Format Jpeg Jarang Digunakan Dalam Format Buku Digital Dikarenakan Alasan – Tulisan kuno Buku langka Foto, gambar dan lukisan Majalah dan surat kabar Mikrofilm langka Sumber lain

Dokumen elektronik atau file elektronik adalah dokumen yang dibuat, diolah, digunakan dan didistribusikan dengan menggunakan media elektronik seperti komputer, laptop, gadget, tablet dan sejenisnya. Banyak jenis file elektronik, seperti dokumen teks, dokumen gambar, dokumen multimedia, dan dokumen audio video. Setiap jenis dokumen memiliki karakteristik yang berbeda dan juga satuan ukurannya yang berbeda. Banyak unit elektronik ukuran file seperti piksel, bit, byte, dpi, fps, dll. Cara menghitung, menggunakan dan mengaplikasikan satuan-satuan besaran tersebut akan dijelaskan dalam pemaparan materi ini. Manfaat, tujuan dan fungsi mengetahui, mengenali dan menggunakan unit-unit tersebut adalah untuk memudahkan pemisahan dan klasifikasi jenis file, proses, kelompok menurut kriteria tertentu.

Format Jpeg Jarang Digunakan Dalam Format Buku Digital Dikarenakan Alasan

Dokumen elektronik adalah setiap informasi elektronik yang dibuat, dikirim, dikirim, diterima, atau disimpan dalam bentuk analog, digital, elektromagnetik, optik, atau sejenisnya untuk dilihat, ditampilkan, dan/atau didengar pada komputer atau sistem elektronik. Pengertian informasi elektronik menurut undang-undang no. 19 mengamandemen UU No. 11 dan mengacu pada informasi dan transaksi elektronik dalam Pasal 1 no. 1, yang menyatakan: “Informasi elektronik adalah satu atau kumpulan data elektronik, termasuk tetapi tidak terbatas pada No. tulisan, suara, gambar, peta, denah, foto, pertukaran data elektronik (electronic data interchange/EDI), surat elektronik, telegram, teleks , telecopy atau sejenisnya, huruf, simbol, angka, kode akses, simbol atau lubang olahan yang berarti atau telah dipahami oleh yang dapat memahaminya.” Pengertian dokumen elektronik berdasarkan UU No. 19 Tahun 2016 “Perubahan atas Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik Tahun 2008” No. 11, Pasal 1, No. 4, yang menyatakan, “Dokumen elektronik adalah setiap informasi elektronik yang dibuat, ditransmisikan, dikirim, diterima atau ditransmisikan secara analog, digital, elektromagnetik, optik atau cara serupa Penyimpanan yang dapat dilihat, ditampilkan dan/atau didengar pada komputer atau sistem elektronik, termasuk namun tidak terbatas pada tulisan, suara, gambar, peta, denah, foto atau sejenisnya, huruf, simbol, angka, kode akses , simbol atau lubang yang memiliki arti atau makna atau dipahami oleh orang yang dapat memahaminya.

Baca Juga  Intonasi Dan Artikulasi Saat Membaca Puisi Sangat Berkaitan Dengan

Modus Penipuan Yang Mengatasnamakan Bca, Kamu Wajib Waspada!

Dokumen elektronik yang dikembangkan oleh Perpusnas yaitu: (a) Buku elektronik (e-book) adalah buku yang diterbitkan secara elektronik dalam format html, exe, e-pub, pdf dan flv. Pada prinsipnya isi e-book sama dengan versi cetaknya, hanya format dan cara penggunaannya saja yang berbeda. Buku elektronik diproduksi dengan menerjemahkan karya cetak ke dalam bentuk elektronik dengan bantuan kamera digital dan komputer; (b) Jurnal elektronik (e-journal) pada dasarnya sama dengan buku elektronik, isi jurnal elektronik sama dengan jurnal cetak, namun pada umumnya jurnal elektronik dilanggan secara online berdasarkan judul atau paket. E-journal biasanya memuat hasil penelitian, kajian dan makalah/artikel ilmiah; c) dokumen lain yang tersedia dalam bentuk elektronik, seperti kamus elektronik, ensiklopedi elektronik dan sejenisnya; d) dokumen elektronik yang dibuat oleh Perpusnas sendiri, seperti artikel ilmiah, disertasi, laporan penelitian, artikel ilmiah, manuskrip kuno, buku langka, majalah, koleksi foto, koleksi video, koleksi audio video, dan lain-lain. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa jenis dokumen elektronik adalah buku elektronik, e-book, jurnal elektronik, jurnal elektronik, dokumen lain dalam bentuk elektronik atau dokumen yang diperoleh dari hasil digitalisasi media informasi, misalnya , manuskrip kuno, buku langka. , koleksi foto atau gambar, Rekaman audio, rekaman audio. Video dan banyak lagi.

