Fungsi Badan Mikro – Sel Sel pada makhluk hidup sangatlah beragam. Mari kita cari tahu perbedaan organel sel tumbuhan dan sel hewan serta fungsinya pada pelajaran biologi kelas 11 berikut ini.

Pada umumnya setiap rumah harus mempunyai pondasi, dinding, atap, tanah, dan lain-lain. Tugasnya adalah membangun struktur rumah, menopang dan melindungi setiap ruangan di dalam rumah.

Fungsi Badan Mikro

Tahukah Anda bahwa secara umum struktur sel makhluk hidup mirip dengan struktur rumah Anda? Kemudian ruangan-ruangan kecil di dalamnya merupakan organel-organel sel.

Mengenal Struktur Sel Hewan, Bagian Dan Fungsinya

Nah, kira-kira beginilah bentuk organel pada sel hewan dan sel tumbuhan. Jika mengingat struktur sel tumbuhan dan hewan, badan sel adalah unsur kecil dalam struktur sel yang terletak di sitoplasma.

Sel tumbuhan dan sel hewan tidaklah sama. Tentu saja terdapat beberapa perbedaan pada organel sel. Jadi, mari kita cari tahu apa itu organel sel tumbuhan dan organel sel hewan beserta bentuk dan fungsinya.

Ada banyak sel yang berbagi sel tumbuhan dan sel hewan. Bagaimana bisa? Jadi apa organel sel-sel ini? Jadi, mari kita bahas satu per satu organel sel beserta fungsinya agar kita bisa lebih memahaminya!

Sama seperti rumah kita yang dilindungi dinding dan atap, tanaman dan sel juga ikut terlindungi lho! Ini disebut dinding sel. Dinding sel ini terbuat dari selulosa, yaitu serat karbohidrat yang memberi kekuatan untuk menahan dan mempertahankan bentuk sel. Selain itu, dinding juga berperan sebagai bahan pertukaran antara sel dan lingkungannya.

Jelaskan Fungsi Dari Organel Organel Sel Tumbuhan Ini

Kemudian di bawah dinding sel terdapat sesuatu yang disebut dengan membran sel. Membran sel ini tidak hanya terdapat pada sel tumbuhan, tetapi juga pada sel hewan. Membran sel terdiri dari dua lapisan (membran fosfolipid). Fungsinya untuk melindungi sel dan mengontrol aliran zat masuk dan keluar sel.

Pada sel tumbuhan dan sel hewan terdapat sitoplasma yang terletak di antara membran sel dan inti sel. Di sinilah organel sel lainnya berkumpul. Fungsi sitoplasma adalah untuk mengontrol produksi energi, sintesis protein, dan pemrosesan kimia.

Baca Juga  Titi Laras Pelog Lan Slendro Iku Bedane Ing Angka

Seperti namanya, nukleus atau ‘inti’ sel merupakan bagian pusat kendali sel. Nah, inti atau inti sel ditutupi dan dilindungi oleh apa yang disebut dengan membran inti.

Inti sel mengandung DNA, yang mengontrol pertumbuhan, perkembangan dan fungsi sel. Selain itu, nukleus dan nukleoplasma juga terdapat di dalam sel. Lalu, apa bedanya ya?

Sel: Pengertian, Struktur, Prokariotik, Eukariotik

Sumbu adalah pusat dari sumbu. Fungsi utamanya adalah membuat protein. Pada saat yang sama, nukleoplasma adalah cairan yang terkandung di dalam nukleus. Bahannya serat dan kromatin. Fungsi nukleoplasma adalah untuk membuat gen dan kromosom.

Retikulum endoplasma (ER) terdiri dari lapisan membran terlipat dan terletak di dekat atau di sekitar inti sel. Organel sel ini terdapat pada sel tumbuhan dan sel hewan.

Ada dua jenis retikulum endoplasma, yaitu RE kasar dan RE halus. Apa bedanya? Pertama, dari samping. Permukaan kasar RE ditutupi dengan ribosom. Jadi jika dilihat, ada banyak tempat di permukaan. Jika RE halus, maka permukaannya halus karena ribosom tidak menempel padanya.

Perbedaan kedua adalah fungsi organel sel. RE kasar menempel pada ribosom, sehingga fungsinya bergantung pada sintesis protein. Pada saat yang sama, fungsi ER memfasilitasi sintesis lemak, metabolisme karbohidrat, dan detoksifikasi.

