Berikut Ini Termasuk Peristiwa Pada Hari Akhirat Kecuali – Tafsir/Tahap terakhir yaum ini merupakan pengingat agar setiap umat islam akan menghadap untuk selalu beriman dan beramal shaleh. Foto: Dok. iStock

Yaumul Akhir merupakan salah satu nama lain Hari Kiamat yang pasti akan terjadi. Keniscayaan hari kiamat dijelaskan dalam Al Quran surat Al Hajj ayat 7

Berikut Ini Termasuk Peristiwa Pada Hari Akhirat Kecuali

Terjemahan maknanya: “Dan sesungguhnya akan tiba hari kiamat, tidak ada keraguan padanya; dan bahwa Allah akan membangkitkan semua manusia di dalam kubur.”

Efek Positif Dari Meyakini Hari Akhir, Bisa Perjelas Tujuan Hidup Nih!

Dikutip dari buku Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas 9 Kementerian Agama (Kemenag), meyakini akan munculnya hari kiamat merupakan rukun iman yang kelima. Dalam hal ini, manusia akan dibangkitkan dari kubur untuk menerima hukuman dari Allah SWT.

Yaum terakhir terjadi dalam beberapa tahap setelah kematian seseorang. Semua makhluk tanpa kecuali mengalami peristiwa ini setelah terjadinya kiamat yang digambarkan sebagai “goncangan yang dahsyat” dalam QS Al Zalzalah 1-2.

Artinya : 1. “Ketika bumi diguncang dengan guncangan yang dahsyat”, 2. “Dan bumi melepaskan beban-bebannya yang berat (yang tadinya)”.

Tahapan kubur ini merupakan tahap paling awal dan merupakan pintu masuk menuju akhirat. Keberadaan yaumul barzakh dijelaskan dalam ayat 100 surat Al Mu’minun

Pengertian Hari Kiamat Lengkap Beserta Dalil, Peristiwa Hingga Tanda Tandanya



Arab Latin: La’allī a’malu ṣāliḥan fīmā taraktu kallā, innahā kalimatun is qā`iluhā, wa miw warā`ihim barzakhun ilā yaumi yub’aṡụn

Baca Juga  Samudra Hindia Merupakan Batas Wilayah Indonesia Disebelah

Yaitu, “Semoga aku berbuat baik kepada orang-orang yang telah aku tinggalkan. Selama-lamanya. Sesungguhnya hanya itulah kata-kata yang diucapkannya. Dan terhadap mereka ada tembok dari plester pada hari kebangkitan mereka.”

Pada tingkat ini, bidadari Munkar Nakir akan bertanya kepada manusia tentang segala perbuatannya di muka bumi. Lalu manusia menunggu hingga hari kebangkitan.

Tanda Kiamat Makin Dekat Yang Jarang Disadari, Waktu Terasa Singkat

Pada tahap ini seluruh umat dibangkitkan kembali ke Padang Mahsyar. Kebangkitan manusia pertama terakhir terjadi setelah malaikat Israel meniup terompet yang kedua.

Masyarakat masih berkumpul di Padang Mahsyar pada tingkat yang juga sering ditulis yaumul masyar. Setiap orang akan menerima catatan rinci tentang tindakannya, tanpa kecuali.

Arab Latin: Wa asyraqatil-arḍu binụri rabbihā wa wuḍi’al-kitābu wajī`a bin-nabiyyīna wasy-syuhadā`i wa quḍiya bainahum bil-ḥaqqi wa hum lā yuẓlạn

Artinya: “Dan bumi (alam Mahsyar) diterangi dengan cahaya (keadilan) Tuhannya; dan diberikan sebuah kitab (yang menjelaskan amal perbuatan setiap orang), dan diberikan kepada para nabi dan saksi, dan diambil keputusan di antara mereka dengan baik tanpa merugikan mereka.”

