Garwane Arjuna Yaiku – Citra keindahan dalam dunia pencitraan yang dikatakan lemah lembut dan indah adalah Dewi Sumbadra, istri keempat Raden Arjuna. Sayangnya, kisah hidupnya tak seindah wajahnya. Bagaimana kisah hidup orang tersebut?

– Selain dewi Srikandi, Raden Arjuna mempunyai istri lain, salah satunya adalah dewi Wara Subadra (Sembadra atau Sumbadra dalam bahasa Jawa). Dewi yang juga dikenal dengan nama “Rara Ireng” ini merupakan putri Dewa Basudeva, penguasa Kerajaan Rohini dan Surasena.

Garwane Arjuna Yaiku

Ia mendapat julukan “Rara Ireng” semasa kecil karena kulitnya yang gelap. Namun ketika beranjak dewasa, wajah Dewi Sumbadra menjadi cantik. Selain ketampanannya, kepribadiannya juga sopan, bertutur kata lembut dan baik hati. Tak heran jika penampilannya kemudian digambarkan seperti wanita Jawa.

Plis Bantuin Besok Mau Dikumpulin​

Sebagai seorang istri, Dewi Sumbadra setia kepada suaminya. Ketika para Pandawa pergi ke Dwarka, kediaman kakak Sumbadra, Kresna, mereka bertemu dengan Arjuna. Melihat mereka jatuh cinta, Kresna menyarankan agar Arjuna menikah dengan Sumbadra.

Dari pernikahan itulah lahirlah Raden Angkawijaya (Abhimanyu). Putranya tidak dapat bertahan lama karena terbunuh dalam pertempuran Kurukshetra. Kejadian ini membuat Sumbrada sangat berduka.

Dewi Sumbadra konon adalah kepala Bathara Sri Vidovati, istri Bathara Wisnu. Di akhir ceritanya, ia ditusuk dengan keris Burisarwa.

Burisrava, yang jatuh cinta padanya, menghalangi jalannya di malam hari. Namun karena tidak menyukai Burisvara, Sumbadra mengabaikannya. Burisvara yang terluka kemudian membawa kerry untuk menakutinya.

Penilaian Harian Ii Bab Teks Carita Wayang Kelas X

Tanpa diduga, Sumbadra mendatanginya dan melemparkan keris ke jantungnya. Ia meninggal dan atas nasehat Sri Krishna, Buriswara melemparkan tubuhnya ke laut.

Baca Juga  Sebutkan Tokoh-tokoh

Sedih bukan? Meski berakhir tragis, kelakuan Sumbadra yang mampu menjaga karakternya patut ditiru. Di mana pun Anda berada, jika Anda penuh hormat, orang akan selalu menghormati Anda.

Tak heran jika Sumbadra kemudian menjadi salah satu dewa yang disembah oleh masyarakat Hindu di Kuil Jagannath di India. Kabar baik! (IB15/E03)

Media merupakan perusahaan digital yang fokus meningkatkan potensi ekonomi lokal dan budaya pop di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menghadirkan warna baru Indonesia bagi generasi milenial.

Putrane Prabu Pandhu Dewanata, Pandawa Lima