Frekuensi Nada Dawai Gitar Dapat Bertambah Tinggi Jika – Apakah kamu suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buat buku flip Anda sendiri

Bab 5 | Gelombang, Suara dan Cahaya 129 1. Bagaimana astronot berkomunikasi di luar angkasa padahal di luar angkasa tidak ada medium atau ruang hampa? 2. Menurut pengamat, apa perbedaan bunyi pada siang hari dan malam hari? 3. Dalam keadaan gas normal, nilai γ = 1,4, massa molar adalah 0,029 kg/mol. Tunjukkan bahwa persamaan (5.9) dapat dinyatakan sebagai: 331m/s 273K T T = Silakan periksa pemahamanmu! 2. Sumber bunyi Gambar 5.17. (a) alat musik gesek dan (b) alat musik tiup Sumber: Yan Kravov/pexels.com (2021) dan pixabay/pexels.com (2016) a b Apakah Anda suka bermain musik? Tahukah Anda cara kerja alat musik? Sumber bunyi musik dapat berupa dawai, pipa organ, kulit atau logam. Semua sumber ini beroperasi berdasarkan perubahan frekuensi dan amplitudo.

Frekuensi Nada Dawai Gitar Dapat Bertambah Tinggi Jika

130 Fisika SMA/MA Kelas XI Gambar 5.18. Pola gelombang stasioner pada dawai sumber: Alvius Tinambunan/Kemendikbudristek (2022) (5.10) (5.11) a. Sumber bunyi senar Saat senar dipetik, akan tercipta gelombang berdiri dengan ujung terikat, yang merupakan hasil superposisi gelombang gelombang. Frekuensi yang dihasilkan akan beresonansi dengan udara di sekitar Anda dan sampai ke telinga Anda. Lihat Gambar 5.18. Nada dasar adalah nada dengan panjang gelombang 1/2 λ, dan nada atas pertama adalah nada dengan panjang gelombang 1 λ. Pola ini akan terus meningkat dengan selisih 1/2 λ. Frekuensi nada ke-n (fn) pada dawai dapat dinyatakan dengan persamaan berikut. 2 n n v n f v λ L = = Dimana: f = frekuensi (Hz), v = cepat rambat gelombang bunyi (m/s), λn = panjang gelombang bunyi (m), L = panjang dawai (m), n =1 , 2, 3 … Contoh alat musik petik adalah sasando, gitar, dan biola. Cepat rambat bunyi (v) pada suatu dawai bergantung pada tegangan dawai (F), massa dawai (m) dan panjang dawai (L), yang dapat dinyatakan secara matematis dengan persamaan di bawah ini untuk digunakan . F FL v A m ρ = = dimana: F = tegangan tali (N), L = panjang tali (m), m = massa tali (kg).

Kelas08_ctl Ipa_rinie Nur Rahardjo Yuni Muhammad By S. Van Selagan

Bab 5 | Gelombang, bunyi dan cahaya 131 (2 1) 4 n n f v L − = Dimana: L = panjang kolom pipa organ (m), fn = frekuensi nada ke-n (Hz). B. Sumber Bunyi Pipa Organ : Seruling, terompet dan alat musik tiup lainnya menggunakan kolom udara yang dihembuskan sehingga getaran udara tersebut menghasilkan bunyi yang teratur. Kolom tempat udara bergetar disebut pipa organ. Pipa organ ada dua jenis, yaitu pipa terbuka dan pipa organ tertutup. 1) Open Squeaker Pipa terbuka adalah pipa yang mempunyai kolom udara tanpa penutup pada kedua ujungnya, seperti terlihat pada Gambar 5.19. Seperti halnya dawai, frekuensi pipa organa dimulai pada panjang gelombang 1/2 λ dan terus meningkat dengan selisih 1/2 λ, sehingga frekuensi nada ke-n dapat ditentukan dengan menggunakan persamaan (5.10) menjadi Contoh alat musik organ terbuka adalah piano dan terompet. Gambar 5.19. Pola gelombang stasioner pada sumber pipa terbuka: Alvius Tinambunan/Kemendikbudristek (2022) b) Sumber bunyi pada pipa organ tertutup Pada pipa tertutup, salah satu ujung kolom udara pada pipa berada pada posisi tertutup. Hubungan antara panjang gelombang dan panjang kolom dapat dilihat pada Gambar 5.20. Frekuensi masing-masing tingkat nada dapat direpresentasikan dengan persamaan (5.12) Gambar 5.20. Pola gelombang stasioner pada pipa organ tertutup Sumber: Alvius Tinambunan/Kemendikbudristek (2022) (5.12)

