Buatlah Peta Konsep Mazhab Hambaliyah Dan Penyebarannya – Islamisasi di Indonesia telah dikenal sejak abad ke-19. Peta masuknya Islam di Indonesia didasarkan pada beberapa hal, salah satunya adalah perdagangan.

Secara umum perkembangan agama Islam, baik agama maupun tradisi, setelah masyarakat Indonesia melakukan kontak dengan berbagai bangsa, yang terjalin dengan terjalinnya hubungan dagang antara nusantara dengan negara tetangga, baik di Asia Tenggara, Asia Tenggara, dan Timur Tengah. Itu juga ditunjukkan di Arab. negara

Buatlah Peta Konsep Mazhab Hambaliyah Dan Penyebarannya

Sepanjang sejarah Indonesia, belum pernah ada kekuatan asing, baik dari negara-negara Arab maupun dari India, yang memaksa masyarakat india untuk menerima Islam.

Sma Sejarah (pelajar Indonesia Sahaja)

Menurut buku “Sejarah” karya Nana Supriatna, masuknya Islam dibarengi dengan berkembang dan ramainya perdagangan antara Jazirah Arab, Teluk Persia, India, Selat Malaka, dan Kepulauan Indonesia pada abad ke-7-15. .

Teori yang paling banyak diterima oleh para sejarawan adalah Islam masuk ke Indonesia melalui proses perdagangan. Islam yang masuk ke india secara langsung diyakini berasal dari wilayah Gujarat di India.

Ada banyak teori yang mengemukakan penyebaran Islam di Indonesia, yaitu dari Gujarat, Arab, Persia dan Cina. Dalam perkembangan selanjutnya, agama Islam yang masuk ke Indonesia berasal dari berbagai daerah dan dibawa oleh masyarakat dari berbagai bangsa dan negara.

Teori masuknya Islam ke Indonesia yang pertama berasal dari teori Gujarat. Menurut teori ini, Islam masuk ke nusantara pada abad ke-13. dari pedagang Muslim India.

Islam Agama Agama Dan Nilai Kemanusiaan Pdf

Teori ini dikembangkan oleh Pijnappel dari Universitas Leiden yang mengatakan bahwa asal muasal Islam berasal dari Gujarat dan Malabar. Kemudian orang-orang Arab dari mazhab Syafi’i hijrah ke India dan orang-orang India itulah yang membawa mereka ke india.

Pandangan ini juga dibenarkan oleh Snouck Hurgronje dalam buku ‘L’Arabie et Les Indes Neelandaises atau Reveu de I’Histoire des Religious’, bahwa hubungan perdagangan antara Indonesia dan India sudah terjalin sejak lama, maka teks tersebut merupakan teks tertua Islam. ditemukan di Sumatera, yang memberikan gambaran tentang hubungan antara Sumatera dan Gujarat.

Selain itu ada teori Gujarat Moquette yang menyatakan bahwa Islam di Indonesia berasal dari Gujarat berdasarkan bukti peninggalan seni berupa batu nisan di Pasai, wilayah Sumatera bagian utara pada tahun 1428.

Sedangkan nisan tersebut mirip dengan nisan Maulana Malik Ibrahim di Jawa Timur, karena mirip dengan nisan di Cambay, Gujarat, India.

Baca Juga  Berikut Ini Adalah Pengaruh Perkembangan Musik Selama Periode Islam Kecuali

Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam Karya Sofyan Sauri

Teori lain mengenai masuknya Islam ke Indonesia adalah teori Mekkah. Teori ini dikemukakan pertama kali oleh Hamka pada acara HUT PTAIN ke-8 di Yogyakarta sebagai koreksi terhadap teori Gujarat.

Menurut Hemka, orang Arab pertama kali datang ke Indonesia membawa Islam, disusul orang Persia dan Gujarat. Sedangkan konon masuknya Islam terjadi pada abad ke-13 atau tahun ke-7 sebelum kelahirannya. atau abad pertama Hijriah.

Hal ini terbukti setelah wafatnya Rasulullah SAW pada tahun 632 ketika kepemimpinan Islam berada di tangan khalifah. Di bawah kepemimpinan itu, Islam menyebar luas ke seluruh Timur Tengah, Afrika Utara, dan Spanyol.

Belakangan, pada masa kekuasaan Bani Umayyah, pengaruhnya semakin meluas ke wilayah nusantara. Menurut Arnold (Morrison 1951), bukti masuknya Islam ke Indonesia adalah dari para pedagang Arab yang menyebarkan Islam pada saat berdagang, hal ini sesuai dengan fakta bahwa para pedagang Arab menjadi pemimpin pemukiman di pesisir pantai Sumatera.

