Jelaskan Keberagaman Indonesia Yang Dipengaruhi Oleh Perkembangan Informasi – , Jakarta Sebutkan keberagaman yang ada di Indonesia! Indonesia merupakan negara multikultural yang kaya akan keberagaman budaya, bahasa, suku, dan agama. Oleh karena itu, Indonesia mempunyai berbagai macam keanekaragaman yang memiliki keunikan tersendiri. Sejak zaman prasejarah, Indonesia telah menjadi pusat perdagangan dan pertukaran budaya di Asia Tenggara, yang menyebabkan terciptanya beragam budaya di seluruh nusantara.

Sebutkan keberagaman yang ada di indonesia! Keanekaragaman yang terdapat di Indonesia juga dipengaruhi oleh kondisi geografisnya. Wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Oleh karena itu, kondisi geografis tiap daerah berbeda-beda.

Jelaskan Keberagaman Indonesia Yang Dipengaruhi Oleh Perkembangan Informasi

Jika ditanya, ada banyak cara untuk menyebut keberagaman yang ada di Indonesia. Keberagaman budaya Indonesia tercermin dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, seperti seni tari, musik, seni ukir, dan batik. Indonesia juga mempunyai beragam jenis makanan dan kuliner dari seluruh daerah nusantara, seperti nasi goreng, rendang, sate, gado-gado dan masih banyak lagi. Berikut bentuk-bentuk keberagaman yang terdapat di Indonesia, dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (5/3/2023).

Sebutkan Keragaman Yang Ada Di Indonesia, Dari Suku Hingga Agama

Tempe Mendoan resmi diakui sebagai Situs Warisan Budaya Takbenda (WBTB). Penetapan ini mengacu pada hasil Sidang Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia Tahun 2021 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sebutkan keberagaman yang ada di indonesia! Menurut yang dilansir laman INDONESIA.GO.ID, di Indonesia terdapat lebih dari 300 suku atau suku bangsa, lebih tepatnya terdapat 1.340 suku bangsa di tanah air menurut sensus BPS tahun 2010.

Suku Jawa adalah kelompok terbesar di Indonesia, mencakup 41% dari total populasi. Sedangkan Kalimantan dan Papua berpenduduk kecil, hanya ratusan jiwa. Pembagian suku bangsa di Indonesia tidak bersifat mutlak dan tegas, melainkan akibat perpindahan penduduk, percampuran budaya, dan saling pengaruh.

Pada tahun 1991 hingga 2017, dilakukan penelitian oleh Badan Pembinaan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk memetakan bahasa daerah di Indonesia. Tujuannya untuk mengetahui sebaran dan pemetaan bahasa daerah. ​Berdasarkan wilayah (pulau) dan juga berdasarkan akumulasi di masing-masing provinsi.

Pengaruh Perubahan & Interaksi Ruang Antar Negara Di Banyak Bidang

Berdasarkan laporan penelitian yang dilakukan pada tahun 2017, terdapat 652 bahasa daerah yang teridentifikasi di Indonesia. Jumlah ini belum termasuk dialek dan subdialek. Berbicara mengenai sebaran kumulatif bahasa daerah menurut provinsi, terdapat 733 bahasa daerah. Namun pemetaan kebahasaan berdasarkan sebaran kumulatif bahasa daerah per provinsi belum dapat mengidentifikasi seluruh daerah.

Baca Juga  Nama Resmi Malaysia

Sebutkan keberagaman yang ada di indonesia! Agama yang diakui di Indonesia ada 6 yaitu Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Mayoritas penduduk Indonesia menganut agama Islam, yaitu sekitar 86,7% penduduk atau sekitar 231 juta jiwa. Namun agama tertua di Indonesia sebenarnya adalah agama Hindu yang memiliki sejarah paling panjang. Bali merupakan wilayah di Indonesia yang menjadi tempat tinggal jumlah pemeluk agama Hindu terbesar di Indonesia.

Agama Buddha merupakan agama tertua kedua setelah agama Hindu yang hadir pada abad ke-5 Masehi. Bukti masuknya agama Buddha ke Indonesia dapat dilihat dari banyaknya peninggalan prasasti. Agama Buddha pertama kali dibawa ke Tiongkok oleh pengelana Fa Hsien. Kemudian pada abad ke-7 kerajaan Budha di Indonesia yaitu Kerajaan Sriwijaya mulai berkembang dan menjadi pusat perkembangan agama Budha di Asia Tenggara.

Hingga saat ini, penganut agama Budha di Indonesia berjumlah 0,7% atau sekitar 1,7 juta orang. Jumlah tersebut menjadikan agama Buddha sebagai agama terbesar kelima di Indonesia.