Mengenal Pupuk Hayati

Jika Anda melihat di dalam sel terdapat inti kecil padat yang menempel pada RE dan menyebar ke seluruh sitoplasma, maka itu disebut ribosom. Ribosom adalah partikel nukleoprotein yang hanya berukuran 15-20 nm, yang terkecil dari semua organisme. Ada dua bagian utama ribosom, subunit besar dan subunit kecil.

Ketika ia melakukan tugasnya, ia menggabungkan dua subunit dan membentuk struktur seperti burger. Di tengah tumpukan dua subunit seperti burger adalah mRNA. Fungsi mRNA adalah sebagai cetakan sintesis untuk menghasilkan protein tertentu.

Oleh karena itu, peran utama ribosom adalah mensintesis protein. Ribosom juga ditemukan pada sel hewan dan sel tumbuhan. Nah, untuk lebih jelasnya lihat gambar ribosom di bawah ini, yuk!

Ada berbagai nama untuk badan Golgi. Ini bisa berupa alat Golgi atau, khusus untuk tumbuhan, disebut daktiosom. Letak aparatus Golgi biasanya berada di tepi sel dekat membran sel. Pada sel hewan, badan Golgi dapat membentuk lisosom. Oleh karena itu, lisosom juga dapat ditemukan pada sel hewan di sekitar Golgi.

Bulan Februari & Agustus Itu Bulannya Vitamin A

Badan Golgi adalah yang paling mudah diidentifikasi! Bentuknya seperti kantong (jeruk) atau piring datar yang disebut kolam. Vesikel badan Golgi ini dapat dipisahkan dan kemudian membentuk vesikel yang lebih kecil yang disebut vesikel.

Baca Juga  Aspek Kebahasaan Cerpen

Ada dua jenis vesikel, yaitu. Vesikel pengangkut (untuk mengangkut protein dari badan Golgi ke lisosom) dan vesikel diduga (untuk melepaskan protein atau molekul lain). Di bawah ini adalah gambar badan Golgi/diktiosom pada sel hewan dan tumbuhan:

Fungsi organel sel ini bisa mirip dengan kantor pos. Mengapa? Karena akan memodifikasi, mengemas dan menyusun molekul-molekul di dalam sel. Kemudian akan diangkut ke dalam ruangan atau ke luar ruangan. Oleh karena itu, molekul yang akan dikirim ke badan Golgi dibungkus dalam vesikel.

Nah, ini satu hal lagi yang perlu Anda ketahui! Pada sel tumbuhan, badan Golgi mempunyai fungsi tambahan yaitu produksi selulosa yang membentuk dinding sel.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Oleh karena itu, jika dilihat melalui mikroskop, bentuknya seperti benang. Tapi kalau diperbesar, bentuk aslinya seperti biji lonjong. Panjangnya sekitar 2 mikrometer dan diameternya hanya 0,5 mikrometer.

Mitokondria memiliki dua membran, membran dalam dan membran luar. Membran bagian dalam terdiri dari krista dan matriks.

Krista adalah lipatan internal yang menutupi permukaan membran bagian dalam. Sedangkan matriksnya berisi cairan yang mengandung DNA. Nah, membran luar mitokondria sendiri banyak mengandung protein dan lipid.

Fungsi Mitokondria sangat penting bagi sel karena merupakan tempat respirasi sel, produksi energi/ATP, dan molekul berisi energi yang siap digunakan.

Struktur Dan Fungsi Organel Organel Sel, Terlengkap

Anda harus tahu bahwa matriks mitokondria memiliki DNA dan ribosomnya sendiri. Jadi secara mandiri menghasilkan enzim untuk respirasi sel, keren kan?!

Mitokondria terdapat pada organel sel tumbuhan dan hewan ya. Nah, jika melihat struktur sel secara umum, mitokondria umumnya tersebar di sitoplasma. Mitokondria juga ditemukan di banyak sel yang membutuhkan banyak ATP untuk berfungsi, seperti sel otot.

Microbeads berbentuk bulat, terikat membran, dan mengandung kristal protein. Badan mikro ini didistribusikan di sitoplasma. Ada dua jenis mikroorganisme, peroksisom dan glioksisom. Peroksisom terdapat pada sel tumbuhan dan hewan. Fungsi organel sel ini adalah menetralkan racun dan menghasilkan enzim katalase.

) yang bersifat netral. Pada saat yang sama, glioksisom hanya ada di sel tumbuhan dan fungsinya untuk metabolisme lemak. Oleh karena itu, nantinya lemak tersebut akan diubah menjadi karbohidrat.

