Jelaskan Implementasi Wawasan Nusantara Dalam Bidang Ipoleksosbudhankam Bagi Bangsa Indonesia – Apa itu Wawasan Nusantara? – Perspektif Nusantara adalah pendekatan terhadap bangsa dengan tujuan menjaga persatuan dan kesatuan dengan mengutamakan kepentingan nasional di atas kepentingan individu, kelompok atau golongan.

Wawasan Nusantara sendiri digunakan sebagai pedoman, inspirasi, dorongan dan isyarat untuk menentukan kebijakan, keputusan, tindakan bagi seluruh rakyat Indonesia dalam penyelenggaraan negara di pusat dan daerah serta dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Lihat penjelasan lebih lengkap tentang pengetahuan Nusantara di bawah ini:

Jelaskan Implementasi Wawasan Nusantara Dalam Bidang Ipoleksosbudhankam Bagi Bangsa Indonesia

Arti etimologis pandangan nusantara berasal dari bahasa jawa wawas yang berarti pemandangan, nusa berarti pulau yang satuan dan di antaranya terdapat dua samudra.

Pengertian Wawasan Nusantara, Tujuan, Asas, Hakikat & Contoh

Jadi pengertian umum tentang pandangan kepulauan adalah suatu pemikiran atau cara pandang terhadap kesatuan pulau-pulau yang terletak di antara (Asia dan Australia) dan dua samudra (Hindia dan Pasifik).

Berdasarkan TAP MPR Tahun 1993 dan 1998 tentang GBHN, wawasan nusantara adalah cara pandang dan pendekatan bangsa Indonesia, dalam kaitannya dengan identitas dan lingkungan yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, serta keutuhan wilayah untuk mencapai cita-cita nasional. sasaran.

“Perspektif Nusantara adalah visi dan cara pandang bangsa dalam kaitannya dengan diri dan lingkungannya yang bernilai majemuk dan strategis, yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dan daerah untuk menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. dengan tujuan untuk mencapai tujuan nasional.” Wawasan Nusantara memiliki dua tujuan utama, antara lain:

Pengetahuan eksternal nusantara ditujukan untuk menjamin kepentingan nasional di era globalisasi yang semakin global maupun domestik. Kemudian ikut serta dalam penyelenggaraan tatanan dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, keadilan sosial dengan saling menghormati.

Pdf) Pentingnya Pemahaman Wawasan Nusantara Bagi Mahasiswa Dalam Meningkatkan Eksistensi Negara

Bangsa Indonesia harus senantiasa mempertahankan dan melindungi kepentingan nasionalnya dalam kehidupan internasionalnya dalam segala aspek politik, ekonomi, sosial budaya, serta keamanan dan keselamatan guna mencapai tujuan nasional yang diuraikan dalam Undang-Undang Dasar 1945.

Baca Juga  Presentase Intensitas Latihan Untuk Mendapat Kebugaran Paru Dan Jantung Adalah

Tujuan dari pengetahuan internal nusantara adalah untuk menjamin persatuan dan kesatuan dalam semua aspek kehidupan nasional, baik alam maupun sosial.

Masyarakat Indonesia hendaknya meningkatkan kepekaan dan berusaha menghentikan faktor-faktor yang menyebabkan disintegrasi bangsa secepat mungkin, serta terus berusaha menjaga persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

Munculnya konsep dan gagasan pengetahuan nusantara disebabkan oleh letak geografis, geopolitik, geografis, sejarah dan hukum formal. Berikut beberapa definisi dan makna pengetahuan nusantara dari berbagai sudut pandang para ahli:

Implementasi Wawasan Nusantara Dalam Berbagai Bidang

Menurut Prof. Wan Usman, Wawasan Nusantara adalah cara pandang masyarakat Indonesia yang melihat diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dalam berbagai aspek kehidupan.

