Contoh Pendekatan Kompleks Wilayah – Mas Pur Follow adalah seorang freelancer yang senang berbagi informasi tidak hanya untuk kelompok mayoritas tetapi juga kelompok minoritas. Tertawa terbahak-bahak!

Pendekatan spasial digunakan untuk mempelajari peristiwa global berdasarkan lokasi terjadinya. Pendekatan spasial Disebut juga pendekatan spasial, kajian pendekatan spasial berfokus pada perbedaan karakteristik antar wilayah.

Contoh Pendekatan Kompleks Wilayah

Perbedaan karakteristik antar wilayah dapat dikaji berdasarkan karakteristik penting seperti pola struktur dan proses. Pola spasial berkaitan dengan sebaran kenampakan berupa titik, garis atau bidang beserta fungsinya. Pendekatan spasial dapat dikaji melalui objek-objek aktivitas manusia dan karakteristik wilayah atau wilayah.

Contoh Soal Geografi Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya

Contoh: Indonesia merupakan daerah yang dekat dengan pertemuan lempeng tektonik, sehingga resiko terjadinya gempa bumi di Indonesia sangat tinggi. Dari sudut pandang ini suatu permasalahan dapat dianalisis dengan menanyakan apa, kapan, dimana, mengapa, siapa dan bagaimana.

Pendekatan lingkungan disebut juga pendekatan ekologi. Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme hidup dan lingkungan. Interaksi ini membentuk sistem keuangan yang disebut ekosistem. Interaksi makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan dengan lingkungannya dipelajari melalui pendekatan lingkungan. Pendekatan ini digunakan untuk mengetahui hubungan antara suatu makhluk hidup dengan habitatnya.

Contoh: Penebangan hutan di wilayah Cianjur Jawa Barat mengakibatkan tanah longsor. Banyak sawah dan ladang pertanian yang rusak, serta banyak hewan ternak dan hewan peliharaan yang mati.

Pendekatan regional atau kompleks regional merupakan gabungan dari dua hal, yaitu pendekatan spasial dan lingkungan. Pendekatan ini mengkaji suatu permasalahan dengan menggabungkan perspektif spasial dan lingkungan. Pendekatan ini didasarkan pada pengertian diferensiasi sektoral, yaitu perbedaan karakteristik masing-masing sektor.

Soal Ulangan Harian 1 Geografi 2021 Kelas X Online Exercise For

Setiap daerah mempunyai ciri khas tersendiri yang mendorong terjadinya interaksi antar daerah. Salah satu ciri penggunaan pendekatan ini adalah klasifikasi dalam analisis. Saat menerapkan pendekatan ini, misalnya untuk melakukan perencanaan perumahan atau kawasan relokasi.

Contoh: Lahan pertanian semakin sempit karena keadaan Pulau Jawa yang padat penduduk, sedangkan Pulau Sumatera masih mempunyai lahan pertanian yang luas karena jumlah penduduk yang relatif sedikit sehingga mengakibatkan terjadinya migrasi penduduk dari Pulau Jawa. Sumatra.

Baca Juga  Tulis Tilu Contoh Kecap Rajekan Trilingga

Pendekatan subjek merupakan pendekatan yang menekankan berbagai topik tentang ciri-ciri dan permasalahan dalam kajian geografi, misalnya topik-topik seperti bencana alam dan kondisi sosial. Contoh pendekatan subjek adalah sebagai berikut.

Pendekatan aktivitas manusia merupakan pendekatan yang menggambarkan berbagai aktivitas manusia atau aktivitas kependudukan. Aktivitas kependudukan terungkap dari sebaran, keterkaitan, dan ciri-ciri lain yang berkaitan dengan seluruh aktivitas manusia.

Agroekosistem: Pengertian, Komponen, Contoh, Hingga Pengaplikasiannya! (2022)

Pendekatan regional merupakan suatu pendekatan untuk mempelajari suatu karakteristik atau permasalahan suatu wilayah sesuai dengan wilayah dimana permasalahan tersebut tersebar. Pendekatan ini menekankan daerah sebagai tempat terjadinya suatu gejala atau peristiwa.

Demikianlah penjelasan singkat beberapa contoh pendekatan mulai dari pendekatan spasial, lingkungan, kompleks regional, dll. Demikianlah artikel yang dapat dibagikan mengenai mahasiswa geografi dan semoga bermanfaat. 2 Penelitian Suatu proses pengumpulan data secara sistematis dan analisis logis atas informasi (data) untuk tujuan tertentu. Atau suatu kegiatan berpikir ilmiah yang secara sistematis mengacu pada kaidah metodologi penelitian.

3 Berpikir ilmiah adalah tindakan berpikir cerdas yang mengungkapkan gambaran gagasan secara menyeluruh berdasarkan pengujian terencana dan sistematis serta data faktual dan verifikasi.

5 Penelitian Geografi Kegiatan ilmiah yang secara sistematis memecahkan permasalahan di permukaan bumi meliputi bidang-bidang seperti penelitian analisis.

