Faktor Prima Dari 72 Adalah – Sebelum membahas cara mencari FPB dan KPK menggunakan pohon faktor, ada baiknya kita memahami apa itu pohon faktor. Pohon pengali adalah pohon yang tumbuh ke bawah menggunakan bilangan prima. Contoh berikut dapat dilihat pada gambar pohon faktor 105.

Perhatikan gambar di atas! Pohon faktor dibuat sebagai berikut. Pertama, tentukan angka yang ingin Anda cari faktor primanya, misalnya 105, seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Kedua, bagi 105 dengan bilangan prima terkecil yang mungkin. Bilangan prima terkecil yang membagi 105 adalah 3. Tuliskan angka 3 pada cabang kiri (lingkaran merah) pohon faktor, dan hasil (35) pada cabang kanan (lingkaran hitam) dan seterusnya hingga terbagi. Tidak menghasilkan 1. Keempat, hasil faktorisasi prima pada pohon faktor di atas: 2×5×7. Bagaimana caranya? Bukankah itu mudah?

Faktor Prima Dari 72 Adalah

Sekarang kami menerapkan pohon faktor untuk menyelesaikan atau menemukan EBOB dan KPK dari dua bilangan bulat atau lebih. Misalnya, tentukan 72, 54, dan 36 GCF.

Ejercicio De Spmi

Agar lebih mudah dalam memfaktorkan prima, pertama-tama kita membuat pohon faktor. Maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

FPB dapat ditentukan dengan mengambil faktor yang sama banyaknya dan terkecil dari dua bilangan atau lebih. Maka faktor prima dari 72, 54 dan 36 yang sama adalah 2 dan 3 dan yang terkecil adalah 2 × 32 = 18. Jadi EBOB 72, 54 dan 36 adalah 18.

Ngomong-ngomong, untuk mencari KPK, kamu bisa mengalikan semua angka pengalinya dan jika sama, maka kamu bisa mengambil yang terbesar, dan jika keduanya sama, maka kamu bisa mendapatkan satu. Maka faktor prima dari 72, 54 dan 36 yang sama adalah 2 dan 3, dan yang terbesar adalah 23 × 33 = 216. Jadi KPK dari 72, 54 dan 36 adalah 216.

Baca Juga  Makna Pada Puisi Diungkapkan Dengan Memadatkan Segala Unsur

Faktor bilangan prima, faktor prima dan faktorisasi prima, faktor prima, contoh faktor prima, penyebab kanker lidah dari faktor lokal adalah, matematika faktor prima, faktor eksternal dari analisis swot adalah, faktor prima 1 sampai 100, faktor dari dalam yang menyebabkan mundurnya kerajaan singasari adalah, faktor prima 1 100