Hasil Tambang Kamboja – 2 Asia Tenggara Asia Tenggara adalah sebuah wilayah di bagian tenggara benua Asia. Daerah ini meliputi Indochina dan Semenanjung Malaya serta pulau-pulau sekitarnya. Asia Tenggara dibatasi oleh Republik Rakyat Tiongkok di utara, Samudra Pasifik di timur, Samudra Hindia di selatan, dan Samudra Hindia di barat, Teluk Benggala, dan anak benua India. ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967.

Asia Tenggara umumnya dibagi menjadi dua kelompok: Asia Tenggara Kontinental (ATD) dan Asia Tenggara Maritim (ATM). Negara yang termasuk dalam ATD adalah Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, Vietnam. Negara yang termasuk dalam ATM adalah Brunei, Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Timor Leste.

Hasil Tambang Kamboja

4 Malaysia, meskipun merupakan bagian dari benua Asia, biasanya dimasukkan ke dalam ATM karena alasan budaya. Semua negara di Asia Tenggara tergabung dalam organisasi ASEAN. Timor Timur yang dulunya merupakan bagian dari Indonesia secara sukarela bergabung dengan ASEAN, meskipun beberapa pihak memasukkan negara tersebut di kawasan Pasifik karena alasan politik. Secara geografis (dan juga secara historis) Taiwan dan Pulau Hainan sebenarnya adalah Asia Tenggara, jadi termasuk juga. Namun karena alasan politik, Taiwan dan Pulau Hainan sering dimasukkan dalam kawasan Asia Timur. Kepulauan Kelapa dan Pulau Christmas, yang terletak di selatan Jawa, oleh sebagian orang dimasukkan sebagai Asia Tenggara, meskipun secara politik berada di bawah pemerintahan Australia. Sebaliknya, pulau Papua secara politis termasuk Asia Tenggara, meski secara geografis bukan lagi bagian dari benua Asia.

Mind Id Catat Realisasi Kewajiban Reklamasi Seluas 931,25 Hektare Di 2021

5 Prinsip Dasar ASEAN Prinsip dasar ASEAN adalah sebagai berikut: Kemerdekaan, kedaulatan, kesetaraan, integritas wilayah nasional dan penghormatan terhadap identitas nasional setiap negara Hak setiap negara untuk memimpin kehadiran nasional tanpa campur tangan, subversi atau paksaan eksternal. Penyelesaian perbedaan atau perselisihan secara damai di dalam negara negara anggota lainnya Penolakan untuk menggunakan kekuatan mematikan Kerja sama yang efektif antar anggota

6 Anggota ASEAN ASEAN sekarang mencakup semua negara Asia Tenggara (kecuali Papua Nugini). Negara-negara berikut adalah anggota ASEAN: Filipina (negara pendiri) Indonesia (negara pendiri) Malaysia (negara pendiri) Singapura (negara pendiri) Thailand (negara pendiri) Brunei Darussalam (7 Januari 1984) Vietnam (28 Juli 1995) 23 Juli 1997 ) Myanmar (23 Juli 1997) Kamboja (16 Desember 1998) Timor Timur (……………….)

Baca Juga  Kongsi Dagang Hindia Timur Eic Merupakan Kongsi Dagang Milik

Fitur geografis adalah kondisi alam di muka bumi yang membentuk lingkungan bagi manusia. Elemen geografis meliputi lanskap, lokasi, luas, batas, iklim, dll. Fitur geografis adalah salah satu objek geografis. Objek geologi diklasifikasikan menjadi dua, yaitu: objek geologi fisik dan objek geologi non-geologi. Unit geografis fisik meliputi lanskap, lokasi, luas, batas, dan iklim. Sedangkan obyek geografis non fisik adalah keadaan penduduk dan aktivitasnya. Mari kita bahas unsur geografis di kawasan Asia Tenggara

Apa arti lanskap ini? Ruang adalah keadaan umum suatu daerah. Perhatikan wilayah Asia Tenggara di sebelah ini! Dari gambar peta yang berdekatan, kita dapat melihat bahwa kawasan Asia Tenggara terbagi menjadi dua bagian utama, yaitu sebagai berikut.

Natuna Utara Indonesia Bisa Diserang China Dari Kamboja

Tanah berbentuk semenanjung Semenanjung adalah tanjung besar. Wilayah berbentuk semenanjung itu terdiri dari Myanmar, Thailand, Laos, Kampuchea, Vietnam, dan Malaysia bagian barat. Daratan yang berupa gugusan pulau terdiri dari Filipina, Indonesia, Malaysia Timur, Singapura, dan Timor Leste yang berupa gugusan pulau.