Menurut Munadjat Danusaputro, perspektif nusantara adalah pandangan tentang diri dan lingkungannya berdasarkan teori nusantara tentang keterkaitan keberadaan manusia Indonesia dan penerapannya pada lingkungan.

Prinsip kepulauan sendiri merupakan ketentuan mendasar yang harus diperhatikan, diikuti dan dipertahankan agar kepentingan nasional dapat tercapai.

Pandangan bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya juga harus sesuai dengan cita-cita kebangsaan Pancasila, sebagai cita-cita bangsa terhadap lingkungan hidup yang merdeka dan berdaulat yang menggugah hati nurani di tengah rasa hormat. Untuk mencapai tujuan perjuangan nasional.

Implementasi Wawasan Nusantara Di Era Gl

Menurut Sumarsono, Wawasan Nusantara adalah nilai yang menjiwai seluruh peraturan perundang-undangan di seluruh wilayah tanah air, guna menggambarkan pendekatan dan perilaku, pemahaman dan rasa nasionalisme atau hipernasionalisme dan merupakan jati diri atau jati diri. Bangsa Indonesia.

Menurut Samsul, Wawasan Nusantara adalah cara memahami cara hidup, cara berjalan, cara bertindak, cara berpikir dan bersikap bagi bangsa Indonesia sebagai hasil interaksi psikologis, sosial budaya dalam arti luas dengan delapan aspek .

Menurut M. Panggabean, Wawasan Nusantara adalah teori politik bangsa Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 untuk mempertahankan eksistensi negara kesatuan, dengan mempertimbangkan pengaruh ekonomi, geografi, demografi. , teknologi dan peluang strategis lainnya.

Perspektif kepulauan sebagai geopolitik Indonesia, dan nilai-nilai yang terkandung dalam pengetahuan nusantara terintegrasi secara internal dalam lima aspek: kesatuan wilayah, kesatuan nasional, kesatuan ekonomi, kesatuan budaya dan kesatuan pertahanan.

Jelaskan Implementasi Wawasan Nusantara Dalam Kehidupan Sosial Budaya

Sedangkan dari luar, nilai integrasi diarahkan pada terwujudnya tatanan dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Menurut Sabarti Karunia, visi nusantara merupakan wujud cita-cita bangsa Indonesia terhadap dirinya dan lingkungannya Pancasila dan UUD 1945 sebagai bangsa yang merdeka, berdaulat dan bermartabat yang menjiwai kebijakan untuk tercapai. Tujuan Nasional.

Menurut Srijanti, Kailan dan Achmad Zubaidi, wawasan nusantara adalah cara pandang berbangsa berdasarkan Panchashila dan UUD 1945 serta menjiwai kehidupan bernegara berdasarkan itu. Tujuan dan cita-cita nasional.

Baca Juga  Orang Yang Tepat Dipilih Menjadi Imam Salat Adalah

Tujuan Wawasan Nusantara adalah mewujudkan nasionalisme yang tinggi dalam segala aspek kehidupan masyarakat yang mengutamakan kepentingan nasional di atas kepentingan individu, kelompok, golongan, etnis atau daerah. Nusantara memposisikan dirinya dalam hierarki paradigma sosial, mulai dari:

Contoh Keberhasilan Pelaksanaan Asas Wawasan Nusantara!

Perwujudan nasionalisme yang tinggi tidaklah mudah dalam arus globalisasi yang didominasi oleh liberalisasi dan pasar bebas. M. Buku Nasionalisme dan Ketahanan Budaya Indonesia: Sebuah Tantangan karya Ajjam Manan mencoba mencari jalan keluar dari persoalan ini.

