Festival Waluku Diadakan Di – Artikel ini memerlukan kutipan tambahan untuk verifikasi. Tolong bantu perbaiki artikel ini dengan menambahkan kutipan ke sumber terpercaya. Materi yang tidak bersumber dapat ditentang dan dihapus. Temukan Sumber Daya: “Thaipusam” – Berita · Surat Kabar · Buku · Cendekiawan · JSTOR (Februari 2022) (Pelajari bagaimana dan mengapa menghapus pesan templat ini)

Thaipusam atau Thaipusam (Tamil: திப்புப்புஸ், Roman. Taippūcam) adalah festival Hindu Tamil yang dirayakan pada bulan purnama bulan Tamil di Thailand (Januari/Februari), sesuai dengan bintang Pushya, umumnya dikenal sebagai bintang Pushya dalam bahasa Tamil.

Festival Waluku Diadakan Di

Festival ini memperingati kaki Dewi Parvati dan mempersembahkan kulitnya (tombak dewa) kepada putranya Murugan (Kartikeya) agar ia dapat mengalahkan Surapadman dan saudara-saudaranya. Dipercaya juga secara luas bahwa Thaipusam merayakan ulang tahun Murugan; beberapa sumber lain menyebutkan bahwa tanggal Vaikasi Visakam yang jatuh pada bulan Vaikasi (Mei/Juni) adalah hari lahir Murugan.

Minggu Kedua Gelaran Now Playing Fest Lebih Ramai Dari Minggu Sebelumnya

Thaipusam terutama diamati di India, Malaysia, negara-negara dengan populasi Tamil yang besar.

Serta tempat lain di mana etnis Tamil tinggal sebagai bagian dari populasi diaspora lokal India, seperti Kanada, Singapura,

Afrika Selatan, Fiji, Amerika Serikat, Reunion, Indonesia, Thailand, Myanmar, Trinidad dan Tobago, Guyana, Suriname, Jamaika, dan wilayah Karibia lainnya.

Ini adalah hari libur nasional di banyak negara seperti Malaysia dan Mauritius. Hari libur umum di Tamil Nadu, India. Ini juga merupakan hari libur pemerintah dan umum di beberapa negara bagian Malaysia dan Mauritius.

Acara & Festival Singapura: Konser, Expo & Pameran

Nama Thaipusam merupakan gabungan nama bulan Thailand dalam bahasa Tamil dan nama bintang Pusam, Sansekerta Pushya dalam urutan Tamil. Bintang khusus ini mencapai puncaknya selama festival. Nama bintang di Malayalam adalah Puyam.

Dalam Skanda Purana versi Tamil, tiga asura (ras makhluk surgawi) bernama Surapadman, Tarakasuran dan Singamuhan melakukan trik kejam untuk mendapatkan perhatian Siwa. Tuhan memberi mereka beberapa anugerah, termasuk kemampuan menaklukkan tiga dunia, serta keabadian. Ketiga bersaudara itu kemudian menaklukkan dewa surgawi yang dikenal sebagai dewa dan memulai pemerintahan ketidakadilan dan tirani di wilayah mereka. Ketika para dewa meminta bantuan Siwa, dia memperlihatkan lima kepala tambahan, yang masing-masing memancarkan percikan ilahi. Setiap percikan tumbuh menjadi bayi laki-laki, dibesarkan oleh pelayan perempuan yang disebut krrtikas (personifikasi Pleiades). Ketika Parvati memeluknya, enam anak bersatu dan Murugan berkepala enam lahir. Parvati menghadiahkannya tombak dewa yang disebut vel. Ditemani oleh Virabahu, komandan utamanya, mantan delapan bersaudara, serta pasukan para dewa, dewa tersebut berperang melawan asura bersaudara. Pada fase akhir konflik, Murugan melawan Surapadman, yang menggunakan kemampuan magisnya untuk melawan dewa. Murugan membelah asura dengan tombak sucinya. Setelah diberikan keabadian, kedua bagian asura berubah menjadi pohon mangga dan mundur ke laut, berniat menaklukkan bumi. Ketika dewa menebang pohon itu, asura berubah menjadi burung merak dan ayam jago. Murugan memutuskan untuk menjadikan burung merak sebagai kuda dan ayam sebagai bendera.

