Bukit Di Kepulauan Maluku – Pulau Tidore mungkin bukan tempat pertama yang terlintas saat merencanakan liburan. Namun ternyata kawasan ini mempunyai pesona wisata yang sangat alami.

Salah satu tempat wisata yang baru dibuka adalah Bukit Lona. Menawarkan pemandangan perbukitan dan pulau-pulau di sekitarnya, Bukit Lona adalah tempat yang sempurna untuk bersantai.

Bukit Di Kepulauan Maluku

Dari ketinggian 837 meter di atas permukaan laut, Bukit Lona menyuguhkan panorama perbukitan yang indah. Dari sini, pengunjung bisa melihat perbukitan di sekitarnya dan pepohonan hijau yang membentang sepanjang jalan.

Catatan Dari Kepulauan Banda Oleh: Rudy Rahabeat, Pendeta Gpm

Selanjutnya deretan pulau Maitara dan Ternate juga akan terlihat jelas dari sini. Pemandangan ini akan menakjubkan jika dilihat secara langsung atau diabadikan dengan kamera.

Bukit Lona terletak di kawasan Perbukitan Pala dan Cengkih. Saat Anda berkunjung ke sini, Anda akan mencium aroma rempah-rempah tersebut. Selanjutnya pengunjung juga bisa mengikuti proses pemanenan pala dan cengkeh lho!

Destinasi wisata ini terbilang baru karena baru diresmikan pada awal tahun 2020. Berawal dari Kepala Bagian Perencanaan KPH Ternate Tidore yang mengunjungi perkebunan pala milik orang tuanya, melihat pesona Bukit Lona yang mempesona dan mengusulkan untuk dijadikan objek wisata.

Belakangan, bukit tersebut mulai dikembangkan dan dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti tempat duduk dan berbagai tempat estetik untuk berfoto. Meski tak selengkap tempat wisata lainnya, Bukit Lona merupakan tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan liburan.

Daya Tarik Wisata Religi Taman Ziarah Bukit Masbait, Kepulauan Kei, Maluku Tenggara

Akses menuju Bukit Lona cukup mudah dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau empat. Pengunjung dapat mengendarai kendaraannya melalui desa Soasio hingga desa Gurabunga. Lanjutkan melalui Desa Rum dan Desa Jay hingga akhirnya mencapai Lada Ake.

Setelah memarkir kendaraan, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 300 meter untuk mencapai puncak bukit. Anda tidak perlu khawatir tersesat, karena terdapat rambu-rambu di sepanjang rute.

Pesona Bukit Lona sungguh luar biasa. Jika Anda berkunjung ke Pulau Tidore di kemudian hari, pastikan untuk mampir ke tempat ini.

Komunitas IDN Times merupakan media yang menyediakan wadah untuk menulis. Penulis bertanggung jawab atas semua karya tertulis. Langgur, – Bukit Duduk Kalvari di Ohoilim, Kecamatan Kei Besar, Maluku Tenggara. Kabupaten ini dianggap sebagai tempat wisata religi terpenting bagi umat Katolik Nuhu Evav di provinsi Maluku.

Baca Juga  Paragraf Yang Kalimat Utamanya Terletak Diawal Paragraf Disebut

Bentang Alam Secara Umum ​

Demikian disampaikan Pastor Jon Wee, warga Desa Ohoilim, Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara, saat tim ekspedisi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Maluku Tenggara berkunjung pada Sabtu untuk pendataan potensi. agama. pariwisata di Kei Besar (16/3).

Dalam kesempatan tersebut Jon Wee menyampaikan bahwa bukit ini sangat tinggi dan menurut data sementara ia mengetahui bahwa wisata religi merupakan yang tertinggi di Maluku.

Jon Wee menjelaskan Kalvari Sit Hill dapat ditempuh dalam waktu 1 jam 30 menit, dengan jarak Ohoilim 4 km.

“Dari Bukit Kalvari Sit terlihat Pulau Kei Kecil dan sebagian Pulau Kei Besar, lebih tepatnya Ler Ni Fid (Gerbang Matahari) di antara pegunungan Dab dan Sit Nuhu Yut,” ujarnya.

Mendaki Bukit Bendera Saleman, Menikmati Ora Beach — Satya Winnie

Selanjutnya di atas Kalvari terdapat patung Kristus Raja dan Gua Santa Perawan Maria, serta tempat doa dan ibadah umat Katolik. Anda dapat mencapai bukit Kalvari Sit dengan mendaki ke puncak Kalvari Sit dan sekembalinya Anda akan turun ke Ohoi-Ohoilim.

Lebih lanjut Jon Wee mengungkapkan, jumlah pengunjung masih sedikit, kecuali acara keagamaan seperti Paskah dan ziarah Katolik.

Untuk mempromosikan wisata religi ini, Bupati Maluku Tenggara M. Taher Hanubun menugaskan Dinas Komunikasi dan Informatika dan IT (KIEM) Masyarakat Evav Malhein untuk menyiapkan dokumentasi dan mempromosikannya melalui website Promosi Pariwisata yang akan diluncurkan oleh Direktorat Daerah. Pemerintah dalam waktu dekat. (Mc Maluku Tenggara)

Kamp Daerah Bela Negara (KBN) 2023 se-Sumbar yang digelar pada 11-15 November 2023 di Kabupaten Kepulauan Mentawai telah resmi ditutup oleh Pj Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak. Keindahan dan kekayaan alam Indonesia bagian timur memang patut diragukan. Tanah Papua dan Maluku dipenuhi dengan lautan yang indah, hutan yang kaya akan sumber daya alam, serta perbukitan dan pegunungan yang menjadi rumah bagi beragam flora dan fauna. Untuk terus melestarikan keanekaragaman hayati ini, banyak kawasan yang secara khusus ditetapkan sebagai taman nasional. Dengan demikian, ekosistem asli kawasan tersebut akan tetap terjaga dan dikelola oleh Negara untuk kepentingan perlindungan, budidaya, penelitian, dan pariwisata. Terdapat 54 taman nasional di seluruh Indonesia dengan luas total 16.224.801,17 ha. Menurut Anda taman nasional apa saja yang ada di Papua dan Moluku? Yuk, kita cari tahu bersama!

Aktivitas Gunung Karangetang Menurun, 39 Kk Kembali Ke Rumah

Dengan luas kurang lebih 2,4 juta hektar dan termasuk dalam 10 kabupaten di Papua, Taman Nasional Lorentz merupakan taman nasional terluas di Asia Tenggara lho! Selain itu, ciri lain dari taman nasional ini adalah memiliki spektrum ekosistem yang sangat lengkap, mulai dari ekosistem pesisir hingga pegunungan berselimut salju yang ketinggiannya mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut. Karena kekayaan ekosistem ini, Taman Nasional Lorentz menjadi rumah bagi banyak spesies tumbuhan dan hewan. Diperkirakan sedikitnya 200 jenis tumbuhan berbunga, 123 jenis mamalia, 411 jenis burung, dan 150 jenis reptil dan amfibi hidup di sini, termasuk burung cendrawasih, kasuari, dan kanguru pohon. Sejak tahun 1999, Taman Nasional Lorentz telah masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Baca Juga  Tuliskan Letak Astronomis Benua Asia

Taman Nasional Teluk Cenderawasih yang terletak di Kabupaten Teluk Wondama dan Nabire merupakan taman nasional laut terbesar di Indonesia. Luas wilayahnya mencapai 1.453.500 ha yang meliputi wilayah pesisir, pulau daratan, kawasan terumbu karang, dan perairan samudera. Taman nasional ini terkenal dengan sumber daya alam bawah lautnya dan menjadi rumah bagi beragam jenis flora dan fauna bawah laut, seperti ratusan jenis ikan, mamalia laut, lamun, dan bakau. Salah satu spesies yang sangat langka di Indonesia yang dapat kita temukan di Taman Nasional Teluk Cenderawasih adalah hiu paus (

Taman nasional di Papua lainnya yang memiliki keanekaragaman hayati adalah Taman Nasional Wasur di Kabupaten Merauke. Taman nasional ini didominasi oleh lahan basah seperti hutan rawa, padang rumput alami yang tergenang air, dan hutan monsun. Seperti taman nasional lainnya, Taman Nasional Wasur merupakan rumah bagi beberapa spesies flora dan fauna. Beberapa di antaranya adalah kasuari dan kanguru pohon. Kemudian, sekitar bulan Oktober setiap tahunnya, ribuan burung singgah di sana dalam jalur migrasinya dari Australia dan Selandia Baru. Jika Anda berkunjung ke Taman Nasional Wasur, Anda juga bisa menemukan banyak gundukan tinggi tanah berwarna coklat. Nah, gundukan-gundukan tersebut sebenarnya adalah sarang semut atau sarang yang oleh masyarakat Merauke diberi nama musamus. Unik, ya!

Tak kalah dengan Papua, Maluku juga punya kawasan konservasi alam berupa taman nasional lho! Salah satunya adalah Taman Nasional Aketajawe Lolobata yang terletak di Pulau Halmahera dan luasnya kurang lebih 167.300 ha. Setidaknya terdapat 7 tipe ekosistem yang ada di taman nasional ini, yaitu hutan bakau, hutan pantai, hutan rawa dataran rendah, hutan tebing sungai, hutan hujan dataran rendah, hutan hujan pegunungan, dan padang rumput subalpine. Keberadaan Taman Nasional Aketajawe Lolobata dinilai penting karena menjadi rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna, termasuk yang langka dan endemik di Maluku dan Halmahera. Misalnya saja burung elang bondol, couscous dan burung sungu kedang.

Pemkot Ternate Dukung Rencana Pembangunan Jembatan Temadore

Terletak di wilayah Maluku Tengah, Taman Nasional Manusela berbeda dengan kawasan lindung lainnya dalam hal keindahan dan kekayaan alam. Taman nasional ini memiliki kontur dan ekosistem regional yang beragam, mulai dari lautan, hutan bakau, hutan tropis hingga pegunungan. Gunung Binaiya dengan ketinggian 3.027 m dpl. Terletak di tengah Pulau Seram, merupakan kawasan tertinggi di Taman Nasional Manusela. Di taman nasional yang luasnya kurang lebih 189.000 hektar ini kita bisa menjumpai banyak jenis flora dan fauna menarik, seperti kasuari, pohon kuskus, dan pohon cemara laut.

Baca Juga  Garis Yang Tegak Seperti Gambar Berikut Disebut Juga Garis

Lima taman nasional di Indonesia bagian timur ini luar biasa! Satu hal yang perlu diingat, keanekaragaman hayati yang tersimpan di taman nasional tersebut harus terus dilindungi, termasuk oleh generasi muda sebagai generasi penerus. Menyadari pentingnya hal tersebut, sejak tahun 2018, Yayasan juga mengajak generasi muda dari seluruh Indonesia, khususnya Papua dan Maluku, untuk lebih tertarik terhadap isu lingkungan hidup melalui program School of Eco Diplomacy.

Dalam kegiatan tersebut, para pemuda terpilih menjalani pelatihan intensif, seminar, kunjungan lapangan dan dibimbing untuk mengidentifikasi permasalahan lingkungan di sekitarnya serta membuat rencana aksi untuk melaksanakan perubahan. Jika Anda juga tertarik untuk mengikuti program ini, pantau terus

Karakter merupakan suatu kebiasaan yang harus dibangun secara konsisten. Hal tersebut tidak hanya didukung oleh pendidikan formal (sekolah) namun juga lingkungan rumah dan hubungan sosial yang sesuai.

Menikmati Keindahan Pulau Tidore Dari Benteng Tahula

Tidak ada kegiatan pendidikan yang dilakukan. Bahkan dermaga tersebut dapat menjadi bukti antusias siswa SD dan TK/PAUD untuk belajar bersama EcoDefender Jayapura. Di hari Sabtu,

Perubahan iklim adalah masalah global. “Kiamat” iklim diperkirakan akan terjadi pada tahun 2050. Dalam artian akan sering terjadi banjir, kekurangan air minum akibat

Jumlah pohon berperan penting dalam meningkatkan drainase air dan menjaga keseimbangan ekosistem. Sebagai wujud Kampanye Menanam dan Peduli yang digagas EcoDefender Jayapura bersama komunitas ekologi

Masalah iklim adalah masalah global yang saat ini sedang diselesaikan bersama oleh seluruh dunia. Energi terbarukan merupakan salah satu elemen yang membantu mengurangi laju perubahan iklim.

Kekristenan Di Indonesia

Masih dalam acara penyambutan Hari Kartini, Ecodefender Jayapura akan bertemu dengan para ibu-ibu hebat dari asrama Wisma Lidya untuk bercerita tentang perubahan iklim yang terjadi sembari menyusun Daftar Nama Lembah di Kepulauan Maluku Beserta Penjelasannya – Lembah Secara Umum terletak di daerah pegunungan atau daerah dataran tinggi, karena letaknya yang bertepatan dengan daerah dataran tinggi.

Lembahnya sangat subur dan sering kali terdapat mata air atau sungai. Ada banyak lembah di Indonesia sendiri

Kepulauan maluku, kepulauan di maluku, sejarah kepulauan maluku, kepulauan maluku tenggara, baju adat kepulauan maluku, laut di kepulauan maluku, karakteristik iklim di kepulauan maluku, kepulauan di maluku tenggara, pantai di kepulauan maluku, kepulauan aru maluku, peta kepulauan maluku, kepulauan sula maluku utara