Berikut Bukan Jenis Pukulan Dalam Bulutangkis Adalah – Salah satu unsur utama dalam permainan bulu tangkis adalah pukulan. Inilah unsur utama dan mutlak yang harus dikuasai oleh setiap pemain yang ingin bermain bulutangkis.

Ke pihak lawan, namun untuk menembak dalam bulutangkis diperlukan teknik untuk dapat menempatkan shuttlecock dengan benar di lapangan lawan untuk mencetak poin.

Berikut Bukan Jenis Pukulan Dalam Bulutangkis Adalah

Semua jenis pukulan bulu tangkis mempunyai teknik dan kegunaan yang berbeda-beda. Jenis pukulannya ada yang merupakan pukulan kuat dan membutuhkan kekuatan lengan, ada pula yang merupakan pukulan lambat sehingga membuat lawan sulit untuk pulih.

Servis Bulu Tangkis Yang Wajib Dikuasai Di Lapangan

Bulutangkis memiliki teknik yang dapat dibagi menjadi empat bidang berbeda. Seringkali, saat berlatih, Anda akan mendengar orang, teman, atau pemain lain secara acak memberi tahu Anda cara melakukan teknik tertentu. Sebelum mengikuti atau mengabaikan saran apa pun, selalu rasionalkan dan uji efektivitas atau efisiensinya di lapangan!

Pada bagian ini kita akan membahas berbagai teknik gerak kaki yang dapat Anda gunakan dalam permainan. Diantaranya adalah sikap siap, langkah samping (mengejar), sepak terjang, tendangan gunting, langkah menyilang, dan tiga langkah di belakang tengah lapangan.

Berada dalam mode siap memungkinkan pemain untuk bergerak cepat menuju kok. Dalam posisi siap, kaki pemain harus berbentuk persegi, atau sedikit menyilang tergantung pada pemain dan bagaimana mereka merasa paling nyaman. Kaki harus dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk, dan beban pemain harus bertumpu pada telapak kaki. Raket hendaknya diangkat di depan badan pemain, namun sedikit ke belakang.

Jenis formasi langkah ini dapat digunakan untuk mengoper ke sudut mana pun di lapangan, dan memungkinkan pemain untuk mengoper lebih banyak dan lebih cepat, terutama ke arah net. Langkah selanjutnya adalah melangkahkan kaki nondominan ke belakang dan sedikit mendekat ke pojok sehingga kaki belakang menyilang sedikit di belakang kaki depan. Kemudian gerakkan kembali kaki raket ke depan searah dengan shuttlecock, dan rentangkan lengan raket ke depan badan.

Daftar Peraturan Dalam Permainan Bulu Tangkis Yang Perlu Diketahui

Cengkih sering digunakan dalam bulutangkis. Untuk tujuan latihan, mulailah dengan posisi siap lalu rentangkan kaki raket. Untuk memastikan kaki menyentuh lantai, pertama-tama letakkan kaki raket di lantai, lalu pindah ke bagian kaki. Tekuk lutut kaki raket dengan hati-hati agar bahu Anda tetap ke belakang dan seimbang di pinggul. Gunakan lengan tanpa raket di belakang badan untuk menyeimbangkan gerakan. Selama permainan, pemain dapat melakukan langkah samping atau langkah lompat untuk melewati lapangan.

Baca Juga  Reklame Yang Dicetak Langsung Pada Suatu Produk Disebut

Jenis struktur langkah ini dapat digunakan untuk menghasilkan pukulan kuat dari belakang lapangan. Dalam bidikan ini, posisi kaki berubah di udara menyerupai gunting yang menutup lalu membuka. Teknik kaki ini sering kali diikuti dengan langkah lanjutan sehingga pemain mendapati dirinya masih berlari mundur saat lompatan dimulai. Langkah pertama adalah melompat lurus dari tanah, lalu mengganti kaki dominan dengan kaki nondominan di udara, kemudian kaki nondominan mendarat sesaat sebelum kaki lainnya.

Jurus ini digunakan untuk perjalanan cepat melintasi lapangan. Pekerjaan langkah jarak dekat menggunakan kaki nondominan (kaki kiri bagi pemain bertangan kanan) sebagai poros dan kaki dominan sebagai kaki penuntun. Kaki nondominan adalah kaki yang juga menghalangi badan perahu, oleh karena itu disebut fase penutupan.

Pemain harus mencoba meraih kok dengan lengan dan kaki dominannya, karena hal ini menghemat waktu dan memungkinkan pemulihan lebih cepat. Gerakan diagonal adalah cara tercepat untuk berpindah dari tengah ke sudut.

