Dalil Tentang Syaja’ah – Syaja’ah secara etimologi berarti berani. Padahal arti syaja’ah menurut kamus bahasa arab adalah keberaniaan atau keberanian. Kebalikan dari shaja’ah adalah al-jubn, yang berarti pengecut.

Setiap muslim harus memiliki sifat syaja’ah atau berani membela dan membela kebenaran agar tidak menjadi muslim pengecut.

Dalil Tentang Syaja’ah

Karena Islam tidak menyukai orang-orang pengecut yang tidak berani berdiri dan membela yang benar.

Bahan Ajar Syaja’ah

Jadi maksud dari hadits di atas adalah kita dianjurkan untuk berani berbicara kebenaran walaupun itu sangat sulit dan menyakitkan karena setiap kali kita memperjuangkan kebenaran pasti akan banyak rintangan sehingga kita dianjurkan. Mereka bersifat syaja’ah.

Artinya: “Jangan lemah dan jangan bersedih, sekalipun kamu orang yang paling tinggi, jika kamu seorang mukmin.”

Syaja’ah nafsiyyah adalah keberanian menghadapi bahaya dan keberanian mempertahankan, seperti berani membenarkan yang benar dan mengingat yang salah, berani mempertahankan kemurnian agama dan kehormatan bangsa dan sebagainya.

Setiap muslim yang selalu menjaga akhlak syajah akan menjadi orang yang bisa mencapai kemajuan, mudah diserang kesulitan dan perasaan tidak berdaya (ini akan memberi lebih percaya diri), kreatif dan produktif serta hidupnya tenteram.

Penilaian Harian Kelas Xi Ke 3 Syaja’ah Pertanyaan & Jawaban Untuk Kuis Dan Lembar Soal

Hal itu disebutkan dalam Al-Qur’an dalam surat Al Kahfi ayat 32-44. Kisah ini tentang seorang tukang kebun yang dibutakan oleh kesenangan dunia…

Dalil tentang nabi isa, dalil tentang keadilan, dalil tentang bid ah hasanah, hikmah syaja ah, syaja ah, dalil tentang guru, dalil tentang nikah mut ah, dalil tentang asmaul husna, dalil tentang bid ah, dalil syaja ah, dalil tentang kesehatan, dalil tentang khitan

Baca Juga  Latihan 1.3 Pembagian Pada Perpangkatan