Baca Juga  Gerakan Untuk Melenturkan Otot-otot Perut Adalah

Murugan adalah dewa yang diasosiasikan dengan disiplin yoga dan penghematan, dan para pengikutnya percaya bahwa ia dapat memberikan mukti (pembebasan spiritual) kepada semua yang memujanya.

Kavadi Attam (‘tarian kavadi’) adalah ritual persembahan ibadah melalui tarian, persembahan makanan dan bakar diri. Biasanya dilakukan oleh umat selama festival Thaipusam untuk menghormati Murugan. Kavadi adalah tenda setengah lingkaran berornamen yang dibawa peziarah ke kuil di pundaknya. Peziarah (nadai payanam) bertelanjang kaki dan menawarkan makanan kepada kavadi. Tergantung pada lokasi candi, perjalanan menuju candi ini bisa memakan waktu lebih dari seminggu. Kuil Murugan di Palani adalah tujuan populer karena merupakan arupadai veedu (“enam rumah” – tempat suci Murugan). Pura Palani Murugan juga dikenal sebagai tempat penyembuhan. Seorang Bogar (seorang siddhar kuno dan pemuja Murugan) membuat berhala Murugan di Palani menggunakan campuran berbagai obat siddha.

Jajarans Festival Di Lagi Lagi Tenis, Hadirkan Beragam Kuliner Dan Penampilan Ibrani Pandean

Para penyembah mempersiapkan festival dengan menjaga kebersihan tubuh setiap saat, berdoa secara teratur, mengikuti pola makan vegetarian dan berpuasa sebelum Thaipusam. Pembawa Kavadi harus melakukan ritual rumit sambil mengambil kavadi dan mempersembahkannya kepada Murugan. Seorang pemakai Kavadi menjalankan selibat dan makan jenis makanan tertentu yang disebut makanan sattvic hanya sekali sehari, sambil terus memikirkan Tuhan. Pada hari festival, umatnya mencukur rambut, berziarah dengan rute yang sudah ditentukan, melakukan berbagai ibadah, terutama membawa berbagai jenis kava. Para penyembah percaya bahwa memuja Dewa Murugan dengan cara ini setiap tahun akan menjaga kesehatan fisik dan mental mereka serta membantu mereka terbebas dari hutang karma.

Secara sederhana, ibadah haji dapat dilakukan dengan sepanci susu di tangan, namun menusuk kulit, lidah, atau pipi dengan kulit untuk membunuh daging juga merupakan hal yang biasa. Selain itu, ada pula yang menusuk lidah atau pipi dengan tombak kecil.

Baca Juga  Pernyataan Yang Tidak Mencerminkan Keyakinan Kepada Malaikat Adalah

Praktik serupa juga dilakukan oleh komunitas Nagarathar di Pajani, India. Ini disebut Nagarathar Kavadi.

Thirukalyanam (pernikahan surgawi) diadakan sehari sebelum Thaipusam. Terottam diadakan di Thaipusam. Lord Muthukumaraswamy memberkati festival 10 hari di Thanga Kuthirai Vahanam (Kuda Emas), Periya Thanga Mayil Vahanam (Merak Emas), Teppotsavam (Festival Terapung).

Festival Pertanian Bersama Waluku

Di Chidamabram (Thillai), Panchamurthy Veedhi Ula, Thirthavari, Taandava Darsanam Aarti diadakan di Thaipusam. Kuil Madurai Sri Meakshi Amman, Sri Meakshi Sundareshwarar Theppotsavam (Festival Terapung) diadakan di Mariammam Theppa Kulam. Kuil Mylapore Kapaleswarar mengadakan Theppotsavam selama tiga hari selama Thaipusam Pournami.

Kuil Swamy Sri Subrahmanya di Bangalore menyelenggarakan Thaipusam setiap tahun pada bulan dan hari yang baik ini. Sekarang sudah lebih dari 50 tahun (pada tahun 2019 mereka merayakan tahun Yobel emas mereka)

Selain di India, perayaan Thaipusam juga diadakan di negara-negara seperti Malaysia, Amerika Serikat, Mauritius, Afrika Selatan, dan Singapura.