Keragaman Bentuk Muka Bumi Di Indonesia, Beserta Aktivitas Penduduknya

Kristen Protestan merupakan agama terbesar kedua dengan persentase 6,9% atau sekitar 16,5 juta jiwa. Kedatangan misionaris Eropa di berbagai daerah di Indonesia menyebabkan berkembangnya agama Kristen di tanah air. Beberapa wilayah penyebaran agama Kristen antara lain wilayah barat Papua, sebagian kepulauan Sunda, Kepulauan Maluku, Tanah Batak, Tanah Karo, Nusa Tenggara Timur, dll.

Agama Katolik menempati urutan ketiga sebagai agama dengan jumlah pengikut terbanyak di Indonesia. Kedatangan bangsa Portugis di Indonesia dengan misi mengeksplorasi rempah-rempah menyebabkan lahirnya agama Kristen Katolik di Kepulauan Maluku. Hal ini menjadikan masyarakat Maluku sebagai pemeluk agama Katolik pertama di Indonesia.

Konfusianisme atau ajaran Konghucu pertama kali muncul pada abad ke-17. Hal ini ditandai dengan adanya bangunan-bangunan kuno di Pontianak yang sering digunakan sebagai tempat peribadatan para penganut agama Konghucu. Konghucu merupakan agama terbesar keenam di Indonesia dengan jumlah pengikut 0,05% atau sekitar 0,1 juta jiwa. Buku Si Shu dan buku Wu Jing adalah dua buku utama yang digunakan oleh penganut Konghucu.

Sebutkan keberagaman yang ada di indonesia! Seperti disebutkan di atas, Indonesia adalah negara multikultural dengan beragam budaya. Jadi setiap kebudayaan menghasilkan bentuk kebudayaan yang berbeda-beda. Bentuk kebudayaan dapat berupa seni, sistem pengetahuan, sistem sosial, sistem penghidupan, dan lain-lain.

Peran Gen Z Dalam Politik Pemilu Indonesia 2024: Suara Muda Melalui Media Sosial Menjadi Keuntungan Atau Bumerang Untuk Mewujudkan Pemilu Yang Sehat

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terbentang dari Sabang di barat hingga Merauke di timur, dengan luas wilayah kurang lebih 1,9 juta km persegi. Kondisi geografis Indonesia sangat beragam, meliputi pegunungan, hutan tropis, laut, dan pulau-pulau kecil. Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau, dimana 6 pulau terbesarnya adalah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Baca Juga  Mengapa Allah Itu Indah Nama-namanya

Keberagaman kondisi geografis Indonesia mempengaruhi keanekaragaman hayati dan budaya negara tersebut. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara di dunia dengan kekayaan alam dan budaya yang sangat beragam. Namun kekayaan tersebut juga menimbulkan tantangan dalam hal pembangunan dan pembangunan di setiap daerah, sehingga diperlukan upaya yang lebih besar dan berkelanjutan untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki setiap daerah di Indonesia.

*Fakta atau Hoax? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang disebarkan, kami mengajak Anda untuk melakukan WhatsApp Fact Check di 0811 9787 670 dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan.

Tradisi Malam Tahun Baru Keluarga Kaisar Jepang Batal karena Peringatan Tsunami Akibat Gempa Ishikawa, 6 Warga Dilaporkan Meninggal

Pengaruh Lokasi Indonesia: Ekonomi, Transportasi Dan Komunikasi

Jakarta Young Mudi Night Global City merayakan Tahun Baru dengan 11 panggung hiburan dan atraksi Jakarta Kirana Light

Top Islami 3: Geger Geden 2023 Gus Ikdam Dibungkam Petugas Imigrasi, Tahun Baru 2024 ST Wing Nayel, Jakarta – Keberagaman merupakan suatu keadaan dalam masyarakat dimana terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Indonesia merupakan negara kepulauan yang penuh dengan keberagaman dan perbedaan.

Perbedaan tersebut meliputi suku, ras, agama, dan antargolongan. Perbedaan dalam masyarakat merupakan keberagaman Indonesia yang terangkum dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga: 3 Pemain Terbaik Eropa Diantara Kompetitor Grup A, B, C Piala Asia 2023: Striker Termasuk Dalam Incaran Inter

Contoh Soal Dan Pembahasan Tantang Keragaman Budaya Indonesia

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika tertulis pada lambang negara Indonesia yaitu Garuda Pancasila. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika mempunyai arti yang berbeda-beda, namun sama.

Oleh karena itu, walaupun berbeda, namun pada hakikatnya bangsa Indonesia adalah satu kesatuan. Semboyan ini menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang mempunyai perbedaan suku, budaya, bahasa daerah, agama dan kepercayaan, ras dan golongan.

Keberagaman masyarakat Indonesia membawa dampak positif dan negatif bagi individu, masyarakat, bangsa dan negara. Dampak positif dari keberagaman dapat memberikan manfaat bagi pembangunan dan kemajuan.

Keberagaman di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor. Sangat penting untuk memahami faktor-faktor yang menciptakan keberagaman dalam masyarakat Indonesia karena orang-orang yang berbeda latar belakang selalu hidup bersama.

