Deret Homolog Alkana – Ini adalah hidrokarbon alifatik jenuh, artinya karbon-karbon rantai terbuka dan semua ikatan karbon-karbon adalah ikatan tunggal. Alkana mempunyai rumus umum CnH2n + 2 Deret Homolog (Jenis Emisi) Alkana merupakan golongan senyawa hidrokarbon yang mempunyai rumus dan sifat yang sama Hal: 2

3 C3H8 Propana 4 C4H10 BUTANA 5 C5H12 Pentana 6 C6H14 Heksana 7 C7H16 Heptana 8 C8H18 Oktan 9 C9H20 Nonana 10 C10H22 Decane Hal.: 3

Deret Homolog Alkana

Nama Senyawa : 2,4-dimetil-pentana Senyawa di atas mempunyai cabang 2 dan 4, keduanya metil, rantai induk 5 (penta) Halaman: 6

Hidrokarbon Organic Chemistry Selamat Belajar ^^.

Tentukan rantai terpanjang – rantai induk. Beri nomor yang paling dekat dengan saklar. Temukan dan beri skor. Gabungkan nomor dan nama sakelar dengan nama rantai induk, dipisahkan dengan header

Hitunglah tautan-tautan tersebut mulai dari ujung terdekat grup, tanpa menghiraukan urutan abjad, beri nomor pada posisi grup dalam rantai, letakkan grup-grup tersebut sesuai urutan abjad dengan nomor yang benar, urutkan nama lengkap, gunakan garis untuk memisahkan satu. Nomor dari “teks”. “

Untuk grup yang sama, gunakan awalan pada nama grup: dimetil, dietil, dll. Dimetil, alfabet metil, bukan dimetil, gunakan nomor untuk mengidentifikasi posisi gugus pada rantai dan memisahkan awalan: di = 2 tri = 3 tetra = 4 penta = 5

Substitusi kompleks, huruf depan nama berdasarkan abjad (1,3-dimetilbutil) = d (1,1,2-trimetilpropil) = t (1-etil-l,2-dimetil) = e

H I D R O K A R B O N Adalah Sebuah Senyawa Yang Terdiri Dari Unsur Atom Karbon (c) Dan Atom Hidrogen Contoh, Metana (gas Rawa) Adalah Hidrokarbon Dengan.

Rantai karbon terpanjang tidak ditemukan dan rantai tersebut lupa mengulangi jumlah posisi yang sama dari ujung rantai yang salah. Lupakan menggunakan tiga metode. Penggunaan “iso”, “sec” atau “tert” sebagai bagian dari induknya dikacaukan dengan kata propil/isopropil. Tuliskan namanya sehingga ada lebih dari satu kata yang salah. Tanda baca salah

Golongan Asam Anhidrida -Enoat Anhidrida Asam Klorida -Enil Klorida Asam Karbonat -Asam Enoat Karbo-Nitril -Nitril Siano-Ester-Anoid Karbo-Amida -Enamida Amido-aldehida -Enal Oksida-Keton-Anon Oksida. Dialkil Eter Alkoksi- Amino-Amino Amino-

Baca Juga  Banyak Sisi Pada Tabung Adalah

Alkana adalah komponen utama gas alam dan minyak. Alkana digunakan sebagai bahan bakar dalam kehidupan sehari-hari, seperti LPG, minyak tanah, bensin, pelarut solar digunakan untuk berbagai hidrokarbon, seperti standar minyak bumi dan sumber hidrogen minyak bumi, seperti pelumas industri amonia dan pupuk, bahan baku alkana tinggi. Untuk senyawa organik lainnya, seperti alkohol sintetik, cuka, dll. Bahan baku industri, seperti plastik, deterjen, karet sintetis, minyak rambut, kaset, dll. Alkana dibentuk dengan halogen, seperti metil klorida, kloroform, dan karbon tetraklorida, yang berguna sebagai pelarut. Halaman: 37

38 Pertanyaan 1 Pilihlah nama IUPAC yang benar untuk senyawa di sebelah kanan. A) 3, 3-dietil-2, 2, 4, 4-tetrametilpentana B) 3, 3-dimetil-2, 2, 4, 4-tetrametilpentana C) 3, 3-dietil-3-tert-butil-2, 2)

Modul 2 Kimia X

39 Pertanyaan 2 Pilihlah nama IUPAC yang benar untuk senyawa yang ditunjukkan di sini. A) 3-Etil-8-metil-7-propilonana B) 7-Etil-2-metil-3-propilonana C) 3-Etil-7-isobutildekana D) 3-Etil-7-4-Isopropilkana

Kami mencatat dan membagikan data pengguna dengan pemroses untuk penggunaan situs web ini. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie kami. Memahami senyawa alkana sangatlah penting. Senyawa alkana sebenarnya diartikan sebagai senyawa kimia dengan kandungan kecil. Oleh karena itu, jika Anda pernah mempelajari ilmu kimia pasti sudah tidak asing lagi dengan senyawa alkana.