Bila merujuk pada konsep Wawasan Nusantara, sebenarnya fungsi utama Wawasan Nusantara adalah sebagai pedoman, petunjuk, acuan bagi bangsa Indonesia untuk bernegara. Fungsi Nusantara Insight sendiri dibagi lagi menjadi 4 kategori, yaitu:

Prinsip Wawasan Nusantara merupakan aturan atau ketentuan dasar yang harus diikuti, dilaksanakan dan dipelihara oleh seluruh elemen masyarakat guna terciptanya perdamaian dan keseimbangan di Indonesia. Secara umum ada 6 prinsip pengetahuan tentang nusantara yang perlu anda pahami, diantaranya:

Kohesi adalah perasaan emosional dan moral dalam hubungan antara individu atau kelompok berdasarkan rasa saling percaya, tujuan dan cita-cita bersama, persatuan dan rasa tanggung jawab.

Apa Saja Aspek Trigatra Dan Pancagatra Dalam Wawasan Nusantara?

Persatuan adalah bentuk kepedulian terhadap sesama. Sikap persatuan harus dimiliki oleh seluruh rakyat Indonesia, tanpa memandang siapa dan apa adanya.

Loyalitas merupakan pilar utama yang membangun persatuan dan kesatuan negara. Kesetiaan atau rasa solidaritas antar sahabat dapat menjadi kekuatan tersendiri dalam pencapaian tujuan dan cita-cita bangsa.

Kejujuran dalam berpikir dan bertindak merupakan prinsip yang sangat penting dalam pengetahuan Nusantara. Seseorang harus berani berpikir dan bertindak sesuai fakta dan kenyataan, untuk mencapai kemajuan.

Tujuan dan minat yang sama. Misalnya pada masa kemerdekaan ketika seluruh rakyat Indonesia berjuang bersama-sama mengusir penjajah.

Contoh Implementasi Wawasan Nusantara Dalam Kehidupan Pertahanan Keamanan

Semua elemen masyarakat mempunyai hak yang sama untuk mencapai keadilan dan mencapai tujuan dan cita-cita bangsa, tidak boleh merugikan pihak tertentu atau mengutamakan kepentingan golongan atau kelompoknya sendiri. Ini berlaku untuk semua aspek kehidupan nasional, termasuk keadilan hukum, ekonomi, politik dan sosial.

Kesadaran akan tujuan dan kepentingan bersama akan menciptakan kerjasama antar elemen masyarakat. Kerja sama dan koordinasi tersebut dapat dilakukan atas dasar kesetaraan untuk menciptakan efektivitas dalam mencapai tujuan bersama.

Karena kekompakan dan gotong royong akan membuat pekerjaan semakin mudah dan ringan, termasuk mengatasi tantangan dalam implementasi Wawasan Nusantara.

Penerapan pengetahuan nusantara secara nyata dapat dilakukan melalui cara berpikir, bertindak dan berbicara. Contoh penerapan pengetahuan nusantara dimulai dengan menjadikan Panchasila sebagai visi dan pedoman hidup berbangsa dan bermasyarakat.

Pembahasan Soal Pkn Kelas 10 Halaman 228, Implementasi Wawasan Nusantara Dalam Ipoleksosbudhankam

Hal itu dapat dilakukan dengan tindakan nyata sehari-hari atau perbuatan yang mencerminkan nilai-nilai agama, kekeluargaan, dan menjaga persatuan menurut Pancasila. Sikap cinta tanah air diwujudkan dalam sikap yang lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan individu, golongan dan agama. Pencapaian pembangunan bangsa dengan tindakan dan prestasi yang nyata. Berikut tantangan yang dihadapi dalam penerapan ilmu arkeologi dan implementasinya di era ini:

Baca Juga  Jelaskan Hubungan Antara Modernisasi Dengan Perkembangan Teknologi

Implementasi pengetahuan nusantara di bidang pertahanan dilakukan dengan membentuk sikap dan disiplin diri untuk melindungi tanah air, dan dengan melaporkan segala sesuatu yang mengganggu keamanan kepada pihak yang berwenang, memupuk rasa persatuan dan solidaritas di satu atau kedua daerah. bidang yang berbeda. Terakhir, membangun sarana dan prasarana kegiatan atau kegiatan mengamankan wilayah Indonesia.

