Iklim Benua Asia – IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Change), sebuah organisasi internasional yang melakukan penelitian tentang perubahan iklim, merilis laporan yang menilai situasi perubahan iklim di dunia. Laporan ini berjudul Perubahan Iklim 2022: Dampak, Adaptasi, dan Keberlanjutan. Laporan ini diterbitkan pada Februari 2022.

Laporan tersebut menyajikan informasi tentang dampak perubahan iklim di berbagai belahan dunia. Diantaranya di Asia.

Iklim Benua Asia

Ada hubungan yang erat antara perubahan iklim dan perubahan vegetasi. Secara global, menurut laporan IPCC ini, ekosistem lahan gambut menempati sekitar 3% permukaan dunia, namun menyimpan sekitar 25% karbon organik. Ini berarti sekitar 600 miliar ton karbon tersimpan di dalam tanah. Laporan ini menyatakan bahwa vegetasi di kawasan Asia Tenggara yang memiliki luas 20 to.d. 25 juta hektar telah dikonversi menjadi lahan pertanian. Akibatnya, terjadi kehilangan karbon sebesar sekitar 55 juta ton karbon per tahun. Selain itu, perubahan iklim yang menyebabkan kekeringan dan kebakaran hutan membantu menghilangkan karbon dari tanah. Sebagai contoh di Indonesia sendiri, menurut laporan ini, musim El Nino pada tahun 1997 menyumbangkan emisi karbon dengan nilai perkiraan sedikitnya 810 teragram (juta ton) karbon per tahun. Musim kebakaran tahun 2015 diperkirakan menyumbang 380 teragram emisi karbon per tahun.

Pr Ips By Durango

Dalam laporan ini (halaman 623) disajikan jadwal alokasi air yang parah, yaitu situasi dimana permintaan air melebihi pasokan air. Gambar ini direproduksi dari karya sarjana Mekonnen dan Hoekstra (2016). Daerah dengan jumlah bulan dengan kekeringan parah dalam setahun ditampilkan dengan warna berbeda. Hijau menunjukkan nilai 0, yang berarti tidak ada kekurangan air yang serius dalam setahun atau terjadi penyakit serius tetapi kurang dari satu bulan dalam setahun. tahun. Antara hijau dan merah sangat tua adalah kuning (pada 1 bulan), oranye (pada 2-3 bulan), merah (pada 4-5 bulan), merah tua (pada 6-7 bulan), coklat (pada 8-9). bulan). bulan) dan coklat tua (10-11 bulan).

Di Asia, daerah coklat tua adalah daerah gurun Arab Saudi, India barat, Pakistan selatan, dan Afghanistan selatan. Wilayah Indonesia hampir hijau. Daerah dekat Jawa Timur berwarna kuning dan merah.

Baca Juga  Bentuk Pecahan Paling Sederhana Dari 27 Per 54 Adalah

IPCC, 2022: Perubahan Iklim 2022: Dampak, Adaptasi, dan Kerentanan. Kontribusi Kelompok Kerja II pada Laporan Kajian Keenam Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim [H.-O. Penjaga Pintu, D.C. Roberts, M. Tinnor, E.S. Poloczanska, K. Mintenbeck, A. Alegría, M. Craig, S. Langsdorf, S. Löschke, V. Möller, A. Okem, B. Rama (eds.)]. Pers Universitas Cambridge. dalam tekanan.

Mekonnen, M.M. dan Hoekstra, A.Y. 2016: ‘Keberlanjutan: Empat miliar orang menghadapi kelangkaan air yang parah’, Kemajuan dalam Sains, 2(2), hal. 1–7. doi: 10.1126/sciadv.1500323.1. Asia Tenggara 2. Asia Timur 3. Asia Selatan 4. Asia Barat 5. Asia Tengah 6. Asia Utara 1. Iklim Tropis 2. Iklim Tropis 3. Iklim Tropis 4. Iklim Kutub 5. Iklim Gurun 1. Posisi Astronomi 2. Letak Geografis 1. Musim Kemarau 2. Musim Hujan 3. Musim Semi 4. Musim Gugur 5. Musim Dingin 6. Musim Panas

Benua Asia: Wilayah, Letak, Iklim Dan Karatakteristiknya

Iklim adalah kondisi cuaca rata-rata selama periode waktu tertentu di suatu daerah. Wilayah dengan berbagai macam iklim adalah benua Asia. Indonesia yang terletak di benua Asia memiliki iklim tropis. Namun ternyata iklim benua Asia tidak hanya tropis saja, ada juga kutub, gurun dan iklim.

