Besarnya Energi Potensial Gravitasi Bergantung Pada – Mengapa tangga ikan seperti ini dibangun di sekitar bendungan tempat salmon “menaiki tangga” di Sungai McNeil di Alaska? Apakah tangga akan mengurangi jumlah ikan yang harus menuju bendungan? (Foto Daniel J. Cox/Tony Stone)

4 Aksi/Pekerjaan: Mendefinisikan bagaimana gaya diterapkan pada suatu benda dan menyebabkan benda tersebut bergerak. Usaha yang dilakukan pada suatu benda oleh gaya konstan F (besar dan arahnya) didefinisikan sebagai hasil kali besar perpindahan s dengan luas gaya yang bersesuaian dengan perpindahan tersebut.

Besarnya Energi Potensial Gravitasi Bergantung Pada

Benda yang bergerak dapat melakukan usaha, sehingga dapat dikatakan mempunyai energi. Energi bergerak ini disebut energi kinetik (dari bahasa Yunani kati yang berarti “bergerak”). Besarnya usaha yang dilakukan pada suatu benda sama dengan perubahan energi kinetik benda tersebut (faktor usaha-energi).

Mengenal Energi Kinetik Dan Potensial, Perbedaan, Dan Contoh Soal

Energi potensial adalah energi yang berhubungan dengan gaya-gaya yang mempengaruhi keadaan materi atau susunan materi. Contoh : Gaya gravitasi (arah vertikal) Usaha yang dilakukan gravitasi hanya berhubungan dengan tinggi benda, tidak bergantung pada arah lintasan benda.

Energi kontak dapat diasosiasikan dengan bahan elastis, mis. Sebuah pegas dapat a) pegas b) menyimpan energi (prinsip pegas) ketika dikompresi c) melakukan usaha ketika dilepaskan

12 Gaya Konservatif Usaha yang dilakukan pada suatu benda akan mengalahkan gaya gravitasi, apapun arah yang dipilih. Contoh: Mengangkat suatu benda ke atas (lurus ke atas) atau bidang miring ke suatu ketinggian memerlukan usaha yang sama. Gaya konservatif: Gaya yang ditimbulkan oleh gaya yang tidak bergantung pada lintasannya, melainkan pada kondisi awal dan akhir.

13 Gaya Non Konservatif Suatu gaya tidak bersifat konservatif (non konservatif), karena usaha yang dilakukan oleh suatu gaya (misalnya mendorong sebuah kotak pada lantai berkarpet) bergantung pada arah geraknya.

Sebuah Benda Bermassa 2 Kg, Bergerak Dilepas Dari Titik A Dengan Kecepatan Awal 10 M.s^ 1, Seperti Pada

Air Terjun Kembar di pulau Kauai, Hawaii. Energi gravitasi sistem air-bumi saat air naik ke atas air terjun diubah menjadi energi kinetik saat air mulai turun. Bagaimana air bisa mencapai puncak tebing? Artinya, apa sumber energi gravitasi saat air naik? (Petunjuk: Prinsip yang sama ini menggerakkan segala sesuatu di Bumi.)

Baca Juga  Air Air Apa Yang Bisa Terbang

16 Tiga bola sejenis dilempar dari atap dengan kecepatan awal yang sama. Yang pertama dilempar ke samping, yang kedua dilempar dengan sudut di atas permukaan tanah, dan yang ketiga dilempar dengan sudut di bawah permukaan. Terlepas dari arah udara, hitunglah kecepatan setiap bola saat menyentuh tanah.

Seorang pekerja pabrik baru saja menjatuhkan sebuah kotak bermassa 100 kg yang awalnya diam di atas bidang datar yang panjangnya 3 m dan membentuk sudut 370 terhadap horizontal. Koefisien gesekan antara kotak dan lantai pabrik adalah 0,2. (a) Berapa kecepatan gerak kotak ketika mencapai permukaan? (b) Berapa jarak yang ditempuh kotak tersebut terhadap lantai? Petunjuk: Gunakan hukum kekekalan energi mekanik dan konsep energi kerja, percepatan gravitasi g = 10 m/s2.

