Dalam Rangka Memupuk Sifat Kejujuran Kita Perlu Menghindari Sikap – Demak (27.07.22), KPK merilis sembilan nilai integritas untuk mencegah tindak pidana korupsi. Kesembilan nilai tersebut adalah kejujuran, kepedulian, kemandirian, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, kesopanan, keberanian dan keadilan. Diantara kesembilan nilai tersebut diambil satu nilai yang masih menjadi permasalahan dalam dunia akademis yaitu nilai Integritas.

Kejujuran merupakan sikap dan perilaku yang menunjukkan kesatuan pengetahuan, perkataan dan tindakan. Integritas adalah mengetahui apa yang benar, mengatakan dan melakukan apa yang benar. Namun seiring berjalannya waktu, loyalitas tersebut semakin memudar dan masyarakat, khususnya siswa sekolah dasar, seringkali mengabaikannya.

Dalam Rangka Memupuk Sifat Kejujuran Kita Perlu Menghindari Sikap

Berdasarkan hasil penelitian lapangan yang dilakukan di Kecamatan Bintoro ditemukan bahwa masih banyak siswa SD yang menyontek dalam ujian, mengabaikan kejujuran dan tidak mau mengakui kesalahannya. Jika perilaku ini tidak dicegah maka akan tumbuh generasi yang tidak jujur ​​dan akan lahir generasi yang korup. Untuk mencegah hal tersebut, siswa Kelompok 2 Desa Bintoro melaksanakan program kepada anak-anak Desa Bintoro RW 03 yaitu Metode Pengajaran Pentingnya Kejujuran untuk Melahirkan Generasi Anti Korupsi melalui permainan mini drama.

Dalam Rangka Memupuk Sifat Kejujuran Kita Perlu Menghindari Sikap

Metode pengajaran diawali dengan menjelaskan 9 nilai integritas melawan korupsi dan pentingnya integritas di lingkungan sekolah. Selanjutnya dilakukan drama kecil-kecilan (role play) sebagai orang jujur ​​di sekolah, masyarakat, dan keluarga.

Acara ini diikuti oleh 38 siswa kelas 6 SDN Bintoro 9. Siswa yang berperan aktif dalam pembelajaran ini akan mendapatkan reward berupa jajanan sehat dan stiker “Jujur dan Berani Menjadi Hebat”. Kegiatan ini dimulai pukul 10.00 – 11.30 WIB. Usai kegiatan pembelajaran, jajanan sehat dan poster tentang pentingnya kejujuran dibagikan kepada seluruh siswa agar siswa dapat mengamalkan kejujuran dengan baik. Di akhir kegiatan pembelajaran ini, kami berharap masyarakat dapat memberikan informasi dan edukasi tentang pentingnya integritas dalam rangka pencegahan dini antikorupsi di Desa Bintoro Demak. Salah satu sikap terpenting dalam mengasuh anak adalah kejujuran. Kejujuran adalah kunci terpenting dalam membangun hubungan saling percaya dengan orang lain. Namun, untuk mengembangkan kejujuran, kita juga harus menghindari sikap yang melemahkan integritas kita. Artikel ini membahas berbagai sikap yang harus dihindari guna mengembangkan loyalitas.

Baca Juga  Hasil Renungan

Salah satu sikap yang menghindari memupuk kejujuran adalah menyembunyikan kebenaran. Banyak orang yang cenderung menyembunyikan kebenaran jika merasa kebenaran tersebut akan merugikan atau merugikan orang lain. Namun, menyembunyikan kebenaran hanya akan memperburuk situasi dan menghancurkan hubungan dengan orang lain. Di sisi lain, mengkomunikasikan kebenaran dengan cara yang ramah dan sopan, meskipun sulit, akan meningkatkan kepercayaan dan rasa hormat terhadap orang lain.

Sikap lain yang perlu dihindari dalam mengembangkan integritas adalah menyalahkan orang lain. Ketika kita melakukan kesalahan, lebih mudah menyalahkan orang lain dibandingkan mengakui kesalahan diri sendiri. Namun, hal ini membuat kita kehilangan integritas dan kejujuran. Sebaliknya, menerima tanggung jawab atas kesalahan yang kita perbuat merupakan langkah awal dalam menumbuhkan sikap perbaikan diri dan integritas.

Uh 1 Pai Kelas Xi

Sikap lain yang harus dihindari adalah menyembunyikan kebenaran dengan alasan palsu. Terkadang kita menggunakan alasan palsu untuk menyembunyikan kebenaran yang sebenarnya. Misalnya, saat kita terlambat berangkat kerja, kita lebih memilih menyalahkan kemacetan atau alasan lain daripada mengakui kesalahan kita. Itu hanya merusak reputasi kita dan membuat kita kehilangan kepercayaan orang lain. Sebaliknya, mengakui kesalahan tanpa alasan yang salah justru merupakan tindakan yang memupuk keutamaan kejujuran.

Sikap lain yang harus dihindari dalam memupuk kejujuran adalah penipuan dan penyembunyian informasi. Penipuan dan penyembunyian informasi dapat merusak hubungan dengan orang lain dan menghancurkan kepercayaan. Dalam hubungan apa pun, baik pribadi, profesional, atau bisnis, kejujuran dalam komunikasi sangat penting. Ini adalah dasar dari hubungan yang sehat dan saling percaya.

Cara pencegahan yang terakhir adalah dengan menggunakan kebohongan. Terkadang kita berbohong demi keuntungan pribadi. Misalnya, mempromosikan atasan Anda atau menipu pelanggan agar membeli produk yang tidak memenuhi persyaratan kita. Menggunakan kebohongan tidak hanya merugikan orang lain, tapi juga merugikan diri sendiri dalam jangka panjang. Di sisi lain, berkomitmen untuk selalu jujur ​​mempunyai manfaat jangka panjang dalam membangun reputasi dan hubungan yang baik.

Baca Juga  Manfaat Bergabung Dalam Kelompok Bernyanyi Adalah

Untuk mengembangkan integritas, kita harus menghindari sikap-sikap yang melemahkan integritas kita. Kejujuran adalah kunci terpenting dalam membangun hubungan saling percaya dengan orang lain. Kita dapat memperkuat integritas kita dengan menghindari sikap-sikap seperti menyembunyikan kebenaran, menyalahkan orang lain, menutupi kebenaran dengan kepura-puraan, menipu dan menyembunyikan informasi, serta menggunakan kebohongan. Kami berharap artikel ini dapat membantu pembaca memahami betapa pentingnya menghindari sikap-sikap tersebut guna mengembangkan integritas.

Akidah Akhlak Mts Kelas 8

Situs berita dan informasi terkini hari ini. Kami menawarkan berita dan informasi teknologi terkini.