Ini adalah hari libur umum di beberapa negara bagian Malaysia. Di Malaysia, Kuil Gua Batu, dekat Kuala Lumpur dan Kuil Arulmigu Balathandayuthapani, Kuil Pang, Pang dan Nattukkottai Chettiar dekat George Town, Kuil Pang dan Kallumalai Murugan, Ipoh, Perak sering menarik lebih dari satu juta umat dan ribuan wisatawan. .

Pemkot Semarang Gelar Semarang Flower Festival Pertama Di Jawa Tengah

Di Singapura, umat Hindu memulai prosesi pagi mereka di Kuil Sri Srinivasa Perumal, membawa bejana susu sebagai persembahan atau mengenakan ‘kavadi’ dan menusuk tubuh mereka.

Thaipusam di Mauritius dirayakan oleh ribuan peserta yang membawa Kavadi. Meskipun festival ini dirayakan di seluruh negeri, festival terbesar selalu diadakan di Kovil Montane (Sri Siva Subramanya Thirukovil). Quatre-Bornsta terletak di gunung Corpus de Garde, didirikan pada tahun 1890 oleh Velamurugan, seorang imigran India Tamil yang rendah hati dan religius.

Baca Juga  Sikap Awal Gerakan Tangan Pada Renang Gaya Dada Adalah

Upacara Thaipusam Kavadi dirayakan di kota Durban (Kuil Clairwood Sri Siva Subramonior, Cape Town dan Sri Sivasubramaniar Alayam di Palm Ridge, Afrika Selatan).

Di Fiji, festival Thaipusam dirayakan di Kuil Sri Siva Subrahmanya Swamy di Nadi dan Kuil Sri Raj Mahamariamman di Suva.

Menyongsong Waluku Festival, Event Bertema Pertanian Yang Digelar Khusus Untuk Generasi Muda!

Di Indonesia, prosesi tersebut terutama berlangsung di Medan, ibu kota Provinsi Sumatera Utara, dan Pura Palani Andaver, Aceh. Sebelum Thaipusam, umat Hindu berkumpul di Kuil Sree Soepramaniem Nagarattar di Jalan Keyaksaan dan menaiki kereta berusia 125 tahun, atau yang dikenal secara lokal sebagai Radhu, ke kuil utama terdekat (sekitar 2–3 kilometer atau 1–1). 2 mil). di Kuil Sri Mariamman di Kampong Madras, yang buka sepanjang waktu selama festival. Prosesi Kavadi juga berlangsung pada hari itu, namun berlangsung di berbagai pura di sekitar Medan dan wilayah lain di provinsi tersebut tergantung pada festivalnya.

Di Amerika Serikat, Kuil Siwa Murugan di Concord, California merayakan Thaipusam dengan berjalan-jalan di depannya. Beberapa orang berjalan lebih dari 74 km (46 mil) dari Fremont, beberapa berjalan 34 km (21 mil) dari San Ramon ke Concord, dan banyak yang berjalan 11 km (7 mil) dari Wald Park di Walnut Creek. Sebuah kesepakatan. Dalam beberapa tahun terakhir, lebih dari 2.000 orang telah berpartisipasi dalam pawai ini.

Merupakan ide bagus untuk membuat pasta tradisional selama Festival Pertengahan Musim Gugur, yang lebih dari sekadar biji teratai.

Setelah pidato selesai, Anda akan melihat legenda yang dapat Anda gunakan untuk memulai. Salah satu kisah belut tersohor adalah tentang Chang Er, istri seorang raja lalim yan menggak ramuan keabadian yang ingin diinginkan suami demi menyelamatkan rakyat darii kekuasaan tiran lelaki itu.

Singapore Convention Week 2023

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan tangan Anda yang ingin Anda ketahui

Ktt asean 1 diadakan di, hotel di festival citylink, pon 2016 diadakan di, festival jepang di indonesia, festival di australia, kongres pemuda 2 diadakan di, festival kebudayaan di indonesia, ktt xi asean diadakan di kota, festival di jogja, festival di amerika, ktt asean pertama kali diadakan di, festival di yogyakarta