Jelaskan Pengaruh Kondisi Geografis Terhadap Keragaman Masyarakat Di Indonesia – Kunci ini untuk membantu siswa kelas 5. Jawaban ini ada di buku pelajaran topik 1 sub topik 3 pelajaran 3 yaitu kondisi geografis Indonesia. Pada halaman 143-156.

Letak geografis Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan memiliki potensi besar di berbagai bidang seperti sektor ekonomi, sosial, budaya, dan transportasi. Kapasitas tersebut dapat menjadi modal penting dalam pembangunan nasional untuk mencapai kesejahteraan rakyat.

Jelaskan Pengaruh Kondisi Geografis Terhadap Keragaman Masyarakat Di Indonesia

Wilayah kepulauan Indonesia antara satu pulau dengan pulau lain yang terhubung ke laut menciptakan potensi bangsa Indonesia yang beragam. Setiap pulau memiliki ciri khasnya masing-masing, mulai dari kondisi alam dan kondisi sosial budaya. Keanekaragaman dan karakteristik potensi tersebut dapat dilihat dari banyaknya dan beragamnya bentang alam dan hasil alam, keanekaragaman suku bangsa, sehingga menimbulkan perbedaan adat dan budaya, serta keanekaragaman agama, golongan dan kelompok masyarakat. Keberagaman yang muncul dari perbedaan antara satu pulau dengan pulau lainnya bukanlah perpecahan dan kesatuan, melainkan dalam kesatuannya, karena satu dan lainnya dapat saling melengkapi.

Perilaku Yang Sesuai Terhadap Keberagaman Budaya Di Indonesia

Sebagai negara maritim dan kepulauan, kondisi geografis memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat Indonesia. Wilayah maritim Indonesia yang luas diakui secara internasional sebagai negara maritim sebagaimana ditetapkan oleh UNCLOS pada tahun 1982. Artinya, rakyat Indonesia telah diberikan hak untuk memanfaatkan sumber daya laut.

Cakupan wilayahnya sangat besar dan luas, dan tentunya terdapat potensi kekayaan alam hayati dan nonhayati laut yang sangat besar di perairan Indonesia. Sumber daya alam laut tersebut meliputi ikan, terumbu karang bernilai hayati, wisata bahari, sumber energi minyak dan gas bumi, sumber daya mineral, dan transportasi antar pulau. Semua potensi alam ini ada dalam jumlah besar dan tersebar di seluruh Indonesia.

Besarnya peluang ekonomi yang ditimbulkan dari pemanfaatan potensi sumber daya laut yang begitu besar tentunya akan memberikan kontribusi bagi kehidupan ekonomi masyarakat Indonesia. Terakhir, berkontribusi pada kesejahteraan bangsa.

Baca Juga  Nama Lain Dari Bijtrekpas Adalah Langkah

Kelompok masyarakat yang dapat merasakan langsung potensi kekayaan sumber daya laut adalah masyarakat pesisir. Banyak jenis pekerjaan yang dapat dipupuk untuk menunjang kehidupan ekonomi.

A.jelaskan Dampak Letak Geografis Infonesia B.jelaskan Dampak Letak Astronomis Indonesia!pliss Dong

Kelompok masyarakat yang dapat merasakan langsung potensi kekayaan sumber daya laut adalah masyarakat pesisir. Banyak jenis pekerjaan yang dapat dipupuk untuk menunjang kehidupan ekonomi.

Sebagai negara maritim dan kepulauan yang terletak di antara benua Australia dan Asia, Indonesia memberikan dampak bagi kehidupan sosial budaya masyarakatnya. Alasan posisi ini mungkin karena Indonesia adalah jalur perdagangan global. Suka tidak suka, banyak trader dari berbagai negara di dunia mampir ke Indonesia. Pedagang dari berbagai negara tentu saja berbeda. Pedagang singgah di Indonesia dan ada yang membawa tradisi budaya dari tanah airnya. Lambat laun adat-istiadat budaya tersebut menjadi bercampur aduk, bahkan melebur dengan tradisi budaya asli Indonesia.

1. Komunikasi dan interaksi antara WNI dengan WNI dan WNA serta antarpenduduk akan dipermudah. Kemajuan teknologi pelayaran antar pulau dan antar negara mendukung hal tersebut.

4. Perilaku masyarakat berubah karena pengaruh pola perilaku dan masuknya nilai-nilai perilaku dari pulau, daerah dan negara lain.

Jelaskan Pengaruh Karakteristik Geografis Indonesia Sebagai Negara Agraris Terhadap Ekonomi

Ada efek positif, dan tentu saja ada efek negatif. Coba uraikan berbagai pengaruh yang ditimbulkan dari letak dan kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan.

Bersama kelompokmu, buatlah gambar tentang kondisi ekonomi dan sosial masyarakat sebagai akibat dari kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim.

