Gerakan Senam Lantai Yang Sikap Permulaannya Menyampingi Arah Gerakan Adalah – , Jakarta Pengertian senam lantai adalah sekelompok latihan yang dilakukan di lantai. Ada empat gerakan dalam pengertian senam lantai: berguling, melompat, menyeimbangkan, dan melompat. Senam lantai dikenal sebagai olahraga yang aman.

Artinya dilakukan di ruangan khusus yang menggunakan gerak, kekuatan, kecepatan dan keselarasan gerak tubuh. Lebih lanjut, definisi senam lantai memerlukan kombinasi ini untuk mencapai manfaat mental dan fisik.

Gerakan Senam Lantai Yang Sikap Permulaannya Menyampingi Arah Gerakan Adalah

Ceritanya pencipta senam lantai adalah seorang petugas medis di Angkatan Laut Belanda, Dr. HF. Minkema Dari catatan tersebut diketahui pula bahwa olahraga di Indonesia berkembang pesat dan mempunyai pengaruh yang besar.Kuat.

Cara Melakukan Guling Belakang Yang Benar Dan Manfaatnya

Selain itu, Senin (26/4/2021) akan mendalami pengertian, sejarah, jenis-jenis gerak, dan manfaat senam lantai dari berbagai sumber.

Menurut Muhajir (2013), pengertian senam lantai adalah sekelompok latihan. Menurut kata dasar ini gerak/bentuk pembelajaran diterapkan pada kata dasar.

Lebih tepatnya pengertian senam lantai adalah olahraga yang mempunyai unsur gerak antara lain berputar, menyeimbangkan, melompat, dan melompat.

Sayuti Sahara (2010) kemudian menekankan bahwa aerobik merupakan suatu sistem latihan yang diterapkan untuk meningkatkan perkembangan jasmani melalui latihan jasmani.

Aktivitas Senam Lantai

Menurut Budi Sutrisno (2010), pengertian senam lantai mengacu pada gabungan gerakan dan ekspresi bagian tubuh individu, kemampuan atau komponen gerak seperti kekuatan, kecepatan, keseimbangan, kelenturan, ketangkasan dan ketepatan.

Asal usul latihan ini masih belum diketahui. Namun berdasarkan pengertian senam lantai ini, diyakini sudah ada sejak zaman Yunani kuno.

Pada abad ke-20, aerobik menjadi populer dan menyebar ke seluruh dunia. Perkembangan olah raga yang begitu pesat akhirnya mempunyai banyak cabang, salah satunya adalah gym lantai.

Sedangkan senam aerobik pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1912, pada masa penjajahan Belanda. Pengenalan aerobik bertepatan dengan penetapan pendidikan jasmani sebagai mata pelajaran wajib di sekolah.

Baca Juga  Karakter Peran Dalam Tari Dapat Ditunjukkan Melalui

Gerakan Senam Lantai Dan Manfaatnya, Biar Tetap Sehat!

Saat itu, aerobik pertama kali diperkenalkan dalam versi Jerman. Pesenam asal Jerman biasanya menekankan berbagai gerakan, kaya akan alat latihan.

Pada tahun 1916 aerobik versi Jerman dialihkan ke sistem Swedia. Sistem Swedia lebih menekankan manfaat latihan aerobik.

Pencipta senam lantai atau pengertian senam lantai adalah seorang petugas medis di Angkatan Laut Kerajaan Belanda bernama Dr. HF. Minkema Melalui Minkem kisah perkembangan senam lantai di Indonesia mulai menyebar ke banyak daerah.

Tak hanya itu, pada tahun 1918 Minkema juga membuka kursus aerobik Swedia. Dengan populernya olahraga ini, dalam hal senam lantai, maka dibentuklah organisasi untuk mengembangkan pesenam berbakat.

Senam Merupakan Suatu Cabang Olahraga Yang Melibatkan Performa Gerakan Yang Membutuhkan Kekuatan

Organisasi ini didirikan pada tanggal 14 Juli 1963 dan berganti nama menjadi PERSANI (Persatuan Senam Seluruh Indonesia). Baru pada tahun 1964 Indonesia mengikuti turnamen pertama menurut definisi latihan berstandar internasional, GANEFO I (New Rising Forces Games).

Jenis olahraga yang pertama adalah vertigo. Gerakan maju adalah gerakan maju dengan menggunakan bagian tubuh bagian belakang (leher, punggung, pinggang, dan panggul belakang).