Asia Tenggara adalah wilayah di sebelah tenggara benua Asia, yang meliputi wilayah Indochina, Kepulauan Melayu, dan pulau-pulau tetangga. Negara-negara di Asia Tenggara antara lain Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Myanmar, Vietnam, Laos, Brunei Darussalam, Kamboja, Filipina, dan Timor Leste.

Asia Timur adalah wilayah internasional di benua Asia. Negara-negara di kawasan ini adalah Jepang, China/Tiongkok, Korea Utara, Korea Selatan, dan Taiwan.

Asia Selatan adalah sebuah wilayah di bagian selatan benua Asia, yang meliputi wilayah sekitar India. Negara-negara di kawasan ini antara lain Pakistan, Bangladesh, India, Nepal, Bhutan, Sri Lanka, dan Maladewa.

Beberapa Fakta Perubahan Iklim Di Asia Menurut Laporan Ipcc 2022

Asia Barat atau Asia Barat Daya adalah bagian dari benua Asia bagian barat, yang meliputi negara-negara di Timur Tengah. Negara-negara yang tergabung dalam kawasan Asia Barat adalah Bahrain, Israel, Kuwait, Uni Emirat Arab, Afghanistan, Yordania, Yaman, Oman, Qatar, Irak, Lebanon, Arab Saudi, Suriah, Iran, Turki, dan Siprus.

Asia Tengah terletak di tengah benua Asia. Daerah ini terbentang dari Laut Kaspia hingga perbatasan barat Cina. Negara-negara di kawasan ini antara lain Kazakhstan, Uzbekistan, Tajikistan, Armenia, Azerbaijan, Kyrgyzstan, Mongolia, dan Turkmenistan.

Asia Utara atau Siberia adalah wilayah Asia Utara yang meliputi Rusia di sebelah timur Pegunungan Ural. Negara yang berada di kawasan Asia Utara adalah Rusia (wilayah pegunungan Ural).

Baca Juga  Kalimat Yang Berisi Gagasan Utama Adalah

Musim mendominasi iklim tropis. Ciri-cirinya adalah curah hujan rendah, suhu udara harian sekitar 20-30 derajat dan angin sepoi-sepoi. Negara ini memiliki iklim tropis di Asia Tenggara dan pantai barat Samudera Hindia.

Lkpd Kelas 9 Letak Dan Luas Benua Asia Dan Benua Lainnya

Iklim bawah tanah memiliki 4 musim, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Ciri-cirinya adalah musim panas tidak terlalu panas, musim dingin tidak terlalu dingin, dan hujannya sedang. Wilayah dengan kecenderungan ini sebagian besar adalah Asia Timur.

Sebagian kecil Asia Timur ditutupi oleh cuaca tropis atau badai. Ciri-ciri iklim ini adalah tekanan atmosfer yang bervariasi, sering terjadi badai, dan curah hujan rendah.

Iklim kutub adalah iklim yang suhunya selalu rendah dan selalu ada salju. Suhu di bawah titik beku. Wilayah Asia dengan kondisi ini adalah Siberia.

Iklim gurun dicirikan oleh curah hujan rendah, curah hujan tinggi, dan suhu rendah. Kondisi gurun ada di gurun Gobi, Mongolia, Tibet dan Arab.

Benua Asia Hanya

Ciri-ciri iklim perairan di daerah tropis dan subtropis adalah suhu tahunan yang rendah, banyak awan, curah hujan harian rendah dan sering terjadi badai. Ciri-ciri lingkungan laut di daerah tropis adalah kecil harian dan tahunan, musim dingin dengan hujan ringan dan banyak awan.

Monsun atau muson adalah iklim yang sangat dipengaruhi oleh angin muson. Indonesia adalah satu-satunya negara di mana musim hujan terjadi setiap enam bulan. Selama setengah tahun angin laut bertiup yang menyebabkan hujan, dan selama enam bulan berikutnya bertiup angin darat yang kering yang menyebabkan musim panas. Hal ini juga mempengaruhi letak Indonesia yang berada di antara benua Asia dan Australia.