10 2. Letak, Luas dan Batas Letak suatu daerah dapat dilihat secara astronomis dan geografis. Posisi astronomi adalah lokasi berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Sedangkan letak geografis adalah letak yang didasarkan pada letak suatu wilayah relatif terhadap wilayah lainnya. Letak astronomis Asia Tenggara adalah 280 Lintang – 110 Lintang Selatan dan 920 Bujur Timur – 1410 Bujur Timur. Posisi geografis Asia Tenggara terletak di antara tiga perairan, yaitu: – Samudra Hindia dan Teluk Benggala di sebelah barat; – Laut Cina Selatan di sebelah utara; – Samudra Pasifik di timur. Asia Tenggara dan perairannya memiliki luas total +/km2.

11 3. Kondisi Iklim Iklim merupakan salah satu unsur geografis. Apa itu iklim? Iklim adalah rata-rata cuaca dalam jangka waktu yang lama yang mencakup wilayah yang sangat luas. Ada dua jenis iklim yaitu iklim matahari dan iklim fisik. Iklim matahari adalah kondisi iklim berdasarkan letak suatu daerah relatif terhadap garis astronomi. Perhatikan distribusi iklim matahari di bawah ini!

12 Kawasan Asia Tenggara secara astronomis terletak antara 280 LS – 110 LS. Hal ini berarti bahwa kawasan Asia Tenggara berada dalam iklim tropis. Hanya sebagian kecil Asia Tenggara yang beriklim tropis, yaitu Myanmar bagian utara. Apa ciri-ciri iklim tropis asia tenggara? Ciri-cirinya adalah: – hujan lebat, akibat pengaruh angin musim barat; – Suhu udara lebih hangat karena lebih dekat dengan garis khatulistiwa. Selain iklim matahari, kondisi iklim dapat dilihat dari kondisi fisik permukaan bumi dan badan air. Kondisi iklim dalam kaitannya dengan kondisi keseluruhan permukaan bumi dan air disebut iklim fisik. Berikut adalah beberapa kondisi iklim fisik di kawasan Asia Tenggara. iklim laut, yaitu iklim yang dipengaruhi oleh angin laut. Hal ini terjadi karena kawasan Asia Tenggara dikelilingi oleh lautan yang sangat luas. b Iklim pegunungan, yaitu iklim yang dipengaruhi oleh keberadaan pegunungan tinggi. °C. Iklim subtropis, yaitu iklim yang dipengaruhi oleh keberadaan dataran rendah, umum terjadi di kawasan Asia Tenggara.

Baca Juga  Fungsi Kawat Kasa

Tim Bison Sat Reskrim Polres Karimun Amankan Bandar Judi Jenis Lotto Kamboja

Setiap daerah memiliki sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Daerah adalah daerah yang kaya (banyak) sumber daya alam tetapi miskin (sedikit) sumber daya alam. Sumber daya alamnya dapat diklasifikasikan sebagai berikut. 1. Tanah Wilayah Asia Tenggara memiliki berbagai jenis sumber daya tanah, sesuai dengan proses pembentukannya. Di bawah ini adalah jenis tanah yang mendominasi wilayah Asia Tenggara. Tanah Vulkanik Tanah vulkanik adalah jenis tanah yang dihasilkan dari gunung api (volcano). Jenis tanah vulkanik subur. Menjadi subur, sangat baik untuk budidaya. Jenis tanah ini terdapat di Indonesia, Thailand, Malaysia dan Myanmar. b Tanah alluvial (lanau) Tanah aluvial (lanau) adalah jenis tanah yang terbawa dan diendapkan oleh aliran air sungai. Ini sangat baik untuk pertanian karena tanah aluvialnya yang subur. Tanah aluvial terdapat di lembah/tepian sungai dan delta. Di Asia Tenggara, tanah aluvial terdapat di lembah dan delta sungai Nan, Mekong, dan Bengwan Solo.

14 2. Sebagian besar hutan/flora dan fauna Asia Tenggara beriklim tropis dengan curah hujan tinggi. Pada kondisi tersebut tumbuh hutan tropis yang kaya akan flora dan fauna. Hutan menghasilkan kayu dan rotan yang berguna untuk pembuatan berbagai barang dan bahan bangunan. 3. Perairan Kecuali Laos, semua negara Asia Tenggara memiliki wilayah laut. Laut merupakan sumber daya alam yang penting. Manfaat berikut dapat diperoleh dari laut. – Sebagai sumber makanan berupa ikan dan hasil laut lainnya. – Air sebagai alat transportasi. – Sebagai objek wisata. – Mineral seperti minyak dan gas alam banyak ditemukan di dasar laut.