Sel Hewan Beserta Fungsinya

Lisosom hanya memiliki lapisan membran. Pada membran lisosom terdapat jalur keluar masuknya protein (protein transpor). Nah, di dalamnya terdapat lapisan fosfolipid atau lipid bilayer. Nah, enzim hidrolitik inilah yang akan menghancurkan zat asing yang masuk ke dalam sel.

Baca Juga  Sinonim Perluasan

Ya, sel lisosom ini hanya terdapat pada sel hewan dan fungsinya untuk mencerna makanan di dalam sel karena mengandung enzim hidrolitik. Mengapa lisosom tidak terdapat pada sel tumbuhan?

Pasalnya, pada sel tumbuhan, fungsi organ sel tersebut dapat diubah melalui ruang hampa. Vakuola sel tumbuhan juga mengandung enzim hidrolitik seperti lisosom. Di bawah ini adalah gambar lisosom yang dapat Anda lihat:

Sama seperti lisosom, sel sentrosom hanya terdapat pada sel hewan! Sentrosom adalah organel yang mengandung dua sentriol dan berperan penting dalam pembelahan sel.

Sel Dan Jaringan Bag. 1

Tepatnya, organel sel hewanlah yang mengatur benang gelendong yang dihasilkan oleh sentriol selama pembelahan sel. Oleh karena itu, kromosom dapat menempel pada benang gelendong dan membelah menjadi dua sel yang sama besar. Di bawah ini adalah gambar sentrosom pada sel hewan:

Jika lisosom dan sentriol hanya terdapat pada sel hewan, maka sebaliknya, plastida hanya terdapat pada sel tumbuhan. Mengapa? Pasalnya plastida membantu proses fotosintesis dan menghasilkan pigmen pada tumbuhan. Idealnya, hewan peliharaan tidak membutuhkan semua ini. Hai…

Plastida terbagi menjadi beberapa jenis lho! Ada kloroplas, kromoplas, likoplas dan masih banyak lagi. Kloroplas merupakan plastida yang mengandung klorofil dan karotenoid. Fungsinya untuk membantu fotosintesis dengan menggunakan energi sinar matahari untuk membuat makanan.

Kromoplas merupakan plastida yang mengandung pigmen seperti merah, jingga, atau kuning. Fungsinya untuk mewarnai bunga.

Struktur Dan Fungsi Organel Sel

Nah, likoplas adalah plastida yang tidak berwarna. Fungsinya untuk menyimpan makanan. Nah dibawah ini gambar plastida pada sel tumbuhan ya?

Kita telah mencapai organel sel terakhir. Ya, itu disebut ruang hampa! Vakuola ditutupi dengan tenoplas. Tonoplas ini merupakan lapisan luar atau membran luar dari vakuola.

Nah, vakuola juga sering ditemukan pada sel tumbuhan, sedangkan pada sel hewan sangat jarang. Kalaupun ada, biasanya ukurannya sangat kecil. Bagaimana bentuk sel tumbuhan tersebut? Di bawah ini adalah gambar vakuola yang dapat Anda lihat.

Vakuola berisi air yang berisi makanan dan limbah lain pada sel tumbuhan dan fungsinya untuk menyimpan makanan, mengontrol proses pencernaan, dan mengontrol konsentrasi air.

Apa Itu Sel Hewan? Penjelasan Struktur Dan Fungsinya, Materi Ipa Kelas 8 Smp

Selain itu, terdapat penyedot debu dengan fungsi khusus. Hal ini disebut dengan kekosongan kontrak. Umumnya ditemukan pada protozoa. Area ini dapat meluas dan menyusut. Fungsinya untuk mengatur tekanan osmotik atau konsentrasi air dan sebagai tempat keluarnya cairan tubuh.

Wah, banyak sekali jenis organel pada sel tumbuhan dan hewan! Tidaklah cukup jika Anda membaca artikel ini hanya sekali saja. Jadi jangan lupa, sebaiknya anda membaca berulang kali tentang organel sel tumbuhan dan sel hewan. Ingat poin-poin penting, dan jangan lupa latihan soal.

Oh, kamu bisa coba belajar di ruang belajar lho! Di sana, makalah lengkap, dengan ringkasan, latihan soal dan diskusi. Lengkap dan sangat mudah dipahami. Ayo, buruan bergabung! Selamat belajar ~