Si Mental Jahiliyah Yang Penuh Ironi

Setelah catatan amal ditemukan, maka seluruh amal manusia dalam hidup dihitung dan ditampilkan. Komunitas pertama yang dihitung adalah komunitas Nabi Muhammad SAW yang melihat salatnya.

Artinya, “Pada hari (ketika) lidah, tangan, dan kaki mereka menjadi saksi terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan.”

Pada tingkat ini, manusia akan menerima hasil penimbangan atas segala perbuatannya selama berada di bumi. Semuanya akan ditimbang dari yang terkecil sampai yang terbesar tanpa ada kehilangan apapun.

Orang yang selalu beriman dan beramal shaleh sepanjang hidupnya pasti berbahagia menerima timbangan dari Allah SWT. Namun berbeda dengan orang yang selalu melanggar ketentuan Allah SWT dan Rasul-Nya. Kehadiran yaumul mizan dijelaskan dalam QS Al Anbiya ayat 47

Memandang Akhir Dari Konflik Palestina Israel (bagian 1)

Perlindungan Lingkungan dan Perlindungan Lingkungan لِيَوْمِ ٔا ہ وَإِنَ مِثْقَ مِثْقَد ردٍَ ٍ اَتَيْن َا بِنَا بِهَبَكهَى فا َكهَا َبكه َِٰيري

Baca Juga  Sebutkan 4 Prinsip Dasar Gerakan Ayunan Satu Lengan Depan Belakang

Arab Latin: Wa naḍa’ul-mawāzīnal-qisṭa liyaumil-qiyāmati fa lā tuẓlamu nafsun syai`ā, wa ing kāna miṡqāla ḥabbatim min khardalin atainā bihā, wa kafā binā ḥāsib

Artinya: “Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat agar tidak ada satu orang pun yang dirugikan. Dan jika (amalannya) hanya sekeras biji sesawi, niscaya akan Kami berikan (pahala) Dan cukuplah kami seperti komputer”.

Pada tingkat akhir ini, manusia akan diberi pahala atas segala perbuatannya. Pahala diberikan sesuai bagiannya tanpa kehilangan apapun. Tingkatan ini dijelaskan pada ayat 28 QS Al Jatsiyah

Ath Thabari, Alim Dari Thabaristan

Artinya: Dan (pada hari itu) kamu akan melihat seluruh umat bertekuk lutut. Seluruh masyarakat diminta (melihat) program amal tersebut. Pada hari itu kamu akan diberi pahala atas apa yang telah kamu kerjakan.Konferensi amalan manusia di hari kiamat dijelaskan berdasarkan berita Al-Qur’an dan sabda Nabi SAW. Termasuk hadirnya saksi-saksi utama perbuatan manusia di hari kiamat.

Kehadiran para saksi tersebut tidak mengurangi pentingnya kemahatahuan Allah SWT. Beberapa saksi dihadirkan hanya sebagai bentuk pemenuhan keadilan Allah SWT.

“Tentu saja Tuhan tidak membutuhkan manusia untuk memberitahukan kepada-Nya tentang kondisi hamba-hamba-Nya atau untuk memberikan bukti-bukti yang memberatkan-Nya. Tapi, termasuk penyempurnaan keadilan-Nya, Tuhan menghadirkan saksi-saksi yang memberatkan mereka,” tulis Buku Pintar Hari-Hari Akhir Abdu. Muhsin al-Muthairi.

Dalil adanya saksi-saksi yang mendengar atau menghitung amalan seseorang pada hari kiamat, terdapat pada sabdanya, Surat Az Zumar ayat 69,

Kenapa Waktu Pasti Datangnya Kiamat Dirahasiakan Allah? Ini Hikmahnya

Artinya: “Dan bumi (ladang Mahsyar) bersinar dengan cahaya (keadilan) Tuhannya; dan kitab-kitab (laporan amal mereka) diberikan (kepada semua orang), para nabi dan saksi juga hadir. , maka keputusan diberikan secara merata di antara mereka, meskipun mereka tidak berprasangka buruk.”