Iklim benua atau benua adalah iklim yang dipengaruhi oleh udara daratan yang kering. Kondisi ini biasanya terjadi di daerah tropis atau subtropis. Ciri-ciri iklim ini antara lain memiliki pertumbuhan tahunan yang tinggi, curah hujan rendah disertai badai, suhu tinggi pada musim panas dan suhu rendah pada musim dingin.

Dikutip dari buku World Regional Geography karya Sulistinah dan Kuspriyanto, tempat dilalui benua Asia dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu tempat astronomi dan tempat daratan. Berikut deskripsinya:

Rangkuman Benua Asia

Hampir seluruh Asia berada di Belahan Bumi Utara (BBU) dan berada di antara 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT. Lokasi ini berarti benua Asia dilintasi oleh tiga garis lintang khusus, yaitu Khatulistiwa, GBU (23,50 LU) ), Bundaran KU (66,50 LU).

Baca Juga  Berikut Ini Merupakan Nama Bulan Jawa Kecuali

Benua Asia terletak di antara benua Eropa dan Australia, serta di antara samudra Arktik, Hindia, dan Pasifik. Benua Asia meliputi:

Musim panas adalah waktu ketika suhu sangat rendah. Musim ini juga menyebabkan kekeringan di beberapa daerah. Negara-negara yang menderita pada musim ini adalah negara-negara yang terkena angin muson.

Musim hujan adalah musim yang memiliki banyak hujan di suatu daerah. Seperti musim panas, musim monsun umumnya milik negara tropis atau subtropis. Contohnya termasuk negara-negara di Asia Tenggara dan Asia Timur.

Kondisi Iklim Di Kawasan Asia Tenggara

Musim semi adalah salah satu dari empat musim tropis yang beralih dari musim dingin ke musim panas. Masalahnya saat ini adalah hujan akan mulai meningkat dan tanaman akan mulai tumbuh.

Musim gugur adalah salah satu dari empat musim di dataran rendah dan merupakan peralihan dari musim panas ke musim dingin. fitur musim gugur

Musim dingin adalah musim dengan suhu paling rendah dan ditandai dengan salju. Musim ini terjadi di daerah tropis. Ciri khas musim dingin adalah tanaman mulai berguguran dan sering terjadi hujan salju.

Tidak seperti musim panas, musim panas adalah waktu setelah musim gugur dan terjadi di area yang lebih kecil. Ciri musim semi adalah tanaman mengering dan hujan meningkat seiring angin.

Karakteristik Benua Asia Yang Wajib Kamu Ketahui!

Ini adalah penjelasan tentang iklim di Asia. Jelas, iklim di Asia tidak hanya tropis, tetapi ada juga gurun dan iklim kutub. Juga, benua apa yang ingin Anda ketahui?Bahkan, beberapa sumber mengatakan bahwa sepertiga dari daratan dunia ditutupi oleh benua ini.

Benua Asia sendiri disebut benua “Timur”. Pasalnya, sebagian ahli sejarah berpendapat bahwa kata Asia diambil dari bahasa Phoenician atau Syriac/Yunani Kuno, yang berarti timur atau timur kerajaan Yunani.

Sebagai benua terbesar di dunia, Asia memiliki banyak keunikan dan bentang alam yang serupa. Berikut adalah ciri-ciri Asia:

Asia adalah benua terpadat, menjadikannya benua terpadat di dunia. Populasi Asia telah meningkat menjadi 4,561 miliar orang pada tahun 2018. Asia terdiri dari banyak negara, beberapa di antaranya lebih padat penduduknya daripada yang lain.

Ips Kondisi Benua Asia Dan Benua Lainya

Cina, India, dan india adalah di antara negara-negara Asia terpadat menurut statistik. Pakistan, Bangladesh, dan Jepang adalah tiga negara berikutnya yang semuanya memiliki populasi besar.

Di luar angkasa, benua Asia berada di antara 26 derajat bujur timur (BT) -170 derajat bujur timur.

Iklim asia, peta benua asia barat, iklim benua amerika, iklim di benua afrika, iklim di benua australia, peta benua asia, peta benua asia tenggara, iklim di benua asia, jelaskan iklim benua australia, iklim benua eropa, benua asia, peta benua asia selatan