Memahami senyawa alkana ini penting untuk pemahaman kimia Anda yang lebih baik. Senyawa ini disebut juga parafin, yang mengandung karbon dan hidrogen.

Saat mempelajari kimia pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah alkana. Sebenarnya alkana merupakan salah satu jenis senyawa hidrokarbon.

Berikut Ini Yang Termasuk Anggota Deret Homolog Alkana Adalah ….a. C3h6b. C5h10c. C4h6d.

Alkana adalah sejenis hidrokarbon tak jenuh. Hidrokarbon tak jenuh berarti tidak ada rantai karbon yang terikat satu sama lain.

Memahami alkana merupakan suatu tanggung jawab ketika mempelajari kimia. Sekadar informasi, terdapat juga senyawa hidrokarbon tak jenuh antara lain alkuna dan alkana.

Alkana merupakan golongan senyawa hidrokarbon yang terdiri dari ikatan tunggal dan rantai karbon panjang. Hidrokarbon adalah unsur atom yang tersusun dari hidrogen dan karbon.

Seperti dijelaskan di atas, alkana hanya memiliki satu ikatan. Hal ini berbeda dengan alkuna dan alkana yang mempunyai ikatan rangkap dua dan rangkap tiga.

Solution: Screenshot 20230808 193316

Alkana ini mempunyai ikatan karbon kovalen dalam jumlah terbatas. Oleh karena itu disebut hidrokarbon yang mengandung kandungan tak jenuh.

Menurut definisi senyawa alkana, ikatan tunggalnya pada akhirnya menghubungkan partikel atom yang berdekatan. Jadi juga membentuk lingkaran segitiga dan sigma.

Baca Juga  Batas Laut Sumatera

Dari definisinya, alkana dapat dikatakan sebagai senyawa hidrokarbon yang paling sederhana. Karena alkana hanya mempunyai satu ikatan.

Untuk lebih memahami pengertian senyawa alkana, sebaiknya anda juga mengetahui sifat-sifatnya. Ciri utama senyawa kimia ini adalah kejenuhannya.

Diantara Senyawa Berikut :1. C4h8 2. C5h12 3. C6h12 4. C4

Artinya senyawa alkana ini tidak memiliki ikatan rangkap antar atom karbon seperti propana (C3H8) dan heksadekana (C6H14).

Karena alkana jenuh dan semua ikatannya terikat sempurna, hidrokarbon ini merupakan senyawa yang kurang efektif dan disebut parafin.

Karakteristik ini berarti gabungan data dan daya respons sangat rendah. Semakin panjang rantai karbon, semakin lambat reaksinya.

Selain itu, sifat kimia alkana adalah inert terhadap asam, basa, zat pengoksidasi, dan zat pereduksi. Alkana hanya mengalami reaksi substitusi seperti nitrasi, sulfonasi, dan halogenasi.

Pengertian Alkena Dan Deret Homolognya 0

Alkana memiliki rangkaian homolog lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa setiap anggota deret CH2 bertambah dari anggota ke anggota. Rangkaian senyawa karbon tersebut kemudian membentuk deret homolog.

Contoh alkana dalam kehidupan ini sangat sedikit. Dengan memahami pengertian senyawa alkana, Anda dapat mempelajarinya dengan lebih baik. (R10/HR-Online) Alkana merupakan senyawa kimia yang termasuk dalam golongan hidrokarbon. Kegunaannya banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti alkohol pada hand sanitizer, eter sebagai pelarut, dan aseton sebagai penghapus cat kuku.

Alkana merupakan kelompok senyawa hidrokarbon alifatik yang berbahan dasar atom karbon (C) tanpa cincin benzena jenuh dan tidak jenuh. Senyawa ini memiliki rantai karbon paling sederhana dibandingkan golongan lain, seperti alkuna dan alkuna. Senyawa ini melimpah di lingkungan alam. Pemanfaatannya sangat dekat dengan aktivitas kita sehari-hari, seperti gas LPG, bensin, gas alam dan pelumas mengandung metana dan etana yang merupakan senyawa alkana. Lihat artikel di bawah untuk informasi lebih lanjut tentang senyawa alkana!