Ada dua cara untuk bergerak maju: berdiri dan duduk. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk memulai proses persiapan mediasi.

Mulailah dengan posisi duduk dengan kedua kaki rapat, lutut ditarik ke dada dan kedua tangan di depan jari kaki sekitar 40 cm.

Buku Pjok Senam Lantai Kelas 8

Terus melangkah. Dengan pinggul menyentuh matras, pegang kaki Anda dalam posisi duduk dengan kedua tangan.

Jenis gerakan senam lantai yang kedua adalah gerakan punggung. Pada saat rotasi, badan diputar ke belakang, badan masih membulat, kaki ditekuk, lutut masih menempel di dada, dan kepala diturunkan hingga dagu menempel di dada.

Saat punggung menyentuh matras, sebaiknya segera mendekatkan kedua tangan ke telinga dan telapak tangan menghadap ke atas untuk bersiap menghadapi perlawanan.

Kaki segera digerakkan kembali ke kepala dengan bantuan kedua tangan, mendorong dengan kuat, dan kaki ditekuk hingga ujung kaki, Anda dapat mendarat di matras dengan posisi duduk.

C Olahraga 6

Jenis senam lantai yang ketiga adalah lompat lambat. Gerak lambat adalah gerak tubuh ke atas dan ke depan yang terjadi bila kedua kaki dilempar dan kedua lengan didorong.

Latihan gerak lambat ini dibagi menjadi dua bagian berdasarkan dukungannya: menopang leher dan kepala. Berikut langkah-langkah memperlambat dengan bantuan kepala dan leher.

Baca Juga  Kemampuan Suatu Benda Untuk Melakukan Usaha Atau Kerja Disebut

Punggung, kaki lurus, kaki dekat kepala, lengan ditekuk, tangan dekat kepala, ibu jari dekat telinga.

Gerakan ke depan disertai dengan mengepakkan kaki ke atas di depan tangan, mencegah badan terbang, dan menundukkan kepala secara pasif.

Contoh Soal Penjaskes Kelas 3 Sd Pts

Tekuk kaki Anda, bertumpu pada kaki Anda dan membentuk segitiga yang bertemu dengan punggung Anda, dengan tumit lurus dan jari-jari kaki rata di lantai.

Agar latihan fleksi leher dan kepala dapat berjalan lancar, alat bantu dapat diberikan dengan baik, baik dengan cara menggenggam maupun mendorong.

Latihan tingkat keempat adalah gerakan. Kayang adalah posisi dimana kaki bertumpu pada empat titik dengan posisi terbalik, meregangkan dan mengangkat perut dan panggul.

Nilai dari gerakan ini adalah mengangkat kaki tinggi-tinggi memberikan tekanan pada bahu dan pinggang Anda. Manfaat gerakan kayak adalah meningkatkan kelenturan bahu dibandingkan fleksi lumbal.

Macam Senam Lantai Dan Penjelasan Gerakannya, Simak Persiapannya

Jenis gerakan senam lantai yang kelima adalah geranium stand dengan satu tangan atau handstand. Handstand (handstand) adalah posisi tegak dengan bertumpu pada kedua tangan dengan siku lurus.

Saat membuat dudukan, Anda perlu memperhatikan fakta bahwa dudukannya dibuat di atas platform atau alas yang kokoh, misalnya di lantai. Ini akan memudahkan Anda menjaga keseimbangan. Berikut cara melakukannya:

Tekuk badan, tangan dibuka selebar bahu, lengan lurus, pandangan agak ke depan, bokong didorong setinggi mungkin, kaki depan ditekuk, dan kaki belakang lurus.

Kedua kaki lurus dan lurus, batang tubuh dan lengan membentuk satu garis, pandangan berada di antara penyangga lengan, badan direntangkan ke atas.

Cara Melakukan Gerakan Kayang Posisi Tidur Dan Berdiri, Perhatikan Tahapannya

Jenis olahraga yang keenam adalah berdiri dengan kepala atau head. Headstand dalam posisi tegak dengan kepala ditopang dan kedua lengan ditekuk pada siku serta ditopang oleh telapak tangan.

Mirip dengan handstand, headstand juga harus ditempatkan pada platform atau alas yang kokoh, seperti lantai, untuk memfasilitasi relaksasi dengan keseimbangan. Berikut cara melakukannya:

Angkat kaki Anda satu per satu. Untuk mencegah badan berputar ke depan, panggul diposisikan ke depan, dan punggung ditekuk.