Baca Juga  Sebutkan Contoh Cara Memakai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

132 Fisika Kelas XI SMA/MA 1. Mempersiapkan aplikasi gitar, capo dan pengukur frekuensi. 2. Setel senar dari bawah ke atas, catat semua frekuensinya dengan tuner. 3. Bereksperimenlah dengan string yang sama (misalnya string 1). Lepaskan ketegangan pada gitar, ukur dan bandingkan frekuensinya sebelum dan sesudah pelepasan. 4. Sekarang lakukan ini pada senar yang sama, gunakan capo untuk memendekkan senar dari leher gitar. Ukur dan bandingkan frekuensi sebelum dan sesudah pemasangan capo. 5. Lengkapi hubungan berikut: massa dawai sebagai fungsi frekuensi b. tegangan pada dawai sebagai fungsi frekuensi c. panjang antrian sebagai fungsi frekuensi 4. Buatlah persamaan menggunakan Persamaan 5.11. Lakukan percobaan ini secara berkelompok. Ayo lihat! Aksi 5.4 Gambar 5.21. Alat dan bahan percobaan Sumber: Alvius Tinambunan/Kemendikbudristek (2022) 3. Efek Doppler Ling-Ling dan Siti mengukur frekuensi ambulans dari lokasi berbeda, seperti terlihat pada Gambar 5.22. Menurut Ling-ling, frekuensi bunyi sirene adalah 958 Hz, sedangkan menurut Siti – 848,5 Hz. Frekuensi sumber adalah 900 Hz. Mengapa ini terjadi? Fenomena ini dikenal sebagai efek Doppler. Efek ini terjadi karena panjang gelombang sumber bunyi akan berubah seiring mendekati atau menjauhi pengamat. Menurut Siti, frekuensi yang didengarnya lebih rendah, sedangkan menurut Ling-Ling frekuensi yang didengarnya lebih tinggi.

) bila menjauhi pengamat dan diberi tanda (-) bila mendekati pengamat. Gambar 5.22. Efek Doppler pada dua orang pengamat Sumber: Alvius Tinambunan/Kemendikbudristek (2022) Lakukan percobaan ini pada kelompok 1. Download aplikasi pembangkit frekuensi, pengatur nada, dan perekam layar di ponsel Anda. 2. Nyalakan generator frekuensi pada HP 1 dan catat nilai frekuensinya. 3. Buatlah rangkaian seperti pada Gambar 5.23. 4. Pada HP 2, aktifkan pitch receiver beserta aplikasi perekam layarnya. Ayo bekerja sama! Latihan 5.5 (5.13) Gambar 5.23. Contoh rangkaian percobaan sumber: Alvius Tinambunan/Kemendikbudristek (2022)

Baca Juga  Sebutkan Ciri-ciri Lagu Wajib

134 Fisika SMA/MA kelas 6. Menarik kesimpulan dari data yang diperoleh dan membandingkannya dengan materi yang diselidiki. 4. Resonansi 3. Lakukan percobaan seperti pada Gambar 5.25. 4. Ayunkan salah satu pendulum, lalu lepaskan dan lihat pendulum lainnya bergerak. 5. Catatlah pengamatanmu dan coba jelaskan hasil percobaanmu kepada teman atau guru. 1. Lakukan percobaan ini secara berpasangan. 2. Ukur panjang kelima (5) benang sebagai berikut: 30 cm, 30 cm, 30 cm, 20 cm dan 10 cm. Siapkan plastisin sebagai pemberat/pendulum. Ayo lihat! Latihan 5.6 Gambar 5.25. Eksperimen resonansi bandul sumber: Alvius Tinambunan/Kemendikbudristek (2022) Gambar 5.24. Kaca Pecah Karena Pengaruh Resonansi Sumber: Alvius Tinambunan/Kemendikbudristek (2022) Tahukah Anda kalau seorang penyanyi bisa memecahkan kaca dengan suaranya? Hal ini terjadi karena frekuensi suara penyanyi beresonansi dengan frekuensi alami kaca. Ketika material kaca bergetar, strukturnya menjadi tidak stabil dan akhirnya pecah. Resonansi adalah proses getaran suatu benda karena frekuensi alaminya sama dengan frekuensi sumber bunyi. Resonansi sering terjadi pada fenomena sehari-hari, seperti getaran jendela saat tersambar petir. Alat musik seperti gitar mempunyai kotak suara dimana udara di dalam kotak suara tersebut bergetar ketika senarnya dipetik.