Alkana adalah senyawa hidrokarbon yang tidak mengandung ikatan rangkap. Ikatan diagonal membuat senyawa tersebut menjadi hidrokarbon jenuh karena setiap atom karbon terikat pada empat atom lainnya. Alkana merupakan kelompok senyawa hidrokarbon alifatik jenuh.

Senyawa Di Bawah Ini Yang Merupakan Anggota Deret Homolog

Senyawa ini mengandung 3 atau lebih atom karbon yang tersusun dalam berbagai cara untuk membentuk isomer struktural yang berbeda. Isomer paling sederhana adalah ketika atom karbon dihubungkan dalam suatu rantai tanpa percabangan. Isomer ini disebut n-isomer (n = “normal”).

Alkana mempunyai deret yang disebut homologi. Deret ini menunjukkan bahwa CH2 meningkat dari setiap anggota ke anggota berikutnya. Deret senyawa karbon ini dikenal dengan deret homolog (deret homolog alkana) dengan sifat-sifat sebagai berikut:

Baca Juga  Gerakan Menerima Dan Menguasai Bola Disebut

Alkohol mengandung banyak turunan seperti etanol, metanol, etilen glikol dan gliserin. Jenis alkohol yang paling umum digunakan adalah etanol sebagai bahan bakunya

Sementara itu, metanol digunakan sebagai bahan campuran bensin dan formalin serta dalam pembuatan polimer plastik. Etilen glikol bertindak sebagai antibeku yang digunakan untuk radiator mobil. Gliserin digunakan untuk membuat obat-obatan, kosmetik dan tinta.

Lembar Kerja Siswa Tata Nama Senyawa Alkana

Zat ini mempunyai banyak fungsi dalam industri rumah tangga sebagai minyak, lemak, lilin, pewangi, resin dan pelarut cat. Dalam dunia farmasi dan medis, eter digunakan sebagai bahan baku pembiusan dan sebagai bahan penting dalam pembuatan morfin pereda nyeri. Dalam industri, eter digunakan sebagai cairan starter untuk mesin diesel dan bensin pada cuaca dingin dan sebagai penstabil bensin untuk meningkatkan konsentrasi oktan dan mengurangi polusi.

Bentuk aldehida yang paling umum adalah formaldehida, yaitu gas dengan larutan 37% dalam air, sering disebut formalin. Senyawa tersebut mengawetkan tubuh dan bertindak sebagai antiseptik atau desinfektan.

Keton, sering disebut senyawa aseton, berperan sebagai penghapus cat kuku. Selain itu, zat ini digunakan sebagai pelarut dalam industri kimia, serta untuk mencegah degradasi cepat bahan pewangi dan cat.

Asam karbonat digunakan sebagai penyedap dan basa cuka melalui asam asetat. Kelompok asam karboksilat merupakan asam pahit dan digunakan dalam pembuatan karet, parfum dan cat. Golongan lainnya adalah asam metanoat, yang berperan sebagai pengikat pada cat, pestisida, parfum, obat-obatan, plastik, dan resin.

Sebutkan Yang Termasuk Anggota Deret Homolog Alkana!

Ester digunakan sebagai ekstrak atau bahan penyedap pada makanan dan minuman. Ester seperti aspirin dan metil salisilat umumnya digunakan sebagai pereda nyeri dan agen anti inflamasi. Selain itu, zat ini juga menjadi bahan utama pembuatan sabun dan mentega.

Alkana merupakan hidrokarbon alifatik dengan sifat jenuh. Kombinasi ini sering kita rasakan di sekitar kita dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari sektor rumah tangga, industri, hingga farmasi.

Solar Industries menawarkan pembelian produk Bio Solar B30 bebas subsidi dan layanan bunkering resmi Pertamina. Buat penawaran sekarang.

Jika Anda tertarik dengan penawaran kami, segera hubungi kami dengan permintaan Anda untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai produk perusahaan. Tahukah anda apa itu alkana? Mari kita pelajari dasar-dasar alkuna bersama-sama

Tolong Lengkapi Tabel Berikut Yang Berhubungan Dengan 3 Deret Homolog Hidrokarbon

Kromosom homolog, aplikasi deret, organ homolog, deret homolog, penamaan alkana, homolog analog, pengertian kromosom homolog, alkana, mobil deret, deret, pengertian homolog, hidrokarbon alkana