Malaikat dan tugasnya dalam mencatat amal perbuatan manusia selama di bumi termasuk dalam salah satu saksi utama di hari kiamat. Allah berfirman dalam surat Qaf ayat 21:

Berdasarkan tafsir Ibnu Katsir, ayat tersebut menjelaskan malaikat mencatat fakta-fakta yang akan bersaksi kepada manusia. Kemudian bidadari lainnya bertugas mengantar orang ke Padang Mahsyar.

Baca Juga  Berikut Yang Bukan Merupakan Negara Di Kawasan Asia Timur Yaitu

Setiap rasul akan bersaksi kepada umatnya sendiri bahwa ajaran kebenaran telah menyampaikan dan menjelaskan ajaran kebenaran. Hal ini disebutkan dalam surat An Nahl ayat 84,

Xii Agama S1 02

Artinya: “Dan (ingatlah) pada hari (ketika) kami akan mengambil saksi (utusan) dari setiap umat, maka tidak diperbolehkan bagi orang-orang kafir (membela diri) dan tidak (juga) diperbolehkan bagi minta maaf pada mereka.”

Sebagaimana umat Nabi Muhammad SAW, tentu Allah SWT akan menghadirkannya sebagai saksi manusia di hari kiamat. Menurut surat An Nisa ayat 41,

Artinya: “Dan apa jadinya jika Kami datangkan seorang saksi (Rasulullah) dari setiap umat dan Kami datangkan (Muhammad) sebagai saksi atas mereka.”

Umat ​​Islam memperingati seluruh umat manusia pada Hari Kebangkitan. Terkait hal ini disebutkan dalam sebuah hadis dari Abu Sa’id Al Khudri. Beliau mengatakan bahwa Nabi SAW pernah bersabda tentang kaumnya yang menjadi saksi Nabi Nuh AS:

Taubat Tak Diterima Saat Matahari Telah Terbit Dari Barat, Ini Dalilnya!

Setelah masing-masing pihak bersaksi, Allah SWT pun menghadirkan benda mati untuk bersaksi. Termasuk bumi sebagai tempat tinggal sementara manusia.

Pada hari kiamat, Allah akan menjadikan bagian-bagian tubuh manusia yang tidak mempunyai alasan untuk berbicara. Seperti lidah, tangan, dan kaki. Mereka akan bersaksi tentang perbuatan pemiliknya.

Artinya: “pada hari (ketika) lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi terhadap apa yang mereka kerjakan.”

Karena semua amalnya tertulis di kitab amal berikutnya bersama dengan kesaksian bagian sebelumnya, maka barulah seseorang akan mengakui semua amalnya selama dia di bumi. Dia sendiri yang akan menjadi saksi utama perbuatannya di hari kiamat.

Apa Itu Yakjuj Dan Makjuj Yang Muncul Menjelang Hari Kiamat? Ketahui Sejarahnya

Setelah para saksi mengadili amal manusia, maka hamba-hambanya akan menerima haknya masing-masing secara adil. Entah surga atau neraka.

Semoga dengan adanya keterangan dari saksi utama di hari kiamat ini, kita bisa lebih berhati-hati dalam berperilaku dan menaati segala perintahnya ya guys. Amin.

Berikut ini yang termasuk cara merawat kesehatan otot pada manusia kecuali, pada mitosis terjadi peristiwa berikut kecuali, berikut ini termasuk dari rukun rukun umrah kecuali, berikut yang termasuk permainan bola besar kecuali, berikut ini yang termasuk dalam sistem komunikasi elektronik kecuali, berikut yang termasuk perencanaan proses produksi kecuali, berikut termasuk fungsi vitamin c kecuali, berikut ini adalah produk asuransi syariah kecuali, berikut termasuk pengolahan air secara fisika kecuali, berikut ini termasuk mustahik zakat kecuali, berikut ini termasuk perlengkapan permainan sepak bola kecuali, berikut ini termasuk kesalahan alat ukur dalam suatu pengukuran kecuali