23 Latihan Soal 1. Seorang pekerja melepaskan balok bermassa 93 N pada bidang miring. Seorang pria mendorong sebuah kotak dengan gaya 85 N. a. Berapa banyak pekerjaan yang dilakukan orang tersebut? b Berapa usaha yang dilakukan gaya gravitasi? c Jika K = 0,20, berapa usaha yang dilakukan gaya tekan tersebut?

Energi & Industri Pangan

2. Seorang pemanjat tebing membawa tas punggung bermassa 7,50 kg. Dia mulai memanjat batu dengan kecepatan konstan, dan setelah 30,0 menit dia berada 9,2 m di atas titik awal. a Berapa banyak yang ada di ranselnya? b Jika berat pemanjat 650 N, berapa usaha yang harus dilakukannya untuk mengangkat dirinya dan ranselnya? c Berapakah gaya total yang dimiliki pemanjat tersebut?

Dinyatakan dalam satuan SI. Jika massa benda 2 kg, berapakah a. Berapa gaya yang dikerjakan pada benda dalam 4 sekon pertama? b Berapakah gaya yang dikerjakan pada benda pada saat t = 2?

26 4. Sebuah balok bermassa 1 kg menumbuk pegas mendatar yang konstanta pegasnya 2 N/m. Balok menyentuh pegas sejauh 4 m dari posisi normalnya. Jika koefisien gesekan kinetik antara balok dan permukaan horizontal diasumsikan 0,25, berapakah kecepatan balok ketika mulai membentur pegas?

Untuk mengoperasikan situs web ini, kami mengumpulkan data pengguna dan membagikannya dengan penyedia lain. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie. Berbagai jenis energi dapat diciptakan: energi cahaya, energi energi, energi kimia, energi suara

Baca Juga  Mengapa Dalam Proses Interaksi Harus Ada Tujuan Yang Jelas

Energi Kinetik Adalah Energi Gerak, Pahami Juga Jenis, Rumus Dan Contohnya

2 Energi Kinetik Dalam fisika, hasil usaha adalah perubahan energi kinetik suatu benda. Dimana energi kinetik Ek (J) adalah v (m/s), energi yang dimiliki oleh benda bermassa m (kg) yang bergerak dengan kecepatan yang sama dengan v.

4 Contoh: 1. Sebuah balok bermassa 4 kg meluncur pada suatu permukaan dengan kecepatan 1,5 m/s2. Beberapa detik kemudian balok tersebut bergerak dengan kecepatan 2,4 m/s2. Hitunglah jumlah usaha yang dilakukan pada suatu balok dalam waktu tertentu! v1 v2 Kita dapat menemukan banyak pekerjaan pada kayu di:

5 2. Sebuah batu bermassa 30 g diikatkan pada sebuah ketapel dan diluncurkan dengan kecepatan 15 m/s. Tentukan energi kinetik batu tersebut? Pembahasan: Diketahui m = 3 g =3 x 10-2 Kg v = 15 m/s Penyelesaian EK = ½.m.v2 EK = ½. 3×10-2 .152 EK = 3.375 j

6 Data Potensial Energi gravitasi Ep (J) adalah energi m (kg) yang dimiliki suatu benda relatif terhadap kedudukannya relatif terhadap permukaan bumi. Kedudukan suatu benda diukur pada ketinggian h (m) relatif terhadap titik acuan, h g m sama dengan titik acuan.

Buah Durian Yang Massanya 2 Kg Jatuh Dari Tangkain

8 Usaha total (J) sebagai penjumlahan usaha yang dilakukan gaya konservatif dan usaha yang dilakukan gaya non-konservatif, teori usaha-energi, seperti gaya konservatif pada energi potensial, i. gaya non konservatif yang bekerja pada benda tersebut.