Kumpulkan gambar-gambar yang cocok yang dapat Anda temukan di koran, majalah, buku atau di internet. Berikan deskripsi singkat tentang setiap foto yang Anda kumpulkan. Susunlah foto-foto yang telah Anda kumpulkan menjadi sebuah buku.

Tercatat dalam sejarah kejayaan bangsa laut Indonesia lahir sebelum kemerdekaan. Ini dibuktikan dengan ditemukannya tempat-tempat prasejarah dan sejarah.

Ceritakan Dampak Positif Dan Negatif Kondisi Geografis Indonesia Sebagai Negara Maritim Dan Kepulauan

Penemuan situs prasejarah yang dipenuhi lukisan perahu layar di gua-gua pulau Muna, Seram, dan Arguni menunjukkan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia adalah pelaut. Selain itu, benda-benda sejarah Aborigin yang pernah ditemukan di Australia serupa dengan yang ditemukan di Pulau Jawa. Penemuan ini menunjukkan bahwa nenek moyang keluarga kami berhubungan dengan orang lain dan tentu saja mereka menggunakan kapal layar.

Kerajaan Sriwijaya memiliki angkatan laut yang besar dan kuat. Angkatan laut Sriwijaya mampu mengendalikan jalur perdagangan laut dan memungut cukai untuk penggunaan laut. Pengaruh Sriwijaya meliputi Asia Tenggara. Catatan sejarah membuktikan bahwa ia berkerabat dekat dengan Kerajaan Kampha yang terletak di antara Kamboja dan Laos.

Baca Juga  Lebah Tidak Boleh Dimakan Hal Ini Karena

Kerajaan Mataram kuno di Jawa Tengah mampu membangun candi Borobudur. Candi ini memiliki relief berupa layar dengan tiang yang kuat dan menggunakan layar persegi panjang yang lebar.

Di bawah Raja Kertanegara, kerajaan Singosari juga memiliki armada kapal dagang yang bisa berdagang antar lautan. Bahkan, perkembangan kerajaan Singosari dianggap sebagai ancaman bagi rajanya Hu Bilai Khan dan Kerajaan Cina. Raja Hu Bilai Khan mengirimkan armada perangnya dan mendarat di pulau Jawa.

Letak Geografis Indonesia

Pada masa inilah Raden Wijaya mendirikan Kerajaan Majapahit yang kemudian menjadi kerajaan maritim yang besar. Kerajaan Majapahit memiliki pengaruh dan kekuasaan yang luas di seluruh nusantara. Didukung kekuatan angkatan lautnya dan keterampilan militer Patih Gaja Mada, wilayah kekuasaan Kerajaan Majapahit semakin meluas.

Dengan bukti-bukti sejarah tersebut, tidak diragukan lagi bahwa kejayaan bahari bangsa Indonesia telah ada sejak zaman dulu. Namun dalam pelayarannya, kejayaan bahari ini mulai terpuruk karena Belanda dijajah dengan praktek-praktek bahari kolonial.

Pada masa penjajahan Belanda, orang Indonesia dilarang bekerja di laut, misalnya berdagang dengan siapa pun selain Belanda, meskipun beberapa kerajaan maritim sudah muncul di Nusantara. Budaya maritim Indonesia yang memasuki zaman kegelapan.

Pada masa penjajahan Belanda, semangat maritim bangsa Indonesia juga menurun karena pemerintah kolonial lebih fokus pada sektor pertanian untuk kepentingannya dibandingkan sektor maritim. Pemerintah kolonial memajukan sektor pertanian untuk mencapai kepentingan perdagangan rempah-rempah dengan negara-negara Eropa.

Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Pages 151 200

Bagian 2: Ketika situs prasejarah yang penuh dengan lukisan perahu layar ditemukan di gua-gua pulau Muna, Seram, dan Arguni, jelas bahwa nenek moyang bangsa Indonesia adalah pembunuh.

Bagian 5: Di bawah kepemimpinan Raja Kertanegara, Kerajaan Singosari memiliki armada kapal dagang yang mampu melakukan perdagangan antar laut.

Bagian 7: Bukti sejarah yang tak terelakkan bahwa kejayaan bahari bangsa Indonesia sudah ada sejak zaman dulu.

Bagian 8: Pada masa penjajahan Belanda, rakyat Indonesia dilarang berurusan dengan laut, misalnya dilarang berdagang dengan siapa pun selain Belanda, meskipun beberapa kerajaan maritim sudah muncul di Nusantara.

Kunci Jawaban Kelas 5 Sd Hal 143 156

Untuk menambah kesan bahwa sila-sila dalam Pancasila merupakan satu kesatuan yang utuh, dan bahwa sila-sila yang satu melalui dan menjiwai sila-sila lainnya, perhatikan contoh-contoh perilaku yang menunjukkan apa yang diinginkan oleh sila-sila berikut ini. Suatu pola perilaku dapat mencerminkan satu, dua atau lebih sila.