Beberapa dokumen elektronik yang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah dokumen berjenis teks, dokumen berjenis gambar, dan dokumen berjenis multimedia.

Dokumen elektronik dalam format teks dapat dibaca dengan perangkat lunak pembaca teks seperti Ms.Word, Ms. Excel dll. Dengan menyimpan dokumen teks seperti ODT, RTF, DOC, PPTX, DOCX, TXT, DOTX, DOT, HTM, DOCM, DOTM, XML, MHT, DIC dan THMX, pengguna dapat menyimpan, membaca, dan memodifikasi dokumen tersebut menggunakan aplikasi bawaan. Dari formatnya misalnya kalau formatnya .txt, untuk text editornya ganti dengan Notepad atau Wordpad. Pengaturan satuan ukuran, seperti cm (sentimeter) atau inchi, sangat penting karena menentukan hasil huruf atau dokumen yang diketik, serta batasan margin atau cetakan. Ukuran standar untuk mencetak dokumen dan gambar memiliki kriteria ukuran yang berbeda-beda tergantung klasifikasinya, sehingga kita tidak sengaja mencetak dokumen atau gambar kerja untuk mencapai hasil yang diinginkan. Setiap jenis kertas memiliki ukuran tertentu yang sangat mempengaruhi pencetakan atau hasil cetak menjadi lebih akurat dan sesuai dengan regulasi. Oleh karena itu, penting untuk memahami ukuran kertas setiap dokumen atau gambar sebelum dicetak. Standar ukuran kertas tiap negara memiliki kriteria ukuran standar yang berbeda-beda, seperti kertas F4 yang umum digunakan di Indonesia dan banyak negara Asia Tenggara lainnya, namun jarang digunakan oleh negara lain di luar kawasan ASEAN, seperti Eropa atau Amerika. Namun ada standar yang diakui oleh masyarakat internasional dan dijadikan patokan oleh negara-negara di seluruh dunia saat mencetak dokumen atau gambar lainnya, standar yang digunakan adalah standar ukuran kertas ISO dan ANSI.

Baca Juga  Pada Tangga Nada Mayor Jarak Antara Nada Re Mi Yaitu

Standar kertas ISO (International Organization for Standardization) adalah ukuran kertas yang dikeluarkan oleh badan standardisasi internasional dan digunakan oleh banyak negara di dunia. Standar ukuran ISO untuk kertas juga diakui di Indonesia dan banyak digunakan oleh organisasi resmi atau lembaga pemerintah lainnya. Berikut adalah daftar ukuran kertas standar dari berbagai rangkaian standar ISO, yang dikelompokkan menjadi milimeter (mm), sentimeter (cm), dan inci (in). Ukuran kertas standar untuk pencetakan foto adalah A0 hingga A10 hingga seri R.

Bulletin 101 Ruang Kelas Sulit Hybrid Jadi Alternatif By Ukm Pers Sukma

Standar Kertas Amerika Amerika Serikat, khususnya di bagian utara, memiliki sistem standar ukuran kertas sendiri yang digunakan. Ukuran kertas standar yang paling umum digunakan adalah legal, letter, ledger, dan tabloid. Selain itu, ada juga ukuran kertas ANSI standar dan ukuran arsitektur standar. ANSI (American National Standards Institute), atau hanya American Standard, adalah standar yang diasosiasikan dengan Amerika Serikat yang terkadang digunakan oleh negara lain, terutama di kawasan Amerika Utara. Selain standar AS yang baik, juga ada kaitannya dengan pengaruh AS terhadap negara tetangga. Standar ANSI ini menggunakan standar ANSI/ASME Y14.1, dimana standar tersebut mengatur satuan ukuran kertas berdasarkan ukuran “letter” 8,5 inci kali 11 inci.