9 Contoh : 1. Kelapa seberat 2,5 kg jatuh dari pohon pada ketinggian 4,5 m. Jika kecepatan gravitasi adalah 9,8 m/s2. Apa itu energi potensial? Diberikan: m = 2,5 Kg h = 4,5 mg g = 9,8   Penyelesaian: EP = mgh EP = 2, 5 . 9, 8. 4,5 EP = 110,25 J

11 Energi mekanik adalah jumlah energi potensial dan energi kinetik yang dimiliki suatu benda, atau energi total. Besarnya energi mekanik suatu benda adalah tetap. Sekarang, energi kinetik dan energi dapat berubah. Perhitungan matematisnya sebagai berikut: EM = EK + EP

12 Perhatikan gambar di bawah ini, ketika suatu benda jatuh maka benda tersebut mengalami perubahan energi kinetik dan energi gravitasi. Ketika bola mencapai ketinggian h1 energi gravitasinya adalah EP1 dan energi kinetiknya adalah EK1, ketika benda naik ke ketinggian h2 energi potensialnya adalah EP2 dan energi kinetiknya adalah EK2. Jadi, persamaannya: W = ∆EK = ∆EP EK2 – EK1 = EP1 – EP2 EP1 + EK1 = EP2 + EK2  m.g.h1+ ½.m.v12 = m.g.h2 + ½.m.v22 Disebut hukum konservasi. energi

Baca Juga  Ekstemporan Yaiku

Jenis Perubahan Energi Di Sekitar Anak Dan Contohnya

13 Contoh: Sebuah bola dijatuhkan dari ketinggian dengan kecepatan 10 m/s. Tentukan massa bola jika percepatan gravitasinya 10 m/s? Diketahui v = 10 m/s g = 10 m/s2 Solusi EP1 + EK1 = EP2 + EK2 EP1 + 0 = 0 + EK2 m.g.h1+ 0  = 0 + ½.m.v22 m.10.h1+ 0 = 0 + ½.m .102 m.10.h1 = 50.m h1 = 50/10 h1 = 5 m

14 Perhitungan daya usaha yang dilakukan terhadap waktu. Secara matematis daya didefinisikan sebagai: P = w/t P = daya (watt) W = usaha atau energi (J) t = waktu (s) Daya yang dihasilkan mesin yang berenergi F membuat kecepatan v tersedia, jumlah adalah: P = F.v yang diperlukan = daya yang diperlukan η = yang diperlukan P1 = daya masukan P2 = daya keluaran           1 HP (Horsepower = Horsepower) = 746 Watt 1 Kilowatt (kW) = 1000 Watt kerja juga kWh (kilowatt) dapat dinyatakan dalam jam ) dimana 1 kWh = 1000 watt. 1 jam = 3,  J.

15 Contoh: Sebuah air terjun mengalir pada ketinggian 40 m dengan kecepatan kg/menit. Jika g = 9,8 m/s2 dan efisiensi generator 52,5%, hitunglah daya listrik yang dihasilkan generator tersebut! Jawaban: Tinggi h = 40 m Efisiensi η = 52,5%

EP = mgh Energi potensial air sebagai energi input generator Ein, maka : Ein = EP = mgh Energi listrik generator Eout dihitung dari rumus : Dapat dihitung Daya listrik generator digunakan. alasan:

Modul Pembelajaran Proyek Ipas Kelas X Smk Sri

17 Latihan 2: Suatu hari, speedometer sebuah mobil bermassa 1200 kg menunjukkan angka 108. Berapakah energi kinetik mobil pada saat itu? Sebuah balok bermassa 6 kg meluncur di permukaan dengan kecepatan 1,5 m/s. Beberapa detik kemudian balok tersebut bergerak dengan kecepatan 2,4 m/s. Hitung jumlah operasi yang dilakukan pada blok selama periode ini! Sebuah benda bermassa 2 kg berada pada ketinggian 10 m di atas tanah. Tentukan energi potensial benda jika titik acuan diambil 3 m di atas tanah dan 2 m di bawah tanah!

Energi gravitasi dan energi kinetik batuan pada saat dilepaskan b. Energi gravitasi dan energi kinetik batuan pada separuh batuan. m = 1,5 kg 10 m

Untuk mengoperasikan situs web ini, kami mengumpulkan data pengguna dan membagikannya dengan penyedia lain. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie.

Besarnya tekanan hidrostatis bergantung pada, contoh soal potensial gravitasi, energi potensial air pada plta menggerakkan, pengertian energi potensial gravitasi, energi potensial, rumus energi potensial gravitasi, energi potensial gravitasi adalah, potensial gravitasi, macam macam energi potensial, makalah energi potensial gravitasi, energi potensial gravitasi, energi potensial gravitasi newton