Langkah Penelitian Geografi

6 Penelitian geografi Ciri-ciri geografi Penelitian menggunakan konsep, teori, dan pendekatan geografi untuk menurunkan permasalahan penelitian yang berkaitan dengan fenomena alam dan sosial serta memecahkan permasalahan dari sudut pandang spasial, regional, dan lingkungan.

9 Fenomena Litosfer Lapisan terluar kerak bumi tersusun dari batuan. Benda Fisik  Semua fenomena fisik/geografis yang terjadi pada lapisan ini. Bentuk materi  Macam-macam batuan, jenis dan ketinggiannya, gunung-gunung, luas daratan dengan proses pembentukannya yang berbeda-beda. Bentuk peristiwa dan ciri geografis  gempa bumi, pergerakan lempeng tektonik, letusan gunung berapi, tanah longsor.

10 Fenomena atmosfer Semua lapisan udara yang mengelilingi bumi. Bentuk materi  Awan, udara dan penyusunnya Bentuk materi dan material Fenomena dan ciri geografis  Perubahan unsur cuaca

11 Fenomena biosfer Seluruh lapisan kehidupan di bumi kecuali manusia, berupa flora dan fauna, bentuk materi bentuk flora dan fauna, fenomena dan gejala, sebaran geografi dan habitat (kondisi spasial yang mendukungnya)

Pendekatan Keruangan 01

12 Fenomena Hidrosfer Sebagian permukaan bumi berupa lapisan air (baik padat, cair, dan gas). Bentuk materi Air, es, uap (gas) Bentuk gejala dan ciri geografis: pasang surut air laut, arus laut, arus sungai, pergerakan air tanah, aliran air permukaan, dll.

13 fenomena antroposfer lapisan kehidupan manusia di luar angkasa. Sifat materi Kehidupan biologis (kelahiran dan kematian) Jenis fenomena dan ciri geografis: kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dll.

Baca Juga  Berikut Ini Yang Bukan Termasuk Bentuk Reklame Adalah

Mencakup aspek demografi (studi tentang kependudukan, mentalitas, kebiasaan, kualitas hidup, hubungan antar individu) dan aspek spasial (pola pemukiman penduduk) yang berkaitan dengan struktur dan proses kependudukan di suatu wilayah tertentu pada waktu tertentu.

Untuk menghubungkan karakteristik dan permasalahan manusia dengan lingkungan tempat kehidupan berlangsung. Misalnya: erosi, banjir, pencemaran, kekeringan, dan lain-lain. Tujuan kajian lingkungan dan sumber daya adalah untuk mencari alternatif pemecahan masalah yang timbul di lingkungan dan merencanakan cara hidup yang lebih baik.

Pendekatan Globalisasi Beserta Penjelasan Dan Contohnya

Mencakup ciri-ciri yang terjadi dalam masyarakat dan disebabkan oleh keadaan, peristiwa, dan tingkah laku manusia sebagai makhluk sosial. Contoh: Pengangguran, kejahatan, kejahatan, kemacetan lalu lintas, dll. Melalui kajian geografi, permasalahan sosial dipelajari dengan menggunakan prinsip-prinsip dasar geografi, sehingga dapat diperoleh persamaan, perbedaan dan keunikan permasalahan sosial di daerah yang bersangkutan.

Kajian sistem spasial dalam pertanian didasarkan pada hasil keterkaitan, keterhubungan dan interaksi antara komponen subsistem fisik (iklim, lapisan tanah, curah hujan, dan lain-lain) dengan subsistem manusia (tradisi, teknologi, status sosial ekonomi, dan lain-lain). Sektor industri: Interaksi antara subsistem fisik (bahan mentah, sumber energi, dll) dan subsistem manusia (penerapan teknologi tepat guna dan menentukan perkembangan sektor industri di masa depan)

Dapat mengungkap penyebaran (difusi atau difusi) informasi, budaya, penyakit, keadaan pembangunan di suatu daerah. Singkatnya, mengurangi jarak di permukaan bumi yang pada akhirnya dapat meningkatkan potensi eksplorasi dan pengembangan suatu daerah.

21 Pendekatan spasial berfokus pada aspek keruangan. Dasar-dasar perbedaan situasional (perbedaan struktur, pola dan proses). Struktur spasial  Unsur-unsur penyusun ruang  Adanya titik, garis, luas Pola spasial  Sebaran ketiga unsur di atas  Membentuk pola seperti memanjang, radial dsb.

Pendekatan Kompleks Wilayah

22 Metode mata pelajaran Analisis permasalahan/fenomena geografis dari mata pelajaran tertentu yang menjadi fokus. Contoh : Penyebaran penyakit di suatu daerah dipelajari : Penyebab timbulnya penyakit. Media penyebaran penyakit. Proses penyebaran penyakit. Intensitas penyakit. Hubungan penyakit dengan gejala di sekitarnya.

23 Metode aktivitas Analisis fenomena geografis dari berbagai aktivitas yang terjadi. Contoh: Hubungan antara jenis penduduk dan pola sebaran serta keterkaitannya dengan peristiwa global saat ini.