15 4. Pertambangan Kecuali Singapura, setiap negara di Asia Tenggara memiliki produk pertambangan. Singapura adalah negara kecil tanpa hasil tambang yang signifikan.

Situasi kependudukan di kawasan Asia Tenggara dapat kita lihat dari beberapa sudut. Misalnya, ras atau etnis, populasi, mata pencaharian dan distribusi. 1. Suku Bangsa di Kawasan Asia Tenggara Menurut A.L Kroeber, suku bangsa yang tinggal di kawasan Asia Tenggara berasal dari dua ras, yaitu sebagai berikut. ras Negroid yang menempati wilayah Semenanjung Melayu dan Filipina. b Ras Mongoloid yang menempati Kepulauan Indonesia, Melayu, dan Filipina.

Baca Juga  Faktor Intern Penyebab Listrik Mati Yaitu

Potensi Ekonomi Negara Negara Asean

17 Ras Mongoloid di Indonesia terbagi menjadi dua golongan, yaitu: 1) Proto Melayu (Melayu Tua), yang berasal dari suku Batak, Dayak dan Toraja; 2) Melayu Deutero (Melayu Muda) merupakan keturunan suku Bali, Jawa, dan Minangkabau. Spesies yang berukuran besar di Asia Tenggara adalah sebagai berikut. (a) kelompok etnis Lao Yao dan Thailand di Laos dan Thailand. b) Suku Semang dan Sakai di Malaysia. c) orang Khmer Kamboja. d) Pria etnis di Vietnam, Tu, Muong dan Vietnam. e) suku Jawa, Sunda, Bali, Batak dan Dayak di Indonesia. (f) kelompok etnis Cina, India, Melayu dan Pakistan di Singapura.

19 Dari data di atas terlihat bahwa Singapura merupakan negara terpadat di Asia Tenggara, sedangkan pertumbuhan penduduknya paling rendah hanya 0,7% (sama dengan Thailand). Indonesia adalah negara terpadat di Asia Tenggara. 3. Mata Pencaharian Penduduk di Kawasan Asia Tenggara Kecuali Singapura, sebagian besar penduduk di kawasan Asia Tenggara bermata pencaharian sebagai petani. Kebanyakan orang Singapura bekerja di industri dan perdagangan. Jasa keuangan dan perdagangan adalah sektor utama perekonomian Singapura.

Kecuali Singapura, mayoritas penduduk (63%) di kawasan Asia Tenggara tinggal di pedesaan. Mayoritas penduduk Singapura (95%) tinggal di daerah perkotaan, karena Singapura adalah negara kota. Karena populasi yang padat, sebagian besar warga Singapura (85%) tinggal di flat (apartemen). Di Malaysia, 57% penduduk tinggal di daerah perkotaan. Di Brunei Darussalam, 67% penduduk tinggal di perkotaan. Sedangkan di Timor-Leste, 92% penduduk tinggal di pedesaan.

Indonesia Indonesia merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang berbentuk kepulauan. Secara astronomis Indonesia terletak antara 60 Lintang Selatan-110 Lintang Selatan dan 950 Bujur Timur-1410 Bujur Timur. Luas wilayah Indonesia adalah 2 km2. Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, serta terletak di antara dua benua, yaitu benua Asia dan benua Australia. Dengan lokasi tersebut, Indonesia menempati posisi yang strategis baik dari segi politik maupun ekonomi internasional. Indonesia memiliki populasi 243,3 juta pada tahun 2009, dan merupakan populasi terbesar di Asia Tenggara. Mata Uang : Rupee (Rp) Hasil Pertanian : Kopi, Teh, Padi, Jagung,

Contoh Kunci Jawaban Ips Kelas 8 Smp Mts K13 Hal 63:kegunaan Dari Barang Tambang Yang Terdapat Di Negara Asean

Hasil kamboja, hasil pertandingan kamboja, hasil tambang kalimantan, hasil tambang myanmar, contoh hasil tambang, peta hasil tambang indonesia, hasil togel kamboja, hasil pertandingan indonesia vs kamboja, hasil skor indonesia vs kamboja, peta hasil tambang, emas hasil tambang, zakat hasil tambang