Cara Menggunakan Jitsi Meet – Berbicara tentang kegiatan belajar dirumah, kini muncul salah satu aplikasi yang digadang-gadangkan sebagai pesaing dari Google Meet dan Zoom. Aplikasi tersebut mempunyai fungsi yang sama hanya fitur-fiturnya saja yang mungkin berbeda.

Seperti yang telah kalian ketahui tidak hanya Ms. Teams dan Webex saja yang dapat kalian gunakan, namun kalian juga bisa mencoba salah satu alternatif lain yakni dengan menggunakan aplikasi Jitsi Meet. Lalu apa itu aplikasi Jitsi Meet? Oleh karena itu kita bahas lebih dalam lagi tentang aplikasi ini.

Apa itu Aplikasi Jitsi Meet?

Jitsi Meet merupakan sebuah aplikasi video conference sama seperti halnya dengan Zoom dan Google Meet. Dimana jika kalian ingin menggunakan aplikasi ini kalian tidak perlu lagi membuat akun dan lain sebagainya, sehingga kalian tidak usah khawatir dengan keamanan yang mungkin dapat bocor tentang informasi diri kalian.

Karena banyak sebagian orang yang mengklaim bahwa aplikasi Zoom tidak aman untuk kalian gunakan, oleh karena itu kami rekomendasikan kalian untuk menggunakan aplikasi Jitsi Meet ini.

Dan di pembahasan kali ini, kami akan memberikan panduan tentang aplikasi jitsi meet, dan lebih tepatnya cara menggunakan Jitsi Meet. Penasaran? Seperti apa langsung saja kalian lihat ulasan berikut ini untuk lebih jelasnya lagi.

Cara Menggunakan Jitsi Meet

Cara menggunakan jitsi meet ini sangat mudah, kalian hanya perlu membuat room meeting online dan bagikan URL meeting anda kepada orang yang terkait dengan meeting tersebut entah itu rekan kerja atau peserta meeting online.

Baca juga  Cara Cheat Dragon City Menggunakan Cheat Engine

Yang membedakan aplikasi ini dengan yang lainya yakni sebelum kalian masuk ke room meeting online, maka setiap peserta diharuskan untuk memasukan password terlebih dahulu. Karena keamanan dalam aplikasi yang satu ini sangat ketat jadi wajar saja jika akhir-akhir ini banyak sekali orang yang menggunakan aplikasi jitsi meet ini.

Yang menarik dari aplikasi ini yakni tentang fitur-fiturnya yang sangat lengkap. Selain Video Conference, jitsi meet juga dilengkapi dengan Share Screen Laptop, Fitur Chat, Share Link Video YouTube dan tentunya masih banyak lagi yang tidak perlu kami sebut satu persatu. Karena dibawah ini akan kami bahas dengan secara detail mungkin supaya kalian dapat mengetahuinya dengan jelas.

Cara Download dan Install Jitsi Meet

Nah untuk bisa menggunakan aplikasi Jitsi Meet ini kalian harus download terlebih dahulu, silahkan kalian download di Playstore dan App Store. Apa bila kalian ingin download untuk versi PC, silahkan kalian download dari situs resminya Jitsi Meet ini.

Pada saat proses download sudah selesai, silahkan kalian install entah itu di smartphone atau pun laptop kemudian barulah kalian bisa menggunakanya.

Dan yang lebih menariknya lagi kalian bisa memasang ekstensi Jitsi Meetings di Chrome, dengan demikian panduan untuk menggunakan aplikasi ini dapat lebih mudah lagi untuk kalian pelajari. Tentunya aplikasi ini sangat menarik untuk kita bahas lebih dalam lagi tentang Jitsi Meet ini.

Cara Membuat Meeting Room di Jitsi Meet

Pada tahap ini kami akan memandu anda tentang cara membuat meeting room di jitsi meet. Akan tetapi kami membarikan panduanya lewat halaman resmi dari jitsi meet sendiri yakni Jitsimeet.org.

Untuk itu silahkan kalian buka website tersebut dan langsung klik Start A Call, kemudian kalian akan diarahkan ke halaman baru langsung menulis nama judul kegiatan kalian di Start A new Meeting jika sudah klik Go untuk melanjutkanya.

Selanjutnya pihak jitsi meet akan meminta kalian untuk mengaktifkan kamera dan microphone di perangkat yang kalian gunakan. Setelah itu akan muncul notif dan kalian klik Allow, supaya perangkat yang gunakan siap untuk melakukan meeting online. Maka dengan kata lain, kalian sudah berada di dashboard meeting room.