Pancasila adalah pedoman hidup masyarakat Indonesia, sehingga perilaku dan sikap masyarakat harus mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila.

Salah satu contoh pengambilan keputusan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah dengan melaksanakan musyawarah untuk mufakat. Konsensus adalah kebulatan pendapat atau suara peserta rapat. Jadi apa yang terjadi jika tidak ada konsensus atau kesepakatan atau suara? Jika demikian, akan dilakukan pemungutan suara atau pemungutan suara dan merupakan keputusan bersama untuk menentukan jumlah suara terbanyak. Contoh proses pemungutan suara adalah pemilihan umum, antara presiden dengan DPR dan DPD, serta pemilihan kepala daerah atau Pilkada.

Baca Juga  Terhindar Dari Utang Adalah Salah Satu Hikmah Dari Hidup

Sekarang buat laporan pengambilan keputusan berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Laporan yang Anda buat bisa berdasarkan pengalaman individu atau kelompok.

Bagaimanakah Pengaruh Letak Geografis Indonesia Terhadap Kehidupan Budaya Masyarakat? Contoh Jawaban Kelas 5

Mempelajari letak geografis dan kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim, kita semakin bangga dan bersyukur menjadi warga negara Indonesia. Namun perlu diingat bahwa dalam kondisi tersebut banyak terjadi penyerapan, pertukaran, integrasi, percampuran dan asimilasi nilai dan budaya dari daerah atau negara lain. Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai dalam memilih dan memilah nilai-nilai dan budaya dari daerah atau negara lain.

Tanyakan orang tua Anda tentang perilaku orang-orang di lingkungan Anda. Adakah perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila pancasila.

Topik Terkait: Berita, Kunci Jawaban, Kunci Jawaban Halaman 143-156, Kunci Jawaban Pratama 5, Kunci Jawaban Pratama 5 Topik 1, Kunci Jawaban Topik 1, Tema Kunci Jawaban Geografi Budaya Fitur budaya dunia ditemukan dan bagaimana mereka menjadi terkait dengan ruang, tempat mereka berasal dan kemudian bepergian dan orang-orang bermigrasi.

Budaya atau budaya adalah totalitas gagasan dan hal-hal yang diciptakan atau diciptakan oleh manusia dalam perkembangan sejarahnya. Ruth Benedict melihat budaya sebagai cara berpikir dan bertindak yang tercermin dalam kehidupan sekelompok orang dan yang membedakannya dari kelompok lain.

Bahan Ajar Kebudayaan Pages 1 9

Afirmasi adalah konsep geografis yang menyatakan bahwa seluruh hidup seseorang dipengaruhi oleh dan bergantung pada lingkungan sekitarnya. Konsep ini menunjukkan bahwa alam membentuk kebudayaan manusia.

Kemungkinan adalah pandangan bahwa manusia mampu mengubah alam di sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan manusia. Di sini orang tidak hanya dilihat sebagai aktor pasif yang menerima nasibnya, tetapi bisa mengubah nasibnya sendiri. Pemahaman ini menunjukkan bahwa manusia mempengaruhi alam untuk membentuk kebudayaan

Kondisi geografis adalah kondisi alam yang terjadi di suatu wilayah tertentu di Bumi. Kondisi geografis di Bumi dapat dipelajari dalam geografi.

KLIK LINK DIBAWAH UNTUK TOPIK LKPD PENGARUH FAKTOR GEOGRAFIS TERHADAP KEANEKARAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA! LKPD KELAS 11 TOPIK PENGARUH FAKTOR GEOGRAFIS TERHADAP KEANEKARAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA

Rpp Kd 3.6 Budaya Nasional

Kami menggunakan cookie di situs web kami untuk mengingat preferensi Anda dan kunjungan berulang serta memberi Anda pengalaman terbaik. Dengan mengklik tombol “Terima”,

Pengaruh letak geografis indonesia terhadap ekonomi, jelaskan pengaruh faktor letak terhadap kondisi indonesia secara umum, pengaruh iklan terhadap masyarakat, jelaskan keragaman kondisi fisiografis atau bentuk muka bumi di indonesia, pengaruh letak geografis indonesia terhadap kondisi alam dan penduduk, pengaruh letak geografis terhadap indonesia, jelaskan pengaruh letak geografis, jelaskan pengaruh letak geografis indonesia, pengaruh masyarakat terhadap perkembangan sosial, pengaruh media sosial terhadap masyarakat, jelaskan pengaruh letak geografis terhadap kebudayaan yang ada di indonesia, pengaruh letak geografis terhadap sosial budaya