar ke-15 di dunia menurut Worldometers. Berbagai suku bangsa tinggal di Nusantara dari Sabang sampai Meruke. Jika keragaman ini tidak ditangani dengan baik, kondisi ini dapat menyebabkan gesekan dan pemisahan.

Bagaimana Agama Dan Kepercayaan Membentuk Gerakan Peduli Lingkungan Hidup Di Indonesia

Sebaliknya, jika keragaman ini tetap terjaga dan harmonis, Indonesia akan memberikan pengaruh positif, saling mengenal dan berguna bagi kemajuan dan pembangunan bangsa. Potensi lainnya dapat menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar dan memiliki kekayaan kekayaan alam dan budaya yang melimpah.

Masyarakat Indonesia yang sangat beragam memberikan dampak positif dan negatif bagi masyarakatnya. Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan bangsa Indonesia yang peduli akan keberagaman. Berbeda, tapi tetap sama.

Selain itu, ideologi negara Pancasila, silabus ke-3, juga mendukung persatuan sebagai cara untuk mencegah kontak sosial dan konflik karena keragaman ini.

Baca Juga  Tuliskan Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Sikap Kapal Terbang

Berikut dampak positif dan negatif keberagaman dalam masyarakat Indonesia sebagaimana disebutkan dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (2018) yang ditulis oleh Asep Sutisna Putra dan Sumartini. Bangsa india merupakan hamparan kepulauan yang luas dengan kepadatan penduduk 4,3,54 persen dari penduduk dunia: Amerika Serikat, India dan Cina.

Kisah Singkat Perjalanan Agama Di Tanah Sunda, Bukan Cuma Ada Satu Agama

Indonesia memiliki total populasi 268.074.600 per 1 Juli 2019, yang tinggal di 17.500 pulau, dari provinsi Aceh hingga Papua. Di setiap wilayah kepulauan yang ada, terdapat 300 suku bangsa atau etnis, total 1.340 suku dengan adat dan budaya yang berbeda. Inilah hakikat keindahan dalam keragaman peradaban dan keyakinan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Apalagi dalam pluralisme ini, Indonesia memiliki enam agama yang diakui negara selain keyakinan agama. Ada Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu, dan Khonghucu. Kompleksitas inilah yang dapat memanifestasikan kesatuan dalam pluralitas. Padahal mereka adalah warga dari 746 bahasa daerah. Belum lagi setiap daerah memiliki ribuan sejarah sub-etnis. Sudah lama sekali, bahkan sebelum proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke seluruh dunia.

Jika dilihat dari segi geografis dan sosial budaya, keindahan persatuan yang telah ada hingga saat ini tidak mungkin dapat dipertahankan. Pertanyaannya adalah bagaimana melestarikan keindahan dalam keragaman. Yang utama adalah melalui kesadaran atau kesadaran akan rasa. Rasa persatuan dan kesamaan dalam cita-cita hidup bangsa.

Keinginan untuk mengakui bangsa Indonesia yang merdeka dari penjajahan, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Cita-cita ini dirumuskan dalam alinea ke-2 Pembukaan UUD 1945.

Contoh Contoh Keberagaman Di Lingkungan Sekolah Yang Perlu Dipahami

Agama yang secara etimologis berarti tidak semrawut, tentu memiliki peran penting dalam menjaga dan menciptakan kemantapan keindahan dalam keragaman itu. Sejarah Indonesia menunjukkan bahwa perjuangan anak bangsa bukan karena perbedaan agama dan suku, tetapi hasil dari egoisme sekelompok kecil orang yang terkadang mencoba memprovokasi warga negara lain.

Baca Juga  Berjalan Diatas Balok Titian Merupakan Latihan Untuk Melatih

Keegoisan ini tentu saja berakar pada sumber daya manusia itu sendiri untuk menafsirkan dan mengambil manfaat dari keragaman yang ada.

Agamalah yang memiliki peran penting dalam perubahan, menyatukan dalam kebaikan menuju keindahan dalam persatuan. Untuk itu, anak bangsa senantiasa diajarkan untuk cerdas, berwawasan luas, sehingga terjalin menjadi ikatan bangsa Indonesia seutuhnya dan bangsa yang berdaulat tanpa perpecahan.

Sebagai warga negara yang bermoral dan beradab, kita dituntut untuk melestarikan keindahan agama dan suku dari berbagai latar belakang sosial budaya, geografis, dan sejarah demi keutuhan bangsa Indonesia. Tentunya didasarkan pada pandangan, ideologi dan falsafah hidup berbangsa dan bernegara.

Faktor Penyebab Keragaman Agama Di Indonesia

Pandangan, ideologi dan falsafah hidup bangsa Indonesia sepenuhnya tercermin dalam sila-sila Pancasila yang menjadi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara. Kesatuan pandangan, ideologi dan falsafah hidup bangsa Indonesia secara jelas tertuang dalam lambang negara yang berbunyi “Bhinneka Tunggal Ika”. Artinya meskipun berbeda suku, agama, bahasa, namun tetap satu, Indonesia. *** Tulis ringkasan berdasarkan isi teks “Keanekaragaman Agama dan Suku di Indonesia”. Ingat… jawab dengan benar, tepat, jelas dan lengkap

Kebhinekaan adalah suatu keadaan masyarakat dimana terdapat berbagai jenis perbedaan. Kebhinekaan sudah menjadi identitas bangsa Indonesia, dan tentunya kita patut berbangga akan hal itu. Hal ini membuat Indonesia semakin populer di dunia. Contoh keanekaragaman yang ada di Indonesia adalah keanekaragaman suku bangsa, bangsa, budaya, adat istiadat dan bahasa yang melatarbelakangi kehidupan setiap orang. Pada dasarnya manusia harus memiliki perbedaan karena manusia adalah makhluk hidup yang kompleks. Misalnya, kita tentu memiliki sifat yang berbeda dengan teman lainnya.

Perbedaan dalam masyarakat Indonesia harus diselesaikan dengan saling menghormati dan bermartabat untuk menghindari perpecahan. Sikap saling menghormati dan menghargai disebut toleransi. Toleransi umumnya adalah sikap menghargai perbedaan orang lain.

Baca Juga  Apa Itu Dispen

Jika kita memperlakukan keragaman yang ada di Indonesia dengan penuh toleransi. Dengan demikian, keberagaman akan berpotensi untuk memperkokoh keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa.

Ppkn Bs Kls_x_rev

B. Di Indonesia, soal baru membuat patung dalam kumpulan banyak bahan disebut teknik, cerita berdasarkan imajinasi disebut Mengapa adikku menangis? Tanda baca yang benar untuk melengkapi kalimat tersebut adalah A. titik dua (:) B. titik (;) C. koma (,…) D. titik (.) apa arti cincin planet dari warna bintang paling keren? Apakah itu

Jelaskan secara singkat teori darwin dan alasan teori ini kontroversial, agama dan kepercayaan, jelaskan mengenai ekspor dan impor, jelaskan secara singkat mengenai magna charta, jelaskan secara singkat sejarah, jelaskan penyebab keberagaman agama di indonesia, jelaskan secara singkat mengenai kolintang, keberagaman agama dan kepercayaan, jelaskan secara singkat mengenai kemasan, jelaskan pandangan agama mengenai ilmu, jelaskan fungsi agama dan kepercayaan, keberagaman agama dan kepercayaan di indonesia