Pkn 7 Bab 4 Keberagaman

Indonesia adalah negara kesatuan yang terdiri dari ribuan pulau. Luasnya daratan Indonesia mempengaruhi banyaknya keberagaman yang ada di negara ini, sehingga menimbulkan sumber keberagaman seperti suku, budaya, ras, dan golongan.

Iklim dan kondisi alam berbeda-beda antar wilayah di Indonesia. Perbedaan musim hujan dan kemarau antar wilayah serta perbedaan kondisi alam seperti pantai dan pegunungan menimbulkan perbedaan dalam masyarakat.

Keberagaman juga bisa berasal dari pengaruh budaya asing yang mempunyai karakteristik berbeda. Biasanya melalui komunikasi atau tiba di Indonesia. Hal ini menyebabkan terjadinya akulturasi atau percampuran unsur budaya asing dengan budaya Indonesia.

Agama adalah suatu sistem kepercayaan terhadap Tuhan. Kebebasan beragama dijamin oleh UUD 1945. Agama yang diakui secara hukum di Indonesia adalah Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Konghucu.

Baca Juga  Tujuan Sosialisasi Politik Adalah

Faktor Penyebab Keberagaman Suku Bangsa Dan Budaya Indonesia

Beragamnya agama yang ada di masyarakat membuktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragama. Semua agama meyakini keberadaan dan kekuasaan Tuhan, namun keyakinan dan praktik ibadah berbeda antar agama.

UU No. 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis menyebutkan bahwa ras adalah suatu kelompok bangsa berdasarkan ciri fisik dan keturunan. Setiap manusia mempunyai ciri-ciri fisik yang berbeda-beda seperti warna kulit, warna dan bentuk rambut, bentuk wajah, bentuk tubuh, ukuran tubuh, bentuk dan warna mata serta ciri-ciri fisik lainnya.

Keadaan masyarakat Indonesia yang beragam etnis terkadang dapat menimbulkan konflik. Konflik tersebut tidak hanya merugikan kelompok masyarakat, namun juga bangsa Indonesia secara keseluruhan.

Oleh karena itu, setiap warga negara Indonesia diminta untuk menjaga semangat persaudaraan, kekeluargaan, dan persahabatan agar perdamaian dapat terwujud.

Materi Dan Latihan Soal Kelas 7

Sejarah merupakan salah satu faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia. Setiap daerah bisa mempunyai jalur sejarahnya masing-masing. Misalnya, daerah yang mempunyai sejarah sejarah kerajaan Islam akan mempunyai ciri budaya tertentu yang berkaitan dengan sejarah tersebut.

Faktor terakhir yang menyebabkan keberagaman masyarakat Indonesia adalah sikap masyarakat terhadap perubahan yang terjadi saat ini. Sikap masyarakat sangat mempengaruhi terciptanya budaya dan keberagaman.

Ada masyarakat yang bisa menerima masuknya budaya baru, ada juga masyarakat yang mengecualikan kemungkinan masuknya budaya baru. Perbedaan tersebut menciptakan keragaman budaya dan pemikiran di Indonesia.

Bali United Hadapi Raksasa K-League 1 di Turnamen di Vietnam, Sanggup Sejajarkan Borneo FC di Puncak?

Jelaskan Implikasi Teori Belajar Kognitif Dan Sosial Emosional Dalam Keberhasilan Anak Didik Dalam Belajar

Menilik Nasib 4 Klub Jatim di BRI Liga 1 Musim Ini: Butuh Tenaga Besar untuk Bersaing di Suhu Kompetisi yang Tinggi

Hasil PLN Mobile Proliga 2023 Hari Ini: Firma Fastron Pertamina Jakarta Puncak, Tuan Rumah BJB Tandamata Libas Bandung

Video: Jakarta BNI 46 akhiri putaran pertama PLN Mobile Proliga 2023 dengan kemenangan atas Bank Palembang Samsel Bebel

Foto: Gol solo Christian Pulisic ke gawang Sassuolo membantu Milan memantapkan posisinya di peringkat ketiga pada akhir tahun 2023.

Faktor Penyebab Keberagaman Di Indonesia

FOTO: Berikut 3 pemain Wolverhampton paling produktif yang mencetak lebih dari 10 gol sekaligus

Apakah resolusi monitor dipengaruhi oleh kartu vga jelaskan, jelaskan penyebab keberagaman di indonesia, apa yang dipengaruhi oleh masa lalu, keberagaman budaya yang dimiliki oleh bangsa indonesia menjadi, musim di indonesia dipengaruhi oleh adanya, gejala psikis yang dipengaruhi oleh morfin, jelaskan keberagaman budaya yang ada di indonesia, keberhasilan usaha yang dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain yaitu, kalori yang dibutuhkan oleh tubuh sangat dipengaruhi oleh jenis aktivitas, jelaskan perkembangan bahasa indonesia, tingginya curah hujan di indonesia dipengaruhi oleh, jelaskan keberagaman yang terdapat di negara indonesia