Jenis Jenis Pukulan Dalam Bulu Tangkis

Jenis formasi langkah ini dapat digunakan untuk mengoper ke sudut mana pun di lapangan, dan memungkinkan pemain untuk mengoper lebih banyak dan lebih cepat, terutama ke arah net.

Dari net: Setelah melakukan pukulan dari depan lapangan, gunakan kaki dominan Anda untuk mundur terlebih dahulu, lalu kaki lainnya.

Dari belakang lapangan: Setelah melakukan pukulan dari belakang lapangan, kaki bertindak seperti gunting saat meninggalkan lantai. Artinya kaki dominan akan bergerak ke depan dan kaki lainnya akan bergerak ke belakang. Kaki non-dominan haruslah kaki yang mengambil sebagian besar beban saat pemain pertama kali mendarat, dan ini akan memindahkannya ke tengah lapangan.

Kemudian gunakan pola 3 langkah yang sama yaitu kaki dominan, kaki nondominan, dan kaki dominan lagi untuk kembali ke posisi siap.

Bola Beli: Raket Badminton Merek Lining Mulai Banyak Tiruannya

Pada dasarnya pukulan dalam bulutangkis adalah gerakan mengayun lengan raket. Ini bukan pukulan bulutangkis. Namun, Anda harus melakukan beberapa pukulan untuk melakukan beberapa pukulan. Kekuatan pukulan bulutangkis berasal dari seberapa baik anda mengeksekusi pukulan (gerakan mengayun). Diambil dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis pukulan bulutangkis yang bisa anda gunakan sebagai teknik dasar dalam bermain bulutangkis.

Horisontal dan cepat yang menyulitkan lawan untuk kembali. Tendangan ini biasanya diarahkan ke sisi kiri atau kanan lawan, dapat dilakukan dalam permainan ganda dan dapat pula dilakukan melaluinya.

Baca Juga  Pada 1641 Voc Berhasil Menggeser Kedudukan Portugis Di Malaka

Caranya dengan sikap awal menghadap ke samping kanan kemudian bola dipukul rata dengan cara mengoper tangan dari belakang ke depan.

Hal ini dilakukan dengan posisi kaki sedikit setinggi bahu dan pandangan diarahkan ke kanan dengan badan juga agak ke kanan. jika

Panjang Net Untuk Permainan Bulu Tangkis Adalah 610 Sentimeter, Ini Ukuran Lapangannya

Berasal dari sisi kanan badan, pukulannya harus dilakukan dengan ayunan raket dari belakang ke depan dan usahakan bolanya rata.

Sesegera mungkin dan sedekat mungkin dengan net di lapangan lawan, termasuk cara bermain bulutangkis bagi pemula.

Teknologi canggih mengarahkan bola langsung ke titik terjauh dari garis permainan lawan. Teknik ini mengandalkan pukulan kuat dari garis tembakan yang disebut dengan tembakan jernih. Umumnya, pekerjaan di muka dilakukan agar mendapat peluang untuk mengembangkan strategi.

Punggung adalah teknik yang sulit dilakukan. Teknik ini memerlukan koordinasi yang cepat dan tepat antara lengan, bahu, dan langkah. Tubuh bagian atas harus diputar dan tangan yang memegang raket harus dekat dengan bahu.

Berikut Bukan Jenis Pukulan Dalam Bulutangkis Adalah

Tujuan dari teknik net adalah membuat bola sedekat mungkin dengan net di lapangan lawan. Pukulan ini didesain sedemikian rupa sehingga shuttlecock berada sedekat mungkin dengan net untuk mengecoh lawan.

Nah itulah beberapa teknik dasar bulutangkis atau pukulan bulu tangkis yang perlu anda ketahui. Berolahraga dan tetap sehat. Indonesia: 4 pemain versi STY yang menjadi tim kuat Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 ke-23 2024. Klik disini!

Halodoc, Jakarta – Ada banyak hal yang perlu dikuasai saat bermain bulutangkis. Apalagi jika Anda ingin menekuninya secara profesional. Salah satu aspek permainan bulutangkis yang wajib diketahui dan dimiliki oleh seorang pemain adalah kemampuan memukul.

Tidak hanya sekedar memukul shuttlecock ke arah lawan, kemampuan melepaskan tembakan ini berguna ketika seorang pemain terlibat dalam suatu pertandingan untuk dapat menempatkan shuttlecock dengan tepat di area lawan untuk mencetak poin.