24 Pendekatan regional membahas fenomena geografis dan berfokus pada wilayah di mana ciri-ciri tersebut terdapat. Analisis, Soal  5W 1 H Apa  mengetahui jenis peristiwa yang terjadi Kapan  waktu terjadinya Dimana  tempat terjadinya Siapa  pelaku yang menyebabkan peristiwa Bagaimana  proses terjadinya peristiwa tersebut terjadi

Hal ini bertujuan pada hubungan antara manusia sebagai makhluk hidup dengan lingkungan alamnya, yang juga dikaitkan dengan peristiwa terkini dan perilaku manusia. Contoh kasus: Kebiasaan buruk masyarakat Jakarta yang sembarangan membuang sampah ke sungai membuat banjir di Jakarta semakin parah, terutama saat musim hujan.

Baca Juga  Jenis Energi Yang Digunakan Saat Meniup Seruling Adalah

Manajemen Pendekatan Keluarga Di Puskesmas

Kombinasi analisis spasial dan analisis ekologi  diferensiasi kawasan  mendorong suatu kawasan berinteraksi dengan kawasan lainnya. Contoh: Program transfer pemerataan penduduk di Jakarta sering terkena dampak banjir karena sungai tidak mampu menampung jumlah air hujan dan lahan di DAS Ciliwung mulai dari hulu (Bogor), tengah (Depok), hilir (Jakarta) Ganti guna.

28 Metode deskriptif menggambarkan dan menjelaskan peristiwa-peristiwa yang terjadi di muka bumi. Tujuan  Untuk menggambarkan/menjelaskan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada saat penelitian.

29 Metode studi kasus Penelitian yang intensif, terpadu dan menyeluruh. Digunakan untuk properti tertentu dengan menyatakan kasus tertentu.

30 Tujuan metode survei adalah untuk mengumpulkan data (variabel, entitas/individu) pada satu titik waktu, sampel yang lebih besar menggambarkan situasi saat ini untuk memahami opini/reaksi masyarakat secara umum/

Perhatikan Gambar Berikut! Jelaskan Pengguna

Melakukan kegiatan eksperimen untuk memperoleh hasil  Korelasi penelitian lapangan dan laboratorium  Membandingkan variabel-variabel penelitian dalam suatu penelitian yang satu dengan yang lain

33 Metode ex post facto Untuk mengamati dan mempelajari hubungan antara dua variabel atau lebih  Variabel yang diteliti sudah terjadi  Peneliti tidak perlu memanipulasi/mengobati variabel independen

35 Observasi lapangan Pengamatan sistematis dan pencatatan objek penelitian secara langsung  teknik pengumpulan data yang paling menonjol

36 Wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi lebih/mendalam dari sekedar observasi  Ajukan pertanyaan langsung secara verbal (formal atau informal) Wawancara terstruktur  Buatlah daftar pertanyaan, terkadang dengan alternatif jawaban Wawancara tidak terstruktur  Gabungan wawancara terstruktur dan tidak terstruktur tanpa menyusun daftar pertanyaan Terstruktur  Kombinasi terstruktur dan tidak terstruktur untuk analisis mendalam untuk mendapatkan data penelitian

Kunci Jawaban Lengkap Lembar Aktivitas 1 Bab 4 Kurikulum Merdeka Ips Kelas X Halaman 227 228

38 Dokumentasi Studi Dokumentasi Metode Studi/Dokumentasi Pencarian data/variabel berupa catatan, buku, majalah, surat kabar, dan lain-lain.  Periksa materi tertulis, video, dan catatan.

Analisis Data  Kegiatan mengatur, mengurutkan, mengelompokkan, memberi kode/menandai dan mengklasifikasikan kegiatan untuk mendapatkan hasil berdasarkan masalah yang ingin dijawab.

Pemilihan reduksi data mengacu pada apakah data tersebut relevan dengan tujuan penelitian. Melihat keseluruhan gambar atau bagian dari keseluruhan gambar. Klasifikasi dan penyajian data menurut pokok permasalahan dengan menggunakan matriks, bagan atau grafik Tampilan data, membandingkan kesesuaian pernyataan topik penelitian dengan makna yang melekat pada konsep dasar penelitian. Akan lebih akurat dan obyektif untuk memantau kesesuaian data dalam konsep. Kesimpulan dan verifikasi

43 Memahami data kuantitatif, mengelompokkan, merangkum data menjadi sesuatu yang ringkas dan mudah dipahami dengan pola umum yang direpresentasikan dalam simbol statistik.

Buatlah Pernyataan Berdasarkan Tiga Pendekatan Geografi Dari Contoh Kasus

Pilih atau urutkan data sehingga hanya data bekas yang tersisa. Atur informasi agar bersih dan pemrosesan lebih lanjut dapat dilakukan dengan mudah. Skor item persiapan

Contoh makanan karbohidrat kompleks, contoh ion kompleks, contoh senyawa kompleks, kompleks wilayah, contoh kalimat kompleks, contoh vitamin b kompleks di apotik, contoh bilangan kompleks, contoh vitamin b kompleks, contoh pendekatan, teks prosedur kompleks contoh, contoh vit b kompleks, contoh wilayah