Baca juga  Cara Menggunakan Firenet VPN Apk Untuk Internet Gratis

Cara Share Link Meeting dari Jitsi Meet

Nah pada saat kalian berada di layar meeting room, tentunya kalian membutuhkan peserta untuk mengikuti meeting online yang telah kalian buat tadi. Sedangkan untuk mengundang rekan kerja kalian untuk bergabung di room anda silahkan klik icon i yang berada di pojok kanan lalu salin/copy link meeting anda.

Setelah itu klik icon dua kertas yang bersebelahan dengan link anda, jika sudah silahkan share ke orang yang ingin kalian ajak untuk masuk ke room meeting yang telah kalian buat.

Disini kalian bisa menambahkan Password untuk bisa masuk ke room meeting anda. Jadi pada saat orang yang telah kalian undang tadi klik link meeting yang telah kalian share, maka harus memasukan password terlebih dahulu untuk bisa masuk ke room meeting anda.

Nah cara untuk menambahkan password ke room meeting anda yakni silahkan klik icon i tadi lalu pilih opsi Add Password.

Cara Share Screen di Jitsi Meet

Pada saat kalian berada di layar meeting, klik Share Screen pada bagian sebelah kiri. Kemudian akan muncul tiga opsi yakni Application Window, Your Entire Screen dan Chrome Tab.

Silahkan kalian pilih screen mana yang ingi kalian bagikan, jika sudah jangan lupa untuk memberi centang pada Share Audio dibawah supaya peserta lain dapat mengetahui anda berbicara apa saja selanjutnya klik Share.

Cara Chat Peserta Meeting

Sedangkan untuk Chat peserta, kalian tinggal klik icon Open / Close Chat yang berdampingan dan icon Share Screen tadi akan tetapi kalian pilih yang sebelah kanan. Sebelum itu jangan lupa masukan username peserta yang ingin kalian chat, dengan demikian kalian bisa chat peserta tersebut dengan mudah di Jitsi Meet ini.

Baca juga  Cara Mengubah Kuota VideoMax Menjadi Kuota Flash Mudah 100% Work

Cara Live Stream di Jitsi Meet

Ketika kalian sedang melakukan meeting online, anda juga bisa langsung melakukan live streaming di Jitsi Meet dengan menghubungkan key/kunci encoder akun YouTube kalian yang telah disetujui untuk melakukan live stream.

Untuk melakukan live streaming di Jitsi Meet ini silahkan klik tanda tiga titik yang berada di bagian kanan bawah lalu pilih Start Live Stream dan masukan key/kunci live streaming Youtube kalian.

Akan tetapi jika pada sebelumnya kalian pernah melakukan live streaming entah itu bermain game dan lain sebagainya, kalian bisa langsung klik sign in menggunakan akun google setelah itu langsung saja klik Start Live Stream dengan begitu kalian sudah berhasil melakukan live streaming.

Cara Merekam Video Conference di Jitsi Meet

Untuk bisa merekam kegiatan anda dalam melakukan meeting online di jitsi meet, kalian bisa langsung klik titik tiga tadi kemudian pilih opsi Start Recording. Kemudian sign in ke Drop Box anda, jika sudah siap kalian tinggal klik Start Recording dan fitur tersebut bakal memulainya dengan secara otomatis.

Cara Share Video Youtube di Jitsi Meet

Cara share video youtube di jitsi meet ini, caranya masih sama yakni klik tanda titik tiga tadi pilih opsi Share a Youtube Video. Selanjutnya masukan link video youtube yang ingin kalian share, setelah itu klik Share dan video tersebut telah kalian bagikan di jitsi meet anda.

Cara Mengakhiri Meeting Online di Jitsi Meet

Jika kalian ingin mengakhiri meeting online tersebut, silahkan klik icon telephone yang berwarna merah pada bagian tengah layar untuk mengakhiri meeting online anda di jitsi meet ini.

Kemudian untuk mematikan kamera yang masih nyala silahkan klik icon kamera di sebelah kanan dan begitu juga sebaliknya, jika ingin mematikan suara audio silahkan klik icon mic di sebelah kiri yang berdampingan dengan icon kamera.

Baca juga :

Dengan demikian, pembahasan yang telah paparkan dengan jelas ini sudah selesai tentang cara menggunakan jitsi meet ini. Namun yang perlu kalian ketahui bahwa kami memberikan panduan ini lewat halaman web resminya yakni jitsimeet.org. Sedangkan untuk cara menggunakan jitsi meet di smartphone ini kami rasa kalian bakal memahaminya dengan mudah, tidak sesulit di portal web resminya.

Tags #jitsi meet