Satuan Kertas Arsitektur Berikut ini adalah ukuran kertas arsitektur standar dalam milimeter (mm), sentimeter (cm), dan inci (in). Seri Arc sering digunakan oleh arsitek di Amerika Utara karena menggunakan prinsip membagi satu ukuran kertas untuk membuat dua bagian yang lebih kecil dengan rasio 4:3 dan 3:2 yang disukai banyak arsitek di sana.

Standar kertas Indonesia sendiri mengikuti format ISO untuk standardisasi, namun ada istilah lain yang sering digunakan untuk percetakan, seperti kertas HVS foil dan kertas HVS quarto. HVS disertakan dalam bentuk kertas. Kata HVS sendiri merupakan akronim bahasa Belanda (Houtvrij Schrijfpapier) yang artinya kertas tulis tanpa serat kayu. Sebutan folio dan kuarto adalah sebutan ukuran kertas. Folio memiliki penunjukan ukuran F4 21,59 x 33,02 cm (215,9 x 330,2 mm atau 8,5 x 13 inci), sedangkan Quarto memiliki penunjukan ukuran surat 21,6 x 27,9 mm (216mm x 279mm. 8,5″ x 11″ standar ANSI). Ada banyak perusahaan pemasok kertas di Indonesia seperti Mirage, Paper One, Sinar Dunya, dll. Untuk membandingkan ukuran kertas HVS yang beredar saat ini di pasaran, saya tampilkan daftar ukuran kertas HVS merek Kiran yang beredar di dunia saat ini. Ukuran kertas HVS yang digunakan untuk mencetak dokumen di Indonesia adalah seri F4. Tidak ada opsi F4 di MS Word saat mencetak dokumen. Solusinya adalah dengan melakukan beberapa perubahan pada tepi batas kertas atau mengatur properti printer yang Anda gunakan.

Baca Juga  Mengapa Jepang Menyerang Pangkalan Laut Amerika Serikat Di Pearl Harbour

Dokumen dalam format gambar dibaca dengan perangkat lunak pembaca gambar seperti Adobe Acrobat Reader. Berbeda dengan format teks, format gambar untuk dokumen elektronik relatif aman dari korupsi dan virus atau serangan lainnya. Saat menyimpan dokumen dalam format gambar seperti PDF, JPG, JPEG, PNG, BMP, TIFF, RAW, pengguna hanya dapat membacanya dan tidak dapat mengubahnya sama sekali, karena formatnya dibaca oleh Adobe Acrobat Reader yang hanya dapat digunakan untuk dibaca. . Satuan berikut digunakan untuk pengukuran: dpi (dots per inch) adalah satuan standar global yang digunakan untuk mengukur resolusi kerapatan piksel suatu gambar. Ukuran file gambar juga dipengaruhi oleh dimensi gambar (panjang dan lebar) dan kedalaman gambar (bit per piksel). Dimensi gambar cukup jelas seberapa tinggi dan lebar gambar dalam piksel. Misalnya: 640×480, 800×600, 1024×768, dll. Kedalaman gambar adalah ruang yang diperbolehkan untuk memasukkan informasi warna dalam satu piksel (piksel adalah unit terkecil dari ukuran gambar). Contoh: kedalaman 24-bit berarti ruang 24-bit untuk menyesuaikan warna dalam 1 piksel. RGB artinya 24 bit dibagi 3 artinya: R (merah) mendapat 8 bit; G (hijau) bisa 8 bit; Dan B (biru) juga bisa 8 bit. Jadi 1 warna dalam satu piksel terdiri dari 3 komponen warna RGB. Juga untuk kedalaman warna 16 bit, 32 bit atau yang lainnya.

Buku Aplikasi Komputer

Misalnya, kami memiliki file berukuran 100×100 piksel dan memiliki kedalaman 24 bit. Maka ukuran file aslinya adalah: 100 x 100 x 24 = 240.000 bit = 240.000/8 byte = 30.000 byte = 29,30 KB.

Format jpeg, format jpg ke jpeg, cara membuat format jpeg, format jpeg ke pdf, membuat foto format jpeg, format jpg jpeg, foto format jpeg, format jpeg adalah, aplikasi format foto jpeg, ubah format ke jpeg, contoh format jpeg, cara format jpeg