Dasanamane Rembulan Yaiku – Dalam hal ini, mari kita belajar tentang sinonim. Apa sinonimnya? Ya, sinonim termasuk dalam ruang lingkup paramasastra bahasa Jawa. Paramasastra adalah ilmu yang mempelajari huruf, huruf, kata dan kalimat. Mari belajar bersama dan bersenang-senang!

Jadi menurut pemahaman linguistik, sinonim adalah sepuluh kata benda. Namun dilihat dari sinonimnya, tidak ada satu, bukan dua, melainkan sepuluh nama atau lebih. Persamaan kata dalam bahasa Indonesia disebut sinonim atau antonim.

Dasanamane Rembulan Yaiku

Dalam sastra Jawa, sinonim tidak hanya mengacu pada satu kata yang merujuk pada banyak orang, tetapi juga lebih dari satu kata. Berikut adalah contoh penggunaan sinonim dalam lagu Maccabett.

Apa Dasanamane Rembulan, Srengenge, Gunung, Langit, Dan Angin

Sekel, Kendrick, Manguyu, Jejangan, Endang, Puthut, Wasi mempunyai arti yang hampir sama. Semua kata adalah murid atau murid pendeta.

Praja duduk di singgasana Nagamartha. Dilihat dari kesepuluh nama tersebut, rupanya Sang Sri Naranathar mempunyai banyak julukan di Nagamartha, Sri Maha Prabhu Bundadeva, Am Dharmakusuma, Yudhisthira, Am Dwijaganga, Gunatalikaram, Am Sang Ajanasatru. Ayah Narendra berbudi luhur, santun, dicintai para dewa dan dipuja oleh ratu. Tinggi dan rendah adalah satu dan sama.

Sekian pembahasan mengenai sinonim, bermanfaat bagi kita semua. Kami akan terus menjaga bahasa dan sastra Jawa sebagai warisan tradisional bangsa. (*)

Pankit Ermanuddin adalah penulis blog Bahri Sasana Vidya Guru. Blog ini merupakan media web log yang berisi pembahasan ringan seputar pendidikan dan kebudayaan.

Soal Pts Bahasa Jawa Kelas 5 Semester 1

Rembulan, beskap yaiku, cerkak yaiku, geguritan yaiku, wewaler yaiku, yaiku, sage yaiku, sanepa yaiku, atela yaiku, dasanamane rahayu, wangsalan yaiku, kebaya yaiku

Baca Juga  Yang Bukan Termasuk Tujuan Khusus Budidaya Satwa Harapan Adalah