Teknik Servis Bulu Tangkis Dasar 1

Selain menentukan strategi yang baik dalam mencetak poin, seorang pemain juga dapat mengembangkan taktik untuk bertahan dari serangan lawan. Oleh karena itu, diperlukan ilmu untuk memahaminya dan tentunya latihan dan latihan yang disiplin untuk menguasainya.

Yang pertama dikenal sebagai layanan. Servis adalah pukulan yang dilakukan sebagai pembuka atau mengawali suatu permainan. Tembakan servis ini terbagi menjadi tiga cara, yaitu:

Pukulan lob adalah pukulan yang penting, baik untuk gaya bertahan maupun menyerang. Tembakan ini bisa dilakukan dari bawah kepala (under head) atau dari atas kepala (over the head). Tembakan ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

Baca Juga  5 Contoh Kalimat Kompleks

Seperti namanya, tembakan lob ini berguna untuk aktivitas ofensif. Ciri-ciri permainan ofensif adalah kecepatan pukulannya dipercepat dan arah pengembaliannya sangat rendah, lawan mengoper ke belakang lapangan.

Mengenal Apa Itu Smash Power Dalam Bulu Tangkis

Permainan ini dimainkan misalnya ketika pemain lawan kehilangan keseimbangan atau mengalami salah posisi, atau terpaksa bergerak maju untuk mengejar drop yang dijatuhkan. Serangan mainan ada dua jenis, yaitu serangan mainan dari atas dan serangan mainan dari bawah.

Serangan lob overhead dilakukan untuk memukul shotcock yang diambil dari depan kepala, rendah dan cepat. Sedangkan penyerangan bola dari bawah dilakukan dengan cara memukul shuttlecock dari bawah, rendah dan juga cepat.

Tujuan dari parry lob adalah untuk mempertahankan serangan atau memblokir serangan. Keistimewaan permainan ini adalah pukulan shotcock yang dilempar tinggi-tinggi dan jauh di belakang lapangan lawan.

Dengan melempar shuttlecock tinggi-tinggi dan jauh, Anda mempunyai keuntungan yaitu Anda memiliki lebih banyak waktu atau kesempatan untuk memperbaiki posisi Anda. Semakin tinggi kapal melaju, semakin lama ia berada di udara, semakin banyak waktu yang dimilikinya untuk menyesuaikan posisinya.

Mengenal Olahraga Bulu Tangkis: Sejarah, Perlengkapan, Dan Teknik Dasar

Sebaliknya bisa membuat lawan semakin kesulitan dan kelelahan. Sebab, di lini bawah, lawan tidak akan terlalu berbahaya.

Sama halnya dengan lob menyerang, ada dua cara dalam menggunakan lob parry yaitu dari bawah dan dari atas. Overhead parry dilakukan dengan cara memukul shotcock dari arah muka ke atas kepala. Sedangkan parry dari bawah dimainkan dengan cara memukul shuttlecock dari bawah.

Drive punch, biasanya digunakan untuk memberikan tekanan pada lawan, dan agar lawan tidak mempunyai kesempatan untuk menyerang dengan pukulan atas. Dilakukan ketika shuttlecock menjadi datar atau ketika pukulan ke kepala tidak dapat dilakukan lagi.

Pukulan ini dapat mempercepat permainan dengan cara melempar shuttlecock rendah dan mengayunkannya melewati net. Selain itu, pukulan pukulannya juga dapat mengganggu posisi lawan.

Teknik Dasar Bulu Tangkis Lengkap Dengan Penjelasannya

Pukulan ini dirancang agar shuttlecock lurus dan dekat dengan net di lapangan lawan. Drop shot harus dilakukan agar shuttlecock jatuh dengan cepat.

Drop shot dilakukan pada saat shuttlecock berada pada ketinggian tertinggi dan jangan sampai shuttlecock jatuh ke bawah net. Drop shot juga bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dari atas dan bawah.

Smash adalah pukulan yang cepat, keras, tenggelam dan tiba-tiba masuk ke lapangan lawan. Perpisahan itu seperti mainan. Bedanya, pada gaya lob shuttlecock dilempar ke atas, namun pada gaya punggung shuttlecock dilempar dengan cepat ke bawah.

Enam+ 01:31 Video: Juara eFootball Asia Cup 2023, eTimnas Indonesia tak menyangka akan mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat

Macam Pukulan Dasar Olahraga Bulu Tangkis Yang Perlu Kamu Pelajari

Sukarelawan