Implementasinya dalam implementasi kehidupan politik Indonesia. Ada juga undang-undang, misalnya undang-undang partai politik dan undang-undang pemilu. Implementasi pengetahuan nusantara dalam bidang politik juga untuk mewujudkan pemerintahan yang kuat, bersih, dan amanah rakyat. Contoh penerapan pengetahuan nusantara dalam ranah politik adalah:

Implementasi pengetahuan nusantara dalam bidang ekonomi terdapat dalam pemanfaatan sumber daya alam sekaligus menjaga lingkungan di Indonesia. Warisan Indonesia dan letak geografis yang strategis dapat dimanfaatkan secara optimal bagi perekonomian negara.

Pengertian Wawasan Nusantara, Fungsi, Tujuan, Hakikat, Dan Contoh Implementasinya Di Masyarakat

Orientasi sektor ekonomi pada sektor pemerintahan, industri dan pertanian. Pembangunan ekonomi yang seimbang dan berkeadilan di setiap wilayah Indonesia sehingga tidak ada kemiskinan di wilayah tertentu.

Otonomi daerah sendiri diharapkan dapat membuka atau menciptakan segala bentuk upaya keadilan ekonomi, partisipasi seluruh rakyat Indonesia dalam pembangunan ekonomi sangatlah penting. Hal ini kemudian akan didukung dengan pemberian fasilitas kredit mikro untuk mengembangkan usaha kecil.

Implementasi pengetahuan nusantara dalam ranah sosial didasarkan pada saling menghargai dan menghargai setiap perbedaan atau keragaman yang ada di tanah air. Mulai dari kasta, suku, agama, budaya.

Upaya lain juga dalam pelestarian dan pengembangan budaya Indonesia dan memberikan sumber pendapatan daerah atau nasional untuk menjadikan budaya sebagai tujuan wisata. Menjaga kebhinekaan Indonesia, baik dari segi budaya, bahasa, dan status sosial, serta pengembangan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.

Pdf) Wawasan Nusantara Dalam Mememcahkan Konflik Kebudayaan Nasional

Pendekatan Indonesia terhadap Hak Asasi Manusia dan Kewajiban Indonesia memiliki kesamaan status, hak dan kewajiban. Untuk menuntaskan perjuangan kemerdekaan, maka perlindungan negara adalah perjuangan immaterial melawan ketertinggalan, kemiskinan, kesenjangan sosial, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, meningkatkan kualitas tenaga kerja, menghilangkan KKKN, transparan dan menjaga persatuan.

Perkembangan teknologi dan perkembangan masyarakat global terkait dengan dunia tanpa batas yang tentunya menjadi tantangan bagi wawasan nusantara, mengingat perkembangan tersebut dapat mempengaruhi mentalitas, model sikap dan model tindakan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Dalam perkembangan masyarakat global, meskipun batas-batas negara relatif tetap secara geografis dan politik, kehidupan satu negara tidak dapat membatasi kekuatan global dalam bentuk informasi, investasi, industri, dan semakin banyak konsumen individu.

Kapitalisme adalah sistem ekonomi yang didasarkan pada hak milik pribadi

Tugas Pkn Mohon Bantuannya​

Implementasi wawasan nusantara dalam bidang politik, jelaskan pentingnya wawasan nusantara dalam konteks nkri, implementasi wawasan nusantara dalam bidang sosial budaya, wawasan nusantara dalam bidang ekonomi, implementasi wawasan nusantara, prospek implementasi wawasan nusantara, peta indonesia wawasan nusantara, apa makna wawasan nusantara bagi bangsa indonesia, implementasi wawasan nusantara dalam bidang ekonomi, jelaskan pengertian wawasan nusantara, makalah implementasi wawasan nusantara, jelaskan implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan sosial budaya