Pabrik Ka’bah kiswa Arab Saudi menggunakan robot unik baru. Robot tersebut dapat berbicara dalam 11 bahasa dan bertugas menyambut tamu di kompleks Raja Abdulaziz untuk Ka’bah Kiswah yang suci.

Pada Selasa (28 Maret 2023), mengutip pdscustom.com, kepala Dua Masjid Suci dan Masjid Nabawi mempresentasikan robot sebagai pemandu tanaman Kiswa, kain hitam yang menutupi Ka’bah. Bar di Mekkah. Patut dicatat bahwa lokasi pabrik garmen ini dekat dengan Masjidil Haram Makkah Al-Mukarramah.

Uniknya, robot berwarna putih ini mengenakan jubah hitam khas Arab Saudi dengan jambul berwarna emas. Bertanggung jawab untuk memperkenalkan pengunjung ke berbagai layanan yang ditawarkan oleh Kompleks King Abdulaziz. Robot tersebut dapat mengenali emosi dasar, wajah, dan interaksi suara dengan pengunjung melalui sentuhan dan gerakan tangan.

Spesifikasi robot ini adalah berat 29 kg, masa pakai baterai 8 jam (waktu pengisian baterai 8 jam), dan kecepatan operasi 3 km/jam. Unit dapat beroperasi tanpa gangguan selama terhubung ke daya listrik.

Robot tersebut bertujuan untuk mempromosikan penggunaan teknologi dalam mendukung Visi Kerajaan Arab Saudi 2030. Kehadiran robot tersebut dilengkapi dengan robot-robot yang sebelumnya diperkenalkan oleh Direktur Dua Masjid Suci: robot yang bertugas membersihkan ruangan dan robot yang membawa dan mengeluarkan air Zamzam. .

Baca Juga  Menggali Makna Dress Code: Bagaimana Pilihan Pakaian Mencerminkan Identitas Budaya