Faktor Pembawa Sifat Yang Diwariskan Dari Induk Kepada Keturunannya Disebut – Tahukah kamu kenapa fisik kita mirip dengan orang tua kita? Hal ini terkait dengan konsep pewarisan sifat yang akan kita pelajari pada makalah biologi kelas 9 ini. Mari kita lihat!

Pernahkah Anda membandingkan wajah Anda dengan wajah orang tua, saudara laki-laki dan perempuan Anda ketika Anda bercermin? Apakah wajahmu lebih mirip ayah atau ibumu? Jadi, apakah warna kulitmu sama dengan saudaramu?

Faktor Pembawa Sifat Yang Diwariskan Dari Induk Kepada Keturunannya Disebut

Jadi ketika Anda membandingkan wajah Anda dengan wajah orang tua atau saudara Anda, kemungkinan besar Anda akan melihat banyak kesamaan. Mengapa? Pasalnya, ciri-ciri yang Anda miliki sebenarnya ‘diwariskan’ dari orang tua Anda. Oleh karena itu, kemungkinan besar Anda mirip dengan orang tua atau saudara kandung Anda.

Pewarisan Sifat Selasa September 2021

Nah, pertama-tama yang harus kamu ketahui, setiap makhluk hidup pasti mempunyai beberapa ciri bukan? Baik sifat kasat mata maupun tak kasat mata. Wah, bagaimana menurut Anda?

Ciri-ciri yang terlihat adalah ciri-ciri fisik yang dapat diamati secara langsung, seperti warna kulit, warna mata, bentuk wajah, rambut, dan lain-lain. Sedangkan ciri-ciri yang tidak terlihat adalah ciri-ciri yang tidak dapat diamati secara langsung, misalnya golongan darah.

Nah, sifat-sifat yang terlihat dan tidak terlihat itu diwariskan dari ibu atau orang tua kepada keturunan atau anaknya. Proses pewarisan atau pewarisan sifat dari orang tua kepada keturunannya disebut hereditas atau pewarisan sifat ya. Nah, hereditas adalah salah satu bidang genetika.

Jadi, setiap makhluk hidup, termasuk Anda, berasal dari zigot. Zigot ini terbentuk ketika sperma ayah dan sel telur ibu Anda menyatu.

Hukum Mendel: Pengertian, Perbedaan, Percobaan, Dan Penyimpangan Semu Hukum Mendel

Nah, di dalam sel telur dan sperma terdapat inti sel atau inti sel yang mengandung kromosom yang berbentuk struktur seperti kumpulan benang halus yang tersusun dari banyak gen. Gen sendiri merupakan zat kimia yang berperan sebagai faktor yang mentransmisikan sifat. Oleh karena itu, gen dan kromosom berperan penting dalam mengendalikan pewarisan sifat.

Baca Juga  Aksara Dentawyanjana

Karena sel telur dan sel sperma masing-masing membawa gen atau kromosom masing-masing, ketika sel telur dan sel sperma orang tua Anda bergabung, zigot yang dihasilkan akan berisi kombinasi gen dan kromosom ayah dan ibu Anda. Dengan cara ini, sifat-sifat orang tuamu bisa diturunkan kepadamu.

Oke, jadi kita sudah tahu sedikit tentang kromosom dan gen ya. Selanjutnya kita akan membahas kedua hal tersebut dengan lebih jelas. Mari kita lihat!

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kromosom adalah struktur yang berbentuk seperti kumpulan benang halus yang berfungsi sebagai pembawa informasi genetik dari orang tua kepada keturunannya. Sel tubuh kita memiliki 23 pasang atau 46 kromosom.

Biologi Kelas X

Jadi dari 23 pasang atau 46 kromosom yang ada pada sel tubuh kita, dapat dibedakan menjadi kromosom tubuh (autosom) dan kromosom seks (gonosom).

Setiap sel dalam tubuh kita akan mempunyai pasangan kromosom yang disebut pasangan kromosom homolog, sehingga sel-sel tubuh kita bersifat diploid (2n). Namun pada gamet atau gamet, kromosomnya tidak berpasangan sehingga bersifat haploid (n).

Kromosom tubuh (autosom) berfungsi mengendalikan ciri fisik suatu organisme, namun tidak menentukan jenis kelamin. Kromosom tubuh dilambangkan dengan simbol A yang berasal dari kata autosom. Totalnya ada 22 pasang atau 44, sehingga sering ditulis 22AA atau 44A.