Jenis senam lantai yang ketujuh adalah squat. Teknik lompat jongkok pada dasarnya hampir sama dengan lompat anak panah. Karena fase latihannya sama: Anda mulai mendorong, melompati kotak, melompat dan mendarat. Latihan dilakukan dengan cara berikut:

Baca Juga  Posisi Kepala Saat Melakukan Prinsip Dasar Lari Jarak Pendek Adalah

E Book P J O K Sma Kelas Xii Yayasan Tarakanita

Kedua kaki meluncur di atas papan, dilanjutkan dengan gerakan tangan ke atas badan, melompat ke bawah, tangan di dada, lengan lurus, tangan menghadap ke depan.

Tiba-tiba, dengan kedua tangan di atas lutut, tekuk ke dada, angkat kaki lurus hingga berada di atas tepi dada.

Jenis gerakan senam lantai yang kedelapan adalah gerakan kursi roda. Putar tubuh Anda dari posisi menyamping, fokus pada gerakan kedua kaki dan lengan.

Latihan kursi roda dapat dilakukan secara bertahap, misalnya dari satu gerakan kursi roda, jika dirasa baik dapat ditingkatkan menjadi beberapa gerakan:

Senam Lantai Presentation

Pertama, berdiri miring dengan kedua kaki agak terbuka, kedua lengan lurus dan miring ke samping (mirip huruf V) dan pandangan ke depan.

Lalu turunkan ke kiri, letakkan telapak tangan ke kiri, lalu angkat kaki kanan lurus. Kemudian letakkan telapak tangan Anda di sebelah tangan kiri Anda.

Saat kaki kanan menyerang, kaki kiri didorong ke lantai sehingga kedua kaki terbuka dan menyudut ke samping.

Kemudian letakkan kaki kanan di samping tangan kanan, angkat tangan kiri, dan tangan kiri di samping kanan.

Cara Melakukan Gerakan Kayang

Tujuan senam lantai selain untuk meningkatkan kemampuan melakukan berbagai bentuk gerak adalah untuk belajar mengembangkan kemampuan melakukan senam aerobik dengan peralatan. Berolahraga di lantai juga memiliki manfaat fisik dan mental.

Fisik Manfaat senam lantai adalah untuk mengembangkan kebugaran jasmani dan mobilitas melalui berbagai bentuk gerak untuk mengembangkan daya tahan otot, kekuatan, kelenturan, koordinasi, ketangkasan dan keseimbangan.

Manfaat psikologis dari Senam Lantai adalah dapat mengajarkan pesenam untuk menggunakan kemampuan berpikirnya secara cepat dan analitis untuk menyelesaikan permasalahan gerak. Banyak jenis aerobik yang memerlukan kemampuan mental yang berani dan penilaian yang baik, seperti melompat, menyerang balik, melompat, dan lompat.

* Benar atau salah? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang dipublikasikan, silakan meminta verifikasi WhatsApp di 0811 9787 670 cukup dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan. Menghadapi. Selain itu, pasti ada banyak latihan tanpa peralatan yang dapat dilakukan.

Yuk, Kenali Macam Macam Gerakan Senam Lantai

Sepanjang melibatkan gerakan-gerakan seperti berguling, melompat, dan menyeimbangkan, dilakukan tanpa alat, kecuali saat makan dapat disebut gerakan olah raga di lantai tanpa alat.

Latihan lantai adalah latihan yang dilakukan di lantai. Senam lantai atau aerobik merupakan suatu sistem latihan yang dirancang untuk meningkatkan perkembangan jasmani melalui latihan jasmani.

Senam lantai dapat dilakukan dengan atau tanpa peralatan. Peralatan yang biasa digunakan untuk senam lantai antara lain support ring, vaulter, single bar, dan parallel bar.

Berikut latihan tanpa alat, seperti dirangkum berbagai sumber, Kamis (23/3/2023).

Gerakan Dasar Senam Lantai

Berikut latihan lantai yang tidak menggunakan peralatan: Vertigo. Pusing kepala

Gambar senam lantai sikap lilin, contoh gerakan senam lantai, yang termasuk gerakan senam lantai, gerakan senam lantai meroda, teknik gerakan senam lantai, gerakan senam lantai yang mendukung gerakan meroda adalah, sikap lilin pada senam lantai, senam lantai sikap lilin, jenis gerakan senam lantai, gerakan gerakan senam lantai, macam gerakan senam lantai, pengertian senam lantai sikap lilin