Perhatikan Pernyataan Pernyataan Berikut. (1) Benda Mempu

Bab 5 | Ombak, Bunyi dan Cahaya 135 5. Bunyi seruling Pernahkah anda mendengar bunyi seruling? Suara bip yang kita dengar sebenarnya tidak berasal dari satu frekuensi, melainkan dari frekuensi yang berbeda-beda, dan seringkali suara tersebut terdengar pelan kemudian menusuk. Fenomena ini disebut transmisi suara. Daya akustik dapat dijelaskan dengan prinsip superposisi gelombang, seperti ditunjukkan pada Gambar 5.26. Kombinasi kedua gelombang ini disebut interferensi. Bila terdengar bunyi keras berarti kedua gelombang mempunyai beda fasa nλ. Keadaan ini disebut interferensi konstruktif, dan bunyi yang terdengar lemah karena kedua gelombang mempunyai beda fasa nλ/2. Persamaan bunyi layang-layang adalah: n 2 1 f ff = − Dimana: fn = frekuensi bunyi layang-layang (Hz) f1 / f2 = frekuensi benda yang mengganggu (Hz) Gambar 5.26. Acara Sound Kite Sumber: Alvius Tinambunan/Kemendikbudristek (2022) Seorang anak bermain piano dengan frekuensi 440 Hz dan seorang anak lagi bermain gitar dengan frekuensi 330 Hz. Berapa detak per detik yang akan Anda dengar? Yuk, cek pemahamanmu! (5.14)

Baca Juga  Batas Wilayah Vietnam

Mesin jet 90 dB 6. Intensitas dan tingkat intensitas suara Telinga manusia mempunyai batas/ambang pendengaran pada kisaran 10-12 watt/m2. Jika kurang dari batas tersebut maka telinga tidak dapat mendengar suara dari sumber suara. Ukuran kenyaringan bunyi adalah tingkat intensitas bunyi. Tingkat intensitas bunyi merupakan logaritma perbandingan intensitas terukur dengan intensitas ambang pendengaran, yang dapat dinyatakan secara matematis menggunakan persamaan di bawah ini. 0 10log I TI I   =     Tingkat intensitas dinyatakan dalam desibel (dB). Di bawah ini adalah contoh berbagai tingkat intensitas dan sumbernya. Tabel 5.2. Tingkat intensitas bunyi dan sumbernya. Lakukan percobaan secara berkelompok. 1. Unduh aplikasi pengukur level suara, generator frekuensi, dan pengatur nada di ponsel Anda. 2. Siapkan meteran untuk mengukur jarak antara sumber bunyi dengan meteran tingkat intensitas, seperti terlihat pada Gambar 5.27. Ayo bekerja sama! Latihan 5.7 (5.15)

Bab 5 | Gelombang, Suara dan Cahaya 137 3. Nyalakan generator frekuensi pada HP 1 dan ukur tingkat bunyi dengan HP 2. Lakukan pengukuran berulang-ulang dan variasikan jarak dari 1 meter hingga 4 meter. Amati perubahan tingkat intensitas suara. Catatlah nilai observasinya pada tabel di bawah ini: Tabel 5.3. Data intensitas suara hasil pengamatan jarak jauh 4. Buatlah grafik hubungan tingkat intensitas suara dengan jarak. Menarik kesimpulan dari hasil percobaan. Gambar 5.27. Skema percobaan tingkat intensitas bunyi tergantung jarak dari sumbernya: Alvius Tinambunan/Kemendikbudristek (2022) 7. Penerapan gelombang bunyi Prinsip gelombang bunyi banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah NDT (non-destructive test). yaitu menguji atau memeriksa cacat bahan tanpa merusak bahan tersebut. NDT menggunakan prinsip pemantulan gelombang menggunakan frekuensi ultrasonik. Frekuensi ultrasonik mempunyai rentang frekuensi diatas 20.000 Hz Level Jarak (m).

Frekuensi nada, stem gitar nada tinggi, rumus frekuensi dawai, frekuensi bunyi yang dapat didengar manusia adalah, penyakit tbc jika tidak segera diobati dapat menyebabkan, frekuensi tangga nada, cara stem gitar nada tinggi, telinga manusia dapat mendengar bunyi dengan frekuensi, jika berat badan ibu hamil tidak bertambah, presiden dapat diberhentikan jika, bunyi dapat terjadi jika ada, kekuatan otot perut akan bertambah jika seseorang melakukan