Kromosom seks (gonosom) berfungsi untuk menentukan jenis kelamin organisme dan ciri-ciri tertentu. Ada 1 pasang atau 2 gonosom. Pada laki-laki, gonosom terdiri dari kromosom X dan Y, sehingga sering ditulis XY.

Apa Itu Pewarisan Sifat Makhluk Hidup? Gen, Kromosom Dan Prosesnya

Sedangkan gonosom pada wanita terdiri dari sepasang kromosom X, sehingga ditulis XX. Nah, gonosom ini juga terdapat pada sel tubuh kita, tidak hanya pada gamet atau gametnya saja.

Oleh karena itu, seluruh rumus kromosom sel tubuh kita pasti mengandung autosom dan gonosom. Detailnya dapat dilihat pada tabel berikut.

Gen adalah zat kimia yang mengontrol pewarisan sifat. Jumlah gen dalam tubuh kita bisa mencapai puluhan bahkan ratusan ribu lho. Masing-masing dari mereka akan mengkodekan sifat-sifat yang berbeda dan juga memiliki rumahnya sendiri di dalam kromosom. Nah, rumah gen inilah yang disebut lokus.

Setiap gen yang mengkode suatu karakter tertentu sebenarnya masih memiliki beberapa versi yang disebut alel. Misalnya suatu gen yang mengkode warna bunga akan mempunyai dua jenis alel, atau dua jenis variasi, yaitu:

Baca Juga  Ciri-ciri Habitat Ayam

Pewarisan Sifat Pada Manusia Kelas 9

Jadi setiap pasang alel akan ditempatkan pada letak pasangan kromosom homolog yang sesuai ya. Kemudian setiap pasangan alel juga akan membentuk kombinasi genetik atau genotipe. Bersama dengan faktor lingkungan, genotipe kemudian akan menghasilkan fenotipe atau ciri yang terlihat.

Secara umum suatu gen dapat dilambangkan dengan sebuah huruf. Tepatnya, huruf kapital melambangkan alel dominan atau variasi genetik, seperti M (merah), sedangkan huruf kecil melambangkan alel resesif, seperti m (putih).

Karena suatu individu mempunyai sepasang alel, maka jika suatu gen mempunyai dua jenis alel maka dapat terbentuk 3 jenis genotipe yaitu MM, Mm dan mm. Persis seperti ini:

Baiklah, itulah penjelasan mengenai konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup. Jadi pewarisan sifat pada makhluk hidup dikendalikan oleh kromosom dan gen ya. Keduanya berperan sebagai pembawa informasi genetik dan dapat menentukan sifat keturunannya.

Mengapa Anak Bisa Mirip Dengan Orang Tuanya?

Jika Anda masih kurang puas dengan penjelasan ini, Anda bisa mengulasnya kembali melalui Ruangbelajar. Pembelajaran Anda menjadi lebih seru dengan menonton video animasi beserta latihan soal, diskusi dan ringkasan soal. Apa yang kamu tunggu? Ayo gunakan sekarang! Mewarisi ciri-ciri makhluk hidup membuat Anda terlihat seperti salah satu atau kedua orang tua Anda. Tak hanya fisik, ciri dan karakter juga bisa menurun. Bagaimana ini bisa terjadi?

, pewarisan sifat atau hereditas adalah pewarisan sifat yang diturunkan dari orang tua atau orang tua kepada anak atau keturunannya. Ciri-ciri makhluk hidup diwariskan melalui gamet jantan dan betina.

Bagian sel yang bertanggung jawab atas pewarisan sifat terdapat pada inti sel (nukleus). Di dalam inti sel terdapat kromosom yang berperan sebagai zat yang membawa sifat-sifat turun-temurun. Faktor sifat yang berperan penting dalam proses pewarisan sifat tersebut disebut gen, seperti yang tertuang dalam e-journal.

Di kemdikbud.go.id, gen adalah unit terkecil dari materi genetik dan terdapat di setiap lokus unik pada kromosom, yang terdiri dari sepotong DNA yang melalui pembentukan polipeptida menentukan karakteristik suatu individu. Jadi gen berperan penting dalam mengendalikan karakteristik individu yang diwariskan.

Pewarisan Sifat Pada Makhluk Hidup, Rangkuman Ipa Bab 3

DNA berperan sebagai pembawa informasi genetik dari satu generasi ke generasi lainnya, terdiri dari unit-unit nukleotida. Dimana nukleotida terdiri dari gugus gula deoksiribosa, gugus asam fosfat, dan basa nitrogen.

Baca Juga  Kaum Muslimin Melakukan Perang Khaibar Bertujuan Untuk

, jumlah gen bisa mencapai ratusan ribu, dan tempat letak gen pada suatu kromosom disebut lokus. Gen memiliki karakteristik yang berbeda-beda meskipun berada pada tempat yang sama. Perbedaan ciri tersebut disebabkan oleh mutasi pada gen aslinya yang disebut alel.

Sadiman, SPd, Untuk memudahkan dalam mempelajari gen, gen ditandai dengan huruf besar yang menunjukkan alel dominan, sedangkan huruf kecil menunjukkan alel resesif.

Misalnya, jika alel dominan berpasangan dengan alel resesif, alel dominan menentukan sifat-sifatnya. Ciri-ciri yang terlihat disebut fenotipe, dan susunan genetik suatu organisme, yang tidak dapat diamati dengan indra dan menentukan ciri-ciri individu, disebut genotipe.

Konsep Pewarisan Sifat Pada Makhluk Hidup

Kromosom adalah struktur yang berbentuk seperti kumpulan benang halus yang berfungsi sebagai pembawa informasi genetik dari orang tua kepada keturunannya. Terdiri dari asam nukleat yaitu DNA (asam deoksiribonukleat) dan protein sebagaimana tertuang dalam buku Jelajah Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas IX karya Sadiman, SPd.

Pada modul yang dikutip dari Sumber.belajar.kemdikbud.go.id tentang hereditas pada manusia, manusia mempunyai 46 kromosom (23 pasang kromosom). Saya mengutip dari buku tersebut

23 pasang kromosom ini dibagi berdasarkan jenis kromosomnya, terdiri dari 22 pasang kromosom tubuh (autosom) dan 1 pasang kromosom seks (gonosom).

Kromosom autosom akan menentukan ciri-ciri manusia, ciri fisik, bahkan penyakit (jika ada) pada keturunannya, seperti hemofilia dan albinisme. Sedangkan kromosom gonosom akan menentukan jenis kelamin manusia. Kromosom seks wanita diberi kode XX dan kromosom seks pria diberi kode XY.

Suplemen Pewarisan Sifat

Semua makhluk hidup yang kawin dan berkembang biak akan melalui proses peleburan sel sperma (sel jantan) dengan sel telur (sel betina). Sel telur dan sel sperma masing-masing membawa gen atau kromosomnya masing-masing. Hasil peleburan ini membentuk zigot.

Zigot yang dihasilkan mengandung kombinasi gen dan kromosom induk. Hal ini menjelaskan bagaimana sifat dan ciri fisik orang tua dapat diwariskan kepada keturunannya.

Menurut Djoko Arisworo dan Yusa, melalui penelitian pewarisan sifat dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan seperti penentuan orang tua anak, penyelesaian kasus pembunuhan dan pencegahan penyakit keturunan.

Pada mulanya tidak diketahui bahwa penyakit keturunan ditularkan dan tertular pada ras tertentu, sehingga diketahui bahwa penyakit keturunan diturunkan dari orang tua kepada anak menurut pola tertentu. Penyakit seperti buta warna, asma, hemofilia, diabetes dan albinisme.

Hereditas Pada Manusia, Pengertian, Pola Hingga Teorinya

Mendekatkan diri kepada allah disebut, orang yang beriman kepada allah disebut, menawarkan informasi dan layanan pemasaran online kepada pelanggan yang membayar biaya bulanan disebut, gaya yang timbul karena sifat elastis disebut gaya, pernyataan pernikahan dari pihak calon istri kepada calon suami disebut, sel induk sperma disebut, berserah diri kepada allah disebut, berserah diri kepada allah setelah berusaha dan berdoa disebut, sifat penyayang allah diberikan kepada orang yang, menyembah kepada selain allah disebut, sifat ar rahman diberikan kepada, faktor lingkungan yang berasal dari makhluk hidup lain disebut