Agama Di Indonesia

Teori masuknya Islam ke Indonesia yang terakhir adalah Persia yang dikemukakan oleh Hoesein Djajadiningrat. Disebutkan bahwa Islam datang dari Persia ke Indonesia pada abad ke-13 dan singgah di Gujarat. Hal ini terlihat dari budaya Indonesia yang mirip dengan Persia.

Hal ini ditegaskan oleh Morgan (1963:139-140) bahwa masyarakat Islam Indonesia sama dengan Persia. Terbukti tanggal 10 Muharram atau Asyura merupakan hari peringatan syahidnya Husein bagi kaum Syi’ah. Peringatan ini berupa gaya rambut Shura.

Selain itu, bulan Muharram juga dikenal dengan bulan Husein di Minangkabau. Oleh karena itu, di Sumatera tengah, peti mati Husain dikenang karena dibuang ke sungai.

Selain itu, teori ini juga didukung oleh persamaan ceramah Syekh Siti Janar dengan ceramah sufi al-Hallaj asal Iran. Ketiga, penggunaan istilah bahasa Iran pada sistem ejaan huruf Arab untuk menunjukkan bunyi gerakan pada tingkat awal pembacaan Al-Qur’an.

Bank Soal Up

Kesamaan terakhir adalah bahwa batu nisan pada makam Malik Saleh dan Malik Ibrahim dibuat dari Gujarat, dan terdapat penerimaan mazhab Syafi’i di wilayah Malabar oleh umat Islam.

Peta masuknya Islam ke Indonesia beserta teori-teori terkini. Meski terdapat beberapa versi teori, saat ini belum ada bukti teori mana yang paling kuat. Apakah Anda menyukai buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda dalam hitungan menit secara gratis! Buat buku Anda berikutnya

FLOWCHART A. Proses Aksesi dan B. Perkembangan Kerajaan Hindu – Agama Hindu-Buddha Agama Budha Teori Kedatangan Kerajaan Hindu-Hindu Budha Sumber Kedatangan Kerajaan Budha Jalur Masuk Hindu-Buddha Tarakani Agama Hindu-Buddha Yayasan Sejarah Indonesia Kelas X IPS 96

Baca Juga  Wastaghfir Artinya

Teori Munculnya Agama Hindu-Buddha Teori Prajurit Waisya Teori Kshatriya menyatakan bahwa teori Waisya dikemukakan oleh agama Hindu-Buddha seperti yang dikemukakan oleh N.J. krom. Menurut N.J. Chrom, agama golongan pejuang (ksatria). Teori Hindu-Budha masuk ke Indonesia. Ksatria oleh J.L. Moens, FDK. dibawa oleh para pedagang dari India. Bosch, pedagang India yang mendirikan R.C. Majundar, Mookerji, C.C. Gunung. Indonesia dan penduduk setempat menikah. Teori Brahma dari Teori Brahma Sudra oleh J.C. Teori Sudra ditemukan oleh Von van Leur. Dia percaya pada agama van Feber. Berdasarkan teori agama Hindu dibawa ke Indonesia oleh suku Sudra, masuknya agama Hindu di kalangan Brahmana. Kedatangan orang Indonesia oleh kaum Brahmana India ini diklaim disebabkan oleh ajakan para pangeran lokal dari kasta Sudra Indonesia yang tertarik dengan agama Hindu atau sengaja datang untuk menyebarkan agama Hindu di Indonesia. Yayasan Tarakanita Sejarah Indonesia Kelas X IPS 97

Islam Di Indonesia

Teori Advent dalam Agama Hindu – Teori kebalikan dari agama Buddha yang diciptakan oleh F.D.K. Teori Inti Bosch Masyarakat Indonesia mempunyai peranan dalam penyebaran dan perkembangan agama Hindu-Buddha. Pendistribusian ini dilakukan oleh orang-orang yang terlatih (pejabat). Bukti Prasasti Nalanda Kerajaan Sriwijaya Tarakanita Sejarah Indonesia Kelas X Yayasan IPS 98

Agama Budha 1) Agama Budha atau Budha merupakan agama yang telah lama dianut oleh mayoritas penduduk nusantara. Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit merupakan masa keemasan bagi agama Buddha. Kehadiran agama Budha di wilayah nusantara (Indonesia) dapat dibuktikan dengan adanya peninggalan sejarah berupa prasasti dan bangunan berbentuk candi, serta literatur asing khususnya dari Tiongkok. 2) Tradisi atau aliran agama Buddha yang dianut masyarakat nusantara berasal dari non Mahayana, namun dalam perkembangan selanjutnya Mahayana dan Tantrayana semakin populer di masyarakat. 3) Berdasarkan peninggalan sejarah juga terlihat adanya konvergensi antara agama Hindu-Siwa dan Buddha Mahayana di Indonesia. 99

Sumber Masuknya Agama Hindu-Buddha di Indonesia Bagaimana agama dan budaya Hindu-Buddha masuk ke nusantara dapat kita pelajari dari dua sumber. Pertama, kita akan membahas sumber sejarah yang menjelaskan kedatangan atau kontak penduduk asli Amerika dengan komunitas lokal. Sumber sejarah yang dimaksud meliputi sumber tertulis, benda, dan lisan. Kedua, kita juga akan membahas teori tentang masuknya budaya Hindu-Buddha di nusantara. Oleh karena itu pada uraian materi akan dibahas mengenai sumber sejarah dan teori yang menjelaskan kedatangan bangsa India ke nusantara. 1. Sumber sejarah a. Sumber dari India Bukti adanya hubungan dagang ini terdapat dalam kitab Jataka dan Ramayana, namun tidak disebutkan kapan India menjadi bagian dari india. Buku sastra India yang terpercaya adalah Kitab Mahaniddesa yang menunjukkan bahwa orang India mengetahui beberapa tempat di Indonesia pada abad ke-3 Masehi. Dalam buku Geographyhike yang ditulis pada abad ke-2 juga disebutkan adanya hubungan dagang antara India dan Indonesia. Dari kedua pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa hubungan perdagangan yang kuat antara india dan India dimulai pada abad-abad tersebut (abad ke-2-3 Masehi). b) Sumber dari Tiongkok Hubungan Indonesia dengan Tiongkok diyakini berkembang pada abad ke-5. Bukti yang memperkuat hubungan ini adalah perjalanan seorang pendeta Buddha, Fahien. Sekitar tahun 413 M Fa Hien berangkat dari India menuju YE-PO-TI (Tarumanegara) dan kembali ke Tiongkok melalui jalur laut. Belakangan, Kaisar Tiongkok Wen Ti mengirimkan perwakilannya ke She-Po (Pulau Jawa). 100

Baca Juga  Waktu Penerbitan Reklame Brosur

C) Sumber Yunani Hubungan perdagangan india dengan India dan Tiongkok diketahui dari Claudius Ptolemeus, ahli geografi Yunani. Dalam bukunya berjudul Geographike yang ditulis pada abad ke-2, Ptolemy menyebut nama Labadio yang artinya muatan jagung. Mungkin kata ini merupakan kata Yunani untuk Yawadwipa, yang juga berarti segudang jagung. Oleh karena itu, sebagaimana disebutkan dalam kitab Ramayana, Yawadwipa disebut juga bahasa Jawa. D. Prasasti Prasasti tertua di india yang menunjukkan hubungan Indonesia dengan India, seperti prasasti Mulawarman di Kalimantan Timur yang berbentuk Yupa. Semua teks ditulis dalam karakter Sansekerta dan Pallawa. adalah Buku-Buku Kuno Kitab-kitab kuno yang ada di Indonesia biasanya ditulis di atas daun lontar dengan tulisan dalam bahasa dan aksara Jawa Kuno yang merupakan pengaruh aksara Sansekerta dan Pallawa. F. Bangunan Kuno Bangunan kuno bercorak Hindu atau Budha terdiri atas candi, stupa, relief, dan arca. Agama Hindu yang berkembang di india berbeda dengan agama Hindu yang berkembang di India. Agama dan kebudayaan Hindu diadaptasi dari kebudayaan dan kepercayaan asli Indonesia yang mendasarkan pada pemujaan terhadap roh nenek moyang (animisme dan dinamisme). Adaptasi juga terjadi pada bidang sastra, misalnya aksara Pallawa menjadi aksara Kawi dan aksara Jawa Kuna. Begitu pula secara arsitektur, bentuk candi di india berbeda dengan di India. 101

Perangkat Pembelajaran Ski Kelas 9

Sumber sejarah Hindu-Buddha dari berbagai penjuru kepulauan Indonesia Prasasti Canggal peninggalan Kerajaan Mataram kuno, Prasasti Ciaruteun peninggalan Kerajaan Tarumanegara, Yupa peninggalan Kerajaan Kutai, Yayasan Tarakanita, Sejarah Indonesia Kelas X IPS 102

Sumber dari luar Cina Arab • Tawarikh • Catatan dari pedagang Arab Cina • Catatan dari Fa-Hsien • Buku oleh Raihan Al-Beruni • Catatan perjalanan oleh I-Tsing • Sejarah Vietnam oleh

Cara membuat peta konsep, aplikasi membuat peta konsep, buat peta konsep online, download peta konsep word, buatlah peta konsep, peta konsep online, template peta konsep word, aplikasi peta konsep, cara bikin peta konsep, template ppt peta konsep, cara